Skip to content

Pria Lebih Menderita Karena Putus Cinta

Minggu, 15 April 2007
tags:
by

gambar diambil dari www.sedgwickcounty.orgHubungan cinta tidak selamanya berjalan mulus. Ada yang sukses hingga ke jenjang pernikahan dan kemudian membuahkan anak. Namun lebih banyak hubungan cinta yang berakhir prematur dengan kedua pihak kembali menjalankan kehidupan lajangnya masing-masing. Ada yang berakhir baik-baik dengan keduanya saling mengucapkan terima kasih dan masih menjadi teman dekat. Ada pula yang berakhir tidak baik dengan keduanya saling mengucapkan sumpah serapah dan berurai air mata. Bagaimanapun juga, hubungan cinta yang kandas pasti sedikit banyak menimbulkan penderitaan bagi pihak-pihak yang terlibat di dalamnya. Pihak mana sebenarnya yang paling menderita akibat putus cinta?

Prialah yang sebenarnya paling menderita, menurut David Zinczenko, kolumnis majalah Men’s Health. Ia menolak anggapan umum bahwa pria lebih tegar daripada wanita dalam menghadapi putusnya hubungan percintaan. Apa saja alasannya?

Pria Menyembunyikan Perasaannya. Ketika seorang pria diputuskan oleh pasangannya, biasanya ia akan sesumbar: Biar saja, life still goes on. Caranya? 26% pria yang mengisi survei online Men’s Health melakukannya dengan minum-minum bersama teman-temannya. 36% pria akan menatap mantan pacarnya, tersenyum, dan mengucapkan terimakasih. Faktanya, kedua hal tersebut dilakukan pria untuk menutup-nutupi perasaannya. Ini adalah reaksi yang alamiah; gender pria dikondisikan masyarakat untuk tidak gampang menunjukkan perasaan, apalagi perasaan yang membuatnya terlihat lebih lemah. Namun represi ini juga berakibat sulitnya menghilangkan perasaan terluka, marah, atau sedih dari dirinya. Sebaliknya, wanita yang putus cinta biasanya langsung menangis (atau mengekspresikan emosinya) saat itu juga, dan wanita juga cenderung lebih to-the-point ketika mengakhiri hubungan cinta. Akhirnya mereka akan lebih cepat menghilangkan perasaan-perasaan negatif itu dibandingkan pria.

Pria Punya Lebih Sedikit Teman Curhat. Salah satu alasan mengapa wanita lebih cepat pulih dari penderitaan pasca putus cinta daripada pria adalah karena wanita memiliki lebih banyak teman yang bisa diandalkan untuk bercerita. Penelitian menunjukkan bahwa pria mengandalkan hubungan cinta untuk mendapatkan kedekatan emosional dan dukungan sosial, sementara wanita bisa mendapatkan hal yang sama dengan keluarga dan teman sesama wanita. Begitu wanita mengalami putus cinta, ia akan bercerita kepada siapa saja, kalau perlu kepada orang yang tidak dikenal yang duduk di sebelahnya di bis umum, agar perasaannya bisa lebih enak. Pria, di sisi lain, cenderung lebih enggan membuka diri untuk soal ini. Mungkin baru beberapa bulan kemudian, ketika dalam keadaan setengah teler, baru ia berani bercerita kepada teman-teman prianya mengenai betapa inginnya ia kembali lagi dengan si mantan.

Pria Tidak Suka Memulai Dari Awal Lagi. Setelah putus cinta, pada awalnya pria mungkin akan merasa semangat membayangkan wanita-wanita yang akan ia kencani di masa depan. Namun setelah kencan yang keempat, kesembilan, atau ketigabelas kalinya, barulah ia sadar kalau dibutuhkan usaha keras dan waktu yang panjang untuk sampai pada tingkat keintiman yang pernah ia alami bersama mantannya. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa wanita lebih mampu menyesuaikan diri ketika hubungan berakhir karena sebelumnya mereka sudah memikirkan adanya kemungkinan itu, sementara pria biasanya lebih tidak siap dengan putus cinta. Perasaan nyaman secara emosional membuat pria merasa beruntung bisa memiliki seseorang seperti dia. Sayangnya, hal ini seringkali baru disadari ketika si dia sudah berubah status menjadi mantan pacar.

Gambaran Pacaran Pria Yang (Terlalu) Ideal. Banyak kasus putus cinta merupakan reaksi sesaat atas apa yang dirasa sebagai kebosanan; bosan dengan aktivitas, pembicaraan, dan pertengkaran yang itu-itu saja. Kalau kembali melajang, pria mungkin merasa ia akan menjalani hidup yang lebih menarik; tanpa komitmen, bebas pergi ke mana saja, dan bebas bergaul dengan wanita-wanita yang bisa dijadikan pacar baru. Barulah ketika benar-benar melajang ia sadar bahwa hidupnya tidak menjadi seperti itu, bahkan sekarang waktunya tersita oleh pekerjaan. Ia pun kembali merindukan keintiman yang dia alami pada masa pacaran dulu. Penelitian menunjukkan bahwa wanita lebih tinggi skornya daripada pria dalam hal keintiman sosial, seksual, dan intelektual. Dan biasanya wanita juga lebih cepat menyadari bahwa keintiman adalah dasar dari hubungan yang tahan lama, dan bukannya sekedar variasi aktivitas.

Menurut Zinczenko pula, beberapa penelitian menunjukkan bahwa pria lebih rentan mengalami stres, depresi, dan kecemasan ketika putus cinta dibandingkan dengan wanita. Itu menurut dia. Bagaimana pendapat anda? Apakah anda memiliki pengalaman yang membenarkan atau menyangkal pendapat ini?

Sumber:

Who handles Break-Ups Better?

About these ads
312 Komentar leave one →
  1. Sakaw permalink
    Sabtu, 21 April 2007 5:16 am

    LOL….truly in a “popular” psychology fashion. Men’s health itu majalah yang rather casual…dan definitely hasil surveynya mereka lacks those scientific integrity. Mungkin bisa benar seh ini theorynya….tapi bleh…

  2. Sabtu, 21 April 2007 7:31 pm

    @ sakaw:
    Iya sih ^^; gw nyoba naro satu artikel yg kyk gini buat mbandingin minat pembaca antara yang populer dan yang ilmiah (entri “sexualization of girls” sebelumnya). So far sih…yg sexualization lebih banyak diliat…dunno itu gara2 tag-nya yg berbau seks atau memang yang ilmiah lebih diminatin. Tapi artikel yg scientific oriented juga gw masih butuh waktu lama nulisnya, riset/compiling sumber dsb >_

  3. Sabtu, 28 April 2007 12:35 pm

    oo,, Ma kirain kalo punya temen curhat jadi berlarut larut, gara gara disebut sebut terus,, ternyata,,

  4. Rabu, 16 Mei 2007 2:31 pm

    masa si? keliatannya ga pengaruh de antara co or ce..
    yang paling berpengaruh itu orang mana yang diputusin oleh pasangannya.. :D
    klo ce yang diputusin, otomatis ce nya yang merana dan sebaliknya …
    susah juga ya menjalin hubungan ;p

  5. Rabu, 16 Mei 2007 7:17 pm

    #2 : Hm, definitely due to the sex tag factor, not the scientific factor. Gw udah amati di Top Posts id.wordpress.com, hampir bisa dipastikan yang judul berbau menjurus yang rame dilihat..

  6. Kamis, 17 Mei 2007 8:44 am

    @rizma:
    Justru kalo dipendam dalam hati terus malah bisa jadi ‘penyakit’ lho…

    @cien2:
    Artikel itu kayaknya mengandaikan kalo kita diputusin. Jadi penulisnya berpendapat klo pria yang diputusin lebih menderita daripada wanita yang diputusin. Begitu…

    @hafiz:
    Yah, sayangnya begitu. Tapi lumayanlah buat stimulus biar orang ngeliat artikel2 lainnya.

  7. Minggu, 20 Mei 2007 1:32 pm

    Rasanya sih pengaruh bukan antara cowok atau cewek, tapi sangat dipengaruhi tipe orangnya. Bagi cowok atau cewek yang realistis, dan percaya bahwa “jodoh ditangan Tuhan”….kadang putus cinta, sesedih apapun cepat pulihnya, karena menyadari bahwa memang bukan “jodoh” nya.

    Putus cinta kadang malah membuat seseorang menjadi kuat, ada beberapa teman yang malah nilai ulangan/ujian meningkat, karena dia berusaha melupakan “si dia” dengan belajar lebih giat. Memang benar juga…ada cewek yang menangis berhari-hari…ehh dua bulan kemudian sudah mendapat gandengan baru. Yang berbahaya adalah yang terlihat tenang, karena memendam kesedihan, ini yang memerlukan waktu lama.

    Jadi enaknya bagaimana? Menangis meraung-raung, belajar lebih giat (ini yang positif), atau curhat ke teman (ini bisa berbahaya lho….enaknya curhat ke psikolog, tapi mahasiswa mana punya uang buat bayar psikolog)

  8. ima permalink
    Senin, 28 Mei 2007 3:32 am

    benar……………………….!artikelnya bagus untuk menyadarkan kaum pria kalo …..sudahlah!

  9. Senin, 28 Mei 2007 11:36 am

    @edratna:
    Iya, masalahnya banyak laki-laki yang cenderung memendam kesedihan, sehingga laki-lakilah yang biasanya lebih lama pulihnya ^^;

    @ima:
    Kalau…kenapa? Ada kenangan buruk, mungkin? ;)

  10. Rabu, 13 Juni 2007 6:42 pm

    jadi karena ini tha…..

    saya kopi buat teman saya ya
    makasih….

  11. prima permalink
    Minggu, 17 Juni 2007 3:25 pm

    mungkin cinta emang uah buat dilupakan bila pada saat akhir cinta yang dijalani dimulai dengan carayang baik-baik.

  12. prima permalink
    Minggu, 17 Juni 2007 3:31 pm

    saya menjalani nya sendiri sekarang ,priayg mengalami putus cinta mungkin akan mengalami saat-saat yang sangat sulit,tidak tau apa yang harus dia lakukan ,dan tidak tahu apa yang harus mereka pikirkan.mungkin karena pikirannya hanya melayang,membayangkan saat- saat indah bersama pasangan mereka..Intinya putus cinta bagi laki-laki susah untuk dijalani…mereka bisa melakukuan hal-hal bodoh bila mereka tidak berpegang teguh pada pendirianya…thanks…^_^

  13. vera permalink
    Selasa, 19 Juni 2007 1:37 pm

    mank kayak gitu yah?
    aku baru tau neh

  14. kavkav permalink
    Rabu, 20 Juni 2007 8:32 am

    hai salam kenal!
    blog nya baguss!
    saya minta ijin ambil bahan siaran dari sini ya? hehehe

    terima kasih!!!!

  15. Kamis, 21 Juni 2007 2:14 pm

    @kavkav:
    Silakan diambil, asal jangan lupa mengiklankan kami menyebutkan sumber aslinya :D

  16. Chien permalink
    Senin, 25 Juni 2007 4:15 pm

    bagi saya, bila wanita memutuskan cinta…pastikan reason-nya terlebih dahuli.

    jika reason itu dinyatakan dan sang lelaki boleh membuat sesuatu akan itu, mungkin cinta dapat diselamatkan semula.

    bagaimana pula kalau sang lelaki masih nga ngerti?, di kala itu…sang wanita harus lupakan lelaki tersebut.

    nga ada guna terus menanti lagi mengharap lelaki itu disisinya

  17. Fabian permalink
    Senin, 9 Juli 2007 9:42 am

    Hehe menarik nih tulisannya dan tanggapannya

    Mengenai dua alasan yang pertama, menyembunyikan perasaan dan lingkup sosial yang lebih kecil, sepertinya memang benar. Laki-laki memang mungkin “sembuh” lebih lama dari perempuan. Ada beberapa penelitian yang mendukung hal tersebut, kalau mau singkat mungkin bisa dilihat pada chapter Motivation and Emotion buku psychology dari Wortman dan Loftus (2000). Mengenai dua alasan yang terakhir, hmm belum baca penelitannya. Mungkin ada yang berminat menjadikan itu bahan skripsi atau thesis? Misalnya gambaran pacaran yang ideal menurut mahasiswa UI, atau perbandingan pacaran yang ideal antara mahasiswa di kota besar di Jawa dengan mahasiswa di luar Jawa, atau bahkan gambaran pacaran yang ideal antara orang yang pernah menikah dengan orang yang belum pernah menikah.

    Usul: mungkin cara untuk mengatasi putus cinta bisa menjadi bahan tulisan selanjutnya di blog ini?–>kalau mau diseriusi bisa jadi bahan telaah skripsi atau thesis dengan menggunakan dasar teori emosi kognitif.

  18. Rabu, 11 Juli 2007 8:06 am

    Whoaa, artikel yang menarik. Klo menurut gue, dukungan sosial itu penting ketika menghadapi musibah seperti putus cinta, dan cowok nggak bisa mendapatkan itu kecuali ketika dia in relationship. Karena struktur sosial kita “mengharuskan” laki-laki lebih mandiri, lebih kompetitif, lebih agresif, saat putus cinta, dia tidak bisa dengan mudah curhat dengan lingkungan sekitarnya, apalagi ke sesama cowok. Bukan pengalaman pribadi seeeh, tapi kasihan aja sama cowok2 itu hehehe

  19. Senin, 16 Juli 2007 12:54 pm

    Buat Aq, Putus Cnta Bukanlah suatu yang harus di sesalkan Tapi,paling tidak, antara cowok,dan cewek saling menyadari bahawa segalah sesuatu kta manusia hanya menyerencanakan tapi, pada akhirnya Tuhan menentukan Thank, ya,,,, Atas Artikel buat Kaum Muda Khususnya, Singeeeeeeel gitu lo………..

  20. wiet.....wiet permalink
    Senin, 16 Juli 2007 5:14 pm

    ah……………………..msa seh????
    biasanya aja pria lbih gampang bwt lpain ce…..
    tampangnya aj klau lge putus cinta g prnah klihatan sedih…………..
    biasanya dia lebih gampang lpa kan…………………………..

  21. vita permalink
    Jumat, 20 Juli 2007 2:55 pm

    mungkin bener jg.Tapi ada cwo yg br pts bskny dh jadian lg

  22. ndie permalink
    Jumat, 27 Juli 2007 2:07 pm

    masa seeh????tapi sebagian seh bener…ya tergantung tipe cowo itu seh…

  23. Sabtu, 18 Agustus 2007 11:12 am

    bn4r tUh,kRn aq d4h pRnH muTusiN co N di4 str3zz b9t, so i b34live it,tpii………….t’gantung pribadi’y juga s3h!

  24. iFa.. permalink
    Rabu, 29 Agustus 2007 7:47 pm

    Menurut gw cinta adalah rasa bahagia melihat orng yang kita sayang bahagia meski dia tak bersama kita!!!!!!

  25. echi permalink
    Minggu, 2 September 2007 1:56 pm

    hmm..ternyata gitu ya?!tapi masa iya seeh?!
    kalo teori itu benar,kenapa pria yang sudah putus dari pacarnya tidakpernah mencoba untuk menghubungi
    mantannya lagi?(sekedar menelepon mungkin atau just say hello?!)

  26. maiy permalink
    Rabu, 5 September 2007 1:32 pm

    mungkin aja benar karena co lebih gengsian.
    ingin selalu terlihat lebih dibanding ce …
    seperti terobsesi untuk menunjukkan sikap,
    aku bisa tanpamu
    cape dech…

  27. Kamis, 6 September 2007 11:21 am

    ini mah saya banget..
    makasih udah nulis ginian.
    saya udah diputusin dari sebulan yang lalu,
    tapi tetep aja masih sakit banget.
    apalagi kalo liat friendster dia, ga kuat
    ngeliat foto dia lagi piknik ama cowo barunya.
    anj*************ng..

  28. cw_jutexz permalink
    Senin, 10 September 2007 1:17 pm

    masak ccih!perasaan cwek deh yang lebih menderita!coz,cwek lbh sering dipermainin sama cwok.

  29. komunikasi UNMUH permalink
    Senin, 17 September 2007 7:43 am

    g semua yg loe denger tu benr.buktinya aku langsung bs lupain smua mantan2 ku yg dulu pernh menjd persinggahan hatiku.tapi….tu smua da benernya juga

  30. Senin, 17 September 2007 2:26 pm

    Pantesan…artikel ini ngejawab pertanyaan bingng Q tuk curhatan 1 cowo ke Q kalo dy masih belum bisa ngelupain pengalaman pacaran dy (yg ternyata dy kudu di-cut) yg dah mpir 4 thn berlalu. “Ooooo…ternyata…” ni komentar q selama baca ni artikel :)

  31. Senja permalink
    Rabu, 19 September 2007 11:02 am

    Iya..tapi pria seringnya mengalihkan depresinya pada hal negatif yang bikin ilfil mantannya

  32. ReeF permalink
    Selasa, 25 September 2007 1:22 pm

    Bnr Tuh..Buat PriA..PUtus CiNta…
    SeBUah HaL Yang BKin PusiNg, Stress, dLL..
    YAng SuSAh Bgt iLAngNya..
    Beda Ama Cwe…
    LiaT aja KAsus BUnuh Diri Di IndoNesia..
    Rata2 KAn Cwo…
    GaRA2 PutuS CiNta AtaUPun cemburu..

  33. ika stanie permalink
    Senin, 1 Oktober 2007 9:53 pm

    @ Reef
    Wah, kalo masalah bunuh diri beda lagi urusannya….
    kenapa cowok selalu ‘berhasil’ bunuh diri,karena mrka niat beneran,dan nggak pake perasaan lagi.
    kalo cewek,lebih karena mrka masih ada sedikit niat untuk dapet perhatian dari orang dan masih ada rasa takut-takut,,,gitu mas Reef…thx b4

  34. joe permalink
    Selasa, 2 Oktober 2007 9:00 pm

    menurut saya itu ada benarnya. meskipun saya sendiri pun belum pernah mengalaminya. Hal tersebut bisa saja disebabkan karena pri lebih menjaga imagenya dimata masyarakat bahwa pria itu kuat dan tegar dan gak boleh ‘cengeng’ makanya pria jarang ada yang terlihat sedih ketika ia putus pacaran. Maybe like that….

  35. dydie permalink
    Rabu, 3 Oktober 2007 6:58 pm

    klo dibilang,, sich teteep aja disini cew yg
    lebih cengeng mungkin karna bedanya antara cew
    dan cow, bgmn cr menyikapinya. gw rasa, cow itu
    bs menutupi sgala sesuatunya dengan diam dan
    memendam prasaannya dgn cr minum2man & cari
    aktifitas lain and pergi ga karuan brsama teman
    2nya, ga menutup kmungkinan jg klo cow itu perasa,
    tp yg jelaz bwt gw knp ya cew slalu cengeng di
    depan cow!!!!
    ga rela gw ni sbg cew.. hehehe

  36. kasta permalink
    Kamis, 4 Oktober 2007 11:31 am

    menurut saya juga begitu pria memang lebih takut untuk putus cinta. Saya punya pengalaman tentang cinta. Setahun yang lalu aku mengenal seorang pria setelah berkenlaan dan merasa cocok akhirnya kami sepakat untuk menjalin cinta. awalnya sih hubungan kami begitu mesra tapi setelah 7 bulan berhubungan akhirnya cowok saya merasa bosan dan selalu mengeluh bahwa hubungan kami tidak bisa dilanjtkan lagi. setelah kejadian itu 3 bulan kemudian saya berkunuing ke jakarta karna ada urusan penting dan saya menemuinya dannnnnn ia berkata kepada saya bahwa setelah putus kemaren dia sadar bahwa betapa berpengaruhnya saya dalam hidupnya dan akhirnya kami kembali bersatu lagi. doakan kami ya agar bisa sampai ke jenjang pernikahan.

  37. vivi permalink
    Kamis, 4 Oktober 2007 3:56 pm

    Entahlah.. kalau aq sih.. g begitu ngerti tentang dia.. tiba2 dia bilang spy aq ngelupain dy.. n egoq yang tinggi sampai skrg aq g pnah nanya apa alasannya.. aq sangat sedih.. hingga 2 tahun aq ngerasain penderitaan ini.. bahkan sampai saat aq nulis kata2 ini.. aq dah coba smua cara untuk memulai yang baru.. tapi tetep ja aq ngerasa klo dy adalah soulmateq.. mungkin beruntungnya aq.. aq g terlalu gila untuk ngejar2 dy, cukup aq berusaha menerima semua ini dengan ikhlas,.. aq percaya 4JJI Maha Tau..

  38. oming permalink
    Sabtu, 6 Oktober 2007 9:15 am

    O y…?! br tau klo co lebih menderita dr ce saat putus cinta…
    tp menurut sy, penelitian ini kurang bisa di generalisasikan..
    karena ga semua pria seperti itu, tergantung konteks dan sikon nya…
    banyak jg ce yg depress saat putus cinta (menurut pengalaman).
    malah sy pikir co lebih gampang forget ttg cinta sbelumnya n ga nyampe sehari uda ngegebet ce baru, semntara ce masih nangis2 d kamar…

  39. Jumat, 12 Oktober 2007 6:51 am

    ya sich emang cow yang menderita bis kebanyakan cew ga ada perasaan……

  40. reo permalink
    Selasa, 23 Oktober 2007 1:38 pm

    comentar saya adalah membenarkan!
    hal ini dari pengalaman saya saat ini yang sedang mengalami masa revolusi cinta yang tajam dengan “dia”.
    namun kecemasan yang saya alami adalah rasa letih apabila menjalani hari-hari dengan kesendirian,karena sangat membosankan tanpa ada yang memperhatikan lagi!

  41. anastacia permalink
    Sabtu, 27 Oktober 2007 4:05 am

    setuju banget. cow tuch sok yes.. giliran udah g
    gue putusin, baru dech kelimpungan.
    but everything is to late.. so,dadah bye bye..
    kelaut aja dech loe..
    emang cow cuma dia aj!

  42. rivai permalink
    Rabu, 31 Oktober 2007 6:04 pm

    benar bos,aku alami semuanya, saranny ?

  43. rivai permalink
    Rabu, 31 Oktober 2007 6:15 pm

    setelh hampir stress,aku coba bangkit lg..
    aku hubungi lg teman2 lmku,aku coba lupakan cew
    itu,pelan2 dia sudh mulai ilang,tapi kemarin aku
    ketemu dia,rasanya ingin kupeluk dan g akan ku-
    lepas lg,tp yng herannya dia biasa aja bosss..
    malamnya aku kangennnnnnnnnn x ma dia.ku liat foto22
    nya..sampe kapan aku begini, uda 2 bln,akankah dia jodohku
    tolong lah jwb Allah Swt,,

  44. wiek permalink
    Kamis, 1 November 2007 4:25 pm

    Ah,ga tuh…ada juga cwe yang diputusin malah merana dan langsung down,apalagi kalo dah kena obsesif

  45. Max Yang permalink
    Minggu, 4 November 2007 2:07 am

    Kenyataannya memang demikian sih…

  46. Agnace permalink
    Rabu, 7 November 2007 10:44 am

    emang sich temen-temen pria ku jg kadang mengemukakan hal yang sama. jd menurutku, artikel diatas bener 90%.

  47. _nisa_ permalink
    Kamis, 8 November 2007 9:02 am

    ahh masa sich? pi iya jg ci cz tmn gw ada yang nekad mw bunuh diri pas di putusin sm cwnya. wah berarti cwo tuh cengeng ya.hahaha

  48. barbie permalink
    Selasa, 13 November 2007 7:47 pm

    saya sngat setuju dgn hal ini…

    kbetulan saya bru
    memebahas tentang psikologi cinta..

    cowok emang kebnayakan gengsinya…

    se menderitanya cew, cow lebih menderita
    saat putus cinta

  49. difye permalink
    Senin, 26 November 2007 12:43 pm

    ya sih mang faktanya gitu!!tapi ya dasar co tetep g mau ngaku……..cm buat bilang gue jg sakit hati aje,sshnya bkn maen,….heran deh

  50. Dhika Wicaksana permalink
    Rabu, 28 November 2007 12:25 pm

    ya itu semua benar adanya bahkan saat ini saya juga sedang mengalami depresi berat krn pacar saya telah meninggalakan saya, oleh krn itu saya minta tolong bantuin saya biar bisa cepet melupakannya

  51. chie permalink
    Sabtu, 15 Desember 2007 1:02 pm

    wahh…q ru tw klo co’lbh skt klo pts cnta/pth hti.btw gk jg seh bwt q ce’jg gt jstru ce’lbh sensi dlm mslh stu ne n biasa ny jg ce’bs nkat lkuin hal yg nkat…so,bwt q sm ja co’or ce’….

  52. selva permalink
    Selasa, 25 Desember 2007 11:44 am

    ya kalo yang di putusin itu cowok tapi kalo cowok yang mutusin dengan alasan kepingin sendiri atw karena alasan ada ada cewek laen gmn tuch??? masih ada dalam kamus cowok yang menjadi sosok yang paling susah atwpn paling terbebani bila putus cinta????pikirin donk…jangan kasih comment hanya dari satu sisi aja….keyss

  53. Dhika wicaksana permalink
    Rabu, 26 Desember 2007 9:02 pm

    met tahun baru 2008, semoga kita ga terus sedih

  54. lovymovie permalink
    Rabu, 26 Desember 2007 10:48 pm

    o gitu…lha klo si cewek yang diputusin ceritanya jadi lain ya?
    tapi iya tu, temen saya didepan aja ketawa ketiwi, begitu nyampe kosan ngelamun kayak kambing mo diqurban. putus cinta….putus cinta…

  55. Kamis, 3 Januari 2008 6:39 am

    Betul yang dikatakan sdr IFA….!!!

  56. haidi permalink
    Minggu, 6 Januari 2008 8:19 pm

    gue bru aja mutusin cwe gue,tp knp gue yang merasa kehilangan banget sm dia,sedangkan dia enjoy2 j,,,,,,,,,,pusing……….

  57. Oya permalink
    Senin, 7 Januari 2008 2:14 pm

    Buat Gue SaNtAi Ja Kalee.. Maw DiPutUsin Ce BrapapuN KgK jadI MasaLah (bknNya Gengsi)TaPi itu Mang terJadi, Yg peNtiNg Tetep Optimis And “Kita Tidak bisa Hidup dgN ExPeriEnCe melaiNkan mSti belaJar dari ExpeRieNCe”

  58. aeriels permalink
    Rabu, 9 Januari 2008 1:20 pm

    Mungkin bisa dibilang seperti itu……jika posisinya cew yg mutusin…sebaliknya….sama aja kali.menurutku smua masalah pasti bisa dilalui jika qta adalah org yg dewasa.

  59. yuyun permalink
    Sabtu, 19 Januari 2008 10:05 am

    pengalaman saya.saya hy dimanfaatkan oleh mantan sy..dia minta ini itu ke saya..karna cinta saya beri..tp hy karna berantem,dia minta putus..otomatis saya sakit hati digitukan..bagi saya cowok ga py perasaan…dlm pcrn itu,ga pnh sy merasakan kebahagiaan darinya…sakit hati ini kl teringat..seakn2 sy spt habis manis sepah di buang..cukup sampai disini sj jgn terulang

  60. Jo3...(.^_^.) permalink
    Sabtu, 19 Januari 2008 8:51 pm

    emng btl jg yang diblng to…..
    saya pun pernah merasakan kyk gitu…
    tp ap blh bwt……
    biar aj cinta ito jln dngn sndri na….
    dmn dy mw berhnti dsana di bisa tmn….
    kita g’ bisa jg memaksa kehndak kita….
    karna ito g’ ad guna na jg……
    ad mlah kbncian yang lahir……
    karna kita didunia nich tlh punya takdir masing-masing kok…..
    jd kita g’ bisa pungkiri ito lagi…..
    kita g’ bisa salh kan sapa2 sich….
    karna cinta datang dngn sndri na …..
    tanpa kita sadari…….
    kita hars bisa mnyikapi cinta…..

    tp klo bicara cinta sich!!!…
    bisa panjang…N ga’ hbis na……

    karna cinta bagaikn air…..
    dmn ad tmpt yang rndah disitulah dia ad…

    >>>>>>ok kwn2….(.^_^.)…..<<<<<<<

  61. dhea permalink
    Minggu, 20 Januari 2008 9:14 am

    hm,,,
    klo aku kok gak gitu ya,,
    aku justru stress banget udh putus sm cwo ku,
    tp,,cwo ku biasa2 aja tuh..dya gak terlihat stress..
    malahan cwo ku itu kayanya lg deket sm cwe laen :(
    tp a membenarkan,klo cwe itu suka cerita masalahnya ke org yang mungkin baru dikenalnya…(sama kaya aku)hahaha…

  62. Zully permalink
    Selasa, 12 Februari 2008 9:18 pm

    Hmm…gw baru sadar, sakti banget tuh Mr.Zinczenko,,,sepakat banget apa yang beliau utarakan tadi. mungkin yang terjadi itu terjadi di dalam diri gw. emang…bete…dasar cewek,,,kagak tau perasaan orang atau juwal mahal banget!! at least,,,gw kapok ah untuk memulai lagi,,dan gw jadi apatis ama cewk,,,(untuk yang jadi “temen deket”) kao untuk kawan sehari2 mah,,,siph2 aja…

    hidup jomblo….!

  63. panda permalink
    Rabu, 20 Februari 2008 3:48 pm

    ada yang berkomentar bahwa mutusin pacar itu lebih menyakitkan dari pada diputusin.

  64. karaeng_E permalink
    Rabu, 27 Februari 2008 6:02 pm

    Perasaan seseorang sangat fluktuatif dan sangat dipengaruhi oleh kondisi emotional, apakah cinta itu awalnya tumbuh karena ingin dimiliki atau lahir karena nafsu.
    Jadi lebih konkritnya mengetahui emotional seseorang liat dulu tipe cintanya…! Ok…choy !

  65. AnnRIna permalink
    Senin, 3 Maret 2008 3:03 pm

    Mnrut w seh,cwo 2 lbih gmpang nglupain mntannya,krn cwo 2 gmpang bgt nyri pengganti mntanny,dy bza gmpang bgt ngdpetin cwe dngan rayuan2 gombalnya

  66. lily permalink
    Rabu, 5 Maret 2008 2:31 pm

    masak c????????mantan ku kayaknya g kaya gtu kok.dia dengan mudahnya bisa dapet gandengan baru.yah walau kadang dia masih memuji Q didepan cewnya dia…hehehehe

  67. D34h permalink
    Minggu, 9 Maret 2008 4:23 pm

    Iya jg siH cow emng lbh rentan dr cew,tp yg aq bgng knp siH cow bs nyembunyiin ksdhnnya bila pts cnta dibandng cew???

  68. Senin, 10 Maret 2008 2:23 am

    emang bener pa yang dibilang ma mr.Zinczenko
    itulah pria sebenarx.
    mungkin ada yang bilang tidak seperti itu
    tp bg saya emang bener kayak gitu.
    cz i juga mengalaminya, ampe sekarang
    masih terasa (cacingan dach i,he5 :( )
    setegar apapun seorang pria,
    sekuat apapun seorang pria,
    i tetap membutuhkan tempat berteduh,
    tempat berbagi,
    tempat menyandarkan kepalanya,
    tempat bersandar walaupun hanya sejenak
    untuk menarik napas yang
    sangat berat baginya. ^_^

  69. TAmY maniEzz permalink
    Rabu, 12 Maret 2008 8:51 am

    yup5 stju banget!!cwo mang lebih rentan stres lo ptus cinta,,itu nyata lho!!kjdian yg sangat luar biasa menurut Q,,hal yg sukar qbyangin sblumnya…tapi qttp ksih saran ma kaum cwo: tep SEMANGAT YA…..!

  70. grace permalink
    Minggu, 16 Maret 2008 1:16 pm

    apa bener spt itu???????????kayaknya gak deh tapi tergantung orangnya juga seh….!!!!!!!!!klw yang duluan dkianati itu co yaa pasti co yang menderita tp jika klw yang dikhianati ce, pasti ce jg akan menderita

  71. Jichelle permalink
    Senin, 17 Maret 2008 12:58 pm

    yupz!!!
    klo menrut aku sih itu 99% persen bnr bgt!!
    krn aku tau sndri keadaan cowokku setelah putus dari ku!!!
    parah abis! tingkahnya makin liar aja klo mo dibilang!!

  72. oelan permalink
    Jumat, 4 April 2008 1:31 pm

    gw baru tw klo cwo lebih cengeng…
    gw pikir mrk tegar…
    padahal…XXX bgt…
    skarang, gw lebih sadar… dan tw…
    artikelnya bagus bgt…

  73. tatha permalink
    Selasa, 8 April 2008 1:04 am

    gw bingung…
    gw punya temen yang ngaku kalo dya suka sama gw,,bahkan dyampe bilang sayang ke gw..
    so pazti gw seneng dounz!
    tapi satu hal yang jadi masalah buwad gw, bukan brarti gw sok jual mahal, tapi gw punya prinsip ga maw pacaran mpe gw nikah..
    dan mpe umur gw yang ke 19 ni gw emang lom pernah pacaran. (really! im not lie!!)
    gw juga bilang ke temen gw itu kalu gw cuma bisa temenan ama dya
    tapi kaya yang disebutin di artikel ini, gw ngrasa bersalah ma temen cowok gw ntu cuz kaya nya bawaan dya sedih setelah gw bilang dya cuma bisa jadi temen gw dan gag lebih dari itu..
    dudu..sory, gw skalian curhat..
    =]

  74. Jumat, 11 April 2008 4:34 pm

    Masa sih ? Baru tahu lho. Menarik juga. henny

  75. putri permalink
    Selasa, 15 April 2008 12:52 pm

    pa bener neh IQ cow lebih rendah dari cew???
    soalna cow tu biasanya terlalu cuek dalam tiap masalah…dan kadang dia gak ngerasa kalo dia salah..
    sebel banget ga tu???????

  76. fara permalink
    Kamis, 17 April 2008 1:53 pm

    cowooooox…
    Hmmmm,,,
    klw ga salah mereka yamg memiliki 1 perasaan 9 nafsu kan…????
    apa bener mereka suka streeeeees atw depresiii atw cemas saat patus cinta…???
    aq belum pernah nemuin orang kayak gitu….!!!
    mereka suka seenaknya aja…

  77. fara permalink
    Kamis, 17 April 2008 1:58 pm

    COWOK…!!!!!
    Hmmmm,,,^_^
    klw ga salah mereka yamg memiliki 1 perasaan 9 nafsu itukan…????
    apa bener mereka suka streeeeees…..
    atw depresi…
    atw cemas saat patus cinta…???
    aq belum pernah nemuin orang kayak gitu….!!!
    mereka suka seenaknya aja…!!!
    ..Mereka ga akan pernah bisa ngerti..

  78. maher A permalink
    Sabtu, 26 April 2008 1:39 pm

    ga semua cowo kaya gitu kale!!!

    n penelitian mans health itu diadain dimana seh?di Indonesia apa bukan?kalo bukan di Indonesia,ya sama bandingin jeruk medan n jeruk bali!!!beda banger…

  79. winchay-khan permalink
    Jumat, 2 Mei 2008 12:40 pm

    ternyata dibalik kekuatan pria tersimpan kelemahan dalam cinta….kasihan….harusnya pria bisa lebih tegar dari wanita, kenapa harus malu untuk mengakui sakit hati ketika putus cinta????

  80. dicky permalink
    Sabtu, 10 Mei 2008 8:43 pm

    cewek tu brengseeeeeeeek abieeeeeeeeeeeeees

  81. dicky permalink
    Sabtu, 10 Mei 2008 8:46 pm

    kapan ya gw bisa nemuin cew yang setia…..kalau ada cew setia gw pgn kenalan ma loe http://www.putradicky@yahoo.com gw tunggu

  82. Minggu, 18 Mei 2008 9:28 pm

    Hal yang menarik saya kira untuk melihat kasus di atas. Saya sepakat dengan uraian diatas. Tetapi sebagai laki-laki harus mempunyai prinsip yang kuat dalam perjalanan hidup walao terkadang perasaan halus itu ada. Berfikir logis untuk menyelesaikan itu, baik dan buruk harus di analisa, karena pasca hubungan itu hangus kita (perempuan dan laki2) harus tetap tegar dan menatap masa depan. Banyak hal yang harus dikerjakan gitu loh…
    EGP lah…
    Kalo dari kedua belah pihak masih bisa memperbaiki ya jalani dengan saling mengkoreksi aja tetapi kalau sudah ceritanya bertepuk sebelah tangan ya capek deh…

  83. M3T4 permalink
    Kamis, 22 Mei 2008 2:08 pm

    “broken heart” yang pastinya saki…….t bgt
    abz…..

  84. May permalink
    Jumat, 23 Mei 2008 8:22 pm

    Baru pertama mampir nih…
    Lumayan juga… perkara penelitian itu bener atw nggak…wallohu a’lam deh… yang jelas, it’s quiet relieving to read this… paling ngk, gw ngerasa merana2 bangetkalo mikir bahwa di seberang sana mungkin dia juga lagi menderita, hehehe…
    but it’s over…
    life must go on pokoknyeh…
    huah…

  85. kuzae permalink
    Senin, 2 Juni 2008 2:05 pm

    beberapa waktu lalu shbat gw(cwok) d ptus sm pcrnya. awalnya dia trlihat tegar, gak lma kmudian shbt gw tu stres brat n ada kinginan dr shbt gw bwt blikan dg mantan. gw kasian aj ngliatnya, dia dah 6th brjln ma pcrnya tp dg mdahnya ia mutusin shbt gw tu.kykna ia mnderita bnget..

  86. Jumat, 6 Juni 2008 2:43 pm

    Ah, saya termasuk yang tidak mampu keluar dari patah hati… apa cinta itu ada?

  87. bujang permalink
    Jumat, 13 Juni 2008 11:23 am

    klo putus cinta nya cuma pacaran doank masih biasa , tp gwe bner2x pengen bunuh diri karena cewekgwe yang mestinya nikah sama gwe nyeleweng sama polisi n dia dia di ancem supaya nikah sama tuh polisi bangsat!!!

  88. Shof@ permalink
    Kamis, 26 Juni 2008 2:29 pm

    Saya setuju dengan yg telah diuraikan diatas.apalagi jika si pria berada pada pihak yg meminta putus.itu akan menjadi hal yg sangat menyakitkan buat dia.

  89. Kamis, 26 Juni 2008 9:00 pm

    ak anggi,menurut aku itu bener banget aku punya mantan yang cuek trus di ultah dia,aku mutusin dia soalnya dia ngebongin aku.dan sekarang dia ngejar” aku mulu.sebenernya aku masih sayang bgtbgtbgt ma dya.hhehhee,kata temen” aku itu muna tapi aku kyk gyni cman maw buad cwo aku sadar.aku sayang bgt ma dya bis nya pacaran aku udah 1 tahun 9 bulan lo,lumayan klama kan.dia pacar pertama aku pula,hhehehee.maaav ya aku jd curhat

  90. nanda permalink
    Sabtu, 28 Juni 2008 2:23 am

    sy putus cnta mlm ne, krn di mintak putus ma aq.
    nmun dia blang ma aq krna, tidak merasak apa2, sya berharap ma dia biar dia kembali ma aq lgi, nmun aq msh syang ama dia, seandainya aq tdk ada krja pasti aq akan membahaginyakan dirinya, nah sebab itu dia putus ma aq,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,?

  91. Minggu, 29 Juni 2008 2:10 pm

    KENALIN ZXV_GENK.

  92. Senin, 30 Juni 2008 2:13 pm

    Bagus sih..enak dibaca artikel artikelnya ..Permisi di copy ya..

  93. msna permalink
    Senin, 30 Juni 2008 3:38 pm

    aku sedang putus cinta ne?
    tp bedanya q ngak tau pa masalahnya
    tiba2 aja putus kontak gtu
    q merasa d campakan begitu ja
    q sedang binggung ne pa yang q harus lakukan
    q maunya balikan
    tp q ngak grti juga
    tolaong la kasi tau jawabannya
    ok

  94. Senin, 30 Juni 2008 6:05 pm

    kayanya beda deh mas,se rupa tp tak sama, saya jg baru lihat/buka blog mas

  95. Jumat, 4 Juli 2008 3:31 pm

    tidak semua pria seperti itu. ada juga pria yang nggak mau putus dengan kekasih nya. tapi dia tetap mencari kekasih baru.

  96. madirodok permalink
    Sabtu, 5 Juli 2008 1:04 am

    tolong gue dong, gue lagi slik ama bokin gue. masalah ye spele cuman gara2 gue terlalu cemburuan. gimana dong solusi ye?

  97. mi3ra permalink
    Sabtu, 5 Juli 2008 11:37 pm

    owwwww,,,,,iza, mczie za…jadi msukan aq bgt ni

  98. kudin permalink
    Minggu, 6 Juli 2008 10:49 am

    Ya tergantung putus cintanya karna apa dulu? ‘n yg cenderung dsalahkan sapa dl?
    cew cow sama aja menderitanya, tergantung siapa yg lebih merasaka feeling guilty aja ^_^

  99. Rabu, 9 Juli 2008 9:37 am

    ah, masa’ sih?….

    atau mgkn pria lebih menderita karena putus cinta TAPI LEBIH CEPAT PULIH dari penderitaannya ya? hehehe….

    anwy, nice artikel & salam kenal…

  100. cascade permalink
    Rabu, 9 Juli 2008 9:46 am

    ada benarnya, tapi menurutku ga gt juga dink, buktinya aku
    udah 4 kali pacaran tapi cuma 1 yang ngerasain
    kayak gt, itu pun first lope ajah,,,so…klo skarang mah
    udah ga jaman lah sedih krn cewek
    :) (peace ya sist)

  101. wewaits permalink
    Rabu, 9 Juli 2008 11:01 am

    Hmm ada benernya ada gak nya, tergantung situasi..Klo abis diputusin langsung dapet yang lebih cakep n lebih baik seh, bruntung kali putus.
    aLAh ada lunjap disini juga ^-_

  102. alfina permalink
    Jumat, 11 Juli 2008 3:38 pm

    artikelnya sih bgs…
    menurut aq itu hnya berlaku buat co yg diputusin sm ce nya.
    tapi kalo yang mutusin co nya, apa iya dia menderita juga?? Yg ada ce nya kali yang menderita.

  103. sri purna widari permalink
    Sabtu, 26 Juli 2008 7:58 am

    Aku baru aja putus kemaren dan kita memutuskan jadi temen.
    Aku nggak tau gimana mantanku setelah putus. Aku tau dia sedih dan dia hanya akan fokus pada pekerjaan dan anak2nya…
    Aku nggak bisa menilai apa dia jauh lebih hancur dari aku, karena yang kulihat dia sangat tegar.
    Tapi mungkin saja dia menyembunyikannya…
    Aku masih mencintainya…

  104. Vita permalink
    Rabu, 6 Agustus 2008 6:26 pm

    i setuju bgt nech..sm jurnal ini. cz pcr i jg msh mencintai & srg mengingat trs ttg putus cintanya dengan mantannya yg terdahulu.I dl jadian cz ingin bantu dia agar terlepas dr bayang2 mantannya..skrg i mau mptegas hub i&dia

  105. Minggu, 10 Agustus 2008 2:11 am

    Ya jelas ceweklah..

  106. Selasa, 12 Agustus 2008 11:55 am

    Betul mas, aku aja ni ya masih mikirin Jengku terus, padahal dia dah punya pacar cuma kami akrab selama dua bulan, mungkin dia dah sadar trus sikapna jadi berubah ma aku, dan satu bulan aku masih kehilangan sikapnya yang dulu hehehehehehe

  107. Selasa, 12 Agustus 2008 11:56 am

    sedih banget rasannya… jadi pengen nangis… :)

  108. Selasa, 19 Agustus 2008 6:03 pm

    Memang Benar BahWa keTika Pria Putus CinTa ia aKan saNgat SaKit…Sedan9Kan wanita ketika ia sakit ia bisa menangis bercerita…setelah itu lepas semua kegundahanny namun pria lebih dominan diam meskipun ia seperti biasa tapi tetap ketika ia sendiri ia menangis di dalam hatinya

  109. HENDRIIK permalink
    Minggu, 31 Agustus 2008 10:06 pm

    jika masih memiliki keyakinan akan cintanya….pasti semua akan kembali seperti semula,prosesnya memang amat sulit dan sakit…..ini cuma sedikt ujian yg diberikan oleh allah agar BERSABAR…amiennnn…. LOVE IS BEAUTIFUL..

  110. C¡nta permalink
    Senin, 1 September 2008 12:23 am

    Mgk¡n ¡Tu dA bNerx_
    Saya bUka s¡tUs ¡n¡pUn kRna sAya mNgLam¡ haL yG sMa_
    & bNar sJa,sayA mRsa mNtan saYa jAuh Lb¡h mNdr¡ta dR¡ pDa sAya,wLopUn dy sNdr¡ yG mMutUskN hUb kAm¡_

  111. Jumat, 5 September 2008 4:42 pm

    aku juga baru erasakan putus cinta. walalupun selama hubungan kami sedah seringh putus nyambung tapi putus kali ini begitu menyakitkan hatiku. tolong kasih pendapatnya ke email aku yah………..

  112. Minggu, 7 September 2008 2:35 pm

    ahh………ga semua kyak gtu,
    yang putus cinta jadi gila juga ada

    tapiiiiiiiiiiii…………

    karena pacarnya jadi gila juga.heeeeeeeeeee

  113. nissa permalink
    Senin, 8 September 2008 4:33 pm

    apa benar artkl yg diatas ?
    coz aq ngga ngelarang cowo saya kontak ama cewe laen , kayanya dia mulai keenakan.
    Ketika saya rasa ada perubahan, dia malah jawab bosan kepada saya, ya biar ngga dibilang cengeng saya jawab bosan juga sama dia. Padahal saya rasa kami masih banyak kenangan yahg sangat susah dilupakan.
    Mau dibilang salah, saya yang salah sih, nggak larang dia kontak ama cewe laen.

    tau ah , pusing !

  114. Senin, 15 September 2008 5:29 am

    @all
    sepertinya perlu digaris bawahi bahwa penelitian ini dilihat dari segi “pria yg sudah jatuh cinta beneran ama cewek”, jd bukan asal “saya udah pacaran 3x,5x,10x atau 1000x” tp ga pernah cinta ya sama aza bo’ong.
    Coz dalam hidup aq dah bnyak bertemu berbagai macam tipe pria dr A sampe Y and “most guys i meet always doing stupid think when they broke with their girlfriend”.

  115. dsyifa permalink
    Senin, 15 September 2008 10:11 am

    klo dipendam emang malah jadi lebih zakit

  116. muanis permalink
    Rabu, 17 September 2008 2:46 pm

    Masak sech,..geto!!!bukannya kebalik.

  117. Kamis, 18 September 2008 10:05 am

    aq bersyukur ketemu blogg ini ,
    dapat wawasan secara gratis
    tks tuk penulis

    http://rapmengkel.wordpress.com

  118. Kamis, 18 September 2008 2:44 pm

    Tapi kenapa wanita lebih sering di permainkan perasaannya oleh lelaki???

  119. Lovely permalink
    Jumat, 19 September 2008 3:52 pm

    Halah ngoboz tok ikuw..

  120. Jumat, 26 September 2008 8:06 pm

    Ak sedih bgt saat mesti mengambil keputusan untuk putus dengan cowokku. tapi aku dah lelah batin, bener2 llah . Selalu saja ada masalah, ada konflik yang telalu sering apa aku salah dengan keputusan ini. Aku sebenere masih sayang ma dia tp al dah bener2 cape batin. Apakah ini pertanda aku ga berjodoh ma dia? kejamkah aku terhadapnya? ak bener2 merasa sakit sekali sampai sesek di dada ketia harus putus dgn dia. Ak tahu dia pasti sedih sekali . Aku bingung.. Knapa membina hubungan cunta itu sangat sulit??

  121. nad permalink
    Kamis, 9 Oktober 2008 7:34 pm

    wow…
    gue baru aja memutuskan hubungan, dan,,,
    memang sih, dia bilang, “gue akan baik2 aja”

    tapi,,
    ternyata begitu ya..hummm…

  122. dewarubah permalink
    Sabtu, 11 Oktober 2008 8:24 pm

    betulll
    gw ngerasa bgt coz baru mengalami nya
    wahahaha

  123. Sabtu, 11 Oktober 2008 11:32 pm

    ya sya prnah
    bgai mna cra a untuk mlupa kan a

  124. ricky .. permalink
    Minggu, 12 Oktober 2008 9:29 pm

    yah ne ..
    aku jg ..

    itu artike yang di atas ..
    100 % aku banget ..

    bukannya putus biasa aza.
    malah mantan ku ngumpat2 aku n sumpah2in aku .. aku da minta maaf ..

    malah … di sumpah2in lg .
    wkowkowkowkowo.^^

    yah mau gmn lg ??!?! kwokwokwokwo.
    mau mati aza rasanya .. (>.<)
    wkwokowkowo

  125. viescie permalink
    Selasa, 14 Oktober 2008 12:30 pm

    ya mudah2an yg putus cinta bisa cepet pulih dari penderitaannya…

  126. Idha permalink
    Selasa, 14 Oktober 2008 5:02 pm

    duh….gara2 baca artikel neh, jd marasa bersalah neh ma mantan2 aquy…. :(

  127. fELo permalink
    Rabu, 15 Oktober 2008 1:01 pm

    ooooooooo…….. gitu yach kalo beneran kaya gitu gw bakal neh ngancem cowo gua daaaaaaaaaaaaaah sewaktu waktu kalo dy bwt gw kesal……………….

  128. Rabu, 15 Oktober 2008 3:21 pm

    lo menurutku si kyE emang bener,hehe,berdasarkan pengalaman pribadi soalnya,tapi juga ga selamanya ky gt,cuz tiap orang punya kepekaan masing-masing,tapi makasi dach buat informasinya,sekarang aku jadi lebih ngerti..

  129. zie_zie permalink
    Minggu, 19 Oktober 2008 2:30 pm

    Oow……gt yah tapi bagi gw ce malah pria yang pasti lbih bahagia ketikaa ia dptsk,,,,,,,pria itu jahat bgd,,,,,,,,,

  130. Mey permalink
    Kamis, 23 Oktober 2008 7:41 pm

    Y mungkin bnr.Tp w hrap bwt mantn w mga j dy tgar.N mga lg qt bs kmbali ky dlu.Amin

  131. maxy permalink
    Minggu, 2 November 2008 3:48 am

    @jo3…(.^_^.):

    bener bgt..w jd tenang denger nasehat dr lo…
    thx! :D

  132. Minggu, 9 November 2008 12:33 am

    mengapa demikian? coba bayangin…
    pada saat wanita berumur 17 tahun dan laki-laki berumur apa yg mereka kerjakan?

    wanita membaca majalah cosmopolitan?
    mereka belajar how to make them look attractive, what kind of man should they avoid…

    kalau laki-laki ? baca majalah porno ^_^
    jadi kurang pengetahuan dalam hal how to attract woman…dan kalau udah putus susah cari pacar…

    ingin menjadi pria idaman?
    cek this site: http://www.sosuav3.blogspot.com

  133. Ade permalink
    Minggu, 9 November 2008 8:08 am

    Kalo mnurutku tergantng yg di putusin ce or conya sama aj,yg di putusin past lbh sakit..

  134. something permalink
    Rabu, 12 November 2008 9:11 am

    tuk “something” maaf dan terima kasih. sebulan bersamamu saya merasa nyaman. putus sekarang lebih baik daripada nanti akan lebih sakit rasanya.

  135. Kamis, 13 November 2008 9:12 am

    Ya memang seorang pria tuh sangat rentan perasaannya klo dah kena namanya putus cinta or broken heart, tapi dari pengalaman yang sudah-sudah yakinlah kaum pria you akan mendapatkan pilihanmu yang terbaik dan terindah…thanks

  136. Kamis, 13 November 2008 2:56 pm

    ya’ bener bgt…
    ada temen yang kayak gitu….

    saking dia melihat pacarnya yg dulu (mantan) is perfect bgt..,dia blm bs lupakan apa yang dia alami sama mantannya itu dulu waktu masih jadian..

    tapi memeang ya cowok tuh banyak maunya…

    dia selalu ingin dapat yang sangat, sangat perfect. utamanya cewe’. maunya tuh cewe’nya serba bisa..
    bisa diandelin, bisa diajak arisan alias cuantik tanpa liat sisi yg lain dulu..

    kadang kalo cowo’ ngmng kyk gt, qt yg pas2an mrs minder…BT deh..

    tp yg nmx cewe’…bisa aja ngeless…ato cr pikiran2 yang masuk akal bwt nenangin pikirannya.

  137. Destra permalink
    Jumat, 14 November 2008 10:41 am

    bener bangeet tuh klo co lebih menderita klo dputusin ma ce yang bner2 qt syank,,
    Coz qt harus memulai segalanya dari awal,,lalu belum tentu pabila dapet ce baru bkal sesuai dengan yang kita harapin.
    Saran gw bg yang gak bisa nglupain ceny mndingan lo simpen ja rasa syangny jgn brubah jd benci..mungkin suatu saat di bakal nyesel dengan kputusan yang pernah diambilny & bkal blik lg k lo..& jgn lupa b’2 ma tuhan YME.

  138. Lily permalink
    Jumat, 14 November 2008 12:51 pm

    Cwo tu brngsk, dy mlah sneng pts m cwe’y n cri yg bru

  139. eliza permalink
    Jumat, 14 November 2008 5:02 pm

    bener banget,,
    coz aq jg punya temen cowok yg trauma setelah putus cinta. Dia ngerasa disakiti ceweknya coz cwnya selingkuh.
    sampe sekarang pun dia tetep jomblo.yah udah sekitar 2 taun ini..

  140. tari permalink
    Sabtu, 15 November 2008 4:31 pm

    mgnal cinta emg mnynangkan.dan ptus cnt bgt2 mnyakitkan,apa lg kt mutusin dia tnp sbab,psti kt akn sgt mnysl dan khilangan

  141. Minggu, 16 November 2008 12:14 am

    “da yang berakhir baik-baik dengan keduanya saling mengucapkan terima kasih dan masih menjadi teman dekat.”

    sayang ga ramai yang berakhir begini..

  142. chiphi permalink
    Minggu, 16 November 2008 7:34 am

    kekasihq adalah orang yang keras hati
    dia semakin jarang mngatkan dia menyayangiq
    walau dri perilakunya tak bisa dia sembunyikan dia ingin q bersamanya
    entah knp dia smkin dingin padaq beberap bulan belakangan ini
    tp, saat q menangis krn ingin mlupkannya dia tak ingin q pergi tak mau mninggalkan dia
    apa laki2 itu selalu takut dianggap lemah
    bukannya lelaki juga perlu di sayangi dan ingin dipeluk saat menangis???tapi, knp dia begitu dingin
    seolah tak ada sesuatu kejadian pun yang bisa menyentuh hatinya
    dia takut semakin mencintai q
    repot n setengah keberatan q semakin menyayanginya
    tapi dia tak mau menyakiti q
    CINTAKAH DIA PADA Q?????

  143. Senin, 17 November 2008 11:13 am

    wohoho gitu ya, koq persis apa yg pernah aku alami, jd solusinya gmn ?, apakah itu tandanya pria butuh teman curhat untuk bisa cepat2 melepaskan “penderitaanya” ?

  144. luna permalink
    Senin, 17 November 2008 4:35 pm

    kayanya bener deh, aku perna becabda ngajakin dia putus lewat telphone, eh spontan ja telphonenya diputus n dia ga mau dihubungi lagi sebelum aku narik ucapanku. kayanya mang takut banget di putus, takut depresi kali ya…

  145. Senin, 17 November 2008 5:05 pm

    Segalanya telah ku berikan..
    tapi dia tak pernah ada pengertian..
    Dengan mudahnya dia mengatakan PUTUS karena dia lebih menyayangi mantannya..
    Meskipun aku merebutnya dari mantannya..

    Apa yang harus aku lakukan..
    Untuk membuat kau mencintaiku..
    Segala upaya tlah ku lakukan untukmu…

    Inikah balasan dari pengorbananku…
    But I’ll Be there 4 You..Winaa..

  146. pma permalink
    Kamis, 20 November 2008 12:03 pm

    masalahnya kalau si cowok yang selingkuh dulu gimana?????aku sebagai cewek yang di putuskan cowok ngerasa tidak terima….aku cinta mati ma cowokku,,tpi dia minta putus sma aku….aku harus gimana melupakanya???sudah aku coba tapi tidak bisa,aku tergantung sma cowokku…

  147. riantina permalink
    Jumat, 21 November 2008 8:49 am

    duhh udah 2,5taon gw pacaran..gara2 pcrku diphk gw disuru pts ama kluarga.sedih bgt gw..mgkn gw ga akan nikah aja selamanya..tuhan kdang eman ga adil ama gw

  148. j free permalink
    Senin, 24 November 2008 12:21 pm

    wadouuuuuuuuwwwwwww…………….!!!!!!!!bgai ngiris sekilo bwank dunk nangis meluu…!!!!!!!!!!! prasaan ce klo d ptus tyus ktmu ma MP klo sempat ngucap kta2 palink hti kcil ngomonk gni,,,,,,,sberna lu cantik syang lu nyebelin puooooool,tp lmyan gw dpetin ilmu dari lu tuk gbet cew laen heeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee

  149. Ayubi permalink
    Selasa, 25 November 2008 6:09 am

    Apa yg tertulis memang sama seperti yg saya alami saat ini.mohon solusinya?

  150. yulius permalink
    Rabu, 26 November 2008 8:03 pm

    hampir semua yang di artikel benar..skg g lagi naglamin an ngerasain betapa bgo na g ahaahahah

  151. ngikngik permalink
    Rabu, 3 Desember 2008 5:22 pm

    semoga saja tidak dengan saya :)

  152. avril permalink
    Kamis, 4 Desember 2008 1:34 pm

    mungkin benar.walau pria kelihatan tenang tapi tetap kelihatan kesedihan yang disembunyikan.

  153. Kamis, 4 Desember 2008 4:13 pm

    ( ya’ajir kul stkip pontianak) ya, ada benarnya,pengalaman saya sendiri, ketika saya harus memutuskan seseorang. aduh mak rasanya gunung mau meletus, bumi mau gempa, laut mau sunami. luar biasa. lama sekali baru bisa dinetralkan kembali

  154. fredy permalink
    Sabtu, 6 Desember 2008 9:32 pm

    Sakit bgt diputusin,sampai skrng gw jg lom terima,..
    Lebih sakitnya lagi,gw putus dihianati temenku sendiri,..

  155. lina permalink
    Minggu, 7 Desember 2008 4:24 pm

    Mungkin benar, tapi kebanyakan pria hanya menganggap itu hal sepele, tapi anehnya, para cowok setelah putus dengan pacarnya, untuk ke depannya mereka tidak seperti saling mengenal, jadi lebih ke arah siapa loe??

  156. bingung permalink
    Senin, 8 Desember 2008 12:52 pm

    ptuz cinta,, dancooook….
    cuakiiit now,, tp enag….

  157. jezz permalink
    Senin, 8 Desember 2008 12:56 pm

    ‘aLaaah pTz cNta gag dBwa mAti j kUg bGung,, mNding dBwa nYantai j,,
    cNt wi dH wat sEoRg kHLgan oRg yg di syang ny.so kL maU ngRsain iDup yg sEmpUrna tGgub j tuHan mEmGgiL muE,,,
    haaaaa…….aaaaaaw

  158. Senin, 8 Desember 2008 3:57 pm

    emang sih cwo tuh paling susah ngelupain mantannya, cwo pasti bertanya dalam hatinya “apa salah gua,knapa juga dy milih tuh setan” kr2 gitu deh, trus krna cwo didik untuk mandiri mereka bakal membohongi semua orang juga diriya, kan aneh klo ada cwo nangis gr2 putus..,bs2 diledek ampe mati ama temen2..,yakin deh!
    makanya cwo lebih gampang terluka.,tpi dlm ending_nya tergantung ama orangnya.,ada yang bs move on but kebanyakan mlh ngerusak diri sendiri.,,ini pengalaman pribadi juga sih!!!

  159. Jumat, 12 Desember 2008 9:32 pm

    aku pernah di putus kan oleh mantan tunangan ku lebih dahsyat nya di tengah perjalanan aku merasa sakit sekali

  160. safri permalink
    Sabtu, 13 Desember 2008 1:44 pm

    mantap juga ne artikelnya…
    betul juga se,…

  161. enggar epitara permalink
    Jumat, 19 Desember 2008 5:25 pm

    In this blog, I will comment only in terms of writing, grammar, and how penyampain.
    According to me, this blog is very interesting. How the author to convey the content of the blog is also supported by the opinion survey or that.
    In any book, the author gives a picture, the picture .. a split. From this image alone, can be revealed is the purpose of the implied author, .. that the author wants to reveal that not only women who can only discouraged, but men also can be discouraged

  162. Reny permalink
    Sabtu, 20 Desember 2008 3:01 pm

    oh ya….aq baru tau,,klo aq putusin pacar aq gitu ga ya….

  163. somad permalink
    Minggu, 21 Desember 2008 9:17 pm

    hai sobat tunjukkan aku tentang cara mengatasi cinta

  164. somad permalink
    Minggu, 21 Desember 2008 9:18 pm

    cinta itu sakit cinta

  165. somad permalink
    Minggu, 21 Desember 2008 9:19 pm

    cinta itu menyakitkan

  166. jean permalink
    Rabu, 24 Desember 2008 3:36 pm

    klu mutusin cowo yang kurang ajar itu pantes,
    dan mungkin dia pun tak pantes, di panggil
    manusia ,biar mereka tau gimana rasa nya
    sakit di putusin oleh orang yang di cintai
    betul ngga,bkn cmn hanya pada lelaki tetapi pada wanita juga, oke

  167. REniE permalink
    Rabu, 31 Desember 2008 4:36 pm

    PRIA ZAMMMMAN SEQHARANG ADA ADA SAJA..///

    KALAU MO GAGH D PTOSEN JGAN BETINGKAH ,,,LA,

  168. reffiuse permalink
    Selasa, 13 Januari 2009 12:19 pm

    bener bgt tu.
    aq ja kna psikosomatis. :(
    tp skarang mah dah senyum lg.
    kalo bkn diri qta yg bikin bahagia,siapa lg? :D

  169. reny permalink
    Rabu, 14 Januari 2009 5:31 pm

    kenapa harus pacaran?

  170. manu putra permalink
    Selasa, 20 Januari 2009 6:59 am

    cinta itu suci,suci karena wudlu,wudlu batal karena kentut,jadi cinta itu kentut,di tahan sakit perut,di keluarkan bikin ribut…………….hahaha

  171. Rabu, 21 Januari 2009 3:45 pm

    hem…buat pemasukan ahhhh…

  172. manu putra permalink
    Kamis, 22 Januari 2009 1:44 pm

    siapa bilang pria lebih sakit jika putus cinta. gak semua pria pasti sakit jika putus cinta. kita lihat dulu siapa pria tu. CINTA…….Busiiiit, menyakitkan banget jika gak bisa mendapatkan apa yang kita harap. persetan dengan CINTA

  173. manu putri permalink
    Kamis, 22 Januari 2009 1:50 pm

    CINTA….apa itu CINTA????
    setiap orang pasti tak akan bisa mengartikan jika tidak dirasakan, dipelajari, dibaca, difahami dan dimengerti.
    Jika cinta sudah dirasa pasti timbul suatu yang sangat membuat hati gak tenang. rasa yang akan timbul cemas, takut, senang, dls. tapi jika kita sangant memahami arti cinta semua akan berubah. Yang kita rasakan ketulusan, keikhlasan, menerima apa adanya, memberi tanpa harus menerima. itulah cinta sebenarnya

  174. Senin, 26 Januari 2009 10:00 pm

    Hidup itu emang misteri Coyyy…Jodoh.Umur.dan lain sebagainya itu dah ada yang ngatur.

    iya gak coy…ehh gw kayak “Budi AnduK” az.

    sakit hati”UDAH BIASA”putus cinta”EMANG BELUM JODOH”Mau diapakan lagi.ampe bosen juga kadang2 pacaran akhirnya putus2 juga.
    tapi gw ga PUTUS asa….
    semakin kita sakit hati karena putus cinta dengan orang yang kita sangat sayangi,kita akan semakin KUAT menghadapi masalah cinta di kemudian hari…semua adalah Proses kehidupan buat apa disesali….

    salam SUPER

    by:
    Pecinta Wanita

  175. rara permalink
    Jumat, 6 Februari 2009 12:51 pm

    klo aku ngarasa semua pihak bakal sakit deh
    tau sendiri wanita paling sering nangis lah
    susah ngelupain
    atau paling parah berani nyakitin dirinya sendiri untuk orsng yg dicintain (sometimes)
    so klo pria lebih rentan, ga juga cause wanita juga rapuh dan butuh banyak pengertian

  176. olive oyl permalink
    Jumat, 13 Februari 2009 3:12 pm

    bagaimana perasaan pria yg memutuskan wanitanya demi keluarganya? apakah benar dia hanya memakai logikanya saja? apa dia bisa benar2 melupakan perasaan dan moment2 bahagia yg pernah dialaminya bersama wanita yg diputuskannya tsb?

  177. robi permalink
    Sabtu, 14 Februari 2009 1:15 pm

    sya tlah mengalami penderitaan tentang cinta krna sya da ptuz dengan pcar sya

  178. nia permalink
    Senin, 16 Februari 2009 8:33 am

    oh,,kya gitu yah,, kmrin aku abis putus cinta,,pdhal kita dah pcran 5 tahun dan dia selingkuh diblkng aku,,dan pada akhirnya dia lebih milih cwe itu dibanding aku,,rasane sakit bgt koh,,,kya da yang hilang dari diri aku,,dan aku liat,,mantan aku kaya ga da beban apa2,,dalam hati,,aku pengen bgt dia ngerasaain pa yang aku rasain,,
    tapi,,setelah aku baca artikel ini,,aku jadi sedikit lega,,dan aku harap juga dia ngarasain pa yang aku rasain saat ini,,thnks a lot..

  179. kiz permalink
    Selasa, 17 Februari 2009 2:55 pm

    gw pnya pcr, gw mulai boring ma dy,, but…
    sbnrny W emg msh syg jg,, d smping itu ada cwo yg dtg n W jg mulai trtarik.. tu cwo ungkapin rasa k W,,
    yg bkin bingung, adalh cwo W yg ckrg, W udh jlanin dg dy slama 1 thn, uda ckup basn,, gmna y….
    kliatan bgdh, cwo W gx pgn khilangn W, dy sdikit pun gx kan akhlassss…
    tappii,, W falling louph ma cwo yg new dtg k hidup W…
    dg gtu, W ckup tw prasaan cwo W, dy kan prnh W tinggal jg dlu n dy ajak balik.
    jdi emg bnr, cwo sulit wat lepas cweny…
    pdhal dlu W gx brpkir bhwa cwo W tuh bs klepek-klepek ma W…
    cwe emg racun dunia bibeh poko e…..
    smua cwo bs takluk ma yg nmany cwe…
    cwo????? gx hrs d taklukin dg body,, tp rebut hatiny yg trdalam,, gw bs, lu para cwe jg psti pda bs…
    ykinnnn….

  180. Dwika permalink
    Senin, 23 Februari 2009 8:56 am

    setuju….soalnya gw baru ngerasain putus cinta.N cwokQ sekarang jadi gila…

  181. Senin, 2 Maret 2009 2:53 pm

    Bener banget..

  182. aman permalink
    Rabu, 4 Maret 2009 12:04 pm

    bener bgt om,,,

  183. Minggu, 8 Maret 2009 9:36 am

    makasih ya artikelnya…. lagi putus cinta nie… tp gak boles sedih ahhhh angap ja sebagai pengalaman.

  184. Alexandria permalink
    Senin, 9 Maret 2009 3:20 pm

    Apakah Selalu bagitu?
    Sepertinya tidak! tapi bener juga sh!

  185. Kamis, 12 Maret 2009 6:08 pm

    sekarang w lagi patah hati ,,, mungkin dalam kegagalan percintaaan cwe lebih sensitif untuk mengeluarka
    n airmata tapi tidak lama mungkin hanya 3 hari
    saya merenungi masa lalu,,, saya tdk begitu mengerti
    tentang co jika dia putus dari kita …

  186. Jumat, 20 Maret 2009 9:43 am

    yah memang bener sc lo para co lah yg lebih menderita,karna para co tertutup oleh rasa ego dan juga rasa malu bila menceritakan kejadian yg dialamix kepada teman2x,psti dikira lo para co ga jantan bila mnceritakanx,,tul kn???

  187. Nini permalink
    Sabtu, 28 Maret 2009 11:21 am

    perasaan cewek lebih menderita dari pada cowok deh….cewek kan lebih halus perasaannya dari cowok

  188. HELEN permalink
    Sabtu, 28 Maret 2009 11:35 am

    pazti ce yang lebih menderita….pa lagi kalo udh berjuang bertahun2 and ngorbanin pa ja wat orng yang qta syank, pi ternyata sedikitpun apa yang qta lakuin g’ pernah dihargain…..hancurrrrrrrrrrrrrrr……..g’ berasa lagi…beda ma co yang menganggap putuz cinta adalah masalah yang sangat2 sepele….mati satu tumbuh seribu…pa yang pernah dilewatin ngan mantan,ma sekali g’ berbekas dihati…..
    satu kata….co?????BRENGSEK!!

  189. (a)_(i)_(u) permalink
    Sabtu, 28 Maret 2009 3:39 pm

    Guys…..u must try this.tapi
    kalian bener2 jangan ngeliat jawabannya di
    bawah ya…loe ikutin aja instruksi2nya, dijamin
    deh bakal kaget loe liat hasilnya, gue aja masih
    terheran2 dan geleng2 kepala……tapi mikirnya
    jangan lama2, apa yang ada di hati loe aja
    tapi bukan berarti asal2an loooohh…..enjoy….

    Psikotest ini diambil dari email internet,
    diterjemahkan oleh orang tersebut dari bahasa
    asalnya Japanese. Anda akan menemukan hasil
    yang sangat mengejutkan. Orang yang
    memikirkan
    game ini, konon sesudah membaca mail ini,
    harapannya dapat terkabul. Pasti anda akan
    terkejut melihat hasilnya.!!!
    Cuma janji dulu, JANGAN MEMBACA JAWABAN
    DIBAWAHNYA TERLEBIH DAHULU.
    ISI DULU INSTRUKSI YANG DIMINTA.
    BACA SATU PARAGRAF DEMI SATU
    PARAGRAF.
    Pertama-tama siapkan bolpen dan kertas.
    Waktu memilih nama, anda harus memilih orang
    yang anda kenal. Jangan terlalu banyak mikir,
    tulislah apa yang ada di kepala anda.

    INGAT : Maju satu paragraf per paragraf.
    Kalau anda membaca kelanjutannya, Permohonan
    anda tidak akan terkabul.
    1.. Pertama-tama tulis angka 1 sampai sebelas di
    kertas anda secara vertikal (atas ke bawah)

    2.. Tulis angka yang paling kamu senang (antara1-
    11) disebelah angka No.1 dan 2

    3.. Tulis 2 nama orang (lawan jenis) yang kamu
    kenal, masing-masing di No.3 dan No.7

    4.. Tulis 3 nama orang yang kamu kenal di No.4, 5,
    dan 6. Disini kamu boleh menulis nama orang di
    keluarga, teman, kenalan. Siapapun OK. Cuma
    harus yang kamu kenal

    5.. Di no.8, 9, 10 dan 11 kamu tulis nama judul
    lagu yang berbeda-beda

    6.. Terakhir, tulis kamu punya permohonan.(Kamu
    minta permohonan)

    NAH……… dibawah ini ada jawaban dari psikotest-
    nya mudah-mudahan cocok jawabannya.
    1.. Anda harus memberitahu ke orang yang anda
    tulis di No. 7 tentang psi kotest ini.
    2.. Orang yang anda tulis di No.3 adalah orang
    yang kamu cintai.
    3.. Orang yang anda tulis di No.7 adalah orang
    yang kamu suka, tetapi bertepuk sebelah tangan.
    4.. Orang yang anda tulis di No.4 adalah orang
    yang anda rasa paling penting bagi anda.
    5.. Orang yang anda tulis di No.5 adalah orang
    yang paling mengerti tentang anda.
    6.. Orang yang anda tulis di No. 6 adalah orang
    yang membawa keberuntungan pada anda.
    7.. Lagu yang anda tulis di no. 8 adalah lagu yang
    ditujukan untuk orang No.3
    8.. Lagu yang anda tulis di no.9 adalah lagu yang
    ditujukan untuk orangNo.7
    9.. Lagu yang anda tulis di no.10 adalah lagu yang
    melukiskan apa yang ada di hati anda.
    10.. Terakhir, lagu yang anda tulis di No.11 adalah
    lagu yang melukiskan hidup anda.

    BAGAIMANA APAKAH CUKUP
    JITU ??????

  190. Minggu, 29 Maret 2009 8:59 am

    menurut sya,oranglaki2 kalau putus cinta memang stres berat,apa lgi perempuan tu sangat d cintai nya,tmpa wanita laki2 tk bsa buat apa2,krna wanita snagt butuh bgi drinya,apa lgi laki2 dlm masalah,dia sangat butuh bantuan dan tempatmengurangkan beban bgi nya,,,,,,,,

  191. Jumat, 3 April 2009 8:24 pm

    benarrrrrrrrr sekale gw baru ja merasakan ini n bener bener passssssssss trus gmna cara atasi ini????????????????

  192. dedy permalink
    Senin, 6 April 2009 2:07 pm

    bener bgt gw bgt it…..
    Hiks,,,,
    sakit bgt tp ak tetep ngeharapin dia walau pun dah milih co laen daripada gw,co itu temen gw n temen dia lg T_T..

  193. dedy permalink
    Senin, 6 April 2009 2:54 pm

    Aku pengen bgt mantan gw,dia bilang menyesal dah mutusin gw . . .
    n balik lg ma gw,tp hal ini ku tunggu2 ini blum terjadi2 . . .
    yah yg sekarang kita isa lakukan sebagai orang2 yang merasa tersakiti cuman bisa pasrah . . . mau gimana lagi,.. dia lebih memilih laki2 lain . . . kalau memang dia bukan buat kita dimiliki juga ga akan bahagia,iyah ga. . . buat apa memiliki sesuatu yg bukan milik kita
    yah saran bwt semua:menurut gw jangan terlalu dipaksakan hubungan yang udah diputuskan kalau memang dia milik kita, pasti suatu saat dia akan kembali ke kita lagi tp jgn tralu berharap, jalanin aja kehidupan kita yang baru coz kehidupan kita yang baru pasti lebih baik dari pada yg dulu . . . SMANGAT ALL SAMANGAT2…
    Keep Smile Always n Keep pray masih banyak orang yg peduli ma kita bukan hanya mantan kita aja ^^ yang penting skr tarik nafas dalam2 trus triak SMANGATTTTT Gw BISA hehehehhehe gitu aja skr mah ^^ GOD BLASE YOU ALWAYS

  194. budi permalink
    Rabu, 8 April 2009 4:25 pm

    nyentil banget nich artikel !!!!!

  195. jati waluyo permalink
    Kamis, 9 April 2009 7:48 pm

    ada kata-kata yang tepat, yaitu Perasaan nyaman secara emosional membuat pria merasa beruntung bisa memiliki seseorang seperti dia. Sayangnya, hal ini seringkali baru disadari ketika si dia sudah berubah status menjadi mantan pacar. Perasaan ini yang aku alami sampai sekarang udh hampir 2,5 th putus…

  196. cute permalink
    Minggu, 12 April 2009 5:00 pm

    cinta…..cinta……….????????knp u hadir….???? & knp u sll mmbwt derita….?????
    mSa bdoh tu dg cIntA.

  197. Budhy permalink
    Rabu, 15 April 2009 1:04 pm

    Bner bgt tuch…
    aku jga ngrsain hal yg kyk gTu…

    aku ssah bgt ngilangin prsaan tuch…

    gmn crannya….

  198. Jumat, 17 April 2009 10:32 am

    cewek itu brengsek smuanya…habis manis sepah dibuang..
    fuck in love

  199. A7X permalink
    Jumat, 17 April 2009 11:12 am

    Ce itu “BRENGSEK” Q ru aj dptusin ma ceQ,skit banget hatiQ ini.
    Dy putusinQ cz dy dah pnya yang laen dihatinya.dy dah gk cinta lgi maQ.
    Janji2nya hanyalah kenangan semata&kni hnya tinggal hatiQ yang terluka.Hancurnya hatiQ ini,

  200. Just Comment permalink
    Senin, 20 April 2009 1:30 pm

    hmm…ngomongin putus cinta emang ga ada abisnya kawan.Apalagi ada seseorang yang merebut pacar kita. Tapi yang pasti janganlah pernah membenci seseorang yang pernah kita sayangi walaupun orang itu telah menyakiti perasaan kita.Dan jangan juga membenci orang yang telah merebut pasangan kita. doakanlah mereka kelak mereka bahagia dengan pasangan mereka. anggaplah semua yang merebut pacar2 kalian adalah seperti penjahat. penjahat seperti iblis. jadi wajar kalo iblis berbuat jahat dengan rayuan sejuta kata indah yang akhirnya mengikat diri dan hati pacar2 kalian dulu. Jadi doakanlah mantan kalian agar tetap bahagia bersama iblis…see yaaaaaaaa…

  201. Just Comment permalink
    Senin, 20 April 2009 1:34 pm

    di dalam kitab suci disebutkan bahwa lelaki yang baik adalah untuk wanita baik, begitupun sebaliknya. Jadi bentuklah diri kalian menjadi baik agar kelak mendapatkan pasangan yang terbaik dan memberikan yang terbaik kepada orang yang kelak menjaga kita disisa hidup kita…

  202. syaza permalink
    Selasa, 21 April 2009 12:43 pm

    lelaki smua yer same

  203. Bboy Saint permalink
    Kamis, 23 April 2009 2:31 am

    yupz,gue setuju,emang co lebih mengutamakan kekuatan dan gengsi,itu sebabnya co lebih cepat hancur ketika mengalami “perpisahan” dengan sang kekasih..

  204. Senin, 27 April 2009 10:04 pm

    jalanin j bung,,gak usah takut gak cpet bwt dapat cwe baaru atw susah lagi bwt brhub intim,,,sgala ssuatu pasti da caranya,,apalagi tuan-tuan gw akuin dah banyak pengalaman,,,

  205. n_oeh permalink
    Rabu, 29 April 2009 12:48 pm

    munx BEnar Ktka Cwo Putus Cinta Dia Lbh Menderita dari pada cwe!!! nech Pengalaman w……!!!! mpe Skarhg w msh Ga perCya klo Cwe Mpe SGtu’a!!!!!

    TEruTama Yang Nama’a YESIKA FEBRIANA Naq BOGOR!!!!!

    Cwo Lebih LEbar Toek NGlangkah Ketibang Cwe!!!!!!!!

  206. CLX 7 permalink
    Sabtu, 2 Mei 2009 10:43 am

    Betul,amuah panik wk dbuek ny agk 1 bln

  207. Minggu, 3 Mei 2009 12:40 pm

    ya saya sepakat….
    putus cinta itu sulit bagi pria untuk melupakannya….

  208. Senin, 4 Mei 2009 10:24 am

    YA ITU BNAR

  209. Rezty permalink
    Rabu, 6 Mei 2009 1:27 pm

    Memang bnar, putus cnta iTu kbnyakan pria yg mNdrita,tp wanita yg mNdrita pun jg tdk kLah bnyk dg pria.

  210. Sabtu, 16 Mei 2009 10:27 am

    menurut q!!!!
    cukup ada benarnya
    pria tampil tegar hanya untuk menutupi kelemahan nya
    mungkin bisa ditambahin artikel cara mengatasi
    supaya kaum adam tidak terlalu sedih berkelamaan hanya gara2 mantan
    g banget kan
    sukses deh

  211. widyaharningtyas permalink
    Kamis, 21 Mei 2009 11:36 pm

    ha?? bnarkah?
    apa krn ini cwok yg kutaksir stengah mati g’jg putus2 dr pacarnya yah? andai dia tau bhwa aq g’kan prnah memutuskannya.
    tapi kpnkah itu ? oh….andai sj

  212. reika permalink
    Rabu, 27 Mei 2009 4:10 pm

    hohohho bnrkah??
    bnr g si??
    hub q emg dh lma2 ni pts smbg trs
    tp aq akui
    seumur hdupq cm dy yg bs ngebuat q ngrasa skt yg teramat sgt

    I LOVE HIM
    dy blg aq cewe ptma yg dy sukai dan cewe ptma yg jd pcrna
    aq pgn dy tau
    hub hmpr 3 taun
    tp 1 taun trkhr hub jrk jauh

    pts smbg dh biasa
    bhkn bgi kmi status t dh g pntg
    yg terpntg adlh rasa yg kmi pny

    br 1 bln yg lalu
    dy plg
    kmi ktmu

    y Allah,aq msh bs ngrasain btpa sayang n cintana dy mq

    dy blik

    aq msh bs ngrasa dy kgn mq
    entah apa ini
    aq sllu bs ngrasain ap yg dy rasa,entah kgn,bete,mrh,sbl,spi,g bs bobo,ngs apalah

    bbrp hr yg lalu dy blg rsa yg dlu ada entah kmn ilangnya
    aq shock
    bs g c rasa itu hilang dlm wkt g smpai sebulan????

  213. Rönick permalink
    Kamis, 28 Mei 2009 2:27 am

    Setuju…it’s real happen in my life as a men..dr awal sampai akhir terbukti !!

  214. sari permalink
    Kamis, 28 Mei 2009 4:47 pm

    menurut ku sih,ada juga cow yg kyk gtu pi ad jga yg tdk.

  215. wandi permalink
    Jumat, 29 Mei 2009 5:35 am

    jujur untuk diakui,memang apa yg sudah dikemukakan adalah benar adanya……
    seorang pria memang lebih egois,yaitu dalam hal kurang mengerti akan pribadi pasangannya.karena dalam menjalin sebuah hubungan harus harus bisa saling mengerti akan pribadi pasangannya.Tapi jangan memvonis bahwa pria tidak bisa mengerti pasangannya,hanya saja cara dia yang lebih mementingkan diri sendiri.disaat suatu hubungan berakhir barulah pria tersebut menyadari sifat-sifatnya yang belum bisa mengerti secara utuh pribadi perempuan.Dan menjadikan sebuah penyesalan.bahkan menjadi beban yang harus diselesaikan.Contohnya pria tersebut ingin kembali menjalin hubungan dengan pasangannya lagi.Karena pria tersebut tidak ingin menjadi penyesalan seumur hidupnya……Tapi kebanyakan pria terlalu gengsi untuk meminta kembali menjalin hubungan yan udah putus.Dan yang tinggal hanya penyesalan dan rasa sakit.menurut saya sebagai seorang pria belajarlah untuk mengerti pasanganmu…..terima kasih.

  216. aan permalink
    Jumat, 29 Mei 2009 9:59 am

    betul….gua setuju dengan pendapat tersebut…

  217. widya_mika permalink
    Senin, 1 Juni 2009 9:49 am

    bwt Q cwo itu gampang bgt jatuh cinta. baru ptus aja dach deket lagi sama cwe lain. ga kaya cwe ga semudah itu bisa lupain mantan.

  218. agoes bleduq permalink
    Minggu, 7 Juni 2009 1:56 pm

    aq sebagai pria memang putus cinta itu sangat menyakitkan? :) :)

  219. lilis permalink
    Selasa, 9 Juni 2009 3:01 am

    gimana nih aq sekarang lagi putus cinta.teman2 apa si obatnya?sedangkan aku tak bisa tuk melupakannya.

  220. donn_ permalink
    Jumat, 12 Juni 2009 3:52 am

    btul banged!
    DI PUTUS CWE’
    rsny
    swakiiiiitt banged
    trus2an larut dlm ksdihan..
    Tp mu gmn lg,,
    jln hdp ssorg tu bd2.
    smuany ud d tntuin ma yg d Atas
    qt cm bs ngjlnin ajah..

    bsog qt2 para pria yang sedi htny
    bwt lagu ajah
    ‘pria jg btuh dmgrti’
    hhehhe:-)

  221. donn_ permalink
    Jumat, 12 Juni 2009 4:03 am

    btul banged!
    PUTUS CINTA
    rsny
    swakiiiiitt banged
    trus2an larut dlm ksdihan..
    Tp mu gmn lg,,
    jln hdp ssorg tu bd2.
    smuany ud d tntuin ma yg d Atas
    qt cm bs ngjlnin ajah..
    Tp aq bklan te2p syg ma dia
    aq jg bkln nggu smpe dia ngsi ksmptan lg..

    bsog qt2 para pria yang sedi htny
    bwt lagu ajah
    ‘pria jg btuh dmgrti’
    hhehhe :-)

  222. lilis permalink
    Sabtu, 13 Juni 2009 2:41 am

    emang ia melupakan seseorang yg sangat kita cintai tidak mudah.aku akan berusaha melupakannya sekuat tenaga.aku sadar segala sesuatu udah ditentukan ama TUHAN.kita hanya bisa jalanin aja.

  223. rere permalink
    Sabtu, 13 Juni 2009 12:14 pm

    bener bangetz…thx yach! maybe sekarang saya tidak lagi terlalu down…
    tadinya saya kira, sayalah orang termalang di dunia. tapi ternyata ndak iya??

  224. Senin, 15 Juni 2009 3:28 pm

    beri tipsnya dong agar aku tidak putus ma pacar yang aku sayang,,,tolong ya
    balaznya ke e-mail ku ya…

  225. Yuli hartini purnama permalink
    Sabtu, 20 Juni 2009 6:57 am

    Menurut ku,pria itu lebih sadis,kasar terhadap wanita,dan hanya wanita yg tertindas oleh kasar,jahat,ego nya pria

  226. Avriel permalink
    Minggu, 5 Juli 2009 11:24 pm

    Tapi kalo co yang mutusin dulu gimana?
    Temenku sampe skarang ga bisa sembuh dari sakit hati pasca diputusin cowonya 5bulan lalu…dia dideketin cowo baru juga ga mau! Masih…sama yg dulu,katanya!
    Inikah cinta???

  227. GAGAH permalink
    Selasa, 7 Juli 2009 4:24 pm

    ce yg pts am qt it ce yg merugi…
    loe hrs yakin…ok!!!!

  228. GAGAH permalink
    Selasa, 7 Juli 2009 4:27 pm

    cnt

  229. aan permalink
    Kamis, 16 Juli 2009 6:21 pm

    bagaimana jika di masa depan saya hanya menyukai wanita dengan karakter dan fisik yang hampir “mirip” dengan cewek saya dulu? apakah wajar? soalnya saya sekarang suka dengan adek kelas dengan karakter dan fisik yang hampir sama…
    mohon bantuannya… tolong balas di e-mailku ya…makasih

  230. lilis permalink
    Senin, 20 Juli 2009 3:07 am

    aan seharusx km jalanen aja.gak apa2 kok waloupun krakterx sm ama pacar km yg dulu.tentunya km bisa memilih apa yg trbaik buat kamu.semoga TUHAN memberi apa yg terbaik buat kamu

  231. wds permalink
    Jumat, 24 Juli 2009 5:13 pm

    iya sakkkkkkkkkkiiiiiiiiiiiitttttttttt aaaaaaaaaaaaabbbbbbbiiiiiiiiiiiieeeeeeeeeeesssssssssss

  232. budi purnomo permalink
    Sabtu, 25 Juli 2009 12:31 am

    bnr bgt, saat ini yg aku rskn cm sedih sedih dan sedih,cz aku bru ja pts….. hny bs mnysali knp aku jd cow tll mnyyngi n mncntai dy, hngga pd akhrnya trpuruk dlm kkcwaan……

  233. budi purnomo permalink
    Sabtu, 25 Juli 2009 12:34 am

    huh cnta, ky nyamuk aja…..
    datang n pergi seenaknya,,,,, skali kna cblek mampus……..

  234. tina permalink
    Senin, 27 Juli 2009 4:30 pm

    hi… i’m tina.
    i have a problem.
    semalam,q n mantan q putus.
    tp,q yakin ia masi cinta ma q.
    but, berhubung ia ngerasa lau ia g pantas,langsung putus.
    ge mana ngatasi ia?
    jujur,q masi sayang ma ia.

  235. Selasa, 4 Agustus 2009 3:57 pm

    bener juga soalnya aku baru aja putus cinta, tapi aku cepat sekali untuk melupakan masalah aku itu,

  236. Kamis, 6 Agustus 2009 9:21 am

    “””iya_iyalah kan gw nglami kyk gini sakit meskipun g tw alsannya kenapa g tw gmn mw nyembuhinnya……..artikel kyk gni bs sedikit mencerahkan para cwo mey be????

  237. arum permalink
    Kamis, 13 Agustus 2009 4:43 pm

    q bru jg putus ma cow q.skt bnget

  238. chacha permalink
    Jumat, 21 Agustus 2009 2:08 pm

    bagai mana prasaan pria yang hubungan nya putus dengan cara dia mendua?
    apakah sang pria merasakan hal ya sama dengan yang di katakan di atas?

  239. Dimas permalink
    Senin, 24 Agustus 2009 1:59 pm

    Untung aja belum pernah jatuh cinta…..

  240. riki permalink
    Rabu, 26 Agustus 2009 12:09 am

    ceweq ku suka lagi ma cow laen..
    padahal dulu dia begitu cinta dan sayang ma gw sampe minta2 nikah..bahakan gw sempat ml,,sekarang malah ninggalin gw…padahal gw sayang bgt…

  241. Wayan Kusuma Yasa permalink
    Kamis, 27 Agustus 2009 12:20 pm

    pak saya baru saja diputusin cewek saya beberapa hari yang lalu,benar sekali artikel yang dimuat ini
    saya adalah seorang laki2 yg bodoh dan terlalu cepat berharap pada wanita.
    Karena saya bekerja diluar negeri dan saya tidak bisa memonitor pacar saya sepenuhnya.Tiba2 pacar saya mutusin saya begitu aja tanpa masalah yang jelas.
    Padahal kami sudah merencanakan pernikahan tahun depan,tapi semuanya kandas begitu saja dan dya menyatakan dirinya mundur.
    sekarang jiwa saya masih terombang-ambing,merana putus cinta di negeri orang.Dan sama sekali tidak apa sebenarnya yang terjadi dirumah.
    saya sangat tertarik membaca artikel bapak,dan itu memang fakta…

  242. Kamis, 3 September 2009 3:01 pm

    w baru ajah putus sm cwe ga tau ajah ke napah and ga ada sebap nya diah putusin w,,w masih syang baget sm dia mudamudahan di mao balikan sm w lg

    AMIN ,,,?

  243. soki permalink
    Jumat, 4 September 2009 11:45 pm

    betul semuanya……pusiiiiiiiiiing….

  244. Minggu, 6 September 2009 11:57 pm

    tergantung tipe co nya sih, klo ak mutusin n diputusin tetep aj sedih..terakhir ak putusin si dia krn ak merasa ga cocok, tp ampe 2 minggu masih kepikiran dia jg,
    palagi klo dia nelp n sms minta balik, waduh jadi ga tega deh. makanya,klo aku diputusin sedih, n mutusin jg sedih. ak dah komit,ga ada pacaran lg,ntar pacarannya ma istriku aja setelh nikah, he he

  245. Senin, 7 September 2009 3:37 am

    Mank da bner’y ci, cntoh’y Q! Q sndri nangis lo di ptusin ma cwek Q. Mka’y Q sring dsbut banci! Tp mnrut Q itu ilmiah, al’y ni mnyangkut prsa’an?

  246. Ro'iz permalink
    Rabu, 16 September 2009 4:30 am

    Mc ciy law cwog pRasaan’a lbh reNtan…, Bkn’a cwog ceriNg brtndak dG emOsi? Bkn pErasaAn… Apy emG ciy aquWh law ptUz cNta gag pRna sdiH brlaruT2… Tp law jTh cNta…
    KdaNg criNg bWaD aq naniz. Krn aquWh mNahan rnDu yG mNdalam… N krN aquWh mNymbuNyikaN cNta… It fEels so painful

  247. tika permalink
    Rabu, 16 September 2009 4:10 pm

    tolong dibls. . . .
    saya, tanya :
    bagaimana menanggapi cowk yang pendiam
    akan tetapi dia berani hanya lewat smz??
    apalagi dia, sedikit mempunyai sikap
    individualisme???

  248. Yeni a permalink
    Kamis, 17 September 2009 2:07 am

    Masa seh. .menurut pengalaman qu. .wanita jstru yg lebh stres,krna wanita slalu mengingat masa lalu dngan mantannya,shingga sulit untk ngelupainny

  249. Sabtu, 26 September 2009 9:48 pm

    ya benar dengan isi yg anda pikirkan itu..

    oia saya pernah diputusin cewk…trus saya jwb ,saya sudah bosan…

    beberapa lm kemudian sdh 5 bulan sy gk ketemu dia sy pingin lg jumpa sm dia ?

    trus HP NYA uda gk aktif lg..
    begitu la sy alami skrng…

    uda tu stres, melamun,mikirin dia…

    oia gmn caranya tuk kembali lg sm dia,?

  250. sang_penaklukk permalink
    Senin, 28 September 2009 6:46 am

    iyya . bnerr ! pria emg lebih bnyak dn lebih sering mngalami putus cinta ! tapi , hmmm … sbnernya gue dari dulu pngen bngedh punya hati beku , bukan hati lembut selembut tahu !! dkit.dkit nangis !! uhh . ngga bngdh

  251. vindi permalink
    Jumat, 9 Oktober 2009 11:22 pm

    putus cinta..???
    aq gak mau lg.

  252. Sabtu, 17 Oktober 2009 7:49 pm

    putus cinta itu menyakit kan …buat gw yang bru putua cinta ……..

  253. naya permalink
    Sabtu, 24 Oktober 2009 2:59 pm

    Kykny bner jg tuuuh……..

    udah ad buktiny ko`…..
    hehehe…kasian yaaa…

  254. gita permalink
    Sabtu, 31 Oktober 2009 5:54 pm

    saya setuju dengan ini,tetapi saya menambah kan,artikel ini benar jika sepasang kekasih tersebut sudah pernah melewati masa2 kenyamanan secara emosional dan batin. trlebih lagi kalo hbunganya terjalin lama.

  255. Rabu, 4 November 2009 7:14 am

    hhuuffgh……..
    ,, gak gtu jga kan ,, klu cow mendua po ya gax d`ptuzin ngono lhooooo,,
    dan biasanya cew mlahan yg nangis 3 thun 3 blan po gak kzan cew lok gtu ,, yg cow mendihg lok nyadar lok mlah dtruzin menduanya piye kwi………

  256. zahra permalink
    Jumat, 13 November 2009 3:19 pm

    setuju…….mank benar soalnya banyak teman cowok ku yang kyak gtu..

  257. guesses permalink
    Jumat, 20 November 2009 4:11 pm

    how about if men will break off women? sedangkan pada waktu itu si perempuan sangat mencintai lelakinya? ap
    akah lelaki juga akan panik dan kesal?
    apakah lelaki yang akan putuskan hubungan akan pernah bermimpi untuk kembali ke sisi perempuan yang mencintai nya?

  258. yunita permalink
    Jumat, 27 November 2009 5:18 pm

    yes, it’s definetly sure

  259. ria permalink
    Selasa, 8 Desember 2009 8:57 pm

    y iya ce, mungkin betul, tapi menurutq it trgantung cowok itu sendiri,clo cow. playboy mana mungkin merana krn ptus,bisa2 ngaciiiiir ke cew. laenz

  260. aliethya permalink
    Rabu, 16 Desember 2009 7:03 pm

    np c skt bgt wkt ptuz?
    yg ad 2 ce lbh mndrita drpd co..
    aq ptuz gra2 co q 2in aq..
    lw mslhx kyk gni,,,
    ap msh mkr lw co lbh mndrita drpd ce???????
    aq msh trima lw ptuzx baek2…
    tp,
    lw kyk gni…
    g ad maf bwt loe…
    ingt ma karma…
    mga aj loe ngrsain ap yg aq rsain skrg..
    br loe tw rsax skt hti kyk gmn…

  261. Jumat, 18 Desember 2009 9:31 pm

    memang putus cinta itu cngat mnyakit kan ,,,,

  262. dyka permalink
    Selasa, 22 Desember 2009 11:56 am

    menurut q, tergantung individu masing2.
    jika hubungan dibangun dengan ktulusan dan kesetiaan oleh seorang wanita, maka ketika putus cinta wanita itu akan lebih menderita.

  263. johan permalink
    Rabu, 13 Januari 2010 3:27 pm

    ya..itu semua benar,saya mengalaminya sendiri,
    sebaiknya penulis memberikan solusi yang tepat
    agar pria tidak stres n depresi spti yang telah
    dikemukakan sebelumnya..

  264. zahra permalink
    Jumat, 12 Februari 2010 10:44 pm

    ya…. mnurut aq seh ga mesti lah….. aq jg pernah ngerasain putus cinta berapa kali dengan kasus yg beda2 …. ada yg rasanya sakit… ada yg sakit buangeeeetttt…. ada yg malah bahagia n tenang he,e….. n cwo yg putus sama aq jg gt beda2 reaksinya…. ad yg biasa aza tuch,….. ada yg keliatan lbh tenang, ada yg super marah n ga terima,…. ktanya sedih bgt….. jadi lebih sedih siapa antara cwe n cwo kalo putus cinta y,… ga bisa disamain dnk tergantung kasusnya gimana… n kadar cintanya sberapa kan pasti ga ada yg sama tuch,…he,e…..

  265. nezz permalink
    Sabtu, 20 Maret 2010 6:37 pm

    cinta adalah suatu perasaan yang luar biasa dampaknya terhadap orang yang pernah merasakan cinta. Bila hati terluka karena cinta, hanya ada satu kata tuk menyembuhkannya.. Maaf.. Bila kita yg bersalah, jangan pernah ada kata gengsi tuk meminta maaf. Dan bila pasangan kita yang bersalah dan dia telah meminta maaf, maafkanlah dia, dan berikanlah dia kesempatan lagi. Bukankah Tuhan selalu memaafkan umatNya, apakah kita sebagai sesama manusia tidak bisa saling memaafkan? Itu lah cinta yang sebenarnya..

  266. Jumat, 2 April 2010 11:36 am

    patah hati karna wanita tuch memang menyedihkan……………….

  267. hany permalink
    Selasa, 6 April 2010 2:04 pm

    qd pts karna keluarga q mo ngutamakan pendidikan qu lbh dlu q jg bngung dgnmkputusan keluarga q
    tp in c’ masa dpan q sndiri wlalaupun q udh gak sama pcr qa q rela tp brestrik kq

  268. sinta permalink
    Minggu, 11 April 2010 10:06 am

    Keren artikelnya… mengena di kasus berikut ini (kasus ini real)
    Kalau kasusnya begini:
    si co abis putus dia ga terima, lalu si co melakukan aksi teror kepadamantannya dan setiap co yang mau ngedeketin mantan cewnya. Isu-isu dibuat di setiap geraknya; FB, ruang lingkup pertemanan di kampusnya bahkan di sekitar tempat tinggalnya.
    Kondisi si ce menjadi stress bahkan mau memasuki depressi oleh karena ulah co mantannya.

    gmn kalo begini jadinya?

  269. Rabu, 26 Mei 2010 6:54 am

    Pengen sendirian dulu… cinta mank menyakitkan…

  270. enry_arya permalink
    Rabu, 26 Mei 2010 1:29 pm

    bener bgt….

  271. ashif permalink
    Kamis, 27 Mei 2010 11:14 pm

    dibalik penderitaan setelah putus cinta akan memperoleh pengalaman yang bisa kita ceritakan pada anak-anak kita kelak

  272. Jumat, 4 Juni 2010 9:42 am

    s tangguh2ny lki2, s kuat2ny lki ttp akn mrsa lmh jk brhadpn dgn wnita
    skalipun dia kbal d bacok, jka dia ptus cinta psti drnya kan lmah…..

  273. Jumat, 4 Juni 2010 9:44 am

    jiwa dan jasad yg kuwat kn trasa lemah, letih dan lesu jika drinya dilanda putus cinta….
    tak percaya …………
    buktikan…..
    tnya seorang jeger cicaheum…..

  274. Jumat, 4 Juni 2010 10:02 am

    s’orang raja besar yg sombong bgt lgi disegani, d’patuhi, d’takuti oleh rkytnya. tpi ktika berhdapn dngn s’orang prmpuan dia lemah s’olah2 tk ada daya dan upaya….
    Raja Ramses II alian fir’aun takluk oleh istrinya sendiri yaitu…
    Siti Asyiah…

  275. Selasa, 27 Juli 2010 7:55 pm

    Mas, Numpang Copas ke Blogku ya. takut kompi di otak-atik nanti malah ilang Bookmarknya .. :D

  276. Oebith permalink
    Selasa, 10 Agustus 2010 4:33 pm

    Tp……klw putus lantaran org tua wanita yg ngak setuju n laki2 memutusin si wanita dengan alasan tidak ingin kita bertengkar sama ortu???? dan 1 minggu dah jalan ma cewek lain….. pdhal kita udah benar2 soulmate……T_T

  277. indra permalink
    Rabu, 25 Agustus 2010 3:48 pm

    artikel ini benar adanya…karena saya sudah mengalaminya, and ternyata saya sadar…jika mencintai seseorang itu hendaklah kita jgn mencintainy 100%, karena jika kita mencintai 100% maka jika terjadi sesuatu yang kita tidak inginkan kita tidak bisa menerimanya dengan lapang dada..contohnya saya, sudah 3 tahun saya menjomblo akibat terlalu sayang dengan mantan, dan lebih menyakitkan lagi..waktu saya sayang2 ny ma mantan saya, tiba2 tanpa alasan mantan saya minta putus…huu nyesek bgt denger ny.

  278. Alvian permalink
    Senin, 27 September 2010 9:38 pm

    Bnr bngtz!
    Gw bnr2 nysel!
    Mending gw mati dr pd gni!

  279. thamie permalink
    Minggu, 7 November 2010 7:17 am

    saya habiz dibuang sama pacar saya. apakah pria masih lebih menderita?????? dia pergi dengan alasan menyukai wanita lain……

  280. sherry permalink
    Senin, 6 Desember 2010 1:32 am

    gw baru aja putus sm cowo gw. waktu awal2 dia tuh cowo yg perhatian dan romantiiisss banget.
    dua bulan kemudian dia berubah jadi cuek bebek.
    emang dasar cowok, gampang banget bilang cinta, bikin cewek klepek2, abis itu dicuekin, susah ketemuan, dan gak pernah nelpon lagi.
    pdhl gw msh cinta sm dia, tp gak kuat nahan sakit hati terus2an, jd gw putusin tuh cowok.
    apa dia lebih menderita drpd gw? wah gw ragu tuh ya, krn cowok emang bisa kejaammmmmmm!!

  281. noel permalink
    Sabtu, 18 Desember 2010 7:43 pm

    semua tergantung ama individunya aja,gimana dia mneyikapi sikap pasca bubaran dengan cwek/cwoknya…mw terus bersedih tw bangkit untuk sebuah langkah baru yg lebih baik..

  282. Jumat, 24 Desember 2010 9:56 am

    yep!
    bener banget..
    saya habiskan waktu saya untuk minum bersama teman2..
    dan hubungam per intiman dgn sang mantan masih sangat melekat hingga sekarang..
    walaupun saya yakin sekarang mantan saya melakukan intim dengan pasangan barunya..
    tp saya merasa sulit untuk melakukan dengan wanita yang saya dapatkan sekarang..
    saya masih ingin kembali pada mantan saya yg dulu..

  283. Sabtu, 29 Januari 2011 10:09 am

    klo lagi sakit hati, paling enak curhat/diskusinya ke kucing.kucing teman curhat ideal, selalu mendengarkan tanpa memotong,kucing juga paling bisa menjaga rahasia kita rapat-rapat.walaupun ga pernah ngasih solusi, tapi orang curhat kebanyakan hanya ingin didengarkan saja segala uneg2nya

  284. nony permalink
    Sabtu, 26 Februari 2011 12:24 pm

    aq rasa teori itu benar,,karena saya pernah menglmi itu pts cinta…aq mnceritkan pd sippn walpn aq tdk mengnal orang yg aq ajak curhat,,n mntanaq tak lama pts dari aq..pnya pcar lagi dan aq mersa lo si cewek itu hanya dijadikan pelarian saja…

  285. hanggiri stryvano permalink
    Selasa, 29 Maret 2011 4:16 pm

    kenapa ya q yug slalu menderita setiap pacaran>>> bahwa sea andai dia tau bah wa di riku baru kali ini srius ma cwewk n mengaa sekarang dia bilang putus??? n sekarang dia bener” sriu wat putus??? pa yang harus q laku khan???

  286. Senin, 25 April 2011 11:03 pm

    Q bru ja mutusin cwek q,sebnarnya sih q masih cinta ma dia.
    tpi akhirnya q nyesel q minta dia blik m q dianya malah gak mau lagi ma q.
    gimana ni cara lupain dia ya?????????????????????

  287. Senin, 25 April 2011 11:42 pm

    Ahhhhhhhh……….hancur hatiku mengenag dikau…
    berkeping2 setelah kau pergi………
    walau kau udah w entot……………………..
    …………………………………..uuuufffffffff
    sungguh ku tak berdaya………..

  288. Selasa, 10 Mei 2011 10:44 am

    itu betul sekali…tp satu hal..cowok emang gak pernah puas dlam bercinta
    sangat sk bertualang…sangat sk gegabah,,,hahahahahhahahaha

  289. Selasa, 14 Juni 2011 7:54 pm

    memang cewek nya jha tak tau disayangi,,,,,,
    mengkek lau makin di manja,,,,,,,,,,,,,,,,,
    makan hati awak lau sama cew sekarang,,,,,,,,,,,,,,,

  290. bahagia.gia permalink
    Minggu, 25 September 2011 10:11 am

    dalam cinta jika siap menerima maka harus siap juga untuk di tinggalkan atau putus dalam kata lain,,

  291. bahagia.gia permalink
    Minggu, 25 September 2011 10:15 am

    derita cinta selalu ada bagi yang jalaninya dalam kehidupannya?karena cinta tidak selamanya bahagia…maka tidak ada kecuali bila derita lebih di alami cowok jika terjadinya putus asa…

  292. Daiya permalink
    Minggu, 6 November 2011 9:43 am

    Aku sulit jatuh cinta, tapi sekalì jatuh cinta aku benar-benar mencintaínya akhirnya ia akan menjadi oksigen dalam hidupku dan aku benar-benar bergantung padanya. Akibatnya, semangat hidupku bergantung pada perhatian, kasih sayang dan kesetiaannya. Sekali saya patah hati, terkadang berpikir sampaì mau bunuh diri. Masa depan tak berarti bila semua itu terjadi. Mohon bimbingannya, apa yang salah dg karakter saya? Bagaimana baiknya? Trimakasih

  293. Kamis, 10 November 2011 11:00 am

    benar…sekarang aku baru sadar dan baru saja membecanya…

  294. Senin, 12 Maret 2012 10:47 pm

    gtu ea ,,,_?????
    akhir’y wanita ada yang membela juga
    wnita selalu dipojokkan dengan kata wanita lemah
    lebih rentan stress huuft

  295. Sabtu, 9 Juni 2012 1:27 pm

    tersiksa batinku…sudah tak sempurnah..dengarlah harapanku dan lalu kau tau…kau jauh pergi

  296. Maria zulfa Barakah permalink
    Kamis, 21 Juni 2012 8:38 am

    klo’ memang cowok lebih rentan dari pada cewek tapi knp fakta selama ini menunjukkan cewek yang banyak stres.

  297. Andania permalink
    Selasa, 27 November 2012 7:40 pm

    benarkah kalo pria lbh menderita ? Jika bnar, ya syukurlah. Tp kok dia [pria yg mutusin cewek] gak ada ngehubungin aku lg tuh.

  298. Senin, 11 Maret 2013 8:00 am

    menurut aq gini,, mmg benar…, tapi orang berkata, jika bermain api y,, siap2lah terbakar, jika bermain air siap2lah utk basah…

  299. lia permalink
    Minggu, 17 Maret 2013 7:14 am

    Mau tanya ni, klo co ny yg mutusin , apa dia akan ngerasain menderita juga ?

  300. Sabtu, 15 Juni 2013 12:47 pm

    Waaah…!!!
    Kirain curhat hanya nambah2 masalah aja…..
    Padahal ???

    Love Sultan Ali Abd Aziz…
    hehehehe;D

  301. Sabtu, 15 Juni 2013 12:56 pm

    .- Sultan Ali Abd Aziz ….. 8-)

    hehehehe:D

  302. Rabu, 24 Juli 2013 9:29 pm

    saya salut dgn semua kata di atas in,,,,,,,,,,,,ncoki mori alias org miskin C.S

  303. Rabu, 23 Oktober 2013 8:20 pm

    tergantung orangnya juga kali gan :)

  304. Rabu, 23 Oktober 2013 8:22 pm

    cinta cinta cinta.., memang sangat mitserius :)

  305. henry permalink
    Selasa, 19 November 2013 4:33 pm

    Cinta cinta yang sangat membuat kebahagiaan dan Kesedihan

  306. Kamis, 9 Januari 2014 3:24 am

    Bener banget,pria lebih gk siap kalau putus cinta di banding wanita dan pria akan menyadari bahwa dia sangat” berharga kalau sudah jadi mantan,..!!

  307. Heni permalink
    Minggu, 16 Februari 2014 2:28 pm

    Dalam teori psikologi pun memang pria lebih rentan untuk mengalami stress saat putus dgn wanita. Meskipun pria memiliki sifat maskulin, wanita feminin, tapi pria hanya bisa merepress perasaannya sehingga saat klimaks terjadi dalam dirinya pria akan lebih merasakan puncak dimana ia merasa stress dan sedih. Penelitian pun membuktikan bahwa pria lebih banyak melakukan suicide saat mereka mengalami putus cinta.

  308. Rabu, 16 April 2014 4:44 pm

    tergantung orgnya juga siihh :)

  309. Sabtu, 12 Juli 2014 8:35 am

    terukir nama nya sih……..

  310. William permalink
    Jumat, 8 Agustus 2014 9:03 am

    Gw baru putus sama mantan gw.
    Waktu msh jadian, gw sempet berpikir kalau gw single, mngkn hidup gw bisa lbh bebas and lbh bahagia di banding pacaran sama dia. Tapi skrg begitu udah putus, yg gw rasain hampa. Bener2 hampa.
    Kalau tiba2 keinget kenangan tentang dia and semua yg pernah kita lewatin, air mata pun gak bisa hapus kerinduan gw sama dia.
    Skrg gw nyesel bngt. Gw bener2 nyesel putus sama dia. Kalau ada 1x lagi kesempatan, gak akan gw sia-siain.

  311. Jumat, 29 Agustus 2014 2:25 pm

    Oh begitu ternyata…thx atas informasinya

Trackbacks

  1. Pria Lebih Menderita Karena Putus Cinta daripada Wanita | LuPhKimm PunYa ~! | Copywriting, Ghostwritten, Internet Marketing, Fotografi, Linux

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 286 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: