Skip to content

Mengungkap Rahasia di Balik Trik Sulap

Senin, 14 Mei 2007
tags:
by

gambar diambil dari www.nationalgeographic.comSulap adalah seni yang menakjubkan bagi banyak orang. Masih ada orang yang memuja-muja Harry Houdini, sang ahli meloloskan diri. Mungkin kita juga masih ingat gegap gempitanya Jakarta ketika David Copperfield datang berkunjung dan menurunkan hujan salju. Banyak orang yang terheran-heran dengan sulap-jarak-dekatnya David Blaine. Bahkan ketika mulai bermunculan buku dan acara televisi yang mengupas rahasia di balik trik-trik sulap lama, kita tetap terpana oleh trik-trik baru yang lebih muskil diungkap dengan akal sehat yang sederhana. Meskipun muncul reaksi-reaksi seperti ”Ya ampun, ternyata cuma begitu doang toh,” atau ”Sial, gue ketipu. Begitu doang mah gue juga bisa,” dalam hati kecil kita tetap mengagumi kelihaian mereka, seperti dulu kita juga kagum melihat merpati keluar dari topi saat acara ulang tahun anak-anak.

Tentu dalam kekaguman itu ada satu pertanyaan mendasar yang keluar: ”Bagaimana mungkin mereka bisa melakukannya?” Ada bermacam-macam cara, mulai dari penggunaan benda-benda biasa yang sudah ’diakali’ sampai pemakaian kostum, set panggung, dan penghasil efek khusus. Namun yang menjadi andalan utama seorang pesulap sejati pada dasarnya hanyalah gerakan tangan, tubuh, dan kata-katanya. Juga pengetahuan akan mata dan pikiran manusia yang tidak sempurna. Baru-baru ini di YouTube muncul sebuah tayangan yang mengungkap rahasia di balik trik sulap mengubah warna kartu. Beberapa orang sudah membahasnya, dan saya juga akan membahasnya dari sudut pandang ilmu psikologi. Dalam tayangan yang akan saya cantumkan berikut ini, cobalah untuk terus awas dan menerka-nerka bagaimana si pesulap melakukan triknya sebelum ia mulai membahasnya.

(Peringatan 1: Di bawah ini saya akan mencantumkan tayangan dari Youtube sepanjang kira-kira 3 menit. Mungkin anda harus menunggu beberapa saat sebelum tayangan yang dimaksud diunduh seluruhnya.)

(Peringatan 2: Di bawah video tersebut, saya akan membahas isi tayangan yang bisa dikategorikan sebagai spoiler. Jika anda belum menonton tayangan tersebut dan membenci spoiler, anda tidak disarankan untuk membaca pembahasannya.)


Nah, bagaimana? Apakah anda memperhatikan trik yang dilakukan si pesulap sebelum ia mengungkapkannya di paruh kedua tayangan tersebut? Saya sendiri sejujurnya tidak menyadarinya. Kalau anda juga sama seperti saya, maka anda termasuk manusia normal yang memiliki kelemahan persepsi yang disebut dengan inattentional blindness. Inattentional blindness adalah sebuah fenomena di mana orang seolah-olah ’buta’ terhadap sesuatu yang berada di wilayah pandangannya dan jelas-jelas ia (mampu) melihatnya. ’Kebutaan’ ini disebabkan karena pada saat itu kita sedang tidak memperhatikan, atau perhatian kita sedang terpusat pada hal lain, sementara jangka perhatian kita terbatas. Kedengarannya sederhana dan lumrah terjadi, namun kalau anda sering merasa ’tertipu’ oleh trik-trik sulap (termasuk yang barusan anda tonton), mungkin anda akan merasa bodoh sendiri, ”Kok bisa ya saya sampai tidak menyadari hal segamblang itu?” Eksperimen berikut yang dilakukan Simons dan Chabris (1999) mungkin dapat memperjelas dampak yang sungguh-sungguh konyol ini.

Simons dan Chabris meminta 228 mahasiswanya untuk menonton sebuah tayangan sederhana yang memperlihatkan dua tim (tim ’hitam’ dan tim ’putih’) yang sedang melakukan passing bola ke rekan setimnya. Hitam 1 melakukan pass ke Hitam 2, Hitam 2 ke Hitam 3, kembali ke Hitam 1, dan begitu seterusnya (tim ’putih’ juga melakukan hal yang sama) selama 75 detik. Mereka kemudian memberi tugas pada peserta untuk menghitung (dalam hati), berapa jumlah pass yang dilakukan salah satu tim. Tugas yang lebih sulit juga diberikan pada kelompok lain untuk menghitung masing-masing jumlah aerial pass (pass yang diberikan langsung) dan bounce pass (pass dengan memantulkan bola ke lantai dulu). Yang tidak diketahui oleh para peserta adalah bahwa Simons dan Chabris menyelipkan ’sesuatu’ pada tayangan itu selama 5 detik: seorang wanita yang berpayungan untuk satu tayangan, dan seseorang berpakaian gorila untuk satu tayangan lagi.

gambar diambil dari Simon dan Chabris (1999)

Apakah anda melihat ada sesuatu yang tidak biasa pada tayangan barusan?

Pertanyaan awal itu diberikan pada para peserta setelah mereka menonton tayangan. Hasilnya mengejutkan: secara umum, 46% peserta tidak menyadari adanya kejanggalan dalam tayangan yang mereka tonton. Dan yang lebih mengherankan lagi, ’si gorila’ lebih tidak disadari oleh para peserta dibandingkan dengan ’wanita payung’ (44% versus 65%). Untuk melihat sejauh mana ’kebutaan’ ini dapat dipertahankan, Simons dan Chubris membuat rekaman tambahan ketiga, di mana si gorila berhenti di tengah, menatap kamera, dan memukul-mukul dadanya (durasi 9 detik). Dari 12 orang peserta baru, hanya 50% yang menyadari hal ini! Para peserta yang menonton lagi tayangan itu juga terheran-heran dengan ’kebutaan’ mereka, ”I missed that?!”

Fenomena yang sama telah dimanfaatkan oleh para pesulap untuk memukau jutaan orang di dunia. Namun saya tetap yakin, dengan pengetahuan baru yang kita dapatkan ini, kita akan tetap saja terkagum-kagum dan penasaran dengan trik-trik sulap berikutnya yang lebih tidak masuk akal lagi, dan tentu saja menghibur.

Sumber:

Entri Wikipedia mengenai Inattentional Blindness

Simmons, D. J. & Chabris, C. F. (1999). Gorillas in our midst: sustained inattentional blindness for dynamic events. Perception, 1999, 28, 1059 – 1074. (pdf)

Bacaan Lebih Lanjut:

Carpenter, S. Sights Unseen. Monitor on Psychology, 32 (4).

Chalmes, D. Change blindess and inattentional blindness. Science of Consciousness.

156 Komentar leave one →
  1. Selasa, 15 Mei 2007 9:08 am

    Bikin kaget banget videonya, gw sempat bingung pas dibilang yang berubah bukan cuma kartunya.

    Kalo video percobaannya Simons ada versi youtubenya juga gak?

  2. Selasa, 15 Mei 2007 1:50 pm

    Di youtube kayaknya nggak ada, tapi bisa dilihat di sini (butuh Java applet).

  3. Rabu, 16 Mei 2007 12:34 am

    wah menyenangkan sekali pembahasannya. jadi ingat dulu Deddy Co buzier pernah sepertinya melakukan sulap yg mengandalkan “inattentional blindness” ini. Tp bedanya dia pake angka beserta hitungan hehe

    Soal sulap kartu di YouTube itu, sama sekali ga sadar, luar biasa…

    baru pertama kali kesini dan kebetulan jg suka psikologi, great blog…love it

  4. Rabu, 16 Mei 2007 12:18 pm

    amazing ya, cara pesulap memanfaatkan celah yang bernama inattentional blindness ini …
    blognya keren, dan isinya mantap.. keep on writing.

  5. Rabu, 16 Mei 2007 2:28 pm

    Sulap, tayangan paling asik tuh :D
    dulu sekeluarga ama temen2 ntn bareng2 waktu david C. keren euy :D
    jadi inget waktu dia nembus tembok cina or di niagara, sampe sekarang masi blm tau caranya :P
    itu asli or palsu .. ga tau de.. klo trik di syuting film si udah tau..
    oh ya, satu lagi, pas badannya dipotong ama gergaji besar, udah itu kaki ama badan atasnya, di pisah.. sampe sekarang masi blm tau tuh caranya :D

  6. paijo dewantoro permalink
    Rabu, 16 Mei 2007 6:49 pm

    lihat gambar diatas inget gempa aja ………….

  7. Kamis, 17 Mei 2007 9:25 am

    @gerry, dwiagus:
    Thanks buat dukungannya :)

    @cien2:
    Wah, kalo David Copperfield sih jago di propertinya :D

    @paijo:
    Kok bisa keinget gempa?

  8. Kamis, 17 Mei 2007 10:15 am

    salam kenal ya..

    uaaah..saya suka sulap…dan saya emang sadar klo uda ditipu berkali2…tapi rasanya tetap nikmat.. :D

    wuiihhhh..pas nonton itu video..saya sampe ga nyangka klo ada semacam ‘trik’ kayak gitu, dan saya ga sadar..

  9. Jumat, 18 Mei 2007 5:31 pm

    bigimana juga…mendapatkan trik baru nga mudah juga yaaaa hehehe

    salam manis
    syafrina

    http://syafrina-siregar.blogspot.com

  10. Jumat, 18 Mei 2007 5:35 pm

    kalo gw paling doyan nonton sulap liat cewe cewe seksinya huahahahha

  11. Minggu, 20 Mei 2007 2:21 am

    @gitablu:
    Salam kenal juga. Iya, biarpun kita tahu sedang ditipu, rasanya tetap seneng. Aneh ya?
    @syafrina:
    Iya, memang para pesulap itu kreatifnya luar biasa..
    @dahlia:
    Justru cewek-cewek seksi itu punya peranan cukup besar dalam mengalihkan perhatian para penontonnya lho ;)

  12. Minggu, 20 Mei 2007 2:50 am

    Mantaaaf :P

  13. wiranata permalink
    Minggu, 20 Mei 2007 2:33 pm

    menurut saya sulap yg seperti david c itu terlalu di lebih2kan,saya sukanya sulap yg tidak melibatkan banyak orang.saya sendiri kalau bermain sulap selalu memakai orang 3-5 orang saja,sedangkan david c itu terlalu banyak orang,tapi saya mash penasarn waktu itu saya di ajarkan bagaimana cara menghilangkan benda2 besar.dan ternyata saya sendiri pun bisa melakukannya.menurut saya trik-trik sulap atau rahasia sulap itu sendiri berada di otak kita sendiri.bagaimana cara memikirkannya itu yg sulit.

  14. Minggu, 20 Mei 2007 4:51 pm

    Ma sih ga usah dibikin percobaan itu juga suka tib tiba ada ada yang lupa (kaya kalo lagi nonton movie, suka ada yang kelewat),,

    curiga Ma kena Petit Mal tiap kali nonton movie,, :)

  15. mince permalink
    Minggu, 20 Mei 2007 5:16 pm

    Aku suka sulap, terutama sulapnya sapa tuh..david blain kali yach….yang street magic….memang tayangan tsbt bikin aku gak sadar kalo ada 4 kali ganti warna,……emang hebat tuh peslp, mngkin tuh memang sulap tuk acara tipi, gimana kalo kita mau sulap yang close up, yang langsung disaksiin oleh orang, gimana kita mau ganti warna kartunya…..yach….?????
    ya…mudah2an..popsy mau membuka triks sulap yg lain yang dapat kita gunakan tuk menghibur orang lain…….trims

  16. Selasa, 22 Mei 2007 10:50 am

    Aku juga suka ngeliat sulap.. N pengen bisa sulap… Tapi gak kesampaian juga… Sulap itu mendebarkan dan menegangkan.. Bikin gue bengon-bengong..:o

  17. Rabu, 23 Mei 2007 10:03 pm

    ada gak sih web yang kasih rahasia sulap2 yang populer

  18. Rabu, 23 Mei 2007 11:15 pm

    @wiranata:
    Wah, saya tersanjung ada tukang sulap beneran yang mampir di sini. Salut buat anda dan rekan2 yang selalu menghibur dengan segala trik2 yang susah payah dipikirkan dan dilatih ;)

    @rizma:
    Mungkin filmnya penuh bintang2 ganteng kli, jadi bagian2 yang lain nggak diperhatiin :D

    @mince:
    namanya juga pesulap, pasti ada aja triknya untuk bikin sulapnya makin terasa nggak mungkin untuk bisa diakali (yang akhirnya bikin tambah penasaran) :)

    @suluh, yoga:
    Sudah coba nge-Google? Saya iseng2 coba kayaknya cukup banyak tuh situs yang menyediakan trik2 sulap dasar. Coba aja berlatih yang sederhana2 dulu, trus praktekin ke temen2 atu sodara sendiri. Siapa tau ntar akhirnya ditanggap buat acara2 :D

  19. Q-NOY permalink
    Kamis, 24 Mei 2007 12:55 am

    gokil… gw aja yang tiap hari belajar sulap gak nyadar kalo udah 4X ganti warna.tapi coba dech suruh dia maen street sulap pasti ga bisa…hehehe

  20. Rabu, 13 Juni 2007 7:09 pm

    kyaknya dasarnya sulap itu dari psikologi mansia deh
    benar ga?
    mempermainkan kesadaran seseorang

    keren nieh tulisan… :)

  21. Roland Pardosi permalink
    Rabu, 27 Juni 2007 4:22 am

    Wah… hebat banget. Thank’s yah.
    Oh ya gue pingin banget trik-trik sulap. tapi saya pingin yang gratis lho….
    email gue : rolandpardosi@yahoo.com

  22. andry permalink
    Jumat, 3 Agustus 2007 12:28 pm

    gue mau trik gratis loh krm ke email gue y

  23. gun permalink
    Minggu, 19 Agustus 2007 4:44 pm

    sorry sebelumnya
    dan terimakasih sesudahnya

    dari guntur MGL

  24. Helmi permalink
    Selasa, 21 Agustus 2007 3:05 pm

    namanya juga sulap, untuk menghibur aja. illusioni juga gitu.
    saya lebih suka teknik illusi. lebih seru. meskipun saya bukan pesulap ato illusionist saya punya trik yang pernah dipake demian, yaitu menggerakkan tangan orang cukup dengan mengontrol bayangannya, yang mau tukeran trik bisa ke emailku …
    bagus juga nih blog…

    salam

  25. xZhaN Tamarlo-MADMAN (Magic Addict Management)- permalink
    Jumat, 24 Agustus 2007 12:09 am

    bos…mo tanya komentarnya nih..

    Ini adalah sebuah realita yang sedang kita hadapi…SULAP, pernahkan anda terhibur ?? Apakah anda tidak marah padahal anda telah ditipu dengan trik-triknya?

    Aku pernah bertemu dengan salah satu temanku. Ia merupakan orang yang sangat benci dengan sulap. Waktu aku bilang kenapa anda membencinya, ia hanya bilang mereka itu penipu.

    Kita sebagai manusia pastilah dituntut untuk hidup jujur dalam kehidupan kita, dalam kita bergaul, dalam kita bekerja, dan dalam kita belajar. Bahkan kita dianjurkan tidak berbohong meskipun untuk sekedar guyonan saja. Karena dari hal – hal yang kecil bisa menjadikan iman kita rapuh nantinya.

    Bagaimana dengan sulap yang jelas-jelas banyak tipuan didalamnya. Meskipun sifatnya menghibur tapi banyak ketidak jujuran di dalamnya…..

    Aku sendiri juga bingung….

    Written by : Innan Mei Setiyono pukul : 11.41

    buat innan mei setiyono…sory aku ambil tulisanmu..cuman pengen tau komentar temen2 disini..sory ya…:)

  26. teduh permalink
    Kamis, 27 September 2007 2:03 pm

    HEBAT!!!

  27. Kamis, 27 September 2007 2:13 pm

    siapa bilg “bohong” itu selalu identik dg “dosa”?
    bukankah pd situasi tttu bohong itu diperbolekan!!?
    open wide ur mind!;J

  28. Rabu, 3 Oktober 2007 1:00 pm

    gimana sih caranya nyetel videonya???

  29. irwan permalink
    Senin, 22 Oktober 2007 12:53 pm

    Apakah YouTube pada bagian ini bisa didownload….?
    Jika iya..tolong ajari dong.
    Sepertinya cocok utk materi kuliah mahasiswa soal persepsi..
    Thq bantuannya.
    Yg tau jawabnnya silakan email saya di irwan.mulyana@Gmail.com

  30. afrizan permalink
    Minggu, 28 Oktober 2007 3:17 pm

    waw, funtastik

  31. Alan Takeda permalink
    Jumat, 2 November 2007 6:41 am

    Ya tuhan aku suka sulap sejak aku kecil,5 tahun n umur ku sekarang sudah 19 thn, so aku uda hampir mempunyai ratusan sulap, jadi jika teman ingin belajar, dapat ngirim email ke
    Shinji_takeda77@yahoo.com
    Mendapatkan sulap tidak gampang loh,,
    Aku pernah Menukar sepeda aku dengan 1 sulap waktu umur 7 tahun saking penasaran nya

  32. Alan Takeda permalink
    Jumat, 2 November 2007 6:44 am

    Shinji_takeda77@yahoo.com
    Pesulap masa depan
    Lahir kalimantan di kota spiritual……..

  33. Sabtu, 3 November 2007 3:11 am

    so cool, punya referensi download video tutorial trik2 sulap ga?

  34. andhika permalink
    Minggu, 30 Desember 2007 10:12 am

    trik paling menyenangkan yang saya pernah liat.. saya pun tidak menyadari ada yang aneh dari video tadi..

    blog yang mantab

  35. Minggu, 6 Januari 2008 12:28 pm

    Tolong dong beritahu trik melakukannya

  36. andika wiratama permalink
    Jumat, 8 Februari 2008 4:07 pm

    sebenarnya gw ga ngerti..
    tp menurut gw, sulap tuh keren,
    jadi intinya,, keren deh..!!!!!!!!!!

  37. afrizan permalink
    Jumat, 8 Februari 2008 4:35 pm

    waaa…. ternyata pengalih perhatian berfungsi d
    dengan baiknya……….

  38. Selasa, 19 Februari 2008 12:19 pm

    Aaaaaaaaaaarrrrrrgggghhhh… !!! I’m blindd… ihkz..

  39. Kamis, 21 Februari 2008 9:55 pm

    Bagus jg pembahasaab nya.
    Saya gk tau soal bgtuan soal nya saya br belajar sulap si,saya kira sulat itu adalah sihir yg bisa membuat org dpt mengalihkan perhtian nya

  40. Dedit permalink
    Selasa, 4 Maret 2008 10:16 pm

    Bagi yg bisa sulap kayak yg di lakukan demian tolong ajari aku ya atau yang punya trik sulap berextension PRC tolong kirim ke mail ku di, deditblank@gmaik.com. Makasih

  41. bowo permalink
    Rabu, 9 April 2008 1:42 am

    sulap itu sangat menyenangkan bagi penggemar&org yg melihatnya penuh dgn rahasia&rasa penasaran.blh dong kl ada yg mau tukar trik sulap.aku da bbrp sulap koin,menghilangkan benda,masukkan koan ke botol&kaleng soda,buat benda patah nyambung lagi.dll.
    yg liler2 ok buat dipratekin.

  42. danil permalink
    Jumat, 11 April 2008 12:15 pm

    apakah mingkin itu terjadi

  43. Gabriella Cindy permalink
    Minggu, 13 April 2008 11:59 am

    Oh… Gituw…
    Benernya niy… Q lagi disuruh jadi MC buwat tugas B.Ind.
    Lagi nyari trik-trik sulap….
    Kalo tangan diputer 360 derajat mah dah bisa…
    Kalo terbang cuman 2 cm juga bisa…
    Tapi ada gak ya yang tau rahasia triknya Chris Angel

    MINDFREAK!!!!!!

  44. Rabu, 14 Mei 2008 4:54 pm

    hehm
    Lg ad yg heboh ga’ nech….

  45. naja permalink
    Minggu, 1 Juni 2008 10:36 am

    gue mau belajar sulap dong….ajarin yach…oh ya kamu bisa gak terbangin diri kamu ???

  46. Sabtu, 21 Juni 2008 12:32 am

    Oo…

  47. Khalidi permalink
    Senin, 7 Juli 2008 11:11 pm

    semuanya itu bohong

  48. Sabtu, 19 Juli 2008 8:34 am

    gila gue dibodohin

  49. Senin, 11 Agustus 2008 11:24 pm

    yang mau belajar sulap gratis ,
    trik sulap gratis , video sulap gratis , ada banyak di :
    http://www.Forumsulap.com
    Forum Sulap Indonesia

  50. Brian ilusionist permalink
    Rabu, 13 Agustus 2008 10:30 am

    ko ga bisa di buka videonya

  51. Jumat, 15 Agustus 2008 9:28 am

    dah basi….
    q dah lama taunya

  52. Senin, 1 September 2008 7:38 am

    pinter lu !!

  53. Jumat, 5 September 2008 7:37 pm

    iya ya….padahal jelas banget,pewrubahannya…hehe.jadi makin pengen belajar trik2 sulap…

  54. Kamis, 11 September 2008 4:03 pm

    gw mah sangat suka ma sulap pa lagi hypnotisnya.

  55. raha7131 permalink
    Selasa, 7 Oktober 2008 1:56 am

    wah, bagus banget postingannya, jadi sadar kalau banyak hal yang terlewatkan begitu saja di dunia ini, hebat!

    JAS MERAH!

    JAngan Sekali-kali MElupakan sejaRAH!

  56. Kamis, 9 Oktober 2008 10:51 am

    ahh… cuma itu aja.., klo cuma kayak gitu gw juga bisa… hub. 02518541048

  57. nad permalink
    Kamis, 9 Oktober 2008 8:07 pm

    gue juga ga nyadar lagi..

    padahal waktu di pelajaran psikologi umum, dah pernah disuruh nonton tuh penelitian yang ada gorilanya.

    eh, sekarang kejebak lagi..

    huh,,cuma masuk ke sensory memory aja kali ya????

  58. azirahma permalink
    Selasa, 14 Oktober 2008 9:09 am

    its very good

  59. Minggu, 2 November 2008 10:34 am

    aduh mas sulap itu gampang asalkan ada keinginan dan kemauan pasti kita akan nyadar diri yuah………….. abakadabrah…. clingngnnnngggggg

  60. Sabtu, 8 November 2008 3:13 pm

    Postingan-postingannya cukup bagus. Jika ingin tahu lebih banyak
    soal sulap, sirkus,
    akrobatik, ilusi, bahkan
    seni akrobatik
    tradisional, silakan buka
    yans-acrobatic.blogspot.com.

  61. ReNo permalink
    Sabtu, 15 November 2008 1:25 pm

    w SKA SKALi ma yg nma’a
    trik-trik suLap……

    coz menghibuR bnget bwt W…..

  62. Sabtu, 22 November 2008 7:50 pm

    sulap adalah bantun setan

  63. Robi'ah al Adawiyah permalink
    Senin, 24 November 2008 1:13 am

    Wah…seru banget yach…
    Tp, Aq jg bingung habis g bisa liat semua…
    Gmn cara download gratis? or klu temen2 ada yg
    punya kirimin ke EmilQ yach…

  64. Sabtu, 29 November 2008 7:34 am

    sangaat menarik sekaliiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii

  65. Senin, 8 Desember 2008 9:44 am

    gue kaget jua waktu itu,tapi setelah lihat lebih lama lagi ternyata hanya tipuan yang setiap kali kita lakukan sehari2…

  66. Yudrik maulana permalink
    Sabtu, 10 Januari 2009 12:17 pm

    Wah saya bener-bener nggak nyangka bisa ada gorila di tayangan tadi.

  67. Agofreescuege permalink
    Jumat, 16 Januari 2009 9:50 am

    Hi forum!

    I’m a newbie here.

    So i’d like to ask you if a world financial crisis affected someone among you?

  68. Lani permalink
    Sabtu, 7 Februari 2009 3:30 am

    Beneran,aku ga nyadar adanya perubahan beberapa wrna tadi (Baju,meja,tirai)

  69. cyber permalink
    Jumat, 13 Februari 2009 2:34 am

    ah semuanya itu tidak benar, nah skg bagaimana yg bisa jln di air, seperti crish angels di RCTI?semua itu ada jin nya…mana mungkin bohong, sumpah gw percaya krn ada seorang kyai indonesia mengatakan mereka bantuan dengan dajjal jin musrik, coba baca bukunya dajjal jilid ke 3 ada sebutan nama – nama pesulap dunia terknl diantaranya david copperfild

  70. asu permalink
    Senin, 16 Februari 2009 1:44 pm

    ngizinkzzzz….

  71. Kamis, 19 Februari 2009 7:28 pm

    Gw tau cra mmbongkr smuannya dan mmblok org yg mo bca pkiran kta, klo mo blajar dteng ke fs gw di zikri_shanas@yahoo.com

  72. Kamis, 19 Februari 2009 7:31 pm

    Sya tau cra mem blox pkiran org yang ingin membaca pikiran kta. Klo mo bljr kunjungi saya di zikri_shanas@yahoo.com

  73. Sabtu, 21 Februari 2009 12:08 am

    gokil…gokil….

  74. animusparagnos permalink
    Sabtu, 21 Februari 2009 9:25 pm

    Sulap kartu yang sudah umum, misalnya menemukan kartu yang sebelumnya dipilih oleh target kemudian disembunyikan di dalam tumpukan kartu, bukankah juga menggunakan teknik mnemonic (mnemonic devices.

  75. Rabu, 25 Februari 2009 2:51 pm

    ketika kita ditipu tapi tidak marah tapi malah senang, ya di sulap hehe

  76. rany permalink
    Rabu, 25 Februari 2009 8:05 pm

    cara sulap bengkokan sendok cemana

  77. olivia permalink
    Rabu, 25 Februari 2009 8:08 pm

    hhhhhhhhhaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaiiiiiiiiiiiiii
    bisa sulap yg lain ngak???????????????????????

  78. Jumat, 6 Maret 2009 5:48 pm

    AploS bwt AnDa yg pnx blog ini

  79. bama permalink
    Senin, 9 Maret 2009 11:55 am

    uuuu mantap sulap nya saya kaget knp kartu nya bisa berubah warna

  80. freaker permalink
    Senin, 16 Maret 2009 10:53 am

    @ catshade
    standing applause for u,nice info.

    @gabriella cindy
    yup,,gw jg msh pnasaran bgt sm Crist Angel,mnurut pendapat pribadi gw,aksi Crist lebih memukau dripada psulap2 laennya.

    Bwt tMn2 yg mau bagi2 trik atw skedar sharing2 pliz find me at >>
    email.fs,facebook:cal_durianjail@yahoo.co.id

    mig33 :
    maca_sepat
    &
    cal_duri4nj4il

    keep rockin’,keep mindfeaking.

    thank for attention ♠

  81. Sabtu, 21 Maret 2009 12:54 pm

    aku ingin sekali bisa sulap tapi aku ga tau cara nya gmn…

  82. Senin, 23 Maret 2009 12:04 pm

    semua sulap yang dimainkan pesulap apa aja saya bisa.asal alat dan persiapannya saya ada.

  83. Lani permalink
    Selasa, 24 Maret 2009 1:28 am

    ketipu gue…..

  84. angga permalink
    Selasa, 24 Maret 2009 8:18 pm

    jelek sekali

  85. Kamis, 26 Maret 2009 8:30 pm

    sulap ok sih, tapi cukup susah untuk di mengerti, law yang simpel, ok2 aj

  86. Senin, 6 April 2009 9:35 pm

    Bagamaina rahasia trik ring bisa masuk ke tali

  87. Jumat, 10 April 2009 11:21 pm

    Ada yang tau rahasia sulap 3 tali yg berbeda panjang ya,bisa jadi sama panjang ya.

  88. andri permalink
    Minggu, 12 April 2009 12:13 am

    wah kalo ngomongin sulap g ada abisnya, aku pernah ketipu temen yang memang jago sulap kartu.
    7 kali di kerjain terus dengan permainan yang sama tapi kemasannya berbeda, kalo dr segi etika ya kesel karena di bodohi merasa g maju, mungkin itu salah satu alasan kenapa pesulap g mau ngebongkar triknya. tp dari segi hiburan yoi banget coy. phisikologis bisa maju.

  89. fetty permalink
    Minggu, 12 April 2009 11:07 am

    maksudnya apa? kurang jelas di perjelas yaaaaa???

  90. Dede kombuset permalink
    Senin, 13 April 2009 10:02 pm

    gw udah liat triknya yang berubah semua latarnya tetapi, kenapa ndak dikasi tau cara ngubah kartu itu di videonya?

  91. Kamis, 16 April 2009 1:49 pm

    buka donk cara-cara sulap . . //

  92. Jumat, 17 April 2009 2:20 am

    Lam knal yuah!!!
    Menurut gw sulap adalah penghancur logika..tetapi trik tetaplah trik yang bisa di pelajari…gw sangat suka sulap…sulap adalah permainan psikologi yang menghibur..

  93. Kamis, 23 April 2009 4:45 am

    Manteb !!!!

    Gw suka banget yang gini…
    Simpel tapi bisa buat orang pinter merasa bodoh…
    heuheuheu

    keren abis deh pokok nya….
    salut salut :D

  94. black jack permalink
    Kamis, 23 April 2009 11:40 am

    boleh g aq mta trik yg laen

  95. Senin, 27 April 2009 5:24 pm

    menurutku sulap itu bohongan

  96. Selasa, 28 April 2009 2:03 pm

    saya suka bangat kalau saya bisa menghapus gambar2 dari kartu….

  97. Rabu, 29 April 2009 10:03 am

    gaul cuy………….

  98. Rabu, 29 April 2009 10:06 am

    lo buat trik sulap kali2 kasih aku 10 ngapa
    he…….he……..he…….he……..

  99. Rabu, 29 April 2009 10:07 am

    gokil n gaul abiezzzzzzzz sob

  100. Jumat, 1 Mei 2009 1:20 pm

    KEREN BANGET GOKIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIL! GUA TERNYATA SELAMA INI DI BOHONGIN NAH SULAP SEKARANG W AKN LEBIH TELITI!

  101. Senin, 4 Mei 2009 9:49 am

    Ternyata ga cuma kartu yang berubah. Aku juga tertipu coz fokus di kartunya..! Now coba deh klik http://miraclemagicclub.blogspot.com, Ada trik telepati yang canggih

  102. satria permalink
    Jumat, 8 Mei 2009 7:28 pm

    mas ajarin donk cara maen na!!!!!

    abiz klo baca q kagak ngerti…

    n uwgha q mw nglawan kandidat The Master…

    yang nma na ROMEDAL….

  103. Minggu, 10 Mei 2009 10:07 pm

    wah cra tersebut oke tuh untuk belajar lebih awas apa yang ada disekitar kita tapi tetep aja kecolongan yaaa….

  104. Selasa, 12 Mei 2009 5:51 pm

    sip, nice info nih..

  105. Rabu, 13 Mei 2009 4:41 pm

    mana katanya ad sulapnya kok mati trs sich!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  106. Rabu, 13 Mei 2009 4:50 pm

    WAH GILA KEREN BGT SULAPNYA……. yach walaupun gua ngak ngeliat tp gua tetep ngerasain kok!!!!!!!!!!!

  107. caca permalink
    Kamis, 14 Mei 2009 8:52 pm

    kurang seru….
    bkin yg lbh gokl donk!!

  108. m0ecA permalink
    Kamis, 14 Mei 2009 9:00 pm

    suLap ??
    pAan cEy ??
    yg Nma na sUlap t0oy,,b0onk cMua..
    bZen d3eh….
    uUuUuUh…………..

  109. Sabtu, 16 Mei 2009 10:39 am

    saya jadi inget pelajaran psium II tentang persepsi dan sensasi..

    kalo gak salah , fenomena kayak gitu juga disebabkan proses selective attention, jadi cuma hal2 yang terseleksi oleh alat2 sensoris kita yang nantinya kita persepsikaan..

    gw juga ketipu tuh pas nonton si gorila . ternyata dari film tentang visual yang hampir berdurasi 40menitan itu , si gorilanya muncul 7x dan gw cuma tau 1x … Gotcha !!!! hahahaa meeeeeen !!!!

  110. Kamis, 28 Mei 2009 11:31 am

    hahaha saya juga hampir ketipu… tapi yo ga pa2
    toh kita juga terhibur

  111. Kamis, 4 Juni 2009 5:10 pm

    rwdc vsdn. jelek~~~~~~!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  112. Kamis, 4 Juni 2009 9:23 pm

    saya juga tak mengerti ternyata sulap itu tak ada

  113. Kamis, 4 Juni 2009 9:37 pm

    saya mau dong di ajarin main sulap

  114. Sabtu, 6 Juni 2009 11:46 am

    Wess gokil juga iy

  115. Hendra permalink
    Sabtu, 6 Juni 2009 11:52 am

    Saya mw dong di ajarin sulap tolong dong klau
    Website ini mw ngajarin, tolong kirimin
    cara-caranya dari E-mail

  116. chunz permalink
    Senin, 8 Juni 2009 8:59 am

    sulap adalah salah satu yang membuat saya penasaran,rasa ingin tahu yang terus membuat saya mencari dan mencari trick-trick sulap,baik di media elektronik maupun media cetak.sbnarnya apa arti sulap itu????????

  117. Kyan permalink
    Senin, 8 Juni 2009 10:41 am

    Hi salam knal………….

    Wah….. di tahun kayak gini ada yang sedang musimnya suka sulap…

    Q juga suka sulap, walau hanya bisa beberapa sulap saja tapi Q yakin jika belajar dan truz belajar dari buku, video, internet ataupun dari teman pesulap lainnya pasti lama-lama kita akan bisa.

    oleh karna tuh sapa ja yang mo tukar-tukar sulap taw kenalan agar bisa jadi teman sesama pesulap bisa sharing ke email Q
    di: Riz.kyanway@yahoo.com

    Q akan selalu tunggu teman-teman pesulap Q………

  118. Minggu, 14 Juni 2009 3:42 pm

    Tlg rahasia 2 sulapx

  119. bubung permalink
    Minggu, 14 Juni 2009 11:28 pm

    excellent buangettttttttttt……
    please dong rahasia2 sulap kirim ke email sy…! bubungsupiandy@yahoo.com
    thanks..

  120. Senin, 15 Juni 2009 8:24 pm

    Bisa diberikan trik sulap kartu ?

  121. Selasa, 16 Juni 2009 3:08 pm

    wah gw suka banget tuh sulap . gw juga pengen belajar sulap .biar jago ky david copperfield . ajarin gw sulap dong !!!!!!!!!

  122. Selasa, 16 Juni 2009 3:16 pm

    emmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmhhh!!!!! enak kali bisa sulap dan jadi master di indonesia .ha..ha..haa..ha..ha..ha..ha .menghayal gw !

  123. pUnK permalink
    Selasa, 23 Juni 2009 8:10 pm

    ha..ha…!!! biasa tuh sulapnya, gw bisa Lbh hebat. Dilindes BUS biasa, kalo dilindes kereta,,,, gw lagi coba beberapa hari ini……!!!! hehehe….

  124. DHAYAT permalink
    Sabtu, 27 Juni 2009 2:10 am

    HEI BOLEH GABUNG DONG……..? GW DHAYAT kOTA cIJANTUNG yANG bERSiH

  125. Minggu, 5 Juli 2009 10:23 am

    gw g ngerti? itu gorilla knp?
    yg gw mau cranya GI-MA-NA??

    tpi bgs deh,,

  126. Senin, 6 Juli 2009 12:12 pm

    mau blajar sulap..???
    guaammpang..!!pepatah mengatakan banyak jalan menuju meggi Z eh Rhoma so..
    gw jg g tau menuju jln nya gimana..!!muuf yach

  127. berna permalink
    Selasa, 7 Juli 2009 1:09 am

    kereeennn!!!!

    mau dong trik sulap yang asiik, tapi gratis…

    tolong kirim ke email gw yah..=)
    berna_maxim@yahoo.com

  128. Luthfi permalink
    Kamis, 9 Juli 2009 5:54 pm

    Tolong dong ajarin sulap memindahkan kacamata..pada pattimura.ok q tunggu ya

  129. David permalink
    Jumat, 10 Juli 2009 1:25 am

    ketipu
    trkejut

  130. Kamis, 16 Juli 2009 7:40 am

    vilm nya mna njing jualan terus?????????????

  131. Rabu, 22 Juli 2009 6:27 pm

    ga bgusss
    hahahaha…….
    bagus kali koq

  132. Ilmi Kalam permalink
    Minggu, 16 Agustus 2009 8:14 am

    Fantastic!!! And luaaaaaar biasa…

  133. Choco permalink
    Selasa, 25 Agustus 2009 4:15 pm

    AMAZING…….!!!!!!!!!

  134. Rabu, 26 Agustus 2009 4:07 pm

    MnRT w BSy J!mLh dkT NoRA BnYK kALE sULaP Yg G mKE tRIk,,,

  135. Selasa, 1 September 2009 8:18 pm

    ajari aku sulap, please……

  136. Leorio permalink
    Rabu, 9 September 2009 2:17 pm

    Hai semua bagi kalian semua penggemar the master aku dah buat Hand Book mentalis
    yang brisi trik2 jadi mentalis n master of number
    jadi kita bisa belajar jadi mentalis kayak master deddy corbuzer n master joe sandy
    buku ini aku bagikan secara gratis untuk siapa saja yang mendaftar dan mengupload foto magician idolanya di link ini:

    http://www.ziddu.com/register.php?referralid=(y%5DMEQq59Q|

    dan dalam waktu maksimal 3 hari link buku akan dikirim melalui email N tinggal download aja dech

    By : Leorio

  137. Leorio permalink
    Rabu, 9 September 2009 2:38 pm

    Hai semua bagi kalian semua penggemar the master aku dah buat Hand Book mentalis
    yang brisi trik2 jadi mentalis n master of number
    jadi kita bisa belajar jadi mentalis kayak master deddy corbuzer n master joe sandy
    buku ini aku bagikan secara gratis untuk siapa saja yang mendaftar dan mengupload foto magician idolanya di link ini:

    *http://www.ziddu.com/register.php?referralid=(y]MEQq59Q|*

    dan dalam waktu maksimal 3 hari link buku akan dikirim melalui email N tinggal download aja dech

    By : Leorio

  138. Dany MarLO permalink
    Rabu, 9 September 2009 3:01 pm

    mau trik sulap deddy corbuzier yang gila n g masuk akal???
    download disini

    http://www.ziddu.com/download/6424409/Triksulap.pdf.html

  139. anjar waluyo permalink
    Sabtu, 19 September 2009 6:24 am

    berikat trik sulapnya pd sy

  140. Kamis, 24 September 2009 3:11 pm

    sfdsfsfsdsdfsd

  141. Jumat, 2 Oktober 2009 10:13 pm

    Silakan bagi yang tertarik dengan DUNIA SULAP, ILUSI dan MAGIC kunjungi saja web berikut:

    http://dvdmurah.wordpress.com/dvd-belajar-sulap-magic/

    Salam Sukses

  142. Rabu, 11 November 2009 1:14 pm

    Jika anda mau video kumpulan ratusan rahasia trik sulap dari kelas Pemula sampai Pro dengan obyek koin, kartu, daily objects, Trik Sulap Melayang, dll Diungkap langsung dengan detail oleh para master sulap pro seperti David Roth, Criss Angel, David Blaine, Chris Ammar (langsung diperagakan oleh beliaunya sendiri !) silahkan simak situs ini: http://magic.metroaktual.com Thx …!

  143. Selasa, 24 November 2009 12:14 pm

    kapan dapat sulap gratis

  144. Kamis, 26 November 2009 3:15 pm

    SALUT TUK YANG BISA SULAP AJA NIH KARNA ORG YG BISA SULAP JARANG BANGET

  145. Minggu, 13 Desember 2009 12:42 pm

    sulap ajarin donk

  146. Minggu, 17 Januari 2010 4:37 pm

    wwwwwwwwwwwwwwwwooooooooooooowwwwwwwwwww…………,,,,,,,,,kyen yuah,,,,,,ajarin dunk???????????????????

  147. nakazaki maya permalink
    Jumat, 2 April 2010 11:43 am

    hebat, idenya bagus !

  148. Kamis, 29 April 2010 8:38 am

    aku juga suka sulap nja deddy.c

    mudah2an aku jga bisa sulap dng deddy c ok????

  149. cewek yg mw tau pa ja permalink
    Sabtu, 15 Mei 2010 2:14 pm

    sulap tu emank menarik abizz ea….

  150. minato namekaze permalink
    Kamis, 20 Mei 2010 6:39 pm

    bagaimana cara belajar menghipnotis orang dengan cepat

  151. Jumat, 12 November 2010 10:01 am

    kalw pendapt sy,, sulap itu adalah; hiburan yg d dlmx penuh dgn tipu daya. Menonton sulap sangat asyiik yah, sy jg pesulap yg sangt trkenal d daerah sy sndiri. Klw mau blajar, sy pasti kase tahu, atw hub lewat no hp : 085242847233. Cara bljr sulap cpt.

  152. Senin, 13 Juni 2011 12:48 pm

    Wah bs buat belajar nih…makasih boss…

  153. Jumat, 10 Agustus 2012 10:24 am

    it iluSi

  154. Jumat, 5 Oktober 2012 3:20 pm

    mana rahasianya

  155. Kamis, 27 Desember 2012 1:03 am

    Salut, min! hayo majukan terus dunia sulap di indonesia. Untuk yang ingin sulap ajaib tapi gratis ada eBook dan Video sulap nih di http://www.ilmusulap.com, cekidot ya

Trackbacks

  1. Ikatan Alumni SMK Telekomunikasi Malang » Blog Archive » Membuat Pesan Rahasia Dalam Gambar [1]

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 301 pengikut lainnya.

