Skip to content

Mengisi Celah Waktu Luang

Selasa, 5 Juni 2007
tags: ,
by

Diambil dari WikipediaApakah Anda merasa telah bekerja dengan keras setiap hari?

Anda merasa terjebak dalam rutinitas yang sama tiap hari, tanpa pernah berhenti?

Anda sudah lupa kapan terakhir kali bersenang-senang?

Apakah Anda merasa waktu anda tersita hanya untuk bekerja, dan hanya memiliki sedikit waktu luang?

Mulai saat ini Anda bisa memulai untuk meluangkan waktu anda.

Waktu Luang

Pengertian waktu luang seringkali diasosiasikan dengan tidak melakukan apa-apa dan juga bermalas-malasan, padahal tidak seperti itu. Sukadji (2000) melihat arti istilah waktu luang dari 3 dimensi. Dilihat dari dimensi waktu, waktu luang dilihat sebagai waktu yang tidak digunakan untuk “bekerja”; mencari nafkah, melaksanakan kewajiban, dan mempertahankan hidup. Dari segi cara pengisian, waktu luang adalah waktu yang dapat diisi dengan kegiatan pilihan sendiri atau waktu yang digunakan dan dimanfaatkan sesuka hati. Dari sisi fungsi, waktu luang adalah waktu yang dimanfaatkan sebagai sarana mengembangkan potensi, meningkatkan mutu pribadi, kegiatan terapeutik bagi yang mengalami gangguan emosi, sebagai selingan dan hiburan, sarana rekreasi, sebagai kompensasi pekerjaan yang kurang menyenangkan, atau sebagai kegiatan menghindari sesuatu.

Manfaat Mengisi Waktu Luang

Mengisi waktu luang ini tentu saja memiliki manfaat. Bagi Anda sendiri, manfaat mengisi waktu luang yaitu:

  • Bisa meningkatkan kesejahteraan jasmani,
  • Meningkatkan kesegaran mental dan emosional
  • Membuat kita mengenali kemampuan diri sendiri
  • Mendukung konsep diri serta harga diri
  • Sarana belajar dan pengembangan kemampuan
  • Pelampiasan ekspresi dan keseimbangan jasmani, mental, intelektual, spiritual, maupun estetika
  • Melakukan penghayatan terhadap apa yang Anda sukai tanpa tidak mempedulikan segi materi

Selain itu pengisian waktu luang juga berfungsi sebagai pemenuh kebutuhan sosial, seperti :

  • Meningkatkan daya kerja sehingga memacu prestasi dan produktivitas
  • Menambah konsumsi, sehingga meningkatkan lapangan kerja
  • Mengurangi kriminalitas dan kenakalan
  • Meningkatkan kehidupan bermasyarakat

Menyediakan Waktu Luang

Bagaimana jika segudang kesibukan membuat anda merasa tidak memiliki waktu luang? Ada 2 hal yang bisa dilakukan untuk memperpanjang waktu luang, pertama dengan mengurangi kebutuhan. Anda bisa mulai memilah, kebutuhan apa yang memang benar-benar dibutuhkan, lalu memilih kebutuhan yang terpenting menurut Anda. Sebagai contoh : bila Anda merasa membutuhkan waktu luang, anda bisa memilih untuk menunda kebutuhan anda mengejar promosi. Atau, Anda tidak perlu lembur, sehingga memiliki tambahan waktu luang.

Atau yang kedua, Anda mempercepat/efisiensi pemenuhan kebutuhan. Sebagai contoh, Anda bisa mempercepat waktu makan siang, mandi atau berdandan. Untuk efisiensi waktu, Anda bisa menggabungkan beberapa pemenuhan kebutuhan sekaligus. Anda bisa makan siang sambil berbincang dengan rekan kerja atau rekan bisnis. Selain itu, Anda juga bisa berolah raga bersama teman-teman kerja untuk memenuhi kebutuhan fisik serta sosial.

Pertimbangan Pengisian Waktu Luang

Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan pengisian waktu luang, yaitu :

  • Banyaknya waktu yang dapat Anda luangkan
  • Keinginan keluarga, rekan, atau lingkungan kerja
  • Biaya yang anda miliki
  • Pengalaman mengisi waktu luang yang terdahulu
  • Ketersediaan pilihan kegiatan
  • Ketersediaan lahan
  • Kemampuan Anda dalam melakukan kegiatan
  • Kebutuhan pribadi Anda
  • Nilai yang anda anut,
  • Budaya tempat Anda akan melaksanakan kegiatan
  • Sikap masyarakat tempat Anda berkegiatan

Kegiatan-kegiatan yang Bisa Dilakukan

Setelah anda memiliki waktu luang, Anda bisa mulai memilih kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan. Kegiatan-kegiatan tersebut bisa dilihat berdasarkan fungsinya sebagai (1) sarana relaksasi, (2) sarana hiburan atau rekreasi, dan (3) sarana pengembangan ketrampilan dan kemampuan pribadi.

Kegiatan relaksasi aktif semisal berkebun, membetulkan alat rumah tangga, memperbaiki sepeda motor. Kegiatan tersebut karena sifatnya produktif, cenderung meningkatkan ketrampilan dan harga diri. Anda juga bisa melakukan relaksasi pasif dengan cara menonton televisi, mendengarkan musik, dan membaca tulisan ringan. Namun terlalu banyak kegiatan relaksasi pasif bisa membuat kehilangan waktu untuk kegiatan yang lebih produktif. Kegiatan rekreasi yang bisa Anda pilih antara lain : beristirahat, berolah raga, menggeluti hobi, membaca buku, hingga menjadi pendukung dari suatu tim sepakbola. Terakhir, Anda bisa mengisi waktu dengan kegiatan yang dapat mengembangkan diri anda, contohnya : mengikuti kursus musik, kelompok teater, kursus bahasa asing, melukis, mengarang, membuat sajak, memasak, menata musik, membuat patung. Kegiatan ini selain meningkatkan ketrampilan, juga menimbulkan perasaan kesuksesan telah membuat sesuatu.

Isilah Waktu Luang Anda

Di tengah-tengah kesibukan bekerja, Anda masih memiliki harapan bisa menikmati waktu luang. Mulailah untuk memberi diri anda waktu luang untuk istirahat dan melakukan kegiatan yang Anda butuhkan. Dengan begitu, manfaat dari mengisi waktu luang akan benar-benar Anda rasakan.

Selamat mengisi waktu luang Anda.

FA Triatmoko HS © 2007

Sumber Bacaan:

Sukadji, Soetarlinah. (2000). Psikologi Pendidikan dan Psikologi Sekolah. Depok: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi.

About these ads
25 Komentar leave one →
  1. Kamis, 7 Juni 2007 7:44 pm

    Ma suka waktu luang!!

    apa Ma terlalu banyak waktu luang ya??

    -kayanya ini buat yang sibuk deh,, Ma ga termasuk,,-

  2. Jumat, 8 Juni 2007 12:09 am

    toso AKA moko @ Ma
    wah bagus kalau begitu..
    sekarang tinggal mau diisi dengan kegiatan apa, sebab ada yang mempunyai waktu luang banyak, tapi kurang bisa mengisinya dgn baik..
    Ma sendiri mengisi dengan kegiatan apa?

  3. Jumat, 8 Juni 2007 8:13 am

    @ma:
    Waktu luang yang ‘pas’ buat setiap orang kan berbeda-beda. Kalau kehidupan Ma (mungkin dalam kasus Ma, perkuliahan) nggak terganggu dengan waktu luang ‘sebanyak’ itu, mungkin memang pasnya segitu. Tapi kalau perkuliahan sampai terganggu (sulit belajar, ngerjain tugas/pr, sampai sulit menghadiri kuliah), mungkin ada baiknya mengurangi waktu luang ^^;

  4. nia permalink
    Rabu, 11 Juli 2007 10:41 am

    bener tuh semua orang mang butuh waktu luang…….
    kayak gw sekarang nech……….
    tapi di indonesia orang-orang belon pada sadar ma manfaat waktu luang

  5. Kamis, 12 Juli 2007 6:34 am

    @Nia
    Setuju. Menurut Saya, masyarakat Indonesia belum melihat waktu luang adalah sebuah kebutuhan primer. Sepertinya pelajaran waktu jaman sekolah dasar tentang 3 kebutuhan primer [sandang pangan papan] benar-benar telah mandarah daging, sehingga kebutuhan-kebuituhan yang lebih bersifat psikologis [juga fisik; contohnya waktu luang] tidak pernah dipandang sebagai hal yang penting. ;)

  6. Kamis, 12 Juli 2007 6:40 am

    waktu luang Ma,, bikin design pin, jualan, ngenet, tidur, jualan lagi,, :D
    ga keren ya,, :)

    tapi kayanya ga ngeganggu waktu kuliah deh,, (apa Ma ga berasa ya??)

  7. Selasa, 4 November 2008 2:41 pm

    tanks atas pengertian waktu luang

  8. Selasa, 9 Desember 2008 1:00 pm

    terima kasih atas informasinya…

    informasinya sangat membantu sy_ ^o^

    _rEpLy_

  9. Lin permalink
    Jumat, 26 Desember 2008 9:57 pm

    Sneng bgT bc yg kyk gn!. . . .y biar gk bngung,ngsi wktu luang . . .Yg ssah bnget ad ny,,,tp te2p aja sech. . .Msih bngung. . .Tp klo Ngisi wktu luang ntuk,,ngmpul ma tman lama. . .Bgus ngk sech. . .

  10. Tisa permalink
    Selasa, 6 Januari 2009 11:13 am

    Minta infonya dong…
    Dimana saya bisa dapetin buku Psikologi Pendidikan dan Psikologi Sekolah yang jadi sumber tulisan di atas. Soalnya saya lagi penelitian tentang manajemen waktu luang.
    Thanks banget buat infonya

  11. vaul permalink
    Kamis, 19 Februari 2009 3:36 pm

    alhamdulillah….

    suenengg bgt ttg ulasan artikel ini.

    akhirnya saya ketemu dgn 1 pengertian ttg waktu luang,,,,

    tolong kasih info dmn saya bisa nemuin buku itu…..

    atau kl ada info buku baru ttg waktu luang tsb….mohon dkabarin yachhh….

    mksh bangetttsssss…

    smg bermanfaat.

  12. Jumat, 20 Februari 2009 8:46 am

    kalau tidak salah, buku ini juga dijual di toko buku gramedia. coba jalan-jalan kesana ;)

  13. erly permalink
    Sabtu, 28 Februari 2009 7:57 am

    Wah bagus bnget tuh sarannya…..emang bner bgt
    masyarakat indonesaia yg blum sadar ma
    pentingnya memanfaatkan waktu luang…termasuk ak jugag..heheheheheh^-^
    smga dg baca ini ak bsa jauh lebih bisa
    manfaatin waktu…amienn^-^

  14. Ichigo permalink
    Sabtu, 20 Juni 2009 12:32 pm

    Waw.. Boleh jg tucH tipsny, lumayan bt motivasi liburan ini.. He he..tq y ?

  15. erland permalink
    Rabu, 24 Juni 2009 1:49 pm

    tks sdh mau share info mengenai waktu luang, sangat membantu saya

  16. calvin chen permalink
    Senin, 6 Juli 2009 9:52 pm

    wahhhh .. .
    gua msi tetep bingung mau ngapain ,,
    ada yg pnya saran ga ??????
    ^^o

  17. zun^ilz. permalink
    Jumat, 2 Oktober 2009 5:15 pm

    ehm,,,
    thx a lot iiiaa…
    bs bantu buat ngerjaind makalah kuw..
    tambahind dunk jenis2 waktu luang iiaa…

  18. zun^ilz. permalink
    Senin, 12 Oktober 2009 11:22 am

    kasi jenis2 waktu luang dunk!!
    Butuh buat tugass nee…

  19. dapit maradoni permalink
    Kamis, 15 Oktober 2009 10:00 pm

    waktu luang ????????????

    ya waktu luang biasa di isi dengan penambahan inlmu pengetahuan seperti on line, baca koran, baca majalah, dwngar radio dll

    ya itu menurut aku sih
    lu menurut kamu apaan

    ayo kita koment

  20. hafidi permalink
    Selasa, 23 Maret 2010 3:59 pm

    waktu luang adalah waktu yang berbahaya jika tidak dimanfaatkan maka mau tidak mau kita harus menggunakan waktu kita yang kosong kenapa ?
    karena ada kata-kata Arab “waktu adalah bagaikan pedang jika tidak digunakan pedang itu, maka pedang itu yang akan memenggalmu”. jika kita lihat realita yang ada memangbenar ketika aku punya waktu tapi tidak digunakan maka aku rugi karena waktu didunia ini kita hanya sebentar

  21. Selasa, 6 Juli 2010 6:53 am

    waktu luang artinya waktu adalah uang

  22. Rabu, 3 November 2010 12:11 pm

    wah bagus……………lanjutkan!

  23. tia anjelia permalink
    Senin, 18 Juli 2011 1:24 pm

    gk d wktu luang penat banget ya…..tapi klo kebanyakan jg bingung sc,,,mau diisi pke p gt…….huft…..
    ayo dong ksih srannya!!!!!!!!!!!!!!!

  24. azim permalink
    Rabu, 28 September 2011 3:39 pm

    mas, buku referensinya ga dipublikasikan untuk umum ya?????

  25. nafi permalink
    Sabtu, 10 Desember 2011 9:14 am

    krja saya sistem shift..makanya sy bnyk wkt luang. sy mlh sering bingung,waktu luang saya mw diisi dg kegiatan apa.trkdg sy mlh jenuh krn trlalu bnyk wkt luang…sy harus bgmana ya?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 302 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: