Skip to content

Mengenal 9 Tipe Kepribadian Manusia Dengan Lebih Asyik

Sabtu, 16 Juni 2007
tags:
by

Enneagram * Judul : Eneagram
* Jenis : Psikologi Kepribadian Populer
* Pengarang : Renee Baron dan Elizabeth Wagele
* Penerbit : PT Serambi Ilmu Semesta
* Tahun Terbit : Desember 2005
* Halaman : 180
* Harga : Rp. 29.900,-

Kepribadian manusia selalu menjadi tema yang menarik untuk dicari tahu, apalagi kepribadian kita sendiri. Rasa ingin tahu tersebutlah yang lantas membuat banyak orang pergi ke psikolog untuk menjalani tes-tes kepribadian. Semua ini dilakukan demi mengetahui “seperti apa sesungguhnya diri kita ini?”

Enneagram
Selain dengan mengikuti tes-tes psikologi, ada satu metode yang bisa digunakan untuk mengetahui kepribadian yaitu menggunakan enneagram. Enneagram diartikan sebagai “sebuah gambar bertitik sembilan”. Metode ini dikabarkan telah ada sejak ratusan tahun yang lalu dan diajarkan secara lisan dalam suatu kelompok sufi di Timur Tengah, hingga akhirnya mulai berkembang di Amerika Serikat sekitar tahun 1960-an. Kepribadian manusia dalam sistem enneagram, terbagi menjadi 9 tipe. Renee Baron dan Elizabeth Wagele, lewat buku yang berjudul enneagram, berusaha untuk menjelaskan kesembilan tipe tersebut agar lebih mudah dimengerti.

Sembilan Tipe Kepribadian Manusia
Kesembilan tipe kepribadian tersebut adalah :
Tipe 1 perfeksionis
Orang dengan tipe ini termotivasi oleh kebutuhan untuk hidup dengan benar, memperbaiki diri sendiri dan orang lain dan menghindari marah.
Tipe 2 penolong
Tipe kedua dimotivasi oleh kebutuhan untuk dicintai dan dihargai, mengekspresikan perasaan positif pada orang lain, dan menghindari kesan membutuhkan.
Tipe 3 pengejar prestasi
Para pengejar prestasi termotivasi oleh kebutuhan untuk menjadi orang yang produktif, meraih kesuksesan, dan terhindar dari kegagalan.
Tipe 4 romantis
Orang tipe romantis termotivasi oleh kebutuhan untuk memahami perasaan diri sendiri serta dipahami orang lain, menemukan makna hidup, dan menghindari citra diri yang biasa-biasa saja.
Tipe 5 pengamat
Orang tipe ini termotivasi oleh kebutuhan untuk mengetahui segala sesuatu dan alam semesta, merasa cukup dengan diri sendiri dan menjaga jarak, serta menghindari kesan bodoh atau tidak memiliki jawaban.
Tipe 6 pencemas
Orang tipe 6 termotivasi oleh kebutuhan untuk mendapatkan persetujuan, merasa diperhatikan, dan terhindar dari kesan pemberontak.
Tipe 7 petualang
Tipe 7 termotivasi oleh kebutuhan untuk merasa bahagia serta merencanakan hal-hal menyenangkan, memberi sumbangsih pada dunia, dan terhindar dari derita dan dukacita.
Tipe 8 pejuang
Tipe pejuang termotivasi oleh kebutuhan untuk dapat mengandalkan diri sendiri, kuat, memberi pengaruh pada dunia, dan terhindar dari kesan lemah.
Tipe 9 pendamai
Para pendamai dimotivasi oleh kebutuhan untuk menjaga kedamaian, menyatu dengan orang lain dan menghindari konflik.

Panah dan Sayap
panah dan sayap dalam enneagram Setiap tipe pada enneagram berhubungan langsung dengan 2 tipe lainnya yang disebut sebagai panah. Tipe 1 berhubungan dengan tipe 7 dan 4, tipe 2 dengan tipe 8 dan 4, dst (lihat gambar). Dinamika hubungan antar tipe ini terjadi sebagai berikut : jika dalam keadaan rileks tipe 1 akan mengambil karakter positif dari tipe 7, dan jika dalam keadaan tertekan akan mengambil karakter negatif dari panah sebaliknya, yaitu tipe 4. Sebagai contoh, tipe 1 yang mengambil sisi positif tipe 7 tidak akan terlalu mengkritik diri serta lebih menerima diri, lebih antusias dan optimis, bertindak lebih alami dan spontan. Sedangkan jika sedang tertekan akan mengarahkan kemarahan ke dalam diri sendiri lalu menjadi depresi, hilang kepercayaan diri, dan menginginkan apa yang tidak mereka miliki. Contoh lain, tipe 2 yang sedang rileks, akan mengambil karakter positif dari tipe 4, dan jika sedang tertekan akan mengambil karakter tipe 8. Dan begitu seterusnya dinamika hubungan pada tipe-tipe lainnya.
Selain panah, kepribadian kita dapat tercampur atau terpengaruhi oleh tipe di kanan dan kiri kita. Tipe di kanan dan kiri kita ini disebut dengan sayap. Contohnya, tipe 1 dengan sayap 2 yang lebih kuat, cenderung hangat, lebih suka menolong, mengkritik dan menguasai. Sedangkan tipe 1 dengan sayap 9 lebih kuat, cenderung lebih tenang, lebih santai, objektif dan menjaga jarak.

Tipe-tipe Enneagram dan Myers-Briggs Type Indicator
Bagian akhir buku Enneagram ini berisi penjelasan tentang tipe-tipe kepribadian yang sudah diakui, yaitu Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) dan kecocokannya dengan tipe-tipe dalam enneagram. MBTI sendiri adalah suatu inventori kepribadian yang berlandaskan pemikiran dari Carl Gustav Jung, seorang psikiater asal Swiss. Inventori ini mengukur kecenderungan individu berdasarkan empat skala : ekstraversion atau introversion, sensing atau intuition, thinking atau feeling, serta judging atau perceiving. Terakhir, terdapat tabel hubungan antara sistem dalam enneagram dan MBTI.

Komentar
Ada beberapa hal yang membuat buku ini menjadi menarik untuk dibaca, seperti :
1. Buku berjudul The Enneagram Made Easy terbitan Harper San Fransisco ini, diterjemahkan dengan cukup baik sehingga tidak menyulitkan pembaca dalam memahami isinya. Walau kadang masih terdapat kesalahan dalam pengetikannya.
2. Banyak sekali ilustrasi menarik, baik penjelasan masing-masing tipe maupun perbandingan antara satu tipe dengan tipe lainnya. Tak jarang ilustrasi tersebut berisi lelucon yang mampu menciptakan suasana menyenangkan ketika membaca buku ini.
ilustrasi Enneagram
3. Di awal penjelasan tipe, ada 20 butir pernyataan yang menggambarkan tipe kepribadian tersebut. Pembaca dapat memberi ceklis pada karakteristik yang menggambarkan kepribadiannya. Pernyataan ini dapat membantu pembaca untuk menemukan tipe kepribadiannya dalam enneagram.
4. Penjelasan masing-masing tipe juga cukup banyak ragamnya, mulai dari karakter positif dan negatif tiap tipe, cara bergaul, komentar orang-orang sekitar, hingga saran dan latihan yang tepat untuk tiap tipe.

Namun, ada beberapa hal yang kurang dari buku ini, seperti :
1. Tidak jelas apakah kedua puluh pernyataan yang ada di tiap tipe, didapat menggunakan metode penyusunan alat tes yang baik, sehingga memang benar-benar mampu menggambarkan tiap tipe dengan tepat.
2. Penjelasan tentang tiga pusat dalam tubuh; jantung, perut dan kepala, dirasa kurang memadai, sehingga tidak terlalu memberikan pemahaman yang lebih terhadap kepribadian manusia.
3. Perbandingan antara tipe-tipe dalam enneagram dengan tipe-tipe jungian (MBTI) dirasa agak janggal. Ada kesan bahwa tipe-tipe jungian memang ‘ditempel’ agar pembaca semakin percaya dengan tipe-tipe dalam enneagram, sebab tipe-tipe jungian sudah ada, digunakan dan diakui secara luas sejak lama.
4. Tabel perbandingan sistem dalam enneagram dan MBTI tidak disertai penjelasan, sehingga menyulitkan pembaca untuk memahami arti tabel tersebut.
5. Sampul buku asli The Ennegram Made Easy lebih menarik untuk dilihat daripada sampul buku versi indonesia yang terlalu ‘gelap’.

Kesimpulan dari saya, buku ini cocok bagi pembaca yang ingin mengenali kepribadiannya, namun tidak ingin membaca buku psikologi tentang teori kepribadian. Sebab sesuai dengan slogannya, buku ini memang bisa membantu mengenali kepribadian kita dengan cara yang lebih asyik.

About these ads
149 Komentar leave one →
  1. Minggu, 17 Juni 2007 1:43 pm

    Wokeehh,, akaan dibeli!
    (jadi penasaran Ma masu ktipe yang mana,,)

    *semagat*

  2. Minggu, 17 Juni 2007 4:25 pm

    @ma
    enneagram ini ada 3 seri : eneagram, enneagram of love and relationship dan enneagram of parenting.
    resensi kedua seri berikutnya (mudah-mudahan) segera menyusul.

  3. reo permalink
    Selasa, 19 Juni 2007 11:08 am

    dimana bisa dapetin bukunya?bls yha

  4. Selasa, 19 Juni 2007 11:22 am

    @reo
    buku ini bisa dipesan di http://www.serambi.co.id atau langsung saja datang ke toko buku offline serambi @ Jln. Kemang Timur Raya No. 16 Jakarta 12730, Indonesia, phone. (021) 7199621.
    selain itu, bisa didapat di toko-toko buku, semacam gramedia, gunung agung, dan sejenisnya.
    selamat mencari ;)

  5. Kamis, 21 Juni 2007 7:19 am

    Thanks infonya….untuk menambah perpustakaan rumah, kayaknya menarik

  6. eNPe permalink
    Rabu, 27 Juni 2007 1:14 pm

    wuih kayaknya seru isi buku tersebut. Boleh nih buat nambah koleksi :D

  7. Kamis, 28 Juni 2007 10:40 am

    Hmm, bagus nih buku. Kapan2 mampir beli aah..

  8. dedew permalink
    Selasa, 3 Juli 2007 11:37 am

    wuih, gua bakalan beli nechhhhh…………..
    suer dah, gua langsung cabut nich eh di gramed dah nongol khan…
    cipirily………….

  9. Selasa, 3 Juli 2007 7:05 pm

    @edratna, eNPe, Si Ali, Dedew
    Silakan jika mau beli.
    Mudah-mudahan cocok dengan bukunya ;)

  10. bonnie permalink
    Selasa, 31 Juli 2007 5:28 pm

    wah, kebetulan buanget.
    kmrn lg antri bwt pnjm nie buku d bu2
    bgs kq, isinya lbh mnarik dr bku kepribadian lainnya =D

  11. lyan KS permalink
    Kamis, 9 Agustus 2007 12:04 pm

    aku dah beli buku nya tapi kenapa jadi bingung yaa, jadi tanya lagi ma diri apa aku yang ga ngerti bacanya y, ada yang mw bantu????
    aku beli buku ada 2 seri tuh….sama aja ga ngerti juga thank buat saran nya

  12. Selasa, 28 Agustus 2007 10:10 pm

    @Iyan KS
    intinya adalah, seseorang memiliki karakteristik kepribadian yang berbeda-beda [9 jenis, menurut ilmu enneagram].orang tersebut bisa dikategorikan ke dalam satu tipe yang dominan. jika dalam keadaan tertekan, orang tersebut akan memunculkan perilaku negatif dari tipe yang berhubungan dengan tipe dominannya. dan jika dalam keadaan rileks,orang tersebut akan memunculkan perilaku positif dari tipe yang berdekatan pula [yang disebut panah].
    cara paling mudah memahami buku ini [menurut Saya] adalah ambil contoh langsung pada karakter diri sendiri atau teman-teman dekat.

  13. Selasa, 11 September 2007 3:22 pm

    buku tersebut sangat bagus untuk di baca dan
    kayaknya wajib dech punya, tapi aku ga punya
    duit. gimana yach caranya dapet tapi gratis

  14. lopin permalink
    Sabtu, 15 September 2007 3:48 pm

    Bukunya kayaknya keren banget nih buat dibaca. Tanya nih,buku itu sudah diterjemahin ke bahasa Indonesia lom ???

  15. Senja permalink
    Rabu, 19 September 2007 11:09 am

    wah..aq pernah baca buku itu, yang paling atas…tapi kok malah jadi bingung…
    Bisa gak punya kepribadiab ganda, atau 3 atau 4 atau berapa lagi yah…abiz bisa semua sih….hehheheh

  16. Rabu, 19 September 2007 12:18 pm

    @Asep
    Dapat gratis? Pinjam yang sudah punya? ;)

    @Lopin
    Buku ini memang sudah berbahasa indonesia

    @Senja
    Maksud kamu mungkin bertipe ganda, bukan kepribadian ganda. sebab, kepribadian ganda adalah suatu gangguan. Menurut saya, bisa saja seseorang memiliki karakteristik dari beberapa tipe, sebab manusia tidak ada yang benar-benar hanya memiliki satu tipe. Namun tetap saja, dari berbagai karakteristik yang dimiliki seseorang,ada yang lebih dominan dibanding yang lain.

  17. ilesa permalink
    Sabtu, 22 September 2007 2:10 pm

    well, aku pernah baca buku bout eneagram. isinya lumayan lah… cuma ….well yang mo beli go ahead n ntar juga tau isinya. kalo aku masuk ke tipe helper nih…he8

  18. Minggu, 23 September 2007 12:50 am

    ah…………. ogah ah! kalo banyak kekurangannya kayak gitu. yang dicari kan penjelasannya, iya tho?!!

  19. Dani permalink
    Rabu, 26 September 2007 7:28 pm

    Salam
    Bisa juga dicoba tes MBTI online. berbahasa indonesia dan sudah disederhankan http://www.kompasjakarta.com
    semoga mendukung

    Terima kasih

  20. chau permalink
    Senin, 29 Oktober 2007 6:55 pm

    pun diriku sudah berkali2 melahap habis buku niy,,buku bagus dan dikemas ringan kok. jadi bacalah!! ^^

  21. andre permalink
    Minggu, 11 November 2007 4:55 am

    kalo buku Enneagram ini gk jelas pernyataan2 yang ada didalamnya berarti agak susah dong menentukan standart baku seseorang yang berkepribadian tertentu, kayaknya malah bikin bingung dech

  22. NURLITA permalink
    Rabu, 14 November 2007 12:07 pm

    emang bener yah, sifat manusia kan kompleks bgt. KADANG BISA JADI BAIK,, NETRAL DAN %$$#$#

  23. Jumat, 16 November 2007 9:36 am

    @Ilesa
    kalau saya, lebih ke tipe pengamat

    @Dani
    Terima kasih antas infonya ;)

    @ Nurlita
    Saya sependapat dengan anda. Gabungan teori dari beragam tokoh psikologi pun, saya rasa masih belum cukup untuk dapat menjelaskan manusia yang begitu kompleks ;)

    @Day & Andre
    Ketidakjelasan pernyataan lebih disebabkan oleh tidak adanya informasi lebih tentang cara penyusunan item-item pernyataan. Sebab, bagi yang pernah mempelajari cara mengkonstruksi alat tes, item-item pernyataan harus bisa dibuat se-valid [mampu mengukur apa yang hendak diukur] dan se-reliabel [terpercaya] mungkin.
    Nah, informasi tentang validitas dan reliabilitas pernyataan-pernyataan dalam buku enneagram tersebut lah, yang saya rasa kurang digambarkan.
    Penulis cenderung membuat pernyataan tersebut tampak valid dan reliabel, dengan jalan membandingkan enneagram dengan MBTI.

  24. Rabu, 21 November 2007 11:19 am

    baca bukunya pusing,,

  25. Rabu, 21 November 2007 4:35 pm

    wuah sepertinya menarik juga nich, hehehe…bisa juga dong tuk cari pasangan sehidup semati??

  26. danny permalink
    Kamis, 17 Januari 2008 12:10 am

    wahh bukunya emang keren banget…..

    tapiiiii……penjelasan tentang metode

    enneagram nya masih kurang banget……

    terlalu fokus ke penentuan kepribadian padahal kan kita pengen tahu banyak tentang metode enneagram…

    tlg jawab ya …..ato ada buku lain yang menjelaskan lebih rinci tentang enneagram ???????? PLISSSSS

  27. psy permalink
    Selasa, 29 Januari 2008 12:34 pm

    its bad, not good

  28. Faiz permalink
    Senin, 10 Maret 2008 12:05 pm

    Ada yg bilang (DewaZodiak.com) kalo karakter kita tuh bisa diklasifikasikan berdasarkan zodiak. Secara ilmiah, bener apa gak sih pak itu? Thx

  29. Link- Link permalink
    Rabu, 26 Maret 2008 11:11 am

    Wuich…… pengen bgt punya bukunya tapi posisiku skrg di NTB, sempat pernah nyari tapi sampe skrg lom dapat, bisa beri solusi gak……???

  30. Minggu, 6 April 2008 10:17 am

    @ Tenri
    Pusing kenapa?

    @ Hinata
    Belum tau tuh, apakah bisa untuk mencari pasangan hidup :D

    @ Danny
    Saya pernah menemukan buku tentang enneagram, namun agak rumit. Coba lihat di: http://www.enneagraminstitute.com/intro.asp

    @ Faiz
    Zodiak pun adalah sebuah ilmu. Namun, setahu Saya, banyak yang meragukan keilmiahannya. Terserah Anda, mau percaya atau tidak ;)

    @ Psy
    Ada alasannya?

    @ Link-Link
    Bisa pesan disini : http://serambi.co.id/modules.php?name=Katalog&op=tampilbuku&bid=163

  31. maya permalink
    Kamis, 15 Mei 2008 10:22 pm

    Aq pgn nanya, gimana caranya kita bisa nemuin jati diri kita?

  32. indah permalink
    Sabtu, 24 Mei 2008 3:46 pm

    ba9us ju9a bukunya,,,
    jadi pen9en beLi…

  33. Intan permalink
    Sabtu, 31 Mei 2008 9:49 am

    Asyiiiik Banget,,,
    Jadi Pengen tau orang2 disekitar aku punya tipe pa ya…???

    Semangat Dewh.. ^_^

  34. -LhYnA- permalink
    Senin, 9 Juni 2008 12:05 pm

    waduwwww…beneran..KEREN bgd..
    saia mpe gag tw musti berkata2 apa…
    pgen beli…
    beliiin drunk…hehe..becanda x..!!!!!

  35. Rabu, 11 Juni 2008 3:05 pm

    aku adalah orang yang suaka memahami perasaan orang lain dan ingin membantu orang biarpun cukup sedikit dan tak ingin mnyakiti perasaan orang lain dan berusaha untuk menghibur diri sendiri

  36. Senin, 7 Juli 2008 3:40 pm

    bk ini sgt co2k dibc terutama bg km2 yg ingin lbh mengetahui kepribadian diri sendiri n org lain.

  37. elanz permalink
    Senin, 11 Agustus 2008 11:46 pm

    buku na keliatan na unik .

  38. gbaiquni permalink
    Selasa, 12 Agustus 2008 1:37 pm

    buku keren… udah punya…,

    sedikit kritik dibuku ini tidak ada semacam tes yang mengarahkan kecenderungan kita yang ke arah tipe yang mana.
    jadi agak bingung sendiri sendiri aja…,

    tetep keren bgt .., sampe beli yang lanjutannya..

  39. shinta trisya permalink
    Rabu, 13 Agustus 2008 7:53 pm

    waw mantabh abizz bukuNa,.,

    hmm jd pgn tw tipe gw ndiri ky gmn & tipe org2x disekitar gw^^

  40. Ahmad permalink
    Jumat, 15 Agustus 2008 12:26 am

    ada yg tahu bagaimana mengetahui /menilai kepribadian menyimpang(buruk) seseorang berdasarkan tes TAT ???

  41. syawal permalink
    Kamis, 28 Agustus 2008 7:07 pm

    pinter ni membuat ketertarikan orang lain.. lah, namanya aja bersumber dari psikolog..
    bagus bgt pasti dibeli..
    thanks

  42. risma permalink
    Rabu, 10 September 2008 12:14 pm

    ternyata tipe kepribadian itu banyak juga..jd nambah wawasan nyh…thx ya..

  43. dezm permalink
    Sabtu, 13 September 2008 10:12 am

    hm…bleh juga tuk nambah pengetahuan tentang kepribadin

  44. lingkarluar permalink
    Rabu, 1 Oktober 2008 5:53 pm

    Aku dong! Please, liatin tipe kepribadianku menurut Enneagram gimana atuh…?

  45. fantasyforever permalink
    Minggu, 26 Oktober 2008 12:34 pm

    Hmm.. Jadi minat beli nih.

  46. Arif permalink
    Selasa, 4 November 2008 1:01 pm

    apa bukunya sudah banyak di pasaran ya….
    jadi penasaran pengen baca deh

  47. Ahmad Faiz Al-Hakam permalink
    Selasa, 18 November 2008 10:18 pm

    yah umum banget yang lebih spesifik dong biar bisa buat
    mengenal lebih dalam lwan bicara kita gitu loh

  48. syawal permalink
    Kamis, 20 November 2008 3:37 pm

    kurang lengkap tidak ada pengaruh terhadap cara berfikir

  49. Rabu, 3 Desember 2008 8:29 am

    ilmunya bagus,,,, makasih

  50. lilis permalink
    Kamis, 11 Desember 2008 10:54 am

    wah ini menarik untuk dibeli, bt tmbahan info dan penglaman

  51. Jumat, 19 Desember 2008 10:36 am

    beliiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii ..

    sayang duit habis ..

  52. karisma permalink
    Sabtu, 20 Desember 2008 10:42 am

    keren keren…………

  53. AF Bambang Ritanto permalink
    Sabtu, 27 Desember 2008 6:23 am

    Saya mempelajari metoda ini sudah lebh dari 17 tahun. sangat baik untuk meningkatkan kedewasaan diri, membantu mengenal pribadi diri sendiri, keluarga, teman, orang lain. Banyak kelompok bisa dibangun dan melakukan pembelajaran bersama.

  54. Sabtu, 27 Desember 2008 12:02 pm

    wah gmn caranya yah mengetes kepribadiannya?

  55. Rian Xavier permalink
    Sabtu, 3 Januari 2009 8:03 am

    Sip nih.

  56. Jumat, 9 Januari 2009 12:35 am

    Bagus informasinya…Masih ada yg jual nggak yah di Gramedia? Brapa kali test PNS tak jebol2? Apa hubungunannya yach? hehehhe

  57. Rabu, 14 Januari 2009 4:31 pm

    wah,bagus bg ney. thnks, jadi bisa dpt bhn untuk tugas sekolah…

  58. rauli permalink
    Selasa, 27 Januari 2009 10:22 am

    halo saya mengalami tempramen mental
    yg sgt complex,sya sulit dalam menjbarkan setip ka
    kata2 yg saya ucapkan sya yakin .saya meengalami yg namassesuatu penyakit saraf .saya selalau menganalisa apa sebenar nya yg sudah menggangu kinerja saraf saya
    . mulai dr buku.internet dll.tapi blum sya temukan tolong bantu saya tuk menganalisa.agar saya tau cara penyembuhanya

  59. arshiyah permalink
    Rabu, 28 Januari 2009 8:12 pm

    waah bukunya bikin penasaran nih,secara gue sangat tertarik dalam dunia psikologi…eh ada yang sudah baca buku “Touch My Heart” ga?
    isinya juga bagus lho?tentang mengetahui kepribadian lewat golongan darah.

  60. Kamis, 29 Januari 2009 12:35 pm

    baaguus!

  61. Sabtu, 31 Januari 2009 10:00 am

    gw copy tulisannya yach…..

  62. Sabtu, 31 Januari 2009 10:02 am

    gw copy tulisannya ah,….

  63. Senin, 16 Februari 2009 1:13 am

    wah tambah neh wa2san saya.. thanks ya..
    by Komunitas Online Mahasiswa Bimbingan & Konseling

  64. Selasa, 17 Februari 2009 8:48 pm

    Buku yang menarik untuk dibaca agar lebih mengenal kepribadian

  65. AF Bambang Ritanto permalink
    Rabu, 4 Maret 2009 5:58 am

    Bisa hubungi kami di ritanto@yahoo.com, saya bersedia membantu koq.

  66. Selasa, 10 Maret 2009 8:42 am

    pagi,akui ingin tahu dan ingin menguasai diri seseorang

  67. Rabu, 18 Maret 2009 11:09 am

    belum baca ung hehehe pengen gratisan :-)

  68. surya permalink
    Rabu, 1 April 2009 12:43 am

    dimana saya bisa dapatkan buku ini

  69. abd wahid permalink
    Minggu, 5 April 2009 8:46 am

    buku tepe kepribadian sangat menmbah wawasan saya sebagai guru bk

  70. Rabu, 8 April 2009 11:56 am

    mw berilmu tinggi wajib, kudu, harus beli.. wokeeeeh…!

  71. wiwik permalink
    Sabtu, 25 April 2009 10:06 pm

    mau dong bukunya
    kayaknya asyik juga….

  72. tunnisa permalink
    Senin, 11 Mei 2009 10:34 am

    aq dah baca..
    bagus deh..
    pengen beli yang warna ijo,tp kuk jarang ya…

  73. agus permalink
    Kamis, 14 Mei 2009 8:50 am

    posting yg bagus, kalo bisa tambahkan bagaimana menjadi orang yang good personality dan apa aja kiat-kiatnya, thanks

  74. Felix permalink
    Rabu, 20 Mei 2009 5:02 pm

    Saya bisa menentukan type enneagram dari setiap orang, laki-perempuan, anak-anak dan dewasa secara intuitive. Ditanggung bebas dari kesalahan. Siapa yang mau coba silahkan kirimkan nama anda ke 081239444401. Yang mau identifikasi type enneagram anak-anak juga boleh. Trims.

  75. Felix Rebhung permalink
    Rabu, 20 Mei 2009 5:04 pm

    Baca buku saja, tidak cukup. Anda bisa bingung memilih di antara 9 type itu. Saya bisa menentukan type enneagram dari setiap orang, laki-perempuan, anak-anak dan dewasa secara intuitive. Ditanggung bebas dari kesalahan. Siapa yang mau coba silahkan kirimkan nama anda ke 081239444401. Yang mau identifikasi type enneagram anak-anak juga boleh. Trims.

  76. Sabtu, 23 Mei 2009 1:31 pm

    tulisan yang bgs… tq sudah membantu dalam memberi referensi kepada saya :)

  77. noen permalink
    Senin, 25 Mei 2009 7:48 pm

    wah boleh tuh dicoba

  78. Unin permalink
    Selasa, 9 Juni 2009 1:28 pm

    bacaan ini sangat menarik apalagi saya sedang membuat makalah tentang kepribadian

  79. Unin permalink
    Selasa, 9 Juni 2009 1:35 pm

    pengennya sieh beli bukunya tapi doku ku lagi kosong….. he….he

  80. moobbeen permalink
    Kamis, 18 Juni 2009 8:43 pm

    agku pengen buku itu dunk….
    tapi aku di solo,,, dah ada lom y?
    bisa dapetnya gratis gitu…

  81. donjow permalink
    Selasa, 23 Juni 2009 10:34 pm

    there is only 1 characteristic that has not yet been known by any knowledge experts in the world because it is a combination of the 9 characters and become the number 10. it is only owned by a number of people in the world. somebody attempted to identify what the number 10 character in 1976 however he could not solve this puzzle because the complication of 9 character mixing. today no one continues his path to dismantle the 10. i am the only one exist in indonesia who owns the 10. i can only feel it but unable to note it down so that can let you all know what the number ten actually is.

  82. Jumat, 17 Juli 2009 3:47 pm

    Keren.. aku pasti beli buku ini

  83. Septy permalink
    Selasa, 4 Agustus 2009 4:42 pm

    Buku ini bagus juga…

  84. Kamis, 3 September 2009 11:27 am

    banyak cabang ilmu sprti fisiognomi, grafologi dll yang menarik untuk dipelajari..,

  85. uamtamtam permalink
    Jumat, 4 September 2009 9:17 pm

    asyik bangat

  86. tika permalink
    Rabu, 16 September 2009 4:21 pm

    bagaimana bila ingin tahu watak seseorang???
    apalagi bila jarang bergaul dengan dirinya??

  87. putri permalink
    Kamis, 1 Oktober 2009 2:18 pm

    ouwiya , , Q dah mulai taw sekarang . . tapi , , bisa buat bahan kenalan gak nich . . ? ?

  88. mohan permalink
    Senin, 5 Oktober 2009 2:44 am

    pesen atu bang…

  89. Richer assa permalink
    Selasa, 20 Oktober 2009 9:53 am

    x bagus…………

  90. acim permalink
    Senin, 2 November 2009 12:41 pm

    i need 1 book that, vertion Indonesia.

  91. yunus ismanto permalink
    Senin, 9 November 2009 10:07 am

    huh..

  92. Rafdan permalink
    Kamis, 17 Desember 2009 11:01 pm

    Lebih Asyik & Lebih simpelnya Lagi Kalau Qt berada dalam subuah tempat yang sunyi & sepi & Qt Renungkan kembali perjalanan Qt selama ini kyk Gmn. suasana seperti itu yang mampu mengantarkan Qita untuk Lebih Mudah Mengenali Kepribadian Qt Sendiri.

  93. juli permalink
    Jumat, 18 Desember 2009 10:04 am

    bisa di dapat dimana bulu ini?

  94. Selasa, 22 Desember 2009 4:40 pm

    bagus bgt!!!

  95. lia permalink
    Sabtu, 2 Januari 2010 11:02 am

    yah gimanapun tipe kita, semoga jadi yang terbaik

  96. Senin, 25 Januari 2010 1:40 pm

    thnx y ats ilmuy…..

  97. Niko Wahyudin permalink
    Selasa, 9 Februari 2010 3:01 pm

    wah menarik juga nich buku…
    semoga Q dpt nemuin seprti ap KepribadianQ ini…n_n
    thx infonya

  98. Kamis, 11 Februari 2010 7:23 am

    ini merupakan buku yang menambah lagi katalog kepribadian,karena setiap saat akan ditemukan teori-teori baru tentang manusia karena manusia adalah makhluk dinamis yang terus berkembang mengikuti perubahan masa termasuk kepribadiannya…..kira-kira gitu deh..thank semoga ilmu saya bertambah.

  99. Jumat, 12 Februari 2010 11:30 am

    aku zka DeNgan Kaliaan Zmua….!! Ok No CoMent Law ke Priadiaan

  100. Jumat, 26 Februari 2010 9:20 pm

    Thx infonya mas… sangat membantu…

  101. Febri Eppy Upa permalink
    Minggu, 28 Maret 2010 12:20 pm

    Walaahh… lumayan…. lumayan bikin bingung maksudnya…
    ada yang tahu,kenapa di dunia ini banyak yang suka meniru kepribadian orang lain…??? karena,waktu ibunya mengandung,ngidam mesin Foto Copy.. jadi,Waspadalah!! Waspadalah!!!
    wasalam.. hehehehehehe….

  102. adel permalink
    Rabu, 7 April 2010 1:17 pm

    Nice…. Lumayan buat tambahan info koleksi buku… dan jujur baru mau coba mencari tahu ttg psikologi sih… Habis ada beberapa orang yang terkadang suka membuka kepribadian ku makanya aku ga mw kalah untuk mempelajarinya…. xie xie… ^^

  103. Muda permalink
    Rabu, 14 April 2010 11:51 am

    mana ada tu boong semua

  104. Selasa, 25 Mei 2010 9:00 am

    Beli dimana nih?kok tidak ada infonya?

  105. de handsiLe permalink
    Sabtu, 29 Mei 2010 6:27 pm

    hruZ ppuNyaa.. . :)

  106. cacamaricahehehe permalink
    Kamis, 8 Juli 2010 2:02 pm

    Kepribadian selalu menarik untuk dipelajari……bingung nih….dgn kepribadianku ndiri…heheheh

  107. Jumat, 9 Juli 2010 6:22 pm

    9 tipe kpribadian? menarik…

  108. indra permalink
    Sabtu, 7 Agustus 2010 1:27 pm

    menarik…..,tambah pengetahuan………..
    apa bisa seseorang itumemiliki dua atau lebih dari ke 9 kepribadian tersebut?

  109. Rabu, 18 Agustus 2010 6:16 am

    sy mungkin termasuk tipe romantis , tp mempunyai pasangan yang sebaliknya, sehingga sering kecewa karena kebutuhan untuk dicintaiku hilang…. dan hal ini membuat sy selalu ga betah di rumah…. bagaimana solusinya pak…. mohon jawabanya terimakasih

  110. Afif.R permalink
    Jumat, 3 September 2010 8:34 pm

    Ok banget,berguna nieh

  111. Rabu, 22 September 2010 1:28 pm

    Wah udah lama tulisan ini, tapi baru baca :D

  112. Ariyanto permalink
    Minggu, 12 Desember 2010 1:11 pm

    Tapi bagaimna dngan seseorang yang blm bisa menentukan karakteristik kepribadiannya sndiri???kr2 gmana ya caranya???

  113. Selasa, 14 Desember 2010 4:40 pm

    zih…!!

  114. Jumat, 14 Januari 2011 10:28 am

    langsung capcus k gramedia…..^_^

  115. Jumat, 14 Januari 2011 10:33 am

    kbtulan lg da tugas tentang tipe2 kepribadian mnusia eh da capcuuuuuuuu yuuuuuuuuuuuuuuukkkkkkk

  116. Sabtu, 5 Februari 2011 8:46 pm

    waw, keren banget mba..
    salam kenal ni mba..
    keren…

  117. Minggu, 20 Februari 2011 11:56 pm

    good and interesting blog,, very usefull..
    boleh bagi-bagi ilmunya dunkk,,

    http://ciberpsychology.blogspot.com/

    crisi psychology and sosial..

  118. Senin, 28 Februari 2011 7:31 pm

    bukunya menarik, tapi saya tidak setuju dengan pandangan bahwa kepribadian seseorang hanya dilihat dari aspek di atas. Menurut saya ada yang rancu dan ketidakjelasan apa yang dimaksud dengan kepribadian. Klo sudi silakan mampir ke blog saya biar ada tukar informasi dan pandangan. trims

  119. Jumat, 25 Maret 2011 7:16 pm

    Wah menarik juga :)

  120. virusminus permalink
    Senin, 4 April 2011 2:12 pm

    good,,,,,

  121. Selasa, 19 Juli 2011 1:34 am

    jadi bahan referensi ne Mas untuk mengenal karakter seseorang.

  122. Rabu, 24 Agustus 2011 12:35 am

    kepribadian manusia memang unik…kunjungi blog ku dan cari tau kepribadian anda..

  123. Selasa, 20 September 2011 2:05 am

    cakep.. :)
    yg gini² nih perlu bgt aku baca’a.. :)

  124. melva permalink
    Selasa, 20 September 2011 11:10 am

    siep lha….
    akan quh cari buku”a…
    thx yAch….
    :p

  125. Selasa, 4 Oktober 2011 11:23 am

    asik asik .. akan ku pahami karakter dari 9 tipe tsb

  126. Sabtu, 12 November 2011 7:43 pm

    Thank u buar artikel ini, karena saya jadi lebih memahami 9 tipe kepribadian manusia dan ini merupakan bekal yang sangat berharga yang akan saya gunakan dalam tugas saya sebagai seorang pemimpin

  127. adi permalink
    Kamis, 8 Desember 2011 9:22 am

    Mantap nih artikelnya……. baru tahu kalo ada 9 tipe kepribadian

  128. achmad Izhan permalink
    Minggu, 11 Desember 2011 8:52 am

    selain kesembilan tipe manusia,,ada ga tipe yang lainnya???

  129. Rabu, 4 Januari 2012 12:01 pm

    nice………..thanks resensinya
    silahkan kunjungi http://www.dream-cacther.blogspot.com
    siapa tahu bisa menambah wawasan agan2 sekalian

  130. Minggu, 15 Januari 2012 3:22 pm

    mantap nh artikel,,,salam kenal

  131. Kamis, 26 Januari 2012 12:47 pm

    good book but a dont have money for buying it n thanks for your creativation

  132. Kamis, 8 Maret 2012 5:34 am

    Wah artikel menarik ……, saya juga membahas tentang kepribadian seorang pemimpin di http://armanefendi.com/nasehat/apakah-anda-seorang-memiliki-kepribadian-pemimpin.html

  133. yuli permalink
    Kamis, 22 Maret 2012 10:11 am

    Allhamdullillah..semoga dgn Ilmu ini bisa sebagai pola pikir kita, maksih ea…

  134. Minggu, 30 September 2012 3:31 pm

    bisa tdak ya,,untuk mengetahui kpribadian seseorang dengan dbuat program javaX???

  135. Minggu, 18 November 2012 9:23 am

    saya mau pean satu,,cara ngirimnya gmna ?

  136. Minggu, 21 Juli 2013 11:51 pm

    wah-wah..udah kaya psikolog aja nih pembahasannya

  137. nger permalink
    Rabu, 21 Agustus 2013 9:12 am

    gak penting broo

  138. wong permalink
    Senin, 26 Agustus 2013 11:59 am

    standar

  139. Sabtu, 16 November 2013 6:46 am

    Bagus artikelnya jadi nambah wawan penenalan kepribadian diri ni!

  140. siti herdiningsih permalink
    Selasa, 18 Maret 2014 9:49 pm

    boleh minta almt fcbuk ? saya mau konsultasi,dengan bapak, soalnya saya lumayan bsa mmbca orang tapi kenapa kalo setiap selese mmbc orang jd drop,dan msh bnyk yg mau saya tnyakan.mksh

  141. Kamis, 24 April 2014 10:00 am

    Ternyata ada banyak jenis2 kepribadian manusia. Nice info!

  142. Sabtu, 3 Mei 2014 10:14 pm

    masih bisa beli buku ini ga? sdkt susah cri di toko buku skrg :)

  143. Jumat, 19 September 2014 9:48 am

    anda tidak akan pernah tahu sifat ASLI dari kepribadian seseorang.

Trackbacks

  1. Mengenal 9 tipe Kepribadian Manusia dengan Lebih Asyik at rumah keluarga2001
  2. Mengenal 9 Tipe Kepribadian Manusia Dengan Lebih Asyik | aku dalam kata
  3. Sembilan Tipe Kepribadian Manusia « DIKYASA
  4. Enneagram | Yoga's Blog
  5. Tumor Otak | anakkos
  6. Tahap Perkembangan Manusia | anakkos

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 301 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: