Skip to content

Deja Vu dan Asal-Usulnya

Rabu, 1 Agustus 2007
by

Diambil dari xnet.kp.org via google imageHampir semua dari kita pernah mengalami apa yang dinamakan deja vu: sebuah perasaan aneh yang mengatakan bahwa peristiwa baru yang sedang kita rasakan sebenarnya pernah kita alami jauh sebelumnya. Peristiwa ini bisa berupa sebuah tempat baru yang sedang dikunjungi, percakapan yang sedang dilakukan, atau sebuah acara TV yang sedang ditonton. Lebih anehnya lagi, kita juga seringkali tidak mampu untuk dapat benar-benar mengingat kapan dan bagaimana pengalaman sebelumnya itu terjadi secara rinci. Yang kita tahu hanyalah adanya sensasi misterius yang membuat kita tidak merasa asing dengan peristiwa baru itu.

Keanehan fenomena deja vu ini kemudian melahirkan beberapa teori metafisis yang mencoba menjelaskan sebab musababnya. Salah satunya adalah teori yang mengatakan bahwa deja vu sebenarnya berasal dari kejadian serupa yang pernah dialami oleh jiwa kita dalam salah satu kehidupan reinkarnasi sebelumnya di masa lampau. Bagaimana penjelasan ilmu psikologi sendiri?

Terkait dengan Umur dan Penyakit Degeneratif

Pada awalnya, beberapa ilmuwan beranggapan bahwa deja vu terjadi ketika sensasi optik yang diterima oleh sebelah mata sampai ke otak (dan dipersepsikan) lebih dulu daripada sensasi yang sama yang diterima oleh sebelah mata yang lain, sehingga menimbulkan perasaan familiar pada sesuatu yang sebenarnya baru pertama kali dilihat. Teori yang dikenal dengan nama “optical pathway delay” ini dipatahkan ketika pada bulan Desember tahun lalu ditemukan bahwa orang butapun bisa mengalami deja vu melalui indra penciuman, pendengaran, dan perabaannya.

Selain itu, sebelumnya Chris Moulin dari University of Leeds, Inggris, telah menemukan pula penderita deja vu kronis: orang-orang yang sering dapat menjelaskan secara rinci peristiwa-peristiwa yang tidak pernah terjadi. Mereka merasa tidak perlu menonton TV karena merasa telah menonton acara TV tersebut sebelumnya (padahal belum), dan mereka bahkan merasa tidak perlu pergi ke dokter untuk mengobati ‘penyakit’nya karena mereka merasa sudah pergi ke dokter dan dapat menceritakan hal-hal rinci selama kunjungannya! Alih-alih kesalahan persepsi atau delusi, para peneliti mulai melihat sebab musabab deja vu ke dalam otak dan ingatan kita.

Baru-baru ini, sebuah eksperimen pada tikus mungkin dapat memberi pencerahan baru mengenai asal-usul deja vu yang sebenarnya. Susumu Tonegawa, seorang neuroscientist MIT, membiakkan sejumlah tikus yang tidak memiliki dentate gyrus, sebuah bagian kecil dari hippocampus, yang berfungsi normal. Bagian ini sebelumnya diketahui terkait dengan ingatan episodik, yaitu ingatan mengenai pengalaman pribadi kita. Ketika menjumpai sebuah situasi, dentate gyrus akan mencatat tanda-tanda visual, audio, bau, waktu, dan tanda-tanda lainnya dari panca indra untuk dicocokkan dengan ingatan episodik kita. Jika tidak ada yang cocok, situasi ini akan ‘didaftarkan’ sebagai pengalaman baru dan dicatat untuk pembandingan di masa depan.

Menurut Tonegawa, tikus normal mempunyai kemampuan yang sama seperti manusia dalam mencocokkan persamaan dan perbedaan antara beberapa situasi. Namun, seperti yang telah diduga, tikus-tikus yang dentate gyrus-nya tidak berfungsi normal kemudian mengalami kesulitan dalam membedakan dua situasi yang serupa tapi tak sama. Hal ini, tambahnya, dapat menjelaskan mengapa pengalaman akan deja vu meningkat seiring bertambahnya usia atau munculnya penyakit-penyakit degeneratif seperti Alzheimer: kehilangan atau rusaknya sel-sel pada dentate gyrus akibat kedua hal tersebut membuat kita sulit menentukan apakah sesuatu ‘baru’ atau ‘lama’.

Menciptakan ‘Deja Vu’ dalam Laboratorium

Salah satu hal yang menyulitkan para peneliti dalam mengungkap misteri deja vu adalah kemunculan alamiahnya yang spontan dan tidak dapat diperkirakan. Seorang peneliti tidak dapat begitu saja meminta partisipan untuk datang dan ‘menyuruh’ mereka mengalami deja vu dalam kondisi lab yang steril. Deja vu pada umumnya terjadi dalam kehidupan sehari-hari, di mana tidak mungkin bagi peneliti untuk terus-menerus menghubungkan partisipan dengan alat pemindai otak yang besar dan berat. Selain itu, jarangnya deja vu terjadi membuat mengikuti partisipan kemana-mana setiap saat bukanlah hal yang efisien dan efektif untuk dilakukan. Namun beberapa peneliti telah berhasil mensimulasikan keadaan yang mirip deja vu.

Seperti yang dilaporkan LiveScience, Kenneth Peller dari Northwestern University menemukan cara yang sederhana untuk membuat seseorang memiliki ‘ingatan palsu’. Para partisipan diperlihatkan sebuah gambar, namun mereka diminta untuk membayangkan sebuah gambar yang lain sama sekali dalam benak mereka. Setelah dilakukan beberapa kali, para partisipan ini kemudian diminta untuk memilih apakah suatu gambar tertentu benar-benar mereka lihat atau hanya dibayangkan. Ternyata gambar-gambar yang hanya dibayangkan partisipan seringkali diklaim benar-benar mereka lihat. Karena itu, deja vu mungkin terjadi ketika secara kebetulan sebuah peristiwa yang dialami seseorang serupa atau mirip dengan gambaran yang pernah dibayangkan.

LiveScience juga melaporkan percobaan Akira O’Connor dan Chris Moulin dari University of Leeds dalam menciptakan sensasi deja vu melalui hipnosis. Para partisipan pertama-tama diminta untuk mengingat sederetan daftar kata-kata. Kemudian mereka dihipnotis agar mereka ‘melupakan’ kata-kata tersebut. Ketika para partisipan ini ditunjukkan daftar kata-kata yang sama, setengah dari mereka melaporkan adanya sensasi yang serupa seperti dejavu, sementara separuhnya lagi sangat yakin bahwa yang mereka alami adalah benar-benar deja vu. Menurut mereka hal ini terjadi karena area otak yang terkait dengan familiaritas diganggu kerjanya oleh hipnosis.

Sumber:

Some Imagination! How Memory Fails Us – LiveScience

Patients Suffer Deja Vu… Over and Over – LiveScience

Blind Man Has Deja Vu, Busting a Myth – LiveScience

Origin of Deja Vu Pinpointed – LiveScience

Entri Wikipedia Mengenai Deja Vu (lihat juga beberapa tautan yang diberikan di sana untuk bacaan lebih lanjut)

About these ads
223 Komentar leave one →
  1. Rabu, 1 Agustus 2007 6:02 am

    Moga2 aku akan dejavu keliling dunia. Liat bangunan tua di Roma, jalan-jalan ke Mesir, menikmati mode di Paris, liat taman bergantung, konsernya Josh Groban, mencicipi smua makanan..huhu..*ngarep ma ngiler2*

  2. Rabu, 1 Agustus 2007 12:41 pm

    klo’ de javu dr mimpi gmn?

  3. Rabu, 1 Agustus 2007 12:46 pm

    hehe gw termasuk sering terkena sensasi dejavu.

    bikin teori lain ahh:
    otak kita dicuci oleh pemerintah karna beberaapa ingatan kita sebenarnya memiliki isu sensitif hehe drprtyi film Manchurian Candidate. Tapi ini teori paranoid nya orang Amrik sih hehe

    DejaVU itu ga menyenangkan pasti nya. Kadang DejaVu gw bisa betul2 “false memory” dan ngotot dengan false memory itu hehe

  4. nia permalink
    Rabu, 1 Agustus 2007 4:20 pm

    Saya juga pernah mengalami hal yang dikatakan de ja vu itu, hanya saja saya tidak tahu kalau itu namanya de ja vu. Saya pernah melewati suatu tempat yang belum pernah saya datangi, tapi saat saya melihat tempat itu saya merasa pernah ke sana, bahkan ada satu tempat yang saya kunjungi terlebih dahulu dalam mimpi, beberapa bulan kemudian saya benar-benar ke tempat itu, tapi dalam kondisi yang berbeda dengan mimpi saya, hanya tempatnya sama, dan saya tidak mau lama-lama berada disana, karena dalam mimpi saya ceritanya menyeramkan.

  5. Rabu, 1 Agustus 2007 5:51 pm

    Salam perkenalan….Ada kuliah BEASISWA gratiss!!!

  6. Kamis, 2 Agustus 2007 11:15 am

    Biar Ga De Javu Gmn Caranya Ya…………..? Mending Lo Kunjungin Blog Gw Aja DEh Di Jamin Ilang Mo…..Bukti…………….Klik Aja Ya:wink:

  7. genius permalink
    Rabu, 8 Agustus 2007 2:55 pm

    moga2 aj aku ber deja vu ttg aku yg jalan/jadian ama cwe paling cantik di skul q….kan munkin az terjadi

  8. miza permalink
    Minggu, 23 September 2007 9:12 am

    klo bner de javu itu ada……… wah, dunia makin maju., kalh dong manusia..malu dong!!!

  9. Senin, 15 Oktober 2007 8:01 am

    aku sering mengalami de javu…
    aku jd merasa seperti peramal saat itu…
    contohnya saat ada sebuah pensi yg diadakan oleh panitia camping sekolah saya.
    saya merasa kejadian itu pernah saya alami…
    padahal.. saya baru pertama kali datang di area camping itu…

    saya merasa ada yg janggal pada saat itu…
    saya merasa tdk siap untuk mengikuti pensi…
    saya merasakan akan terjadi hal yg memalukan di pensi yg akan kami [kelas saya] tunjukkan..

    saya mengatakan kpd tmn2 saya, untuk mengganti pensi nya dg yg lain saja…
    tp tmn2 ttp optimis utk menampilkannya…

    dan ketika pansi diadakan…
    benarlah yg terjadi…
    semua penonton membenci kelas saya…
    pensi gagal total..
    padahal sudah dibuat matang2..
    setelah itu, tmn2 saya malah mjd merasa bersalah kpd saya…
    saat itu saya bnr2 merasakan bagaimana rasanya jd peramal…
    hwahahahaha……

  10. vemita S.Psi permalink
    Selasa, 13 November 2007 2:34 pm

    just nice

  11. Senin, 3 Desember 2007 1:13 pm

    emang aneh kita kadang dejavu…
    tapi emang ni pembhasan yg gw cri2..
    cz gw jg kdang mikir,,kita g mngkin kembali ke masa lalu…

  12. khembo permalink
    Kamis, 13 Maret 2008 5:13 pm

    keren dhe penjelasannye soalx aq tuh jg bingung kalo ngalamin deja vu…………tai sekarang gak lagee…

  13. Kamis, 27 Maret 2008 1:50 pm

    asyik juga, tapi aku berharap slalu ingat dengan kenangan yang menyenangkan?
    amin

  14. saipul persik permalink
    Jumat, 11 April 2008 3:36 pm

    o… sebenarnya topik permaslahanya apa’an sih…? kalo menurut gua deja vu itu adalah sebuah peristiwa dimana ternyata otak atau pikiran atau apalah… mangetahui tentang masa depan yang bakal kita alamin..getoe…!! gua juga sering deja vu tapi tunggu bentar kalau deja vu ketemu dewi persik..? tandanya apa ya…?

  15. Bengkong permalink
    Selasa, 22 April 2008 12:08 pm

    Dari apa yang sudah saya baca dan alami langsung, saya berpendapat bahwa dejavu adalah suatu kondisi dimana frekuensi tingkat emosi sama pada situasi yang berbeda. Hal ini timbul akibat memori/feel yang telah terekam muncul kembali yang dipicu oleh kejadian saat itu. Dan inilah yang kita sebut ‘sensasi’. Sehingga pernah mengalami atau belum kejadian tersebut, tidak bisa kita pastikan.

  16. Jumat, 2 Mei 2008 6:56 pm

    Deja vu? Sometimes I feel it. It’s like I ‘ve heard, seen, and felt before. I think we have lived in past time. This time is a second chance that God gives for us to make a better life. Peace!

  17. Selasa, 27 Mei 2008 3:57 pm

    dejavu itu pikiran kita ngebaca masa depan…
    sama kayak si madam yg bisa ramal itu..
    dari mimpi2nya dia dpt gambar..
    tapi dia inget…dengan mimpinya
    klo kita lupa…
    nah….
    gw jg sering dejavu
    sampe2 apa yg mo gw lakukan gw tau
    and waktu itu gw coba lainin apa yg diingatan
    gw sama yg gw lakukan…
    mungkin kt coba latih pikiran kt..
    sapa tau bisa baca masa depan =P~

  18. Feronica permalink
    Minggu, 8 Juni 2008 1:21 pm

    Jadi seBenarnya DeJavu itu dapat disimpulkan seperti apa ?

  19. Feronica permalink
    Minggu, 8 Juni 2008 1:27 pm

    Saya pernah ngalamin DeJavu di kelas.
    Saya ngerasa ucapan guru dan teman2 saya pernah saya denger sebelumnya.
    Tapi saya belum pernah mimpi hal yag sama dengan yg saya alami.
    Ada yang bilang DeJavu itu sama seperti mimpi yang pernah kita alami.
    Bahkan ada juga yang bilang, DeJavu itu bayangan di masa depan.
    Bahkan katanya Ratu Elizabeth (gx taw yg kbrp) prnah nagalamin yg namanya DeJavu itu…
    Waktu dia mau mati,dia ngeliat orang yang masih muda, dan gak tawna itu waktu dia masih muda. Di waktu yang bersamaan waktu dia masih muda, dia pernah ngeliat nenek di kamar itu, yg gak tawna dia setelah tua.
    Tapi gak taw lagi, cerita itu diceritain sama temen saya, jadi gak taw kbenarannya…

  20. vhia permalink
    Kamis, 12 Juni 2008 3:25 pm

    saya salah satu orang yg serring kali mengalami dejavu..
    tetapi beda nya,,,saat saya mengalami hal tersebut mengapa saya langsung merasakan sesak dalam tubuh saya?

  21. cici permalink
    Minggu, 13 Juli 2008 2:19 pm

    Moga aja gw deja vu pas UAS………
    Wuih…enyak..enyak…enyak!

  22. Selasa, 5 Agustus 2008 2:20 pm

    Hmmm… perasaan gue dulu pernah baca artikel ini di sebuah blog psikologi pop, kemudian gue komentari atikel itu. Habis itu, gue lupa deh. Deja vu kali ya?

  23. Senin, 1 September 2008 6:24 pm

    menurut g deja-vu itu mirip dgn saat kita bercermin, kita merasakan bahwa hal tersebut pernah terjadi dari segala tindakan, gerakan, perasaan dan lainnya, tdk ada yg berbeda dari yg kita rasakan, alami. seakan kita loncat beberapa detik kemasa depan dan kita melihat dari masa lalu tanpa kita sadari, hanya merasa kita merasakanny. itu menurut saya.

  24. adi permalink
    Rabu, 17 September 2008 8:53 pm

    klo dari angan angan itu apa de javu?

  25. Kamis, 18 September 2008 5:23 am

    @adi
    kurang sependapat klo dibilang angan2.

    Sebagian ada yg berpendapat itu ingatan masa lampau, reinkarnasi? wah aneh jg klo de javu-nya naek pesawat terbang, sedangkan masa lampau pesawat terbang komersil lom ada(misalnya).
    Kalo liatnya lewat mimpi banyak kasus yg sering aq jumpai, tp klo mimpi dapat kita ingat sedangkan de javu hanya ingat ketika kejadiannya sama.
    Nah yg menakutkan dr artikel diatas pd paragraf terakhir bs dilihat org bisa merasakan de javu dengan cara dihipnotis. Wah apakah selama ini kita tidak sadar kalo dihipnotis seseorang setiap harinya tp kita tidak sadar? hmm…

  26. puput@48 permalink
    Rabu, 24 September 2008 1:52 pm

    qu prnah tuh ngalamin dejavu tpi mnrut qu itu bkn berarti qt bs jd peramal loh…
    klo smua org bs mengalami dejavu,,b’arti smua org bs donk jd peramal…??????

  27. Rabu, 24 September 2008 6:06 pm

    dejavu dalam dunia nyata..ga ada itu..itu bohong, dejavu tiaklebih dari pengulangan mengenai mimpi-mimpi kita yang tidak mendapatkan tempat dalam kesadaran dan realitas dunia. dia akan tampil_muncul dan selalu begitu. aktivitas mimpipun masuk dalam ruang memori kitakan. dan mimpi adalah pencitraan dari keinginan-keinginan kita yang tidak berwujud.

  28. paskal prancis permalink
    Sabtu, 27 September 2008 9:05 am

    gw sering dejavu!!!kenapa bisa begitu y??

  29. paskal prancis permalink
    Sabtu, 27 September 2008 9:06 am

    dejavu itu anak indigo ga seh??

  30. Senin, 6 Oktober 2008 9:52 am

    Kalo mau share tentang de javu atau tentang masalah apa saja, silakan di http://www.mike029.multiply.com atau
    e-mail ke mike029@ymail.com. Pasti langsung saya tanggapiu

  31. Senin, 6 Oktober 2008 10:06 am

    Kalo mau share tentang de javu atau tentang masalah apa saja, silakan di http://www.mike029.multiply.com atau
    e-mail ke mike029@ymail.com. Pasti langsung saya tanggapi. Saya tunggu yah..!!

  32. mey permalink
    Kamis, 9 Oktober 2008 2:24 pm

    oy de javu ntu cbnr na nyata g c?
    q jga prnh nglmin kyk gtu,,,,,,
    oy pnya resensi de javu menurut islam ga?
    law ad mo c,,,,,,,

  33. Sabtu, 18 Oktober 2008 4:18 pm

    Deja vu ato Dejavu (tulisanya yang bener mana ya)

  34. rudi permalink
    Minggu, 19 Oktober 2008 4:51 pm

    dejavu y,dolo memang prnh aq ngalami nya tpi yg membuat q bingung koq bsa y…??
    aq sampai gila memikirkanya, aq ngerasa ad yg aneh dalam diriku,serasa ad kekuatan bru yg muncul….wkwkwkwkw
    tpi memang bner…

  35. maxy permalink
    Minggu, 2 November 2008 4:59 am

    gw pernah tuh..

    kmrn w nonton film high school musical 3..
    dan dstu ada scene dmna pemainnya berdialog d taman bunga yg ada d atas atp gedung skolah..

    dan dstu gw ngerasa koq kyanya w pernah ketempat it..

    w yakin bgt w berdiri d taman it..

    pdhl seumur2 w blom pernah k amrik sono..

    klo gt gmn tuh??

  36. Jumat, 7 November 2008 7:00 pm

    saya suka membayangkan ketemu dengan sarah palin.

  37. Selasa, 11 November 2008 11:23 am

    apakah deja vu itu sendiri merupakan suatu penyakit, atau suatu indra di luar panca indra yang belum kita sadari betul????

  38. Kamis, 11 Desember 2008 5:06 am

    sip, nama blogQ jadi terkenal..
    ehh…salam kenal, semoga mampir :)

  39. Senin, 15 Desember 2008 12:58 pm

    deja Vu memang mengerikan, seperti aku yang
    dapat merasakan setelah apa yang saya rasakan.
    dan mimpi saya selalu terealisasikan di esok
    harinya. bagi saya Deja Vu adalah anugrah yang
    harus kita terima dgn ikhlas, walau itu menyiksa.

  40. stefany permalink
    Jumat, 19 Desember 2008 2:46 pm

    kenapa yg namanx deja vu bisa terjadi ama diri kita ya?

  41. rini permalink
    Jumat, 19 Desember 2008 7:58 pm

    bingung sebenarnya saya juga tidak paham apa yang dimaksud dengan deja vu sendiri cuma saya sering mengalaminya sehingga yang terfikirkan oleh saya adalah sampai sejauh mana deja vu itu bisa dikatakan sebagai penyakit?

  42. yoezron!! permalink
    Minggu, 28 Desember 2008 10:20 am

    q dlu sring skali dejavu…
    sampai2 nyiksa banget..coz paz ngalamin dejavu ntu sluruh tbuh q ngedrop n susah bgt bergerak…
    paz priksa k dokter truz d MRI ternyata diagnosa dokter mlah ada gelombang Epileptogenik…
    tp udah 2 thn pngobatan alhamdulillah gk pnah lgi dejavu…
    dlu ampe prnah nilai q 100 paz ulgn..coz sblmnya q ngalamin dejavu dlu.. n jwabannya q liat paz dejavu itu sndri..dan bbrapa pengalaman lain yang pernah tepat q perkirakan sbmnya paz dejavu berlangsung…
    emg susah d percaya…tp knyataannya bgitu..

  43. Nuze permalink
    Kamis, 8 Januari 2009 11:51 pm

    klo dejavu cuman dari mimpi doang…?

  44. 3k4 permalink
    Sabtu, 10 Januari 2009 11:37 am

    Saya sering sekali mengalami deja vu.Ketika saya tanyakan pada teman sekolah saya, mereka menganggap saya ini aneh ketika saya berusaha menjelaskannya.Ketika pulang, saya tanyakan pada kakakku,katanya itu namanya de ja vu.

  45. Jumat, 16 Januari 2009 10:16 am

    I’m a king of deja vu
    thank’s link-nya

  46. murintokusno permalink
    Sabtu, 24 Januari 2009 3:09 pm

    saya pernah mengalami de javu. Merasakan sesuatu peristiwa, dan berpikir ulang “kayagnya pernah deh peristiwa ini. Habis ini pasti begini…dan seterusnya. …..begini”

  47. Jumat, 30 Januari 2009 8:22 pm

    Believe it or not… But ‘de ja vu’ always with in our live.

  48. Kamis, 5 Februari 2009 2:49 pm

    menurut saya seorang yang mengalami dejavu adalah hala yang wajar dan bersifat alamiah.
    so…tak perlu dibuktikAN karena semua orang mengalami tapi mereka tidak tahu apa nama kejanggalan hidupnya ini.

  49. Natia Alvita permalink
    Rabu, 11 Februari 2009 6:59 pm

    Saya jg pernah mengalami DejaVu. Waktu itu ketika SD waktu bersepeda ke sekolah, sepertinya kejadian yg saya alami sudah pernah saya alami sebelumnya. Tp saya tdk tau kpn itu terjadi. Mungkin d dlm mimpi atau d masa lampau.

    Yang lebih ngerinya lagi saat saya mengalami Dejavu dan merasa bisa menebak kejadian yg selanjutnya akan terjadi, dan ternyata itu benar2 terjadi.

    Misalnya waktu itu saya mengalami Dejavu, ketika sedang ngobrol, saya merasakan sensasi yg sama persis seperti saya sudah pernah mengalami kejadian ini d masa lalu. Saya merasa benar2 sudah pernah mengalami hal serupa sama persis. Dan dengan orng2 yg sama persis pula. Ketika saya berfikir ini dejavu dan saya menebak yg akn terjadi selanjutnya beberapa detik lg. Seseorng yg saya sdah definisikan akan muncul dr arah belakang saya, benar2 muncul beberapa detik kemudian. Sungguh mengejutkan

    Aneh sekali, rasanya seperti kita kembali ke masa lalu, atau ketika lampau kita sudah pernah mengalami masa depan sebelumny. Kemudian masa depan itu kita alami lg seiring dgn berjalannya waktu.

    Apa ada yg tau Dejavu menurut pandangan Islam?

  50. raditt permalink
    Minggu, 15 Februari 2009 8:57 pm

    gw sering bgt de ja vu..
    pas tulang tgn gw mo patah..
    trus pas gw di putusin…
    pas gw gi maen ps..
    gw ngerasa aj udh pernah ngeliatnya sebelumnya….
    gw jdi takut sendiri….
    T.T

  51. annisa permalink
    Senin, 16 Februari 2009 9:46 pm

    kalo aku sich udah pernah ngerasain Dejavu.
    kejadian masa depan yang udah pernah terjadi dalam hidupku

  52. jingga permalink
    Selasa, 17 Februari 2009 8:01 am

    apa ini juga deja vu….gw pernah ketemu sama seseorang persaan gw sangat merasa kenal banget ma orang itu padahal gw ga kenal ama orang itu….

  53. Zaza_Jasmine permalink
    Selasa, 17 Februari 2009 7:32 pm

    sering bgt tuh w kna djavu..
    awalnya w nilai ntuh mistik..
    hha”..
    sring bgt ntuh kalo gy ngobrol2 ama tmen ada yg nyltuk ‘kayak’a ini dah pernah deeh’..

    truz tadi w baca d atas ada kata2 reinkarnasinya, mang ngaruhnya djavu ama reinkarnasi..??

  54. JuLie permalink
    Kamis, 26 Februari 2009 2:28 pm

    deja vu sering banget tuch !!! lewat mimpi dulu baru deh kejadian …. deja vu ntu kaya skenario !!! lama” bisa bikin kita bengong ga karuan n jadi ga ngudeng ….

  55. JuLie permalink
    Kamis, 26 Februari 2009 2:34 pm

    deja vu ntu bisa jadi renkarnasi kita sendiri dimasa lalu ……. kaya film “the myth” geto deh

  56. Selasa, 3 Maret 2009 1:50 pm

    saya juga pernah mengalami dejavu…yg akan saya tnyakan ..
    apakah org yg pernah mengalami dejavu itu hanya org2 yg terpilih saja ??
    dan apa ke istimewaan dejavu ??

  57. chen star permalink
    Sabtu, 21 Maret 2009 12:13 pm

    hmmm…. aku sering bgt ngalami de javu lewat mimpi…
    awalnya sie aku ga tahu klo nie nama’nya de javu…aku juga bingung dengan apa yang terjadi ma aku…dulu aku sempet takut klo aku ngalami de javu yang nyeremin…

    tapi skarang…aku uda biasa ma de javu… malah’an seru abiss… hehehe… kunci utama’nya, kita ga boleh “negative thinking”….

  58. chen star permalink
    Sabtu, 21 Maret 2009 12:21 pm

    gini,,dalam satu rumah ini…yang sering ngalami de javu lewat mimpi itu hanya aku. mama’ku juga sie…tapi hanya kadang2…

    yang pengen aku tanyakan…
    >>apa hanya orang tertentu aja yang bisa ngalami javu? apa sebabnya?

  59. d' mist permalink
    Selasa, 24 Maret 2009 10:24 am

    hmm masih misteri yah de javu…q penasaran banget ada gak yah org yang bisa mengendalikan de javu,,,???

  60. Selasa, 24 Maret 2009 4:11 pm

    wah mantap – mantap teorinya.. gue juga pernah mengalami dejavu, namun sebenarnya gw juga baru tahu kalo ini istilahnya dejavu.

    Saat gw berkunjung ke tempat-tempat baru, serasa pernah melihat tempat-tempat itu sebelumnya ntah dalam mimpi atau saat-saat tertentu.

    Menurutku teori-teori diatas klo dikumpulkan, masing-masing ada benarnya.

    Namun yang pasti, Otak manusia ini menyimpan misteri yang sangat dalam dan sangat kompleks.

    cheers

  61. Frey permalink
    Minggu, 29 Maret 2009 4:45 pm

    gw sering dejavu dare mimpi

    ==”
    coba ad ilmu yg membuat imajinasi kita menjadi nyata….dan men dejavukannya kembali..

    hihihihihi SERU TUH!!!

    kliling dunia, cicipi makanan, dsb

    wa…….kepingin tuh

  62. adi permalink
    Rabu, 8 April 2009 1:07 pm

    aq sering ngalami itu
    terkadang deja vu itu menguntungkan bwat aq

  63. Rabu, 8 April 2009 5:12 pm

    deja vu masih mistery. . .

  64. Wesley permalink
    Jumat, 10 April 2009 7:54 am

    Gmn cra spy kta g kna sensasi dejavu?

  65. Selasa, 14 April 2009 8:47 pm

    wah, Dejavu yo, baru tahu kalo itu ada istilahnya. herannya lagi saya mengalami bukan hanya kayak ngalami sesuatu kedua kalinya, malah pernah ngerasa udah ngalamin ketiga bahkan keempat kalinya, tapi ya masih samar2 gitu kapan n dimana. dan komentar saya selalu sama, paling cuma perasaan doang!. jadi ya cuek aja. ah, mo dejavu mo indigo, lebih asyik kalo tetep jadi misteri. kalo ada yang tersiksa gara2 dejavu itu mungkin gejala trauma.

  66. Kamis, 23 April 2009 2:51 pm

    hahags…deja vu iaagt…
    aku sering ngalamin itu…
    .
    kalau lagi deja vu, aku bahkan bisa nebak apa yg akan terjadi beberapa detik sbelum deja vu itu terjadi…
    .
    jadi suka siap2 lo mau deja vu,
    wkwkwkwk…..

  67. Znotnik_nawa@yahoo.Com permalink
    Kamis, 23 April 2009 7:54 pm

    Owh yg begituan nmane dejavu to, q ru tw! Thx bgd y artikelx..
    Yg bgini mah q pnh nglami, yg srg tu pas ngbrl ma tmn2.. Tb2 ingt klo obrolan kmi pnh d bhs dlm situasi yg sma! Sjenak q rskan prsaan spt prnah nglami gt.. Aneh emg, hehe..
    Dejavu… Lagune hijau daun! Wakakaka

  68. Jihad permalink
    Jumat, 1 Mei 2009 4:39 pm

    Sebenarnya sih saya juga pernah kena dejavu, tapi aq nyadarnya kalo udah kejadian. Kalo kaya gitu bisa nggak? Trus kaya’a film “final destination” cocok deh buat hal ini. coba aja dech!!!

  69. nur permalink
    Rabu, 6 Mei 2009 7:32 am

    dejavu : kalo yg indah si gpp, tp kalo yg ngeri iiiih serem . BTW, thanks ya article ttg dejavu nya…

  70. adit permalink
    Jumat, 8 Mei 2009 8:01 pm

    apa dejavu dapat mengakibatkan gangguan dalam diri kita???

  71. ReYz permalink
    Jumat, 15 Mei 2009 11:46 am

    WeZ…KeReN2….Pa yaNg Da dI SiNi Sma PeRsiS
    DgN pa Kq aLmi…..

    Q SRing BgT Loh BrHub Dg De jAvU…
    PngeN BgtZ De JaVu jDi PuTri KrJaaN……

    hehehehehehehehehehehehee…….
    NgimPi ea……………

  72. reza permalink
    Senin, 25 Mei 2009 12:06 pm

    apa ada efek lain seperti pusing & mual saat mengalami de javu. karena saya sering mengalami pusing & mual setelah dejavu…

    thanx -reza

  73. arie permalink
    Selasa, 26 Mei 2009 6:25 pm

    oooh…berarti ini yah yang namanya deja vu….
    aku sering ngalaminnya…
    thanks dah bagi2 ilmunya….

  74. Kamis, 4 Juni 2009 2:30 pm

    klo’ ak kena dejavu keliling dunia, ketemu pemainnya narnia, ketemu sama my chemical romance, tur keliling dunia, gmn rasanya ya??

  75. Santi permalink
    Jumat, 5 Juni 2009 3:13 pm

    w srg ngalamin yang namanya de-ja-vu,but baru tw deh klo namanya itu de-ja-vu

  76. Andriel permalink
    Sabtu, 6 Juni 2009 9:06 pm

    Ini bukan main2…..
    Aku mengalami ini sejak saya berumur sktr 11 tahunan….
    Awalnya aku tdk mengerti apa aku rasakan.
    Tp lama kelamaan aku terbiasa…

    Pencucian otak mungkin,tp mana bs merasakan hal sama di masa depannya…?

    Teoriku:
    Mimpi kita kenal sebagai hal yg tdk logis.
    Maksudnya,terkdng dlm mimpi kita bisa brada di mana saja saat kpn pun…..
    Pendek kata,mimpi menetang hukumruang dan waktu.
    Tp ada kalanya kita memiliki seidikit mimpi yg pd bagian2 trtntu adalh bagian yg logis atau msk akal….namun kemudian terlupakan akibat singkatnya mimpi itu.
    Bhkn mimpi yg pjg pun bs terlupakan dgn mudah saat sktr bbrapa mnt stlh kita bangun dr tidur.

    Bagian mimpi yg terlupakan itu akan trj di dunia nyata dlm kehidupan pribadi sehari2 kita.
    sehinga,saat kita mengalaminya,kita akan merasa bhwa kita prnh melakukannya atau prnh terjadi.
    Pdhl,itu kita alami dlm mimpi yg terlupakan.

    Akhir2 ini aku sdh mulsi jrng mengalami De Javu.
    Tp walaupun bgt,aku ttp ingin mengalami DeJaVu ini.
    Entah knp……

  77. Sabtu, 6 Juni 2009 9:56 pm

    wah.. makasih ya info nya ini.
    kebetuLan sayah sering banget dejavu.. hhe

  78. dahlia Cuitt permalink
    Kamis, 11 Juni 2009 9:54 pm

    ada gak ceh kaitan teory fisika dengan deja Vu mungkin da kecepatan chaya ato apa gitu yng mempengaruhi Deja Vu

    ato mungkin ada hadis ato ayat dalam Al-Quran ato kitap sci lain gitu yang bisa ngejelasin tentang DEja Vu

    coz aq pengn lebih tau banyak tentang itu

  79. Senin, 15 Juni 2009 1:54 pm

    aq perna merasakan hal yang di bilang dejavu karna gue hampir sama komentar teman2 bahwa dejavu itu perasaan ketika kita merasa perna ada pada tempat tersebuk padal kita belum perna menginjakkan kaki di tempat tersebut.

  80. Murdiono permalink
    Minggu, 21 Juni 2009 7:04 am

    Aku jga slah satu org yg prnh mglami deja vu. . .dan sdh 5x dlm hdup ku mglmi nya.. .
    Dan skrg umur ku 16thn. . .
    Apa sih penyebabnya deja vu?
    Thx.

  81. ECHA permalink
    Minggu, 21 Juni 2009 12:12 pm

    aku msih bingung, dan merasa aneh

  82. adam permalink
    Minggu, 21 Juni 2009 10:50 pm

    Yang aq tau DeJaVu yg enjoy ada di KUTA BALI,pasti setuju

  83. adam permalink
    Minggu, 21 Juni 2009 10:56 pm

    Jika anda mau yg nyata,buka http://www.energibatusyukur.blogspot.com dijamin 100% DeJaVu GODBLESS U…WUJUDKAN IMPIAN ANDA DARI SEKARANG. ASLI INDONESIA.

  84. muhammad permalink
    Minggu, 21 Juni 2009 11:04 pm

    Apa mimpi basah bisa dikatakan Dejavu,ane sering onani dan mimpi basah.Apa karna Ane suka intip orang mandi dan bugil .jujur ane suka onani,uuph..aah.muncrat dah dicelana.

  85. Minggu, 28 Juni 2009 6:44 pm

    artikel bagus ni.. salam kenal semua

  86. amy permalink
    Selasa, 30 Juni 2009 7:46 am

    ok banget….pelajaran penting nech…
    Setahu ak emang bener perasaan semacam itu, sring bgt ak alami…dan hal ini prnh jadi problema ak,sampai akhirnya ak temukan di sebuah buku hal ini emang semacam reinkarnasi yg muncul begitu saja, kdg bs disuatu tmpat,kadng berupa satu moment ato kejadian..Semua apa yg terjadi pd diri kita itu namanya taqdir…dan Taqdir itu sendiri sdh ditulis sejak zaman AZZALLI oleh Alloh dalam satu kitapNya,jadi suatu kejadian masa akan dtg itu sdh bnr2 ditulis Oleh Tuhan kita.kita tinggal menjalani ketetapan itu.

  87. ocha permalink
    Minggu, 5 Juli 2009 8:19 am

    Knp hrus da deja vu d dunia ne???
    Sbnrna knp kta bsa kn dejavu?
    Pa da yg slh ma otak, yg prnh kna deja vu?
    Yg tao jwbna
    D Shre ya….

  88. Kamis, 9 Juli 2009 9:15 am

    Namanya de javu tah? Br tw aq…

  89. arie cb (fb aQ) permalink
    Kamis, 9 Juli 2009 3:19 pm

    gilak!
    aQ ngengalami DejaVu yang nybelin!!
    teori aQ:
    DejaVu itu karena sering onani kali!

  90. Selasa, 14 Juli 2009 7:59 pm

    saya juga pernah beberapa kali mengalami deja vu. yang ingin saya tanyakan adakah hubungannya antara deja vu dan kepribadian ganda??

  91. JoePsy permalink
    Rabu, 15 Juli 2009 10:02 am

    Sederhananya dari sudut pandang kognitif, De Ja Vu terjadi karena sifat memori kita itu rekonstruktif. Artinya, ketika kita secara sadar mengingat sebuah kejadian yang kompleks… tidak mungkin 100% akurat. Paling-paling cuma 60%-70% yang akurat. 40%-30% lagi dari mana? yah dari imajinasi kita sendiri, makanya disebut rekonstruktif. Ketika mengalami De Ja Vu… mungkin memang benar kita pernah mengalami kejadian mirip (katakanlah derajat kemiripannya sekitar 60%)di masa lalu. Namun, karena otak kita gak bisa mengingat secara utuh untuk membedakan 2 kejadian tersebut, maka kepingan-kepingan memori yang hilang kita gantikan dan direkonstruksi dari hal-hal yang kita lihat pada saat tersebut (masa kini). Voila… jadilah De ja Vu. Tapi buat penjelasan mengenai frekuensi de ja vu mungkin penjelasan di atas lebih tepat.

  92. bintang permalink
    Jumat, 17 Juli 2009 11:37 am

    Gue prnah alami deja Vu… waktu gw almi kegagalan terbesar dlm hidup gw,. saat itu gw gk bgitu kget walau shock.. tpi gw ngerasa hal ini pernah terajadi sebelumny. entah kpan dn dmn.

  93. bintang ardian permalink
    Jumat, 17 Juli 2009 11:38 am

    Gue prnah alami deja Vu… waktu gw almi kegagalan terbesar dlm hidup gw,. saat itu gw gk bgitu kget walau shock.. tpi gw ngerasa hal ini pernah terajadi sebelumny. entah kpan dn dmn.

  94. Minggu, 19 Juli 2009 7:55 pm

    eo…….. q jg penah mengalami dejavu waktu q main keluar rumah n tempat yng sma q pasti ngrasa lo tu penah terjadi………… sekian

  95. Juma permalink
    Kamis, 23 Juli 2009 1:48 am

    Wah… Wah… Unik. Yeah setiap org pst pernah ngerasain dejavu, sungguh sensasi yg unik ‘n misterius.

  96. Juma permalink
    Kamis, 23 Juli 2009 2:11 am

    Wah… Wah… Unik. Yeah setiap org pst pernah ngerasain dejavu, sungguh sensasi yg unik ‘n misterius. Kalo dikaitkn ama penykt y ngeri jg si! Ak si lbh p’cy ama kejdn di masa lalu y, ampe kbygn dmasa dpt gt d. He2. But it’s normal things. He2!

  97. Bella permalink
    Sabtu, 25 Juli 2009 1:37 pm

    q bingung deh kok bisa terjadi……
    aku sering banget tuh!….mengalaminy

  98. Senin, 27 Juli 2009 7:46 pm

    Thanx ya buat infonya

  99. Rabu, 29 Juli 2009 3:30 pm

    Saya tertarik dengan artikel ini. Kelak saya akan membutuhkan lebih dari ini. Terimakasih atas artikelnya!

  100. Sabtu, 1 Agustus 2009 2:00 am

    thumb up

  101. Senin, 3 Agustus 2009 11:23 am

    deja vu itu apakah bisa disamakan dgn indera ke’6.?,
    soalnya di artikel ini org yg buta pun bisa merasakan deja vu…
    thnx ya bwt infonya..☺

  102. Selasa, 4 Agustus 2009 3:57 pm

    Sekirannya Deja Vu menurut aku emg itu pernah terjadi dalam mimpi dan itu terjadi di alam kenyataan. Seperti kita tidur trus tiba2 pagi, kita merasa tidak bermimpi dalam semalem tp sebenernya itu mimpi dan Deja Vu adalah kejadian yang tidak diimpikan itu. Kesimpulan itu aku buat sendiri karena kenapa ada ilham ya karena itu tadi.
    Yach ni cuman argumen tanpa ada penelitian dan source yg jelas, cuman sekedar yang ada dalam pikiran.

  103. hiruma permalink
    Jumat, 7 Agustus 2009 12:03 am

    aq adalh salah satu orang yang bisa di bilang memiliki deja vu, aq kadang2 merasa takut dan khawatir tentang kemampuan ini, tapi deja vuQ bau aq rasakan beberapa bulan terakhir ini

    hiruma

  104. Jumat, 7 Agustus 2009 7:29 pm

    bagaimana dengan orang yang sering mengalami
    deja vu , apakah mereka akan bertemu dengan
    kematian ?

  105. Jumat, 7 Agustus 2009 7:36 pm

    bagaimana dengan orang yang sering mengalami
    deja vu , apakah mereka sbentar lagi akan bertemu
    kematian ?

  106. muhammad ikhlas permalink
    Sabtu, 8 Agustus 2009 11:17 pm

    wow bagus artikelnya

  107. novie permalink
    Selasa, 11 Agustus 2009 7:36 pm

    Thank’s banget bahas soal deja vu.
    soalnya aku juga baru tahu kalo itu yang namanya deja vu.aku malah merasakan bahwa sejak aku pacaran ma seseorang, dia itu dah lama aku kenal..aku nggak asing dgn wajah dia.pa bener deja vu itu adalah masa lalu kita sebelum kita yang sekarang?
    berarti kita sudah pernah lahir dulu, tapi dengan wajah yang berbeda tapi jiwa sama?
    apa begitu ya…

  108. Rahman Abdul permalink
    Selasa, 11 Agustus 2009 9:03 pm

    Pembahasannya kurang lengkap. hanya menggambarkan garis besarnya aja. tidak membicarakan bagaimana mencegah de javu yg kita lihat terlebih dahulu tidak menimpa terhadap kita. dengan kata lain bisa kita hindari !

  109. ismiana fitriyanti permalink
    Rabu, 12 Agustus 2009 7:03 am

    q ingn brtny ap jika kt serg brmimpi trz mjd knytan ap it jg dejavu?kl trlalu srg mngalmi gtu ap g ap2 bwt dr yg nglami?

  110. Sabtu, 29 Agustus 2009 9:25 pm

    paling banyak faktor apa seh yang bisa membuat orang jadi dejavu?

  111. Rabu, 2 September 2009 12:11 pm

    de javu,, pengalaman yang mnarik, smoga gue nalamin de javu ketemu C Ronaldo, and keliling dunia,.., hahahaha

  112. Kamis, 3 September 2009 10:52 am

    pernah terjadi padaku..,

  113. Sabtu, 12 September 2009 2:36 pm

    baru aja kemaren buber di rumah temen dan bilang kalo aku pernah ngalamin suasanan di tempat kaya gini . kata temenku kamu kena DEJA VU . pulang langsung searching what’s de javu dan emang sering banget aku ngalamin de javu. ya kadang aku jadi malah ngeyel sama orang-orang dengan “ah udah pernah gue, ke tempat laen aja” dan kadang aku ga mau karena mimpi yg pernah dialamin tuh buruk .

    pada beberapa saat tertentu, aku ngerasa ada yg ga pas dan tau tau nyeplos “bakalan ada yg ga enak” dan hal yg ga enak itu selalu terjadi, ex: tau tau hujan, temenku diputusin, remed, dimarain oa guru dll . tp aku bilang kaya gitu tuh spontan without thingking of whaaat

    ada yg punya masukan ? ini penyakit atau apa ? jadi ngeri sering ngalamin de javu dan ramalan yg spontan .
    makasih sharingnya all yg ngalamin de javu :)

  114. Heta permalink
    Kamis, 17 September 2009 10:24 pm

    Percaya ato gag,aq dejavu ma comment yg dtls sodara miza!
    Wkt q bc awalx,tnp bc sterusx q tw gmana crtx,n pz q cek txt bnr.
    Pdhl q ru pertama buka ini..
    Q trlalu sering dejavu,parah bgt pkokx..
    Lok g gt,mimpi hal yg sm persis typ hr,dlu mala perna 4hr berturut2 mmpi yg sama, n akhirx hal it kjadian d dunia nyata pd hari ke-6!
    Knp bs gt y?
    Cpek tw gag ngulang2 trz kyk gt. . .so bored

  115. Koko permalink
    Jumat, 25 September 2009 4:49 pm

    halah,, ilmu psikologi tidak berman faat

  116. ade permalink
    Sabtu, 26 September 2009 8:43 pm

    q baru tau klo ini nama nya, q pernah beberapa kali mengalami hal seperti ini.
    trims…

  117. Mihael permalink
    Minggu, 27 September 2009 3:04 pm

    W stju klo de javu brsal dr reinkarnasi,yaitu ingatan kta pd khdupan sblum’a..

  118. mahadewi permalink
    Rabu, 30 September 2009 11:44 pm

    dejavu???
    ITU KARENA KETIKA KITA TIDUR, ARWAH KITA TERBANG KE WAKTU MASA DEPAN.

  119. mahadewi_agustini permalink
    Kamis, 1 Oktober 2009 12:00 am

    NGEMENG-NGEMENG ‘DEJAVU TU TERMASUK INDRA KE-6 GAK YAA?’

  120. Kamis, 1 Oktober 2009 11:20 am

    terkuak jua pencarianku sepanjang hidup ni.
    Qu dah terlampau sering ngalami deja vu (baru beberapa taun ni Qu tau istilah itu), dari esde gitu dah, umur berapa tepatnya ku lupa. Dulu ku ketakutan sendiri pas rotasi deja vu tu terjadi, “ni apa ya? koq kaya pernah ngalami”
    Tempat, orang2&situasi yg Qu alami sama persis..sis..sis.
    Aku normal ga seh? Tu yang sering muter2 di kepala.
    Jangan2 ne pertanda awal sixth sense, coz da temenku yang bilang kl deja vu tu pertanda kalo orang tsb berbakat punya sixth sense, hanya mau ngembangin or tidak, tu back tu us.
    Teori en penjelasan di artikel ni keren, hanya kurang mantep. Coba tambah lagi tulisan dari berbagai sudut pandang, dari agama juga getoh.
    But anyway, it’s great!
    Lam kenal mua….

  121. Jumat, 2 Oktober 2009 4:43 pm

    uhm thankz banget yach bwt artikelnya….
    tadi waktu kuliah tentang inatan jagka pendek n jagka panjang…
    aku nanya sama dosennya, dejavu itu termasuk dalam ingatan ngga sichh??trus dosennya bilang klo dejavu ngga masuk tapi aku masih tetep penasaran makanya slesai kuliah aku cari dech di google…trus dejavu itu bakalan pengaruhi kita sampe tua ngga???atau gimana gitu?soalnya aku jadi ngerasa kaya peramal aja kalo tiap kali dejavu..
    aku pikir itu mungkin ilham buat aku…
    parah banget kan????

  122. fukiha permalink
    Senin, 5 Oktober 2009 7:33 pm

    Perasaan deja vu itu sulit sekali diterjemahkan.
    Apakah benar begitu adanya?…

  123. Rabu, 7 Oktober 2009 3:26 pm

    please explain to me about “moody”. thanks

  124. Indra permalink
    Minggu, 11 Oktober 2009 11:13 am

    aneh,tp g prnah ngalamin… pastu g nrasa kyk jd jendral perang

  125. anthy permalink
    Kamis, 15 Oktober 2009 1:49 pm

    gimana klo dejavu itu berlangsung dalam dri kita dlam jngka waktu yg lma, shingga mmbeat kita tdk nyaman..
    apkah itu brbahaya bgi yg mngalami dlm waktu yg lma sprti saya?
    apakah akibat.a?
    dpt mnybabkan kmatian atau tdk?
    tq.

  126. Sabtu, 17 Oktober 2009 5:52 pm

    saya juga pernah mengalami yang namanya deja vu.
    saya mengalami apa yang baru saja saya alami,san sepertinya saya sudah mengalami sebelumnya,seperti halnya di dalam mimpi,dan saya juga berusaha mengingat,kapan hal tersebut pernah terjadi sebelumnya.
    dan ternyata setelah saya cari tau,hal tersebut bisa di bilang deja vu,yg ternyata bikan hanya saya yang pernah mrngalaminya,tapi setiap orang juga dan pasti pernah mengalaminya….

  127. Shanaz permalink
    Rabu, 21 Oktober 2009 10:46 am

    aku sudah mengalami de javu sejak kecil dan itu sungguh sangat membuatku bingung. dan lebih parahnya lagi aku bahkan pernah mengalami de javu “kronis” spt yang dikatakan di atas,,,
    aku belum pernah menonoton suatu film yang memang belum pernah ku tonton, tapi anehnya aku benar-benar tau jalan cerita film itu dengan cukup detail saat aku menonton film itu bersama dengan temanku.

  128. fany permalink
    Minggu, 25 Oktober 2009 10:51 pm

    deja vu ? bener ga c ?
    gw jg pernah ngalamin kejadian yang sepertinya udah pernah gw alamin… ?!
    itu yg nama nya deja vu ?

  129. Yadin permalink
    Rabu, 28 Oktober 2009 10:13 pm

    Kalau pengalaman aku tuh, ngerasa pernah kenal seseorang di pandangan yang pertama. mungkin karena tipikal mukanya familiar ya. Beberapa minggu setelahnya aku ketemu dia lagi tanpa sengaja. I’m fall in love deh

  130. Yadin permalink
    Rabu, 28 Oktober 2009 10:27 pm

    Kalau pengalaman aku tuh, ngerasa pernah kenal seseorang di pandangan yang pertama. mungkin karena tipikal mukanya familiar ya. Kami tidak saling bicara satu sama lain, aku cuma memperhatikan dia dari kejauhan, agak bingung sebetulnya. Beberapa minggu setelahnya aku ketemu dia lagi tanpa sengaja sewaktu aku dan dia sama2 terlambat 1 hari ikut Ujian saraingan masuk IPDN. Cuma aku sama dia berdua. I’m fall in love deh

  131. Selasa, 3 November 2009 11:21 am

    deja vu… aku juga pernah ngalamin kyk gitu….
    gila…… sama persis….dengan apa ada dalam mimpiku….
    setiap gerakan, situasi, semuanya sama persis…..

    “kog kyke aku pernah kesini ya” batinku….. ^_^

  132. Endha84 permalink
    Selasa, 10 November 2009 10:34 am

    Izin Copas ya Admin……buat share ama tmn

  133. ica permalink
    Selasa, 10 November 2009 4:13 pm

    dari umur 5th pe krang 15 th Q masih sring dejavu bahaya nggak sih ?

  134. arfah permalink
    Senin, 16 November 2009 10:23 am

    yah, de jafu…

    kjdian ne smpt bkin aku bingung n brtanya tanya…

  135. Jonathan permalink
    Kamis, 19 November 2009 1:24 pm

    Saya sering dejavu lewat mimpi dan trus mimpi itu selalu terjadi sudah 2 kali dan sekarang saya mimpi hal sama 2 kali tetapi belom terjadi sebab mimpi itu sungguh aneh seperti jalan d tgh antara surga dan neraka, saya sudah gila atau hanya sebuah mimpi biasa.Mohon bantuan nya….

  136. Rabu, 25 November 2009 12:02 pm

    sering banget tuh aku ngalamin…dan akibatnya aku suka berpikir kalo aku bisa tau apa yang akan terjadi,,he..he..

  137. jjfebrian permalink
    Senin, 30 November 2009 11:19 pm

    iya nih,,,gw juga baru kemaren(29/09) ngalamin deja vu….pas lg ngobrol ama temen gw tu muncul perasaan kalo gw udah pernah ngalamin itu!tempatnya,suasananya,orangnya,bahkan sudut pandangan gw!
    seru sih…tapi suka bengong aja sendiri…ampe ditugur ama temen gw yg lg ngobrol ma gw…hehhee

  138. muhammad Afdhal permalink
    Sabtu, 5 Desember 2009 11:05 pm

    apakah dejavu termasuk memori?

  139. lukman siyamu permalink
    Senin, 7 Desember 2009 1:21 pm

    aq prnh ngalamin deja vu
    biasanya yg aq liat tuh benda2 kuno,bangunan n tempat kuno berbau kerajaan,dongeng n mitologi.
    deja vu ttg msk/lagu juga p’nah

  140. lukman siyamu permalink
    Selasa, 8 Desember 2009 10:49 am

    suatu hr aq baca manga(komik jpn)
    Detective School Q(By:seimaru amagi& fumiya sato) vol.10
    di situ,ryu berkata pd kyu bhw setiap ryu ngeliat benda karya seni dr takumi kuzuryu,
    ryu selalu diserang perasaan Deja Vu.
    Ryu menjelaskan pd kyu kalo
    Deja Vu adl perasaan pernah meliat suatu benda padahal itu baru pertm kalinya kita melihat benda tsb.
    Dari situ,Aq jadi teringat pd perasaan aneh yg slama ini menghantuiku.
    trus aq cari d internet apa itu “Deja Vu”
    Dr internet aq tau ternyata banyak orang2 yg ngalamin perasaan yg sm dg q

  141. mira permalink
    Sabtu, 12 Desember 2009 6:18 pm

    aku pernah ngeraiin dejavu tapi bukan aku aja ke-lima temenku juga ngarasain hal yang sama dan itu hampir 10x apa g’ bisa di hilangin dejavunya ya ????????

  142. hazyah permalink
    Senin, 14 Desember 2009 4:44 pm

    menurut saya deja vu itu hal yang menakjubkan,yang bikin penasaran,,
    merupakan sesuatu yang… hebat aja pokoknya…
    keren… tapi ngalamin deja vu itu kadang gak enak,soalnya kita jadi cari cari tahu kapan pernah ngalamin kejadian itu.
    deja vu itu perasaan yang menakjubkan yang diberi Tuhan buat kita,so pasti ada manfaatnya,,cari sisi positifnya aja dech…

  143. lukman siyamu permalink
    Selasa, 15 Desember 2009 2:15 pm

    Bangunan berarsitektur timur tengah(Islam),
    lukisan perjanjian lama/baru(Kristen),
    Patung Buddha,
    Candi-candi,
    Kuil Shinto,
    Piramida,hieroglif dan sphinx Mesir,
    Ukiran-ukiran jaman abad pertengahan dan
    Kuil-kuil Yunani kuno.
    Jika aku melihat hal-hal diatas maka aku pasti mengalami Deja Vu.

  144. siZta permalink
    Kamis, 17 Desember 2009 10:48 pm

    deJavu??
    perna ssi,
    kdang bKin taKut,tPi enK juja..
    hho~
    itu tmasug indra k6 gag yee??

  145. Joena permalink
    Jumat, 18 Desember 2009 11:46 am

    Q sering mengalami mimpi yg aneh, termasuk sebelum kejadian Tsunami Aceh dan gempa bumi di Yogyakarta,… terlukis dg jelas keadaan yg ancur & porak poeranda dlm mimpi, tp Q hanya bs menceritakan perihal mimpi2 tsb kpd sodara n tmn dkt,…. ( yg jelas,..mrk acuh cuEq),… tp Q gak peduli, stlah bbrp hr berlalu, kjadian ‘bencana’ dlm mimpi tsb trjadi,….. skali lg Q hanya bs ‘diam’.

  146. Minggu, 20 Desember 2009 4:33 pm

    deja vu enak di rasakan pahit di lupakan

  147. ichin_kenshi permalink
    Kamis, 24 Desember 2009 7:23 pm

    d e j a v u…….

  148. arief maulana permalink
    Jumat, 8 Januari 2010 10:35 am

    apakah reinkarnasi itu ad?

  149. wahyu permalink
    Minggu, 10 Januari 2010 9:42 am

    sebenrnya de javu tu apaan sih?
    kemampuan?
    sebuah penyakit?
    atau apaan?

  150. yade' permalink
    Rabu, 13 Januari 2010 2:02 am

    hampir tiap hari aq mngalami deja vu, dan sehari bisa 5-10 kali.
    aq g’tau itu normal ato sngt sering.
    ktika aq sdar dlam keadaan deja vu, seketika itu pula deja vu berakhir, aq g’bisa ingat apa yg akan trjadi stlah itu.
    ada yg bs bantu njlasin ????

  151. Jumat, 15 Januari 2010 10:01 am

    waw…

  152. dhididhiadhia permalink
    Kamis, 28 Januari 2010 4:15 pm

    gue juga pernah ngalamin itu , tapi gue waktu itu ga tau kalo itu deja’vu . waktu itu gue ngerasa kayak pernah ngerasain sensasi ini sebelomnya , tapi gue mikirnya ini ada di mimpi gue , jadi gue biasa aja .. dan ternyata deja’vu nya terjadi berkali-kali ! gue jadi mikir… emang pas bagian mana di mimpi gue yg ada kayak ginian? perasaan ga ada deh.. tp kok gue ngerasanya pernah ngerasain sensasi ini sebelomnya ya? dimana ? kok gue ga bisa inget . huaaah .ternyata deja’vu ya.. haha

  153. petrucci yoga permalink
    Senin, 8 Februari 2010 5:16 pm

    aq sering banged neh ngalami de javu…
    misteri apa yang sebenernya terjadi di balik de javu…
    di luar IPTEK tentang penelitian de javu,pasti ada alasan lain misterinya…

  154. Selasa, 16 Februari 2010 8:06 am

    wew…deja vu y??aku jg ga ngerti sebenernya itu tuh seperti ap. Tapi kalo menurut aku secara pribadi, hal tersebut pernah dialami entah dari mimpi atau memang benar kejadian yang mirip^_^

  155. giebuz_ndy permalink
    Selasa, 2 Maret 2010 1:02 pm

    hmm,,,

    halah,q br tw klo sku sering bgt ngalamin yang namanya deja vu!

    biasanya aku ngalamin de javu ini dr mimpi,terus khayal yang tiba-tiba aku fikirkan…

    tapi setelah itu, dalam hitungan hari,minggu,bulan ternyata benar-benar terjadi.

    yang buat aku sedih, akhir-akhir ini aku mimpi kalau aku terbang, dalam daya khayal aku, ku ini bunuh diri. Tapi aku ngga tau…
    aku takut…

    apa benar deja vu yang aku alami ini akan terjadi?

    bisa ngga sih kalau deja vu tidak terjadi???

  156. Minggu, 7 Maret 2010 7:02 am

    Nah, kalo deja vu dari mimpi??

  157. hendy prasetya permalink
    Selasa, 9 Maret 2010 7:39 pm

    sebenarnya de javu pernah saya alami……
    aku pernah merasakan , aku pernah mengalami yang sebenarnya pernah terjadi
    sewaktu aku kecelakaan sebelumnya aku meliahat hal itu terlintas di fikiranku sebelumnya
    kira kira lima menit sebelum hal tersebut terjadi tapi itu tidak kuhiraukan, ternyata benar hal itu terjadi………

  158. rheza stia permalink
    Rabu, 17 Maret 2010 2:58 pm

    saya berkali kali nglamin dejavu,,,,atw mimpi yg mnandakan sesuatu yg akn terjdi di hri itu.,.,.,.,sking sringnya q kyak gtu, q jdi tkut sndri,,,apalgi wktu ngimpiin adk q sndri.,.,.,.
    dejavu sendiri dh q alami dri kecil, tpi wktu itu q g tw klo nmanya dejuvu..,.,.,tpi smpe sekarang msih sring bgt,.,.,.,.,ada untungnya q ngalami itu, q bsa antisipasi akn hal tersebut,,,,tpi q jga agk tkut,,krena terlalu sering,,,,
    kdang q jga bsa ngrasain sesuatu yg aneh kyak aura “berat” klo q ke tmpat yg agk angker atw yg spi gtu,,,,apa ya nma x???

  159. risa permalink
    Kamis, 1 April 2010 11:12 pm

    saya sering banget ngalamin ‘de javu’

    kadang misalnya kalo saya lagi tiduran / nonton tv / makan, dsb saya suka ngerasa kalo saya sudah pernah mengalami hal itu sebelumnya tp saya gak tau kapan itu terjadi tp saya ingat banget kalo saya seperti pernah mengalaminya-_-

  160. Zulis permalink
    Selasa, 6 April 2010 12:56 pm

    dejavu …
    Bukan mimpi, bukan khayalan, bukan keinginan bukan pula ramalan.
    Dejavu benar-benar sebuah misteri. “Sepertinya aku pernah mengalami, tapi kapan & dimana ya?”, ungkapan itu yg selalu muncul saat baru saja mengalami suatu peristiwa. Aku merasa seakan pernah diperlihatkan sepenggal catatan perjalanan hidupku. Mungkin kita semua sedang menjalani cerita kehidupan yang semuanya sudah tertulis…

  161. anisa permalink
    Sabtu, 17 April 2010 3:08 pm

    saya jugapernah mengalami de javu.tapi saya tidak tau kalau itu namanya de javu.
    saya sering merasa bahwa erbuatan atau tempat itu pernah saya rasakan.
    tapi saya tidak bisa mengingat-ingat kejadian itu.
    dulu, sebelum saya mengenal de javu,saya merasa hal itu adalah hal yang tidak wajar.tetapi sekarang saya sudah meras lega,telah mengerti de javu.

  162. risda permalink
    Rabu, 21 April 2010 1:22 pm

    saya juga pernah nglamin dejavu
    enaknya orang yang dejavu dia bisa antisipasi hal2 buruk yg kan terjadi
    karena pernah dia alamin sebelumnya

  163. lyra permalink
    Rabu, 12 Mei 2010 7:05 pm

    de javu ?
    yah …. dari kecil aq emank dah sering ngerasain itu….
    entah itu baik maupun yg tdk baik

    yh, tp menurut q itu rahasia tuhan….
    ^_^

    thank’s infonya

  164. Naura permalink
    Rabu, 19 Mei 2010 1:17 pm

    De javu….
    dulu z sering merasakan sesuatu yg z alami pernah terjadi tetapi g tau kpn n dmn?…
    stlh semakin dewasa z pelajari ternyata z sering bermimpi ttg sesuatu dan sering kali mimpi itu benar – benar terjadi tapi kadang objekx agak berbeda….
    wahh….apa bisa y, z jd peramal ^_^

  165. Kamis, 10 Juni 2010 3:07 pm

    Yup saya sering sekali mengalami dejavu.Bahkan kemarin atau kemarin lusa saya mengalaminya lagi…

  166. Jumat, 25 Juni 2010 6:17 pm

    Aku sering juga mengalaminya, sulit dijelaskan, tapi cukup mengganggu aktivitas….

  167. Selasa, 20 Juli 2010 11:02 pm

    dulu aquu sering banget yang nama.a ngalamin deja vu.
    sejak hijrah ke jombang jadi gagh pernah ngalamin lgi. . .

  168. Quinnezta permalink
    Rabu, 18 Agustus 2010 12:51 pm

    Ihhhh.. . .!
    Deja vu…aku tertarik banget sama masalah ini…
    Cz ini mau aku masukin buat referensi buku yang bakal aku tulis…
    Do’ain aja tulisannya lancar n sukses yang friends. . . .!

  169. Sabtu, 25 September 2010 8:09 pm

    >aku selalu ngimpi dan mimpi itu selalu jadi kenyataan. apa itu berarti aku sedang mengalami dejavu? apakah aku bisa jadi gila kalau aku terus-terusan mengalaminya?

  170. ari permalink
    Sabtu, 16 Oktober 2010 11:00 am

    deja vu smp skrg emg msh jadi misteri…ada yang bilang klo deja vu ada kaitannya dengan masa lalu….apa diantara kalian smw nie ada yg pernah kepikiran..klo sebelum hidup di masa ini..kita pernah hidup di masa lalu..????

  171. Widhaz permalink
    Senin, 25 Oktober 2010 3:30 pm

    Menurut Q nama dE JAvU Keren tp Q yG CErinG De jaVu paLah takuT n sering bingGung antara dE javU N fiLLing c0z semuanya nyata trjadi tanpa selang waktU Lama tp kdg brfikir p0sitif j itULah kekuasan tUhan brSyukurLah bt kamu yG TRkeNa sindr0m dE JAvU C0Z kita bisa menjadi org yG Lebih bAex dr sekarang

  172. Muhammad Dipi Abdallah permalink
    Senin, 25 Oktober 2010 8:21 pm

    kok saya De Javu nya tiap hari , terus aq bisa de javu melalui mimpi , pikiran , pendengaran . yang hebatnya dejavu bisa mmbuat saia tau barang kali selama 10 mnt apa yg akan dipakai dr baju sendal warna bicara apa . tapi saia senang kok dgn hal itu . dan juga abis itu saia agak pusing . :) aq msh beru,ur 13 thun loh

  173. Muhammad Dipi Abdallah permalink
    Senin, 25 Oktober 2010 8:28 pm

    oia de javu aq suka merasakan “aura” berat / ringan di suatu tempat mungkin itu bkn de javu dan kek nya kalau ngeliat orang kita bisa nebak” gitu dlm hal apa deh gitu pening saia

  174. Alam permalink
    Senin, 1 November 2010 5:32 pm

    Saya juga pernah dejavu tuh,, waktu itu saya sedang di kelas,, kemudian temen aku mulai beraktivitas,, ketika temen2 aku beraktivitas,, hati aku mulai ngerasa aneh,, soalnya,, aktivitas2 temen aku kayaknya pernah saya liat,, yg anehx lg,, sy bsa nebak apa yg akan mereka lakukan,, walaupun hanya beberapa detik aja…

  175. tolbok permalink
    Jumat, 3 Desember 2010 3:29 pm

    ialah jeng

  176. benz surabaya permalink
    Rabu, 8 Desember 2010 3:30 pm

    Rahasia Illahi…..biarlah semua itu menjadi bagian dari hidup kita….klo sudah sering mengalami…bisa membawa manfaat kok…dont worry

  177. Minggu, 23 Januari 2011 9:38 am

    aku sering dejavu bahkan bisa nebak ahbis ini terjadi selanjutnya pasti gini.dan ternyata benar,kadang aku bingung sendiri

  178. Jumat, 25 Februari 2011 8:25 pm

    iya bner aku penh mngalaminya. q merasa kejadian itu pernah q rasakan sblumnya pdahal blm pernah aku lakukan………….

  179. amee permalink
    Minggu, 27 Maret 2011 4:18 pm

    qu dlu sering ngalamin yg nma@ dejavu, tpi skrg udh gk prnah lg….

  180. eva permalink
    Kamis, 7 April 2011 7:22 pm

    pas w blum tau de javu ,w ngerasa klau dejavu itu mrupakan mimpi w yg kenyataan padahal sih.. bukan …ugh kirain mimpi w kenyataan,,..
    sumpah ..dejavu ada untungnya n da ruginnya..?!dejavu dateng dngan tiba2..
    anehhh…..

  181. supharia permalink
    Kamis, 14 April 2011 12:29 pm

    saya salahsatu dari orang yg sering merasakan dejavu dan itu terkadang buat hati dan pikiran saya tak enak bertanya dan mencari tau apa yg terjadi saat ini dengan diri saya

  182. smile shiva yahya permalink
    Kamis, 9 Juni 2011 6:44 pm

    aku ingin tiap DEJA VU yg ku alami selalu indah kejadiannya………

  183. dewi k permalink
    Minggu, 12 Juni 2011 7:14 pm

    Ngalamin deja vu sendiri semua org sering tp gw ngalamin deja vu gak sendiri tp ngalamin deja vu yg sama dengan pcr gw,
    pas lewati suatu tempat tiba2 gw saling natap heran klo qt tu pernah lewat di situ
    tp gak tau kapan kejadian itu dan kenyataannya qt ber2 gak pernah lewati daerah itu sebelumnya.
    Ngalamin deja vu ber2 dengan peristiwa yg sama baru sekali seumur feel amaze bgt…
    dan smp skrg qt gak bisa jelasin kapan qt ke t4 itu sebelumnya…

  184. Selasa, 28 Juni 2011 12:07 pm

    two thumb’s seep banget

  185. Selasa, 19 Juli 2011 9:38 am

    aku pernah mengalami dejavu, ketika mengalami dejavu aku bingung sendiri dan merasa aneh, apa yangt sebenrnya sedang terjadi ? hahah…. aku ingin merasakan dejavu yang menyenangkan sangaat :D

  186. Selasa, 9 Agustus 2011 12:30 am

    Aku sering banget ngalamin de javu.seperti kita pernah ngalami.de javu bagi aku seperti mimpi masa depan.terkadang aku mimpi sesuatu dan terjadi beneran d’masa depan dalam jarak waktu yang relatif singkat.apa ya sebabnya?

  187. Jumat, 19 Agustus 2011 11:20 pm

    izin copas ya gan,

  188. Selasa, 23 Agustus 2011 11:03 pm

    Dari sd aku aku merasakan hal yang sgt aneh,,,, seperti bisa melihat sesuatu yg akan terjadi atau seperti pernah mengalami sesuatu yg blom terjadi atau suka di sebut Dejavu,,,
    Smp Dejavu aku jarang kambuh ,,,,
    Pas Sma Dejavu aku makin parah,atau sering kambuh,, dan Dejavu itu selalu mengganggu memori dalam kepalaku dan selalu membuatku bertanya2,,,,,, aku Sampai pusing tujuh keliling di buaty,,,,, saat dejavu kambuh,,, ku ingin memberitahukan kepada temanku tentang apa yg akan terjadi tapi mereka malah bilang kalo aku mengada-ada

  189. bayu permalink
    Sabtu, 10 September 2011 10:56 pm

    kalo begitu,saya juga pernah merasakan apa yang dinamakan dejavu… saat itu saya duduk di teras sebelah rumah bersama dua orang teman saya dengan posisi,waktu dan tempat yang sama persis dengan yang pernah saya rasakan diwaktu lalu entah kapan….tetapi saya pernah merasakannya….. amazing

  190. Minggu, 11 September 2011 10:13 am

    mau punya dejavu :D

  191. Selasa, 4 Oktober 2011 4:42 pm

    klo aq ahli dejavu tentang jalanan… Saat sepedaan… Aq brsma tmen.q biasax q mngtakaan kyakx aq pernah lewt sini, semuax persis padhal aq baru lewat sini… Aq ingin dejavu pas Ujian…. :)

  192. Rabu, 2 November 2011 6:08 pm

    aku malah suering ngalamin gitu, parah gak sih? gk ngaruh apa apakan? ._.

  193. Senin, 7 November 2011 11:20 am

    Saya juga termasuk orang yang sering mengalami peristiw de javu ini,
    tapi akibatnya kita jadi bosan karena sesuatu itu terjadi lagi,,,,,,,,,

  194. Rabu, 16 November 2011 1:55 pm

    apa deja Vu tanda” akhir jaman ??
    coz… itu kan terjadi ber ulang”…. sapa tau itu peristiwa untuk mengingat kan manusia biar manusia menjadi baik dari sekarang

  195. Rabu, 16 November 2011 2:01 pm

    Saya terkadang mengalami apa yang dinamakan de javu. Namun, saya tidak suka akan hal ini. Saya merasa de javu itu mengganggu aktivitas, karena terkadang setelah mengalami de javu saya akan terdiam sebentar untuk mengingat kembali apakah hal itu pernah terjadi sebelumnya.

  196. Rabu, 16 November 2011 3:38 pm

    aneh, perasan gw pernah baca ni blog..!!

  197. valencia permalink
    Selasa, 6 Desember 2011 8:41 pm

    gue juga pernah ngalamin deja vu. pas temen gue jatoh abis main basket. udah lebih dari 3 kali mungkin. setiap dia jatoh pas main basket, gue selalu ngerasa kok kayaknya dia pernah jatoh persis kayak gini. tapi gue ga tau kalo itu namanya deja vu. gue kira gue itu aneh. ternyata banyak ya yang kayak gitu hahaha

  198. Minggu, 22 Januari 2012 6:19 pm

    smua orang pasti mengalami dejavu, tpi kalo ada yang mengatakan saya meras pernah mengunjungi kota B tp di saat mimpi dan terjadi, menurut saya masih jauh it di namakan dejavu. Dejavu bisa jg di katakan suatu moment yang kembali tapi tidaklah persis.

  199. Minggu, 29 Januari 2012 1:03 am

    gw sering ngalamin dejavu tapi karena gk tahu klo namanya dejavu yahhh ku angga ini anugrah tuhan. aku bingung ketika aku bangun dari tidur ku yang pulas dan nyaman maka ke esokan harinya aku seolah lelah sekali…. lalu aku pernah bermimpi misalkan hari ini dan yang ku mimpikan itu terjadi 2 atau 3 bulan ke depan dan tempatnya pun baru aku lihat pada saat ku sadar ini mimpi ku yang 3 bulan yang lalu itu….

    bukan kah ini seperti kita di waktu yang lain dari tubuh kita yang masih di sini…. maksud ku tertumbur oleh waktu atau datangnya gelombang waktu….

    sorry nihh curhat soalnya sering banget ku ngalaminnya… but is okey lahh udah gk lagi di tahun ini karena aku uda jarang tidurr….

  200. Rabu, 1 Februari 2012 9:40 am

    saya juga pernahngerasainnya
    apakah ada efek sampingnya????????????????

  201. Senin, 13 Februari 2012 2:15 pm

    makasih deh..
    gak pengen lagi kena deja vu..
    pusing mah..
    soalnya pernah juga tuh eyke ngalamin yg kaya begituan..
    aneh bin ajaib mah klo saya bilang..

  202. Senin, 26 Maret 2012 9:07 pm

    Sip

  203. Senin, 16 April 2012 1:43 am

    Menanggapi komentar: http://popsy.wordpress.com/2007/08/01/mengapa-kita-mengalami-deja-vu/#comment-1985

    Banyak yg tidak bisa membedakan Mimpi dan Deja Vu

    Jika Deja Vu ini sebuah mimpi? Tapi kenapa mimpi tidak bisa sejelas Deja Vu? Pernah mimpi merasakan suasana atau aroma sejelas Deja Vu? Saya yakin tidak!

    Banyak bilang pengen Deja Vu ke luar negeri? WTF?? Gimana kamu mau Deja Vu kalo kamu ga akan kesana? Kamu ga akan merasakan sensasi itu!

    Deja Vu biasanya sering dialami oleh orang yang menggunakan otak kiri, sedangkan orang yang sering menggunakan otak kanan (logika) akan jarang bahkan tidak akan pernah mengalaminya.

    Bisa kita simpulkan Deja Vu ini adalah kejadian spritual, dimana jiwa kita keluar dari raga kita (ketika tidur) dan melakukannya terlebih dahulu. Itu kenapa orang yang di hipnosis berhasil membuat Deja Vu rekayasa. Karena otak di beri memori tambahan melalui hipnosis yang diberikan kepadanya.

    Pengen berhenti mengalami Deja Vu? Mulai sekarang berfikirlah logis dan sering gunakan logika khususnya dalam sehari-hari.

    Sebaliknya jika ingin sering mengalami Deja Vu, cobalah kuatkan spritual dan bersihkan hati mu, Perbanyaklah waktu untuk menyendiri dan mengenali jiwamu. Trust me, It works!
    Bahkan kalo bisa coba sesekali lakukan Astral Projection, kalian akan paham maksud saya…

    *Tp awas hati-hati ketika melakukannya, ketika keluar dari tubuh mu, kendalikan jiwamu untuk tidak pergi terlalu jauh…kadang bisa tersesat dan tidak bisa kembali lagi alhasil jasadmu menjadi gila, dan jiwamu hanya akan bergentayangan di alam lain*

  204. Sabtu, 26 Mei 2012 5:54 pm

    dulu waktu kecil saya pernah ngalamin ini mas, sampai2 saya curhat ke guru ngaji saya.. lah, guru ngaji saya gak ngrti knapa saya kok bisa kayak gitu.. malah guru saya merasa itu hal yang unik.. benar2 gk bisa ngingat wktu saya prgi ke suatu tmpat.. dn bener2 gk asing sama saya, ky saya pernah ke tmpat ini sbelumnya, .. tpi secara rincinya gk tw kpan saya pernah ke sna sbelumnnya! untungnya sekarang saya udah gk kayak gitu lagi..^_^

  205. Pamungkir permalink
    Sabtu, 26 Mei 2012 7:21 pm

    Halo!
    Saya termasuk yang mengalami Deja Vu dalam hidup saya
    Cukup banyak sehingga saya terkadang bosan
    Beberapa jurnal ilmiah yang saya baca tidak cukup bisa menjelaskan mengapa hal ini bisa terjadi
    Sesepuh Freud hanya bilang itu cuma bagian yang muncul diluar kesadaran
    Ada juga yang bilang itu akibat kesalahan pemrosesan memori akibat obat
    Ada juga yang bilang hipotalamus yang terganggu

    Saya punya pengalaman
    Waktu kelas 2 SD, saya melihat suatu tempat
    Dan tempat itu selalu berulang terus selama hidup saya kedepan
    Saya tidak tahu itu tempat apa, tapi saya tahu saya pasti menemukannya
    Sekarang saya 20 tahun, saya backpacking ke Purwakarta
    Dan saya melihat tempat itu ternyata bagian depan pintu masuk kolam renang Wat**Bo*m Waduk Jatiluhur
    Jika ada orang yang bilang itu kesalahan pemrosesan otak, kenapa waktu saya di desa, tak pernah baca koran, tak ada televisi, bisa terjadi?
    Kalau ada yang bilang anda sinting, bullshit! Saya pikir mereka meng-generalisasi-kan semuanya. dengan sesuatu yang tidak bisa mereka jangkau.
    So, kalau ada yang tak percaya perkataan anda, jangan takut. Anda tak sendirian.
    Saya justru kasihan pada mereka, karena mereka tak seberuntung kita! :)

  206. rendra permalink
    Minggu, 26 Agustus 2012 10:59 am

    deja vu adalah bukti nyata reinkarnasi

  207. ayu iza permalink
    Senin, 18 Maret 2013 2:03 pm

    deja vu itu bkin saya bngung . dulu wktu saya belum mengetahui deja vu ,saya sering berfikir apa yg trjadi dg saya ?……
    saya dan teman saya bertanya pda pak guru ” pak, kami kox bngung dengan apa yang trjadi pda kami .saat kami sedang melakukan sesuatu hal ,rasa-rasanya kox kami sperty prnah mngalami hal trsbut pdhal nyatanya baru kami lakukan .hal sprty itu dinamakan apa pak ?..”
    pak guru mnjawab ”oh itu… deja vu , klau ingin lbh jlas coba kalian buka di internet cari pengertian deja vu ”
    bgitulah jwaban dari guru ku .

  208. Nuke permalink
    Sabtu, 13 Juli 2013 12:15 am

    Sy baru tau pykt yg sy derita ini brnma deja vu. Hal ini sdh sjk th 1990 sy alami. Kali prtma deja vu trjdi sy bingung, berfkr & mncari2 kpn kjdian yg sm prsis itu trjdi tp jwbn itu tak knjung sy dapati. Pd kali selnjt’y deja vu trjdi sy mrsa pusing, pns dingin & takut kalau2 sy tengah mnjlni reinkarnasi ataukah otak sy sdh korslet ?!
    Trs trg deja vu bnr2 mengganggu kejiwaan sy & sebuah prsaan takut mnjdi gila krn’y. Adakh obt untk mghlgkn pykt ini atau setidak’y cr untk dpt menerima keanehan tsb.
    (mohon dibls melalui email)

  209. olivia permalink
    Rabu, 9 Oktober 2013 7:24 pm

    nama sya olivia..saya selalu bermimpi dan mimpi sya jdi kenytaan….apa yg z lihat dalam mimpi dan klw z cerita pada orang mimpi itu akan terjdi 1 minggu tp klw sy tdk mencrtakan mimpi itu terjdi keesokan hari…..dan aku bru tau klw itu di sebut dengan deja vu……apa yg aku mimpi terjdi juga di dunia nyata……waktu aku usia 18 orng tua sya bilang nak itu bunga tidur,,,,tp aku tidak percaya……krna mimpi ku jadi nyata,,,,,,,,,aku ingin mengenal lbh dalam mengenai tentang DEJA VU……

  210. zihan permalink
    Senin, 9 Juni 2014 9:19 am

    sya sering bgd de javu,. katanya kita merupakan reinkarnasi dari waktu lampau,. gak tau dech , susah dijelaskan

Trackbacks

  1. ryan_cyan » Blog Archive » ♦-§ixtH §ense-♦
  2. Opposite | my favorite things
  3. Rifka Dejavu » Blog Archive » Apa itu dejavu
  4. Apakah Sebenarnya Déjà vu ? | Blog - SmarterDOS
  5. Deja Vu dan Asal-Usulnya
  6. Sering Dejavu « BELAJAR MENJADI MAHASISWA
  7. Apakah Sebenarnya Déjà vu? « Rendy anggara's Blog
  8. Dejavu | DiipTa_d'gAmA
  9. Déjà Vu ! « MY NAME IS INDAH
  10. Apakah Sebenarnya Déjà vu itu? « Petunjuk dalam Hidup
  11. Deja Vu « Rereasti
  12. [FF KEY B'DAY PARTY] The Eyes [2.2] « SHINee Fan Fiction From SHAWOLINDO
  13. Deja Vu dan Asal-Usulnya | idiimurnatah

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 291 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: