Skip to content

Membaca Pikiran Orang Lain Dalam Kehidupan Sehari-hari

Selasa, 25 Desember 2007
tags:
by

Banyak anggapan bahwa membaca pikiran adalah pekerjaan seorang psikolog, paranormal atau bahkan dukun. Namun, percaya atau tidak, dalam kehidupan sehari-hari, anda semua adalah seorang pembaca pikiran. Sebab, tanpa kemampuan untuk mengetahui pikiran serta perasaan orang lain, kita semua tak akan mampu menghadapi situasi sosial semudah apapun. Dengan membaca pikiran, kita dapat membuat perkiraan tentang tingkah laku seseorang lalu membuat kita dapat menentukan keputusan berikutnya.

Jika kita melakukan pembacaan ini dengan buruk, dampaknya bisa serius: konflik bisa saja terjadi akibat kesalahpahaman. Contoh yang nyata kesulitan mengenali pikiran dan perasaan orang lain—mindblindness, dapat dilihat pada penyandang autisme, dimana ketidakmampuan tersebut menjadi suatu kondisi yang mengganggu.

Kemampuan membaca pikiran ini, yang oleh William Ickes—profesor psikologi di University of Texas, disebut sebagai emphatic accuracy.

Darimana asalnya?
Kemampuan (terbatas) kita untuk membaca pikiran menurut Ross Buck–profesor Communication Sciences di University of Connecticut, memiliki sejarah yang amat panjang. Dikatakannya bahwa, melalui jutaan tahun evolusi, sistem komunikasi manusia berkembang menjadi lebih rumit saat kehidupan juga menjadi lebih kompleks. Membaca pikiran lantas menjadi alat untuk menciptakan dan menjaga keteraturan sosial; seperti membantu mengetahui kapan harus menyetujui sebuah komitmen dengan pasangan atau melerai perselisihan dengan tetangga.

Kemampuan ini sendiri muncul sejak manusia dilahirkan. Bayi yang baru lahir lebih menyukai wajah seseorang dibandingkan stimulus lainnya, dan bayi berusia beberapa minggu sudah mampu menirukan ekspresi wajah. Dalam 2 bulan, bayi sudah dapat memahami dan berespon terhadap keadaan emosional dari pengasuhnya. Nancy Eisenberg, profesor psikologi di Arizona State University dan ahli dalam perkembangan emosional, menuturkan bahwa bayi berusia 1 tahun mampu mengamati ekspresi orang dewasa dan menggunakannya untuk menentukan tingkah laku berikutnya. Lanjutnya, bayi usia 2 tahun mampu menyimpulkan keinginan orang lain dari tatapan matanya, dan di usia 3 tahun, bayi dapat mengenali ekspresi wajah gembira, sedih atau marah. Saat menginjak usia 5 tahun, bayi sudah memiliki kemampuan dasar untuk membaca pikiran orang lain; mereka telah memiliki “teori pikiran.” Bayi tersebut mampu memahami bahwa orang lain memiliki pemikiran, perasaan dan kepercayaan yang berbeda dengan yang mereka miliki.

Anak-anak tadi mengembangkan kemampuan membaca pikiran dengan mengamati pembicaraan orang dewasa, dimana mereka membedakan kompleksitas aturan dan interaksi sosial. Selain itu, kegiatan bermain dengan teman sebaya juga dapat melatih anak untuk membaca pikiran anak lainnya. Namun, tak semua anak bisa mengembangkan kemampuan ini. Anak-anak yang mengalami penelantaran dan kekerasan cenderung mengalami hambatan dalam mengembangkan kemampuan membaca pikiran ini. Sebagai contoh, anak yang dibesarkan dalam keluarga yang penuh dengan kekerasan, mungkin akan jauh lebih peka terhadap ekspresi marah, walaupun sesungguhnya emosi marah tidak muncul.

Lanjut lagi, kemampuan membaca pikiran yang lebih maju biasa muncul pada masa remaja akhir. Hal ini terjadi karena kemampuan untuk menyimpan perspektif dari beberapa orang di saat yang sama—dan lalu mengintegrasikannya dengan pengetahuan kita dan orang yang bersangkutan itu—seringkali membutuhkan kemampuan otak yang sudah jauh berkembang.

Bagaimana Membaca Pikiran?
Membaca bahasa tubuh adalah komponen inti dari membaca pikiran. Lewat bahasa tubuh, kita bisa mengetahui emosi dasar seseorang. Peneliti menemukan bahwa ketika seseorang mengamati gerak tubuh orang lain, mereka dapat mengenali emosi sedih, marah, gembira, takut dll, bahkan ketika pengamatan hanya dilakukan dengan pencahayaan yang minim.

Ekspresi wajah juga merupakan penanda bagi kita untuk dapat mengetahui apa yang dipikirkan orang lain. Namun sayangnya, banyak dari kita yang tidak mampu untuk mendeteksi ekpresi ini. Salah satu sumber yang kaya akan penanda ini adalah mata seseorang; otot-otot di sekitar mata. Mata seseorang adalah sumber penanda yang paling kaya jika dibandingkan bagian lain yang ada di wajah. Contohnya: mata yang turun ketika sedih, terbuka lebar ketika takut, terlihat tidak fokus kala sedang berkhayal, menatap tajam penuh kecemburuan, atau menatap sekitarnya ketika tidak sabar.

Kita dapat semakin tahu pikiran orang lain dari komponen-komponen dalam percakapan—kata-kata, gerak tubuh, dan nada suara. Namun diantara ketiganya, Ickes menemukan bahwa isi pembicaraan menjadi komponen terpenting dalam membaca pikiran dengan baik.

Menjadi Pembaca Pikiran Ulung
Lalu, bagaimana kita bisa menjadi seorang pembaca pikiran yang lebih baik? Tim dari Psychology Today telah merumuskan beberapa hal yang bisa membantu kita membaca pikiran.

Kenalilah orang lain. “Kemampuan membaca pikiran akan meningkat, semakin kita mengenal lawan bicara kita,” kata William Ickes. Jika kita berinteraksi dengan seseorang selama kurang lebih sebulan, kita akan lebih mudah untuk mengenali apa yang ia pikirkan dan rasakan. Hal tersebut dapat terjadi karena: kita mampu mengartikan kata-kata dan tidakan orang lain dengan lebih tepat, setelah mengamatinya dalam berbagai situasi; kedua, kita mengetahui apa yang terjadi dalam hidup mereka, dan mampu menggunakan pengetahuan itu untuk memahami mereka dalam konteks yang lebih luas.

Minta umpan balik. Penelitian menunjukkan bahwa kita dapat meningkatkan kemampuan membaca dengan cara menanyakan kebenaran dari tebakan kita. Misalnya, “Saya mendengar, sepertinya Engkau sedang marah. Benar tidak?”

Perhatikan bagian atas dari wajah. Emosi yang palsu, biasanya diungkapkan pada bagian bawah wajah seseorang. Sedangkan, menurut Calin Prodan—profesor neurologi di University of Oklahoma Health Sciences Center, emosi utama bisa dilihat dari sebagian ke atas wajah, biasanya di sekitar mata.

Lebih ekspresif. Ekspresivitas emosi cenderung timbal balik. Ross Buck, “semakin kita ekspresif, semakin banyak pula kita akan mendapat informasi mengenai kondisi emosional dari orang lain di sekitar kita.”

Santai. Menurut Lavinia Plonka, pengarang Walking Your Talk, seseorang cenderung “menyamakan diri” dengan lawan bicaranya melalui postur tubuh dan pola napas. Jika anda merasa tegang, teman bicara anda bisa saja, secara tak sadar, menjadi tegang pula lalu terhambat, dan akhirnya menjadi sulit untuk dibaca. Ambillah napas panjang, senyumlah, dan coba untuk menampilkan keterbukaan dan penerimaan kepada siapapun yang bersama anda.

Tinjauan Kritis
Perlu kita ingat, bahwa ekspresi emosi bisa berbeda di berbagai budaya. Ekspresi sedih di satu budaya, bisa jadi diinterpretasikan sebagai emosi lain di budaya lain. Jadi jika ingin membaca seseorang, kita perlu memperhatikan pula unsur budaya yang berlaku di tempat tinggal orang itu, jangan sampai salah menebak, atau bahkan memicu terjadinya kesalahpahaman.

Kita juga tak bisa mengesampingkan fenomena membaca pikiran ini sebagai sebuah fenomena yang biasa diasosisasikan dengan kemampuan supranatural, sebab percaya tidak percaya, memang ada orang-orang yang memiliki kemampuan untuk membaca pikiran yang sulit dijelaskan ilmu pengetahuan. Setidaknya penulis telah menemukan beberapa orang dengan kemampuan membaca pikiran, yang bahkan mampu melihat masa depan dan berbagai macam hal yang sulit diterima nalar.

Sumber Pustaka

Mind Reading – Psychology Today

How To Be a Better Mind Reader – Psychology Today

About these ads
182 Komentar leave one →
  1. Rabu, 26 Desember 2007 7:05 am

    Wah.. akhirnya ditulis juga nih.. Udah lama denger katanya niat mau nulis tentang ini.. hehe..

    Baca pikiran? wow mimpi gua dari dulu neh.. apalagi baca pikiran cewek.. hahaha.. Bener ga sih kalo gua pikir bahwa konflik yang terjadi dalam hidup manusia sebagian besar terjadi karena ‘salah baca’ karena tidak semua orang jago dalam mengekspresikan dan membaca pikiran dalam kata-kata atau ekspresi tubuh..

    Pertanyaan : Benarkah tipa-tiap orang memiliki ‘aura pribadi’ khusus yang membedakan ‘proses pembacaannya’ dari orang lain? maksudnya ada orang-orang yang mudah dibaca, ada yang tidak, ada yang gampang disenangi, ada yang mudah banget dibenci..

    hehehe,,, iseng-iseng di pagi hari..

  2. Rabu, 26 Desember 2007 8:37 am

    @HaSan
    tentang konflik karena ‘salah baca'; hal itu sangat mungkin terjadi ;)
    Tentang ‘aura pribadi'; Saya belum tahu ada penelitian seperti itu. Namun jika dilihat pada situasi nyata, memang ada orang-orang yang seperti anda bilang. Hal itu, menurut saya pribadi dipengaruhi 2 faktor : kemampuan si pembaca [semakin berkembang, ada kemungkinan tebakan semakin benar]dan juga keterbukaan dari yang dibaca [jika seseorang resisten untuk dibaca, sangat mungkin orang lain mengalami kesulitan dalam membacanya].
    Ada tambahan?

  3. jendelahatiku permalink
    Rabu, 26 Desember 2007 11:02 am

    Bagus, tulis lagi yang lain, ditunggu

  4. Rabu, 26 Desember 2007 1:25 pm

    ada tambahan nih..

    ajarin dong cara baca oknum yang sekarang.. bingung gua! hahahahaha

    piss!

  5. Rabu, 26 Desember 2007 7:37 pm

    Kalau 7 pendekar KPK dibekali ilmu ini, niscaya akan banyak koruptor yang akan terbongkar kedoknya. Apa iya bisa :?:

  6. Rabu, 26 Desember 2007 10:44 pm

    Wow! Artikel ini keren abis! Beneran kyknya sih… bisa membaca pikiran orang… wow! weleh-weleh, I <3 artikel ini! :) :)

  7. Jumat, 28 Desember 2007 8:44 am

    Bagus sekali. Karena pekerjaanku saya juga mendapat pelatihan untuk mengenal karakter seseorang…dan yang sulit, karakter ini bisa berubah karena lingkungan.

    Tapi benar juga, jika kita santai, melihat gaya tubuh, ekspresi…akan memudahkan kita berkomunikasi.
    Thanks sharingnya, menambah wawasan saya.

  8. Sabtu, 29 Desember 2007 8:01 pm

    BISA GAK YA MEMPELAJARI MIND READING YANG KAYAK PARANORMAL GITU, ASYIK TUH, APA CUMA BAGI YG BERBAKAT DOANG?

  9. redgranite permalink
    Selasa, 1 Januari 2008 5:26 pm

    Saya senang bisa membaca artikel ini karena
    dalam bahasan ini Saya bisa mendapatkan
    jawaban dari rasa keingintahuan Saya dan Saya
    punya pengalaman akan hal ini dimana Saya
    mudah untuk membaca pikiran orang-orang
    terutama teman-teman Saya … awalnya Saya
    bingung kenapa Saya bisa seperti ini dan setelah
    membaca ini akhirnya Saya mulai paham akan
    hal membaca pikiran dan perasaan

    Yang Saya ingin tanyakan adalah bagaimana contoh
    kaitan antara kemampuan membaca pikiran ini
    dengan supranatural yang sulit dijelaskan oleh
    Ilmu pengetahuan ?

    Thnx before

  10. Selasa, 1 Januari 2008 7:04 pm

    @Lagaria
    Enatah ya, mungkin saja ‘berguru’ pada orang yang tepat, bisa membantu. Namun, menemukan orang yang tepat tersebut, menurut saya tidaklah mudah.

    @Redgranite
    Kaitannya seperti: hanya dengan melihat, seseorang bisa mengetahui sifat orang lain, tanpa perlu berinteraksi dengannya. Atau bahkan ia bisa lebih jauh daripada itu; seperti melihat masa lalu atau depan orang lain tersebut.

    Disini, walaupun mencoba seilmiah mungkin dalam berpendapat, tetap saja ada hal-hal yang ada di luar batas pemahaman saya. Contohnya seperti yang saya sebutkan diatas tadi.

  11. redgranite permalink
    Rabu, 2 Januari 2008 4:24 pm

    Oooh…begitu ya… Hmm…
    Thnx atas penjelasannya

  12. Senin, 7 Januari 2008 2:48 pm

    Apakah bisa membaca pikiran orang hanya dari komunikasi jarak jauh ?

  13. Senin, 7 Januari 2008 4:04 pm

    wah asyik juga nich

  14. Selasa, 8 Januari 2008 9:53 pm

    @Redgranite
    Sama-sama ;)

    @Oliveoile
    Sayang sekali, pengetahuan saya akan hal itu, masih terbatas. Komunikasi jarak jauh yang seperti apa? Apakah via telepon, surat, email atau apa?
    Jika melalui telepon, menurut saya masih memungkinkan. Seseorang bisa mengetahui keadaan orang lain dengan mendengarkan suaranya; nada suara, intonasi, kelancaran–terbata-bata atau tidak.
    Jika melalui surat atau email, mungkin bisa dilihat dari pemilihan kata-katanya [misalkan, seseorang lebih sering menggunakan kata umpatan lebih banyak dari biasanya, ketika sedang marah], atau dari penggunaan hurup kapital dan tanda seru.
    Namun semua itu, belum didukung oleh penelitian tertentu [setidaknya, hingga saat ini, saya belum pernah membacanya], sehingga masih perlu pembuktian lebih dahulu.

    @Heru
    Mengamati manusia memang mengasyikkan ;)

    @Jendelahatiku
    terimakasih, Saya akan coba menulis yang lain lagi ;)

    @Djunaedird
    Mungkin kita bisa mengetahui koruptor itu berbohong atau tidak, namun Saya rasa, hasil pembacaan tersebut tidaklah bisa dijadikan sebagai barang bukti [atau bisa juga?]

    @Ataner & Edratna
    Ur welkom ;)

  15. ayu permalink
    Rabu, 16 Januari 2008 12:04 pm

    Wah..wah…aku pengen banget bisa baca pikiran orang. Dari dulu dah aku pengen banget. Tapi sampek sekarang masih belum bisa tuh. hehehe

    Hai..hai..untuk semua yang udah bisa baca pikiran orang, bagi – bagi ceritanya donk. Kirimkan ke iniemailku@computermail.net
    Key!

  16. Sabtu, 26 Januari 2008 8:50 am

    Membaca pikiran mungkin sudah biasa, membaca hati, ada yang tahu tekniknya?

  17. Desta permalink
    Selasa, 5 Februari 2008 11:49 am

    Bahasan yang menariik..!
    Saya sangat setuju dengan pendapat bahwa membaca pikiran seseorang juga dipengaruhi oleh faktor budaya, selain itu menurut saya kesediaan seseorang untuk bisa terbuka juga menentukan keberhasilan kita dalam upaya mengenal sekaligus membaca pikiran seseorang, karena menurut pengalaman saya ada orang-orang tertentu yang memang memiliki kemampuan untuk menutup dirinya dengan baik bahkan dengan cara berActing.

  18. aer permalink
    Jumat, 15 Februari 2008 8:14 am

    sayah juga lagi benerbener pengen bisa baca pikiran orang..

    awalnya sih dari nonton serial tv jepang (dorama) Kurosagi, di salah satu episod ny dia bisa tahu apa kebiasaan seeorang, keadaan rumah, masalah yg sedang dihadapi, deelel.. hanya dengan melihat (atau lebih tepatny memperhatikan dgn cepat) orang tersebut.

    selaen cari artikel atau buku ttg mind reading, saiia juga coba belajar otodidak (dari pengalaman sendiri).. misalny mencoba efektif mengenali kondisi sekeliling atau sekedar merekam tiap kejadian kecil atau besar yg ada hubungan sebab akibat.. yah begitulah

    ada satu yg ingin saya tanyakan: apakah sama cold reading dengan mind reading? dan dalam bahasaindonesia cold reading apa ya istilahnya..

    -itsumobenkyou-

  19. Jumat, 15 Februari 2008 2:12 pm

    subhanallah sekali anda bisa menulis smpai sejauh itu,sehingga membuat diri saya sadar bahwa memang benar bukan hanya paranormal,psikologi,atau dukun yang bisa membaca pipkiran orang melainkan diri kita bisa,asal ada kemauan untuk berusaha dan yakin.sukses buat anda’

  20. RiNi permalink
    Minggu, 24 Februari 2008 11:22 am

    Wah..KreNz b9t neY,,9w p9n b9t jd pSik0LO9 sPya 9w bSa bLjr Lbh jaUh tT9 mMbca pKran oR9,iTu ciTa2 9w…

  21. Kamis, 6 Maret 2008 10:38 am

    wah…menarik sich topiknya..tp krng bnget materinya,klo bs dtambahin dech….kbtln ak kul ngmbil psikologi jd smkn bnyk materiny jd bs nambh2 ilmuq…cz ilmu khn bs dtng mana aj jd smuany bs dtmpung,bener g?! (^_^)

  22. SamSara permalink
    Jumat, 21 Maret 2008 11:51 pm

    “seandainya seluruh yang kita pikirkan sanggup diterjemahkan dalam satu kata, maka yang paling berhak mewakili kata itu adalah OTAK. Atau ada juga yang mengatakan sebagai AKAL! Namun dalam tindakan dan intensitas berpikir manusia, kedua kata tersebut mungkin terlalu ABSTRAK untuk bisa mewakili pikiran yang selama ini Qta sembah dan puja. Padahal dalam eksistensinya Qta tak sedang melakukan apa-apa, kecuali hanya sekedar meLAMUN atau mengHAYAL belaka. Lantas di manakah letak keabsahan Qta dalam menerjemahkan risalah berpikir dalam memikirkan sesuatu yang selama ini Qta anggap sebagai bagian dari pemikiran itu sendiri! Kalau Qta saja bingung menafsirkan apa yang sedang dan akan Qta pikirkan, bagaimana mungkin Qta dapat membaca pikiran yang sedang atau juga akan dipikirkan oleh orang lain?! Jadi… marilah Qta berpikir sekali lagi apa yang sedang dan akan anda pikirkan, seperti juga saya yang sedang dan akan terus memikirkan pikiran yang anda tuangkan saat ini! Understand…..”

  23. Malmsteen permalink
    Senin, 24 Maret 2008 8:32 am

    wuih, ga bisa di sebutin dengan kata – kata. t o p dah,, tapi bisa bantu saya gak, kira – kira gontoh kasus buat ekstensial apa ya

  24. herman permalink
    Sabtu, 29 Maret 2008 12:47 pm

    Kadang orang ada yang bisa sembunyikan apa yang sedang ia rasakan tapi mata tidak bisa bohong..
    yang di takutkan,karna kita terbiasa mengira ngira apa yang dipikirkan orang, bisa membuat kita stress sendiri..
    yah.. mungkin dengan latihan kita bisa baca pikiran orang yang lebih tajam, bukan mengira ngira lagi..

    http://www.lintasberita.com/Sains/Membaca_Pikiran_Orang_Lain_Dalam_Kehidupan_Sehari-hari/

  25. intan permalink
    Senin, 31 Maret 2008 4:32 pm

    untuk wawancara pekerjaan bagusnya gmana ya???

  26. sandy permalink
    Kamis, 3 April 2008 9:57 am

    Sebagai umat yg memiliki agama, kita bisa meng
    etahui isi pikiran ato apa yg kita ingin keta
    hui dari seseorang ato sekelompok sekalipun, dgn
    BERSUMPAH SESUAI AGAMA MASING2, apabila sese
    orang tsb berani untuk berbohong pada
    sumpahnya, kita kembalikan dgn kekuatan
    keyakinan kita, menurut saya pribadi.. setiap
    sumpah walau diucapkan dgn terpaksa akan
    TERJADI!! : )

  27. suku permalink
    Jumat, 4 April 2008 5:04 pm

    sebenernya bukan pikiran sih, menurut saya lebih tepat kita membaca mood, kalo pikiran terlalu luas. contohnya begini aja, ketika saya sedang menginterview seseorang untuk masuk kedlm perusahaan tempat saya bekerja saya cenderung melihat seperti apa kepribadiannya dengan body language yg dia lakukan. ada kok bukunya yang memang mgkn lmyn akurat dalam memprediksi kondisi mood seseorang contohnya ketika bicara matanya kemana, orang yang bagus adl menatap lawn bicara, kalo nunduk mengindikasikan kurang PD, mata ke kiri berarti oragnya lg ga fokus, ke kanan orgnya lgi mikir ngarang apa, hehe. demikian juga dengan gerakan tangan ada yg mengindikasikan sifat terbuka ato malah defensif. lebih ke feeling juga sih. haha malah nglantur. tapi ini artikel bagus, terusin yah!

  28. Minggu, 6 April 2008 10:30 am

    @1heart4love
    hati orang siapa yang tahu?

    @Aer
    maaf, saya mencoba memahami beberapa artikel mengenai cold reading, namun belum berhasil ;)

    @Erlisa
    Terima kasih. Sukses juga untuk Anda ;)

    @Rini
    Menjadi psikolog itu lebih dari sekedar hanya membaca pikiran (bahkan mata kuliah seperti itu pun tak ada). Mungkin Rini bisa cari tahu lebih lanjut tetntang psikolog itu apa ;)

    @Ita
    Setuju ;)

    @Samsara
    Saya juga sependapat, bahwa kita semua perlu mengetahui dulu apa yang kita pikirkan.

    @Malmsteen
    Ekstensial?

    @Intan
    Santai dan jangan berpura-pura. Toh, Anda ingin memperkenalkan diri Anda di hadapan pewawancara. Dengan Anda tidak berpura-pura, pewawancara akan bisa menentukan apakah Anda memang orang yang cocok untuk bekerja di posisi yang Anda lamar.

    @Suku
    Membaca bahasa non verbal (gestur tubuh misalnya) juga akan membantu ;)

  29. suku permalink
    Jumat, 18 April 2008 1:24 pm

    toso, puisinya baguss….boleh diadaptasi ga buat temen gw yang nikahan. sumber dicantumkan deuh, hehehe

  30. Jumat, 18 April 2008 7:13 pm

    @Suku
    Puisi yang mana ya?
    Jika disebutkan sumbernya, oke-oke saja ;)

  31. yono permalink
    Minggu, 20 April 2008 7:30 pm

    good explained

  32. Samsara permalink
    Sabtu, 3 Mei 2008 6:08 pm

    Setelah sekian lama merenung, ternyata banyak yang membingungkan di dunia ini. Pertanyaannya sekarang, apakah Tuhan menciptakan dimensi dan perank-pernik dunia ini dengan kebingungan-Nya pula? Mungkin dari sinilah titik awal manusia untuk memulai eksistensi pikiran dan pemikirannya. Selamat mencoba kebingungan anda!!! He… he… he….

  33. Senin, 5 Mei 2008 7:15 pm

    hay salam kenal semua

    apa benar ? ada yang bisa baca pikiran orang lain

    kebetulan saya punya teman bisa baca pikiran orang lain tapi saya bingung apa benar dia bisa baca pikiran orang lain tapi yang lebih bingung dia bisa nebak semua apa yang lagi saya pikirin gitu

    dan dya bisa bikin mental orang goyang gitu

    tapi saya makin bingung gitu klo beneran hebat tu orang dong

  34. Selasa, 6 Mei 2008 4:28 pm

    Saya newbie dalam psikologi ini. namun setelah membaca membaca artikel.saya sependapat dengan SUKU bahwamenurutku artikel ini bukan mind reading tapi emotion reading.karenay yang dijelaskan hanya kemampuan apakah orang itu sedang marah atau tidak. sedangkan jika mind reading, kita sudah mampu untuk membaca apa yang mereka pikirkan bukan mereka rasakan, misal saya akan pergi,saya akan datang,bukan saya sedang marah,saya sedang sedih.

  35. Kamis, 8 Mei 2008 5:01 pm

    aku yang pertama

  36. Jumat, 9 Mei 2008 8:03 am

    ho…..ho…ho

  37. indah permalink
    Sabtu, 24 Mei 2008 3:42 pm

    membaca pikiran orang?
    tulisan yang bagus neh…
    sering2 ja nulis yang kayak begini,penting untuk diketahui dan dipahami…

    sukses yach,,,

  38. Senin, 26 Mei 2008 1:32 pm

    ok

  39. Selasa, 3 Juni 2008 7:10 am

    Setidaknya penulis telah menemukan beberapa orang dengan kemampuan membaca pikiran, yang bahkan mampu melihat masa depan dan berbagai macam hal yang sulit diterima nalar.

    Bisa kasih referensi tentang orang-orang tersebut?

  40. fiqihsantoso permalink
    Senin, 9 Juni 2008 11:24 am

    Wah, dahsyat rumusan dari artikel ini. Secara tidak sadar sebenarnya kita telah banyak yah menerapkan tehnik2 membaca pikiran orang….Btw, saya feed di blog saya yah tulisan-tulisan disini. Nuhun

  41. Handy Yan permalink
    Selasa, 10 Juni 2008 5:20 pm

    Woooooooow, Thanks banget ni
    Atikel ini sangat membantu saya untuk meningkatkan
    kwalitas komunikasi saya.
    Saya tunggu artikel selanjutnya.
    Thanks

  42. azies permalink
    Rabu, 18 Juni 2008 12:17 pm

    I like with knowledge psychology, and I motivation with pray people study psychology . thank you very much…………. to your

  43. cly permalink
    Sabtu, 21 Juni 2008 9:03 pm

    wah qren……
    mau dunk ttg yg lainna

  44. rumahdamai permalink
    Kamis, 26 Juni 2008 6:34 am

    saya mungkin lebih menyukai dengan istilah “memahami orang lain”. karena what you think, what you say and that what you do…

  45. Selasa, 29 Juli 2008 7:16 pm

    Mantaf…

  46. Rukia permalink
    Senin, 27 Oktober 2008 2:58 pm

    aq minta ya buat referensi

  47. Selasa, 11 November 2008 11:53 am

    oke, gw setuju….

    lanjut……

  48. Rabu, 10 Desember 2008 1:49 pm

    mostam hp085243893105 siap menunggu anda untuk membaca pikiran anda

  49. azhar permalink
    Sabtu, 13 Desember 2008 1:12 pm

    ih bagus banget.

  50. Camelia permalink
    Minggu, 11 Januari 2009 3:03 am

    Maaf, apa anda bs mengetahui pkrn sseorang menyukai qt yg hanya dgn tgkh laku?klo bs tlg ksh ptnjknya.
    Thx

  51. aiya permalink
    Sabtu, 7 Februari 2009 6:54 pm

    hhhmmmm

    mind reader???
    jadi pengen neh..

    moga aja mank bisa jadi pembaca pikiran..
    jadi ga ketipu ma buaya darat..

    jd sisi positifnya qt bisa survive diantara para penipu2 ulung yang disebut dg pria…

  52. Minggu, 15 Februari 2009 2:46 pm

    mas aku copy ya, n tukeran link ya

  53. mhy kumell permalink
    Rabu, 11 Maret 2009 2:08 pm

    wew . keyen euy :)
    ntar gu mau baca pikiran tukang ayam agh ,….
    jjjaahhhhaaahaha xp)

    buat lu sukses iia ..

  54. Minggu, 15 Maret 2009 10:57 am

    Ini ada buku bagus di Laroci.com: http://laroci.com/nsv/products/Membaca-Pikiran-Orang-Seperti-Membaca-Buku.html

    Karya: David J. Lieberman

  55. chen star permalink
    Sabtu, 21 Maret 2009 11:54 am

    aku punya temen yg isa ngebaca pikiran orang…
    kira2 temen’ku itu emang punya bakat ato emang dia belajar sich???

    trus gmn sie blajar’nya biar isa ngebaca pikiran orang? sulit ga sie??? aku juga pengen sperti dia…

    lumayan kan… itung2 biar ga di boong’i ma buaya darat gitu…

  56. Jumat, 10 April 2009 12:07 pm

    wah, enak ya . . kalo bz bca pikiran org . . tp, kyakX Susah bwgt dech..aq sllu nyoba n hsilx biar gw aj yg tw deh.. read more

  57. lody permalink
    Selasa, 5 Mei 2009 5:46 pm

    membaca pikiran orang tuh susah- susah gampang, belajar dari orang yang trampil itu jauh lebih bagus

  58. Sabtu, 9 Mei 2009 11:40 am

    I this is a good article! I can learn how i read other mind! So someone can’t lie me. Thanks

  59. Minggu, 10 Mei 2009 1:10 pm

    cra bca pikran org tu gmn asi????????????

  60. Kamis, 4 Juni 2009 11:04 am

    baca pikiran orang lain mang aku tunggu, tolong kasih ilmu tentang itu, pasti aku ucapkan terima kasih yang banyak

  61. Minggu, 7 Juni 2009 2:41 pm

    bagaimana cara membaca pikiran org lain dgn gampang

  62. tommy permalink
    Senin, 8 Juni 2009 1:51 pm

    ad gak cara yang lebih mudah lagi???

  63. khindy permalink
    Rabu, 17 Juni 2009 3:08 pm

    kebetulan lg bingung nih..

    kenapa ya saya bs merasakan atau menilai seseorang namun sisi negatifnya yang lebih sering terlihat.
    kadang hanya dengan melihat, kadang ketika berjabat tangan, kadang setelah berbicara, namun ada orang2 yang tidak bisa terlihat.
    sebelumnya saya tidak pernah bermasalah dg hal tsb. tp saat ini saya baru sadar bahwa saya hanya punya sedikit teman dekat dan sahabat karna saya secara tidak langsung sudah membatasi kedekatan dg orang2 tertentu yang gambaran negatifnya dapat saya rasakan.
    kadang saya bs menilai kepribadian seseorang dari foto orang tersebut, yang ternyata ketika saya tanyakan pd orang yang dekat dg orang pd foto tersebut, gambaran dipikaran saya, benar atau sama dg kenyataan.
    kadang saya sedikit bisa merasakan sakit atau sedih orang lain ketika saya bersentuhan sedikit lebih lama dg orang yang saya perdulikan (saudara, sahabat atau orang yang saya perduli, walau orang tsb baru saya kenal namun saya ingin menolong orang tersebut).
    sebenarnya yg saya rasakan termasuk hal apa?
    mungkin banyak pertanyaan dibenak saya yg tidak bs diungkapkan, bingung.
    adakah referensi buku yang bs menjadi suplemen untuk kebingungan saya?
    tq

  64. khindy permalink
    Kamis, 18 Juni 2009 10:24 am

    komen yg kemaren. kirim lewat email yah. please
    tq

  65. Sabtu, 20 Juni 2009 10:41 am

    emang nya bisa ya dalam kehidupan sehari-hari?

  66. isma permalink
    Minggu, 28 Juni 2009 9:23 am

    q adlh termsk orng yang ska mengetahui kepribadian ssorng dn stlh q mngthui ini smw bs lbh mmbntu q tuk lbh luas lg q ucpkn trimakasih…………….

  67. Alone macho permalink
    Minggu, 5 Juli 2009 7:54 pm

    sukses trus…………..

  68. calvin chen permalink
    Senin, 6 Juli 2009 10:11 pm

    baca pkiran orang yaag ..

    y ,,
    menurut gua si . .
    ni menurut gua , ,

    y ,
    d situ mang d tulis tentng kenalin orng lain ,
    sbnar na si . .
    menurut gua . .
    buat kenal hati seseorng ga harus 1 bulan,
    ada orng yg lbh cepet ato lbh lama .

    ga bisa di itung pake waktu dah .
    scra ni persaan mnusia .
    misteri bgd buat d tebak . .

    hahahaha
    bkn sok tau . .

    y ,
    itu si menurut gua , ,

    tnang tulisan na bguss kook .
    kaga jelek . . .

  69. Rabu, 15 Juli 2009 8:53 pm

    thank sangat bermanfaat
    tulisannya ne

  70. vhe permalink
    Senin, 20 Juli 2009 3:27 pm

    saia sNanx BngeUdt bzz baCha artikeL nie , tapii mUNgkin saia kurang bza bgtu memahaminya . tolong penjelasannya eanx lbih deTaiL aGe ea…..
    thanx befOre…..

  71. Selasa, 21 Juli 2009 7:19 pm

    benarkah klw gitu aq pengeng bisa.

  72. leni oyenzaa permalink
    Kamis, 30 Juli 2009 12:21 pm

    hue,,,
    bleh tau g kelanjutannya
    heu ,,,
    klo bisa sich sedetil mgkin ..

  73. wahyu permalink
    Selasa, 4 Agustus 2009 1:03 pm

    Tema yang sangat bagus, btw bisa dapetin e-book tentang teme2 ni dimana ya…aku pengen tahu lebih banyak

  74. Senin, 17 Agustus 2009 6:34 pm

    bos aku mo nanya nih tentang cara menginterpretasikan gambar ajari donk yah kalo punya ebooknya bagi2 donk….. plis

  75. rohwisnu permalink
    Selasa, 18 Agustus 2009 5:16 am

    Konsentrasi, Pusat kan Pikiran, Ikuti dan dengar kan Suara hati berkata apa, Banyak berlatih, sering Meditasi

  76. Jabizri permalink
    Rabu, 9 September 2009 8:15 am

    Bagaimana dengan microexpressions?
    kalo ga salah sifatnya universal.. :?

  77. dHewi permalink
    Kamis, 17 September 2009 5:01 pm

    HEhE……………..
    tlong krim_in tips cra bca fkiran yang mudh d_phami………

  78. Senin, 28 September 2009 11:28 am

    sorry bkn na gw g mw baca………
    tpi bhasa na trlalu dalem…
    gw kan msi kecil umur 10
    heh
    gw ud baca dikit tpi susa kta2 na
    hehe

  79. Selasa, 29 September 2009 7:37 am

    itu bagus tapi orang2 di sini berharap tau cara membaca pikiran orang lain seperti psikolog

  80. Selasa, 29 September 2009 7:40 am

    eh ini vntuk nadar kalo pengen bisa mungkin bisa minta bantuan para normal

  81. Jumat, 2 Oktober 2009 3:36 pm

    wah susah juga nih baca-baca pikiran orank lain

  82. dHewi permalink
    Senin, 5 Oktober 2009 6:33 pm

    hehe,
    ajarin aQ biar bisa juga donk!!!!!!!
    aQ kpengen bisa juga baca pikiran orang lain,,,,,,,,,,,,

  83. yasir romero permalink
    Sabtu, 10 Oktober 2009 7:28 pm

    waw…
    bca pkiran orang,,,?
    kyaknya asyik buanget tuh.palagi pikirannya cwek,
    emang sih dri dlu pngen buanget bca pkiran orang, kyak psycholog gitu..
    because kita bisa tau apa kan yg di lakukan oleh rang laen, palagi orang itu ber maksud jahat….

  84. Sabtu, 17 Oktober 2009 11:57 am

    Wah bagus nie..
    Makasih uda diperbolehkan baca artikel ini.

  85. Kartika permalink
    Minggu, 18 Oktober 2009 2:27 pm

    Pada dsarnya, tiap orang punya kemampuan buat baca pikiran orang lain..tergantung orang itu mau mengembangkannya atau tidak..tp, gak menuntut kemungkinan ada orang yg punya kelebihan buat baca pikiran orang lain..
    thx before it…(“,)

  86. iwed permalink
    Selasa, 20 Oktober 2009 3:50 pm

    kadang aq merasa bs ngerti jalan pikiran org lain…atw cm kebetulan aja ya?????

  87. kasih permalink
    Sabtu, 24 Oktober 2009 5:24 am

    mana resensinya dunk ach cape deh :D

  88. yahya permalink
    Jumat, 30 Oktober 2009 1:34 pm

    ini bagus sekali. terima kasih atas informasinya.

  89. Minggu, 1 November 2009 8:04 am

    memang sedkit susah dalam melakukan hal itu, coaba-coba memang harus setelah membaca artikel ini,dan semuanya tinggal menunggu hasilnya..yah..wslm…pon-pes GUNUNG HIDEUNG..tasikmalaya sukarame..

  90. HAmindaLID permalink
    Minggu, 8 November 2009 4:44 pm

    lumayan lah
    smpi ngantuk bacax

  91. Rabu, 18 November 2009 7:33 pm

    Wah tulisannya menarik nih, thanks ya dah bagi2 ilmu…

  92. Sabtu, 28 November 2009 6:43 am

    tidak mudah membaca pikiran orang lain ternyata. apalagi orang yang mampu menutupi segala yang dirasakannya.

  93. abusina permalink
    Selasa, 5 Januari 2010 1:58 pm

    bagaimana dengan pemain watak ya ?

  94. nha_nech permalink
    Jumat, 22 Januari 2010 7:08 pm

    maybe…………..

  95. Senin, 25 Januari 2010 2:00 pm

    ini kn mashi secara global y…
    yg otomatis setiap org pst sec sengaja / tidak melakuknny.
    kalau yg lebih rincinya ada g?

  96. maria permalink
    Jumat, 29 Januari 2010 10:09 am

    wah gue bingung akir2 ini aq sering bisa ngerti apa yang dipikirin orang lain,,, walaupun belum pasti tapi itu emang yang terjadi,,,apalagi punya kemepuan lebih bikin semakin hari semakin bingung apa ini orang yang istimewa????

  97. irma muthiah permalink
    Sabtu, 20 Februari 2010 12:01 pm

    bagus skali saya mendapat wawsan tentang
    psikolog ini
    saya membutuhkan cara-cara membaca
    pikiran orang lain

    jaman sekarang kan banyak orang yg tertipu
    makanya saya perlu cara-cara itu
    saya jg berhati-hati dalam mengenal orang lain

    makasih..
    cara-cara’y..

  98. Beben permalink
    Minggu, 21 Februari 2010 1:17 pm

    mau tanya ne
    bagaimana cara mengetahui atau membaca pikiran orang lain jika melewati perantara akuselalu coba tapi susah bagt padahal aku anak psikolog
    kalo kontak langsung aku bisa tapi kalau lewat telp atau dari gaya tulisanaku tidak bisa.

    tlng krimke Email ku ych…..Thaxs before

  99. umahaya permalink
    Selasa, 23 Februari 2010 3:37 pm

    memang sich ya, kita nich dape komunikasi dengan orang kan lantaran bisa baca pikiran dia plus itu bisa jadi ilmu lho buat kita gimana selanjutnya kita menyikapi ketika dia bersikap demikian and seterusnya, good luck *met berjuang*

  100. Rabu, 24 Februari 2010 12:00 pm

    asyik juga klo emg benar bisa baca pikiran orang lain,,,
    apakah hal ini sudah pernah dicoba?
    klo memang sudah seberapa efektif cara ini? karena terkadang dalam membaca pikiran orang lain bisa salah juga, mungkin menurut saya seperti ini tapi sebenarnya orang yg saya baca pikirannya itu tidak seperti yg saya pikirkan.

  101. emiemiemi permalink
    Jumat, 26 Februari 2010 8:53 am

    bagus ,
    tapi intinya gimana cara baca pikiran orang kak ?
    ….

  102. Rabu, 3 Maret 2010 8:59 am

    berbagai tiori lahir dalam membaca pikiran orang, dari kesemua itu banyak perbedaan dalam kesamaan pemahaman. intinya membaca pikiran orang bukannlah hal yang mudah namun butuh latihan dan keseriusan. karena tidak seorang pun yang mampu membaca pikiran dengan sempurna. hanya Allah lah yang menguasainya….kita hanya menerka

  103. Kamis, 11 Maret 2010 2:31 pm

    Memang stiap mnuasia mmpunyai kkuatan trpandam dlam drinya yg blm di aktfjkn..apabila mnusia mmpu mengaksesnya,mka akan timbul kkuatan2 Dahsyat yg tak terduga sblumnya..

  104. Hifzy permalink
    Jumat, 19 Maret 2010 7:25 pm

    thanks ya udah ngasi informasi ,,,setelah baca artikel ini apa saya langsung baca pikiran orang g’ ya???

  105. produk gagal permalink
    Selasa, 30 Maret 2010 1:59 pm

    apa itu salah satu yang kumiliki???

  106. Nden Ayu permalink
    Kamis, 8 April 2010 1:01 pm

    Qra-Qra aku bisa g yah bca fikirn orang????

  107. Kamis, 8 April 2010 9:13 pm

    Semua orang bisa membaca orang.. asalkan dia mau berusaha untuk memperhatikan orang. memperhatikan ciri” orang tersebut.. seperti halnya Anda pendekatan sama seorang cewek..

  108. miranda permalink
    Kamis, 15 April 2010 10:13 pm

    membaca pikiran org…………kadang kala kita dpt mengetahui lewat pandangan mata,apa yg ada di dlm pikiran seseong,tp tidak di benarkan pandangan mata dpt mengetahui jalan pikiran seseorang,,,,,,,,,,,,,,,,,,wooooooooooooooow!!

  109. furqon permalink
    Selasa, 11 Mei 2010 2:07 pm

    sip

    terus la menulis………

  110. Rabu, 12 Mei 2010 3:29 pm

    bukan kekuatan ajaib ato apa… sebenernya hanya dengan mengontrol pikiran bisa gitu kok… sahabat gw bisa gt (real man) , katanya sich dilatih trus menerus, dan memperhatikan setiap gerak tubuh dsan mimik… itu bener loh… asli ga boong…

  111. tesa permalink
    Jumat, 14 Mei 2010 12:43 pm

    bgusSs,….nh aRtikel’n,,…^^
    kak,,..lw kita mw baca pikiran oRg yang plinplan gimana??..,,
    tolong kasih contoh-contoh’n y kak
    Trims^

  112. Derry permalink
    Senin, 24 Mei 2010 1:03 am

    baguss ya artikel’nha,,,

    boleh saya copy ni buad saya pelajari,,,
    hhe,,,

    aku juga 89% berhadpan dengan orang lain dengan cara membaca pikiran, expresi, bhasa tubuh, cara berbicara, dan kadang saya gag yakinn dengan perasaan saya sendiri, takutt salah, hhe,,,
    tapii kadang kala saya yakin, dan ittu benarr,,,
    yahh yg jelass saya haruss banyakk belajarr lagii,,,

    makasihh yaa,,,,

  113. fahry permalink
    Selasa, 1 Juni 2010 10:12 am

    ya mas tehnik membaca pikiran orang memang seperti yg anda ungkapkan… tapi bagi ereka yg tidak mempunyai bakat membaca tolong jangan melakukannya dari pada menimbulkan fitnah

  114. iqbal permalink
    Senin, 7 Juni 2010 11:38 am

    Tuhan sudah melengkapi diri kita, sebagai makhluk terhebat di alam semesta, dengan kemampuan-kemampuan metafisika yang bukan “tidak” tetapi belum dapat di ilmiahkan, misalnya ketika suatu hari, saya bersama keluarga sedang nonton T.V, kemudian saya bilang ke isteri saya untuk menyalakan lilin, padahal lampu sedang menyala, namun beberapa saat setelah lilin dinyalakan tiba-tiba mati lampu, namun hal seperti itu tidak sering terjadi. Jadi kenalilah semua potensi diri kita, pasrahkan dan lepaskan dari penjara logika yang selama ini mengurung kemampuan metafisika kita, termasuk membaca orang lain…..kita adalah makhluk sosial kawan, pasti kemampuan ini Tuhan sudah berikan sejak kita dilahirkan

  115. Sabtu, 17 Juli 2010 12:29 pm

    enak g’ enak mungkin ya….?

  116. Senin, 16 Agustus 2010 8:57 pm

    hmmmmmmmmmmmmmmmmmm
    Byk bgt yg nulis ttg ni,, Persis kata2nya, pada ngopy dmana ya,hehehe

  117. Rabu, 18 Agustus 2010 9:17 pm

    @Yui
    yang pasti, semua ngopi dari sini :D

  118. Sabtu, 18 September 2010 4:43 pm

    Pengen bisa membaca pikiran seseorang dari foto soa’l ya… Ada cwe cantik bgt tapi jauh dari rumah di medan.. Tolonglah kasih tau caranya ya…

  119. Minggu, 21 November 2010 10:13 pm

    Silakan kunjungi blog sehat di http://www.wisnuvegetarianorganic.wordpress.com/

  120. ilulllll permalink
    Selasa, 23 November 2010 9:24 am

    mantavv bangat artikel ini bisa jadi reprensi buat baca pikiran teman hahahaha

  121. Sob Pyyan permalink
    Sabtu, 27 November 2010 10:35 am

    Terimakasih Boanyak. Jadi Tambah Pengetahuan nih,,. Mohon Ijin Copy ke Otak saya yaaaa……..

  122. Kamis, 2 Desember 2010 4:23 am

    hehehe….. maaf tpi saya tidak setuju tntang pernyataan diatas…
    karna sejak lahir bayi(manusia) memang sudah dibekali insting… insting itu hasil memori pembawaan dari nenek moyangnya… jadi tidak perlu hrus belajar membaca pikiran orang dewasa…
    kalau anda masih ragu… buktinya adalah seorang bayi yg baru lahir akan menangis karna merasakan sakit… apakah dia sudah belajar menangis dari orang disekitarnya…???bukankah tidak…!!!
    bayi baru berumur beberapa jam saja tpi dia sudah mmpu meminum susu dari payu dara ibunya… apakah sudah ada yg mengajarkannya…???
    seekor anjing yg tak pernah berenang pun akan bisa berenang saat pertama kali dia berenang… dan saat anda tersinggung dengan kata2 saya ini apakah ada yg mengajarkan anda untuk tersinggung…..???
    trimakasih…

  123. Kamis, 2 Desember 2010 4:50 am

    dan yang pasti tidak ada manusia yg mampu membaca pikiran orang lain…
    adapun itu hanya insting untuk merasakan aura manusia… karna pikiran manusia itu kan bukan tulisan jadi ya ga bisa dibaca… orang yg bkin istilah ini ja dah salah kan…
    dan pikiran manusia itu kan bukan berbentuk suara… jd kan ga akan bisa didengar… yg bisa membaca pkiran kita hanya allah swt… bukankah sangat mengerikan bisa mengerti pikiran orang lain…
    bayangkan…!!! satu jam saja anda mendengarkan orang berbicara saja sudah lemas… apa lg anda bisa mengerti pkiran orang d skitarnya anda yg tak ada hentinya…
    bersyukurlah kt tdak mmpu mengerti pkiran orang lain…

  124. PUTRIManIez permalink
    Sabtu, 29 Januari 2011 11:08 pm

    oh,…. foto copy :)

  125. PUTRIManIez permalink
    Sabtu, 29 Januari 2011 11:12 pm

    ajarin,………………………………………………..dongggg :) :( ;)

  126. Jumat, 11 Februari 2011 9:01 pm

    Ka Toso : Ka apakah ka2 tau tentang itu semua , aku ingin sekali belajar baca pikiran orang tapi aku tidak tahu gimana caranya ?
    Apakah ka Toso tai tentang baca pikiran ..

  127. Jumat, 11 Februari 2011 9:05 pm

    plis ajarin gue dong .. :(

  128. indah permalink
    Senin, 14 Februari 2011 8:23 pm

    Selama ini saya selalu jadi tempat bercerita untuk org lain, seperti sahabat-sahabat, atau orang tua saya. Saya selalu mampu memberikan advice yg baik untuk mereka. Rasanya seperti membaca pikiran mereka. Saya merasa lega bisa membantu mereka, tetapi masalah mulai mengusik manakala saya yang butuh tempat untuk bercerita. Saya sulit menemukan orang yang bisa membantu saya.( rupanya saya merasa kesulitan mencari orang yang tepat, bahwa ternyata setiap orang tidak bisa berdiri sendiri )
    Setelah membaca artikel ini, saya menjadi semakin mengerti cara memahami orang lain, saya berharap akan ada lebih banyak lagi artikel tentang cara membaca orang lain, karena itu akan sangat membantu saya untuk membantu memahami sahabat-sahabat saya. Terimakasih ^^

  129. Senin, 21 Februari 2011 2:47 pm

    wah, artikelnya panjang juga yah..
    tpi asyik juga bacanya, yah lumayan aja nambah-nambah pengetahuan

  130. Jumat, 25 Februari 2011 11:00 am

    akhirnya saya mulai bisa membaca pikiran temen2…tx popsy

  131. fitri permalink
    Kamis, 14 April 2011 1:31 pm

    emmmmmm ternyata belajar psikologi itu asyikkkkkkk banget ya”””””””””

  132. Putri Poetrri Chutezz permalink
    Senin, 9 Mei 2011 6:45 pm

    bagus”,
    tingkatkan lgi yaaaaa

  133. dhieyla chaiiank kk gilang permalink
    Jumat, 13 Mei 2011 10:29 am

    ehmmmm,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,moga zha teknik nhui bza membantu kku wat membaca fikiran seseorang,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,dan melatih akku untuk jadi seorang psikolog,aMieeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeennnnnnnnnnnnn

  134. dhieyla chaiiank kk gilang permalink
    Jumat, 13 Mei 2011 10:33 am

    ehmmmm,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,moga zha teknik nhui bza membantu kku wat membaca fikiran seseorang,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,dan melatih akku untuk jadi seorang psikolog,aMieeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeennnnnnnnnnnnn ^_^

  135. tio permalink
    Selasa, 28 Juni 2011 10:48 am

    hahahahahha ini yg gw cari??baca lg akh kurang paham uy

  136. Minggu, 24 Juli 2011 6:44 pm

    ya mngkin bsa dcoba dan dpraktekkn…memng kebanyakan orang menunjukkn apa yng dpirkn lwat expresi wajah dan gerak tbuhnya….soalnya aku juga sering memperhatikn orang2 yang ada dskitarku…dan memang bisa terbaca walaupn cuma scara luarny aj…..

  137. Sabtu, 3 September 2011 10:02 am

    sangat bermanfaat., bakal saya pelajari…
    hehe…

  138. wonk belajar permalink
    Sabtu, 3 September 2011 11:12 am

    terima kasih. semoga bermanfa’at untuk semua. khusunya untuk sy pribadi..

  139. barrels permalink
    Kamis, 22 September 2011 3:53 am

    huy toso udh hampir 1th ko ngak bersuar kemana aja???
    terakir nulis blok ini : Rabu, 18 Agustus 2010 9:17 pm

  140. Sabtu, 24 September 2011 2:34 pm

    tulis lagi ya…

  141. kojo permalink
    Sabtu, 24 September 2011 8:45 pm

    bagai mana cara membaca pikiran bawahan

  142. Senin, 10 Oktober 2011 5:31 pm

    kalo biar pikiran kita tidak bisa di baca orang lain gimana Friend ?? :)
    message yah ke http://www.facebook.com/fandy.syahreza25
    please coz ada orng yg punya ilmu sprti itu menjelek-jelekan saya !!
    mohon bantuannya ..

  143. Sabtu, 22 Oktober 2011 9:37 pm

    tulis yg lain lgii..
    thanks udah tambah pengetahuan saya

  144. Minggu, 23 Oktober 2011 11:00 am

    sebenarnya ini merupakan science
    yang semua org dapat belajar itu..

  145. bagol permalink
    Minggu, 13 November 2011 7:16 pm

    saya mersa senang ketika saya membaca artikel,a karena didalamnya menyangkut dalam kehidupan sehari hari,,ketika bertemu seseorang,,berinteraksi,,kita juga perlu memahami kondisi atau karakter seseorang..

  146. mili permalink
    Minggu, 20 November 2011 12:49 am

    kaka..bisa gak karna bakat dari lahir..
    bagaimana mengasahnya kalo kita punya bakat dari lahir bisa baca karakter org dari cara kita berinteraksi dng dia. makasi.

  147. clara permalink
    Jumat, 25 November 2011 11:34 am

    Baru baca pengen lakuin deh

  148. eva.kurnaenia permalink
    Selasa, 6 Desember 2011 6:47 am

    Wahc bAca pikiran orang lain..Dri dlu pngen bnget..Tpi dijelasinny agar lebh detail yahc.,

  149. leziii permalink
    Rabu, 7 Desember 2011 7:57 pm

    eemmm aku pngen dech bisa bca pikiran orang………………. tpi aph mukin bsa terwujud………

  150. achmad Izhan permalink
    Minggu, 11 Desember 2011 9:48 am

    orng yg bisa membaca pikiran org lain,,adalah org yg ga normal lagi..bisa-bisa kelebihannya itu bisa mencelakai dirinya sendiri.mendingan jd org normal ja yach, perasaan tenang tanpa beban

  151. aiman permalink
    Senin, 19 Desember 2011 8:30 pm

    gk ngerti cara nya gimana!

  152. nurliana permalink
    Kamis, 5 Januari 2012 7:05 pm

    wah, asyik juga nih bisa baca pikiran orang…soalnya kejahatan sudah banyak, apalagi rekan ssendiri…boleh gak dipakai buat memahami anak-anak?

  153. Jumat, 10 Februari 2012 3:38 pm

    aneh juga yaaaaaaaaaaaaaa

  154. Senin, 10 September 2012 9:59 pm

    untuk mengenali bahasa tubuh manusia dan pemikir ran nya atau pun sgla tentang ke pribadian nya klau mnurut saya trgantung pada pola pemikir ran kita

  155. Jumat, 25 Januari 2013 9:31 am

    wah kren nih….
    sukses trus ye gan, :)

  156. Bedjo permalink
    Senin, 18 Februari 2013 10:47 pm

    Askum..
    Mnurut sy, Utk membaca pikiran orang lain atau lebih jelasnya memahami orang lain, kita harus mengadakan proses komunikasi dg org tsb.
    Jaman banyak merubah pemikiran kita dan pola pikir stiap orang, jadi komunikasi perlu kalo anda smua ingin membaca pikiran org lain.
    Klo cuma menduga duga itu yg bisa berbahaya, krn apa yg kita pikirkan terkadang hanya praduga belaka.. Yg belum syah kebenarannya.
    Pesan saya klo mau memahami org lain lain harus perbanyak komunikasi dg dia.
    Dg sendirinya insting kita yg akan menguraikan bagaimana org tsb klo pengen lgsung tau itu susah, org yg sangar penampilannya blum tentu dia punya niat jahat.
    Klo takut berkomunikasi ya udah gausah hidup. Heheh

    #artikelnya bagus mas.. Lanjutkan lah..^^
    Banyak plajaran positifnya.. Keren…!

  157. C'tullohthea nuteresepjanji permalink
    Jumat, 22 Februari 2013 6:45 pm

    Hmm kalo saya kebnyakan tau sifat orang ,hnya dngan melihat muka ,tingkalaku, keperibadian bisa di liht cuma dri muka ,and kadang kadang pke fling ,tapi semua yg di tebk bner , nah yg bgt d sbt nya apa

  158. Remie permalink
    Kamis, 28 Februari 2013 12:45 pm

    Saya masih anak SMA kelas 2 …
    Dan saya ingin menguasai dan mempelajari tentang ilmu jiwa dalam membaca dan mendeteksi pikiran orang dalam kehidupan sehari hari…
    Saya belum begitu banyak mengerti dan memahami cara membaca pikiran orang…tetapi yg harus kita ketahui adalah cara membaca pikiran orang lain dari raut ekspresi wajah ,mata ,cara bicara dan juga tingkah laku seseorang…
    Jd pemahaman ini saya pelajari sedikit demi sedikit…dan menjadi pengetahuan saya di bidang pisikologi…kadang saya menuji teman untuk curhat mengetahui isi hati nya,,,tapi tat kala berhasil dan sebelum nya saya mencoba untuk memahami bagaimana dya ngomong dan ekspresi wajah n mata nya bagaimana ,,,dan tingkah laku dya seperti apa…naahh ,,,jd dari situ kita tahu apa yg terjadi pada diri nya dan apa yg dya pikir kan pada saat itu

    nah sekian dari informasi saya tentang ilmu jiwa manusia..bagi bagi ilmu lain yuuukkk….

  159. Roger Gusmao permalink
    Jumat, 1 Maret 2013 8:03 am

    menambah wawasan

  160. sintya permalink
    Senin, 15 April 2013 3:59 pm

    mungkin ini lebih tepatnya Memahami karakter seseorang kali ya,,memang sulit tapi dengan kesulitan itulah petualangan kita dimulai hehehe,,,, saya suka sekali memahami karakter seseorang dengan gaya tubuh,mimik muka,dan ucapan….
    kalau untuk membaca pikiran seseorang itu sepertinya harus belajar lebih banyak lagi kalo memang tidak punya bakat agak sulit,..
    saya punya pertanyaan mas toso? kalau kita mengetahui apa yang akan terjadi kelak dan kejadian itu benar?apa itu namanya membaca pikirran atau sixsence???

  161. Senin, 29 April 2013 5:50 pm

    Greate pieces. Keep posting such kind of info on your site.
    Im really impressed by it.
    Hey there, You’ve performed a fantastic job. I’ll definitely
    digg it and in my opinion suggest to my friends. I am sure they’ll be benefited from this site.

  162. Sabtu, 4 Mei 2013 11:13 am

    Bagus Juga artikelnya

  163. Sabtu, 4 Mei 2013 11:15 am

    Boleh Juga bisa di coba nih

  164. Sabtu, 4 Mei 2013 11:15 am

    Ok

  165. Kamis, 6 Juni 2013 2:17 am

    weeesss
    cuusss
    cakep
    sejajr dengan kehidupan sehari” ,, yah cmn satu,
    mungkin bukan membaca pikiran orang lain ;)
    nmun melihat daya emosi mereka :)
    knpa, keadaan emosinya gmn, dan tingkah lakunya gmn :)
    karna membaca pikiran bukan tugas manusia :)
    manusia hanya menilai . . .

    karna jika manusia bisa saling membaca pikiran ,,,
    apa yang kan terjadi ??
    perselisihan mungkin !

    tingkatkan :)

  166. iwan tidung permalink
    Sabtu, 13 Juli 2013 10:21 pm

    Numpang menyimak aja dulu…

  167. iwan tidung permalink
    Sabtu, 13 Juli 2013 10:23 pm

    Mungkin membaca perasaan…

  168. L,a,p permalink
    Minggu, 13 Oktober 2013 8:48 am

    Tlng ajarin donk

  169. TULUS permalink
    Selasa, 15 Oktober 2013 9:56 pm

    Asyik juga nih artikel,,smga bermanfaat bagi kita semua

  170. TULUS GULTOM permalink
    Selasa, 15 Oktober 2013 9:58 pm

    ADD FACEBOOK SAYA YA DI TULUS GULTOM

  171. Jumat, 14 Maret 2014 7:12 pm

    IIT coaching means lots of hard work, extreme concentration and no distractions.
    I’ve visited that house half a dozen times during my tenure in
    this part of the world and it is at the top of my list for tourists to visit while in Bangkok.
    Selecting a excellent colour scheme will get your design venture on the suitable monitor.

  172. @ahmadrizal_5 permalink
    Selasa, 25 Maret 2014 2:55 pm

    paling susah nebak pikiran politikus. karna dia bisa nyembunyiin kebohongannya dengan baik

  173. Kamis, 3 April 2014 10:37 am

    Halo, saya mau bilang ini sungguhan terjadi, orang-orang merespon apa yang saya pikir dan saya katakan dalam benak saya. Apakah ini nyata atau khayalan? Saya juga bisa tanpa sadar mengendalikan perilaku dan perkataan seseorang sesuai dengan apa yang saya pikirkan, sayangnya masih tanpa sadar. Apakah ini normal atau abnormal? Kalau memang benar saya mau dijadikan objek penelitian para psikolog. Trims

  174. Sabtu, 19 April 2014 2:21 pm

    Waaah, udah lama gue pengen baca2 tentang “membaca pikiran seseorang” tapi gak sempet2.
    Dan baru 2x gue baca, yg pertama udah setahun yg lalu, allhamdulillah gue udah ada perubahan dalam “membaca pikiran seseorang” sampe sekarang gue masih ngembangin ilmu ini yg lebih mendalam lagi.
    Dan postingan ini gue rasa dapet nilai sempurna. :-D
    .
    Thanks gan postingannya bikin gue tambah banyak berfikir tentang “kehidupan manusia didunia” dan bikin gue pengen mempelajari kehidupan2 yg ada didunia.,.
    Sekali lagi thanks. . ;-)

  175. Sabtu, 19 April 2014 8:39 pm

    Salam Mas Rahmad, kayaknya boleh nih di sharing-sharing cara mengatasinya? :)
    Kebetulan saya juga lagi mendalami dan mengalami masalah yang sama, kalau boleh sharing-sharing via email bagaimana?

    Apa sebenarnya pikiran kita benar-benar ‘didengar’ oleh seseorang? atau itu hanya pantulan pikiran kita saja yang beranggapan begitu? mohon diskusinya sebagai pencerahan :)

    Apa sebaiknya itu dikendalikan atau dibiarkan saja?

    Maaf merepotkan, mohon bantuannya :)

    Terima kasih

  176. ratna permalink
    Kamis, 8 Mei 2014 7:11 pm

    aku mau tanya kalau baca kejiwaan sendiri gimana ya?
    bisa engga
    soalnya menurutku hal yang sukar bagi orang yang bisa membaca kejiwaan orang lain adalah membaca kejiwaan sendiri. apalgi saat dia masih puberitas saat itu adalah saat-saat orang labil. sehingga mereka bingung mana yang sesungguhnya ia dan mana yang sebenarnya bukan dia. terimakasih

  177. bordi permalink
    Senin, 11 Agustus 2014 5:59 am

    Saya sudah baca dan artikel ini bagus bangeeet… kemampuan membaca pikiran memank sudah tertanam diwaktu kita kecil. Orang yang mampu membaca pemikiran orang lain dengan cepat, berarti orang itu memiliki supranatural membaca pikiran
    Saya mau bertanya donk. Bagaimana cara kita mengetahui seseorang ini bisa membaca pemikiran kita….?? Dan bagaimana caranya agar kita tidak bisa dibaca oleh seorang Psikolog atau sejenis nya….??
    Terimakasih ^_^

  178. Senin, 11 Agustus 2014 8:37 pm

    @bordi akhir-akhir ini saya mengadakan sebuah penelitian kecil. Dari pengakuan orang-orang yang mengatakan bahwa pikiran mereka bisa dibaca, mereka ini memiliki pengalaman terisolir dari kehidupan sosial mereka dalam waktu yang cukup lama, dan kebiasaan mereka berbicara dengan diri sendiri, sehingga tanpa sadar mereka berbicara dengan pikiran mereka. Semakin lama mereka larut dan akrab dengan pikiran mereka semakin besar frekuensi dan volume yang dipancarkan pikiran kita keluar, sehingga orang lain bisa mendengarkan suara pikiran kita. Satu-satunya cara adalah kembali bergaul dan bersosialisasi kembali layaknya orang lain dan menyesuaikan frekuensi dan volume suara pikiran kita hingga kembali ke normal sama dengan orang lain, memang sulit pada awalnya, banyak penolakan dan banyak org terganggu dengan suara pikiran kita, tetapi lama kelamaan kita bisa mengukur berapa frekuensi dan volume suara pikiran yang normal, sehingga tidak bisa lag dibaca pikirannya. Satu hal lagi yang paling penting adalah membiasakan diri berpikir positif, karena manusia cenderung lebih sensitif dengan pikiran negatif dibanding pikiran positif :) . Maaf penjelasaanya banyak, hehe. Terimakasih. Selamat Mencoba. Semoga bermanfaat.

  179. Alif permalink
    Rabu, 27 Agustus 2014 6:27 pm

    Hal ini selalu saya harapkan bisa membaca pikiran orang… biar tau baik buruknya orang yang dekat dengan saya… semoga sya cepat bisa dechhh

  180. steffan liguardi p s permalink
    Selasa, 16 September 2014 12:18 pm

    habis baca artikel ini, saya sangat tertarik untuk mempelajari membaca fikiran orang lain. thanks

Trackbacks

  1. Jadi deddy Corbuzier enak ga ya? « Nanonina’s love Weblog
  2. membaca fikiran orang lain | membaca fikiran orang lain

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 287 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: