Skip to content

10 ‘Kepribadian Ganda’ Orang-Orang Kreatif

Minggu, 14 September 2008

Beberapa orang kreatif itu memang juga sekaligus gila, tapi tentu tidak semuanya. Rasanya kita tahu beberapa kisah mengenai tokoh-tokoh kreatif yang sebenarnya baik-baik saja, tapi pada awal karirnya dikira kurang waras atau pada masa kecilnya malah dianggap agak idiot. Hingga kini, bahkan ekspresi kekaguman kita terhadap manusia semacam ini berbentuk gelengan kepala yang menunjukkan sejumput rasa tidak percaya dan tidak mengerti. Apa yang membuat kita sulit sekali untuk memahami mereka?

Menurut Mihaly Csikszentmihalyi, seorang pakar kreativitas yang telah 30 tahun meneliti kehidupan orang-orang kreatif, kesalahpahaman dalam menghadapi mereka sering timbul karena pada dasarnya individu yang kreatif memang memiliki kepribadian yang lebih kompleks dibanding orang lain. Jika kepribadian manusia biasa pada umumnya memiliki kecenderungan ke arah tertentu, maka kepribadian orang kreatif terdiri dari sifat-sifat berlawanan yang terus-menerus ‘bertarung’, tapi di sisi lain juga hidup berdampingan dalam satu tubuh. Apa saja sifat-sifat kontradiktif mereka?

Orang-orang kreatif memiliki tingkat energi yang tinggi, tapi mereka juga membutuhkan waktu lama untuk beristirahat. Mereka tahan berkonsentrasi dalam waktu yang lama tanpa merasa jenuh, lapar, atau gatal-gatal karena belum mandi. Tapi begitu sudah selesai, mereka juga bisa menghabiskan waktu berhari-hari untuk mengisi ulang tenaga mereka; Di mata orang luar, mereka jadi terlihat seperti orang termalas di dunia.

Orang-orang kreatif pada umumnya juga cerdas, tapi di sisi lain mereka tidak segan-segan untuk berpikir ala orang goblok dalam memandang persoalan. Ketimbang terpaku sejak awal pada satu macam penyelesaian (‘cara yang benar’), mereka memulai pemecahan masalah dengan berpikir divergen: Mengeluarkan sebanyak mungkin dan seberagam mungkin ide yang terpikir, tak peduli betapa bodoh kedengarannya.

Orang-orang kreatif adalah orang yang playful, tapi mereka juga penuh disiplin dan ketekunan. Tidak seperti dewasa lainnya yang melihat dunia dengan kacamata super-serius, orang-orang kreatif memandang bidang peminatan mereka seperti taman ria. Mereka melakukan pekerjaannya dengan begitu antusias sehingga terkesan seperti sedang bermain-main, padahal sebenarnya mereka juga bekerja keras mewujudkan ‘mainannya’.

Pikiran orang-orang kreatif selalu penuh imajinasi dan fantasi, tapi mereka juga tak lupa untuk tetap kembali ke realitas. Mereka mampu menelurkan ide-ide gila yang belum pernah tercetus oleh 6 milyar manusia lain, tapi yang membuat mereka bukan sekedar pemimpi di siang bolong adalah usaha mereka untuk menjembatani dunia khayalan mereka dengan kenyataan sehingga orang lain bisa ikut mengerti dan menikmatinya.

Orang-orang kreatif cenderung bersifat introvert dan ekstrovert. Pada kebanyakan orang lain, biasanya ada satu sifat yang cenderung lebih mendominasi perilakunya sehari-hari, tapi kedua sifat itu tampaknya muncul dalam porsi yang setara pada orang-orang kreatif. Mereka sangat menikmati baik pergaulan dengan orang lain (terutama dengan orang-orang kreatif lain yang sehobi) maupun kesendirian total ketika mengerjakan sesuatu.

Orang-orang kreatif biasanya rendah hati, namun juga bangga akan pencapaiannya. Mereka sadar bahwa ide-ide mereka tidak muncul begitu saja, melainkan hasil olahan inspirasi dan pengetahuan yang diperoleh dari lingkungan dan tokoh-tokoh kreatif yang menjadi panutan mereka. Mereka juga terfokus pada rencana masa depan atau pekerjaan saat ini sehingga prestasi di masa lalu tidak sebegitu berartinya bagi mereka.

Orang-orang kreatif adalah androgini; Mereka mendobrak batas-batas yang kaku dari stereotipe gender mereka. Laki-laki yang kreatif biasanya lebih sensitif dan kurang agresif dibanding laki-laki lain yang tidak begitu kreatif, sementara perempuan yang kreatif juga lebih dominan dan ‘keras’ dibanding perempuan pada umumnya.

Orang-orang kreatif adalah pemberontak, tapi pada saat yang sama mereka tetap menghargai tradisi lama. Tentu sulit menyematkan nilai kreativitas pada sebuah teori atau karya yang tidak mengandung sesuatu yang baru, tapi orang-orang kreatif tidak ingin membuat sesuatu yang sekedar berbeda dari yang sudah ada; Ada unsur ‘perbaikan’ atau ‘peningkatan’ yang harus dipenuhi, dan itu hanya bisa dilakukan setelah orang-orang kreatif cukup memahami aturan-aturan dasarnya untuk bisa menerabasnya.

Orang-orang kreatif sangat bersemangat mendalami pekerjaannya, tapi mereka juga bisa sangat obyektif menilai hasilnya. Tanpa hasrat yang menggebu-gebu, mereka mungkin sudah menyerah sebelum sempat mewujudkan ide kreatif mereka yang sulit dinyatakan, tapi mereka juga tidak dapat menghasilkan sesuatu yang benar-benar hebat tanpa kemampuan untuk mengkritik diri dan karya sendiri habis-habisan.

Orang-orang kreatif pada umumnya lebih terbuka terhadap hal-hal baru dan sensitif pada lingkungan. Sifat ini menyenangkan mereka (karena mendukung proses kreatif), tapi juga membuat mereka sering gelisah -bahkan menderita. Sesuatu yang tidak beres di sekitar mereka, kritik dan cemooh terhadap hasil karya, atau pencapaian yang tidak dihargai sebagaimana mestinya, hal-hal ini mengganggu orang kreatif lebih dari orang biasa.

Sumber:

The Creative Personality – Psychology Today

About these ads
60 Komentar leave one →
  1. Senin, 15 September 2008 7:47 am

    Hohoho… sangat inspiratif.
    *belajar jadi kreatif*

  2. Senin, 15 September 2008 2:07 pm

    Artikel di blog ini sangat bagus dan berguna bagi para pembaca. Agar lebih populer, Anda bisa mempromosikan artikel Anda di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di seluruh Indonesia. promosikan artikel anda di infoGue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema, game online & kamus untuk para netter Indonesia. Salam!

    http://psikologi.infogue.com/10_kepribadian_ganda_orang_orang_kreatif

  3. Senin, 15 September 2008 3:52 pm

    Apakah .. tingkat kreativitasan seorang kreatif akan menurun sejalan dengan waktu bu?

  4. Senin, 15 September 2008 7:10 pm

    sekian kombinasi yang aneh, dan jika terkumpul pada seseorang, mungkin lingkungannya akan kewalahan :)

  5. Senin, 15 September 2008 8:55 pm

    wahh keren. saya jadi merasa. hehe. tapi apa orang yang kreatif selalu sukses? kebanyakan dalam hal apa sih orang2 ini sukses?

  6. rachmat efendi, Inc. permalink
    Senin, 15 September 2008 9:28 pm

    wah…,saya banged tuh…

  7. Selasa, 16 September 2008 12:06 am

    semuanya deh kayaknya. haha haha

  8. Selasa, 16 September 2008 5:13 pm

    hadirilah muktamar blogger ke II dg tema BLOGGING FOR WIT-WITAN……

    Cek infona di link kami ini

  9. tenzen permalink
    Selasa, 16 September 2008 7:13 pm

    hmmmm kayak saya wkwkwkwkwkwk

  10. Rabu, 17 September 2008 12:44 am

    jadi untuk jadi kreatif harus memiliki salah satu kepribadian tersebut bu yah?

  11. Rabu, 17 September 2008 5:13 pm

    Jadi kreatif itu susah ya bu ….. kebanyakan perilaku bawaannya …

  12. Kamis, 18 September 2008 9:44 am

    Asal jangan kreatif tidak pada tempatnya hehehe…. Kalau ‘pendaurulangan daging sampah’ itu bisa disebut kreatif nggak ya?? :mrgreen:

  13. Kamis, 18 September 2008 10:19 am

    berarti memang benar dong, bisa disebut gila
    kira2 sudah ada suatu badan atau lembaga yang menampung orang-orang kreatif dangan kepribaiannya gak ?
    saya pikir, klo diarahkan dan dimanfaatkan, bisa merobah indonesia ke arah yg lebih baik tuh ??

    http://rapmengkel.wordpress.com

  14. arkq permalink
    Kamis, 18 September 2008 1:31 pm

    kurang up to date….

  15. AffanRiza permalink
    Sabtu, 20 September 2008 8:55 pm

    hmm,berarti org kreatik=plinplan?
    tidak bisa menerangkan sapa dirinya,jadi apa gunanya orang yang tidak bisa menerngkan sapa dirinya..

  16. Senin, 22 September 2008 10:26 am

    keren… ada beberapa point seperti saya :)

  17. scarion permalink
    Rabu, 24 September 2008 9:34 pm

    kok semua kepribadian itu cocok sama ay? Oh, ternyata ay ini orang kreatif ya…hahhaaha!

    *peace om

  18. fruitsofmind permalink
    Sabtu, 27 September 2008 2:00 pm

    wah. keren. keren bgt. gw bahkan nemuin hampir semua sifat gw dsitu. 8/10 ada lah. apa gw termasuk makhluk yg kreatif? ato sekedar kekanak2an. hehe. tengkiu popsy! atas post yg bermutunya.

  19. Jabizri permalink
    Sabtu, 27 September 2008 5:40 pm

    Menarik! :P
    Bahkan untuk orang yang tidak kreatif sperti saya. :)

  20. Selasa, 30 September 2008 11:31 pm

    yup, kepribadian itu aku banget jujur 100%

  21. Jumat, 3 Oktober 2008 9:40 pm

    wah menarik pisan^^ berarti byk juga y org2 kreatif^^

  22. Sabtu, 4 Oktober 2008 4:31 pm

    Wah, hampir tdk ada ciri-ciri di atas yg ada pada saya..
    Hiksss…

  23. Aditya KW permalink
    Senin, 6 Oktober 2008 10:15 am

    Haha, mirip2.. Sampe dibilang orang aneh ma orang 1 sekolahan, keluarga, sodara2 dirumah.. Tapi taunya sama kayak yang ini..

    Ada yang bener tuh, yang gini bikin susah di masyarakat! Macam saya ini.. haha.

    Tapi yo yang ga gini bukan berarti ga kreatif, bukan berarti yang gini tuh selalu superior kan.. Ada yang lebih tinggi lagi, kekuatan tuk kerja keras..

    Kreatif tanpa kerja keras juga cuma bualan belaka, tapi kerja keras n sedikit kreatifitas bisa jadi segalanya!!!! Maju terus..

  24. Rabu, 8 Oktober 2008 2:12 pm

    koq gwa ga kreatip ya? oh… emang gada yg cucok si ama sipat gwa. hehe.

    heya there, Biscuit!

  25. Kamis, 9 Oktober 2008 10:42 am

    AH. Kreatif nampaknya bisa terlihat sebelah mata oleh orang yang hanya melihat hitam – putihnya saja. Apalagi setelah aku melihat ini.. :( Untunglah, ciri – cirinya banyak memiliki kesamaan denganku. :D

  26. Ardianto permalink
    Kamis, 9 Oktober 2008 10:51 am

    Ahh…
    Hampir memenuhi semua…

    *digampar* :P

  27. MAYSA permalink
    Kamis, 9 Oktober 2008 8:35 pm

    wonderfull articles.the world more beautiful if every human be creatif people

  28. Jumat, 10 Oktober 2008 5:40 pm

    Jadi inget filem Forest Gump dech! :mrgreen:

  29. kajiankomunikasi permalink
    Jumat, 10 Oktober 2008 5:49 pm

    Orang-orang kreatif juga senang menulis tentang orang kreatif, seperti yg posting ini… he…he.. Salam kenal yah…

  30. novalia silaban permalink
    Minggu, 12 Oktober 2008 3:51 pm

    keren abissss
    God Bless all

  31. Jumat, 24 Oktober 2008 11:11 am

    the question is, apakah kreatif merupakan kepribadian?
    bukankah semua orang bisa kreatif, jadi ngga pas juga kalo dikatakan seseorang ‘berkrepibadian kreatif’,,,,
    bagaimana sumbernya menyebutkan tentang hal ini?
    terus koq saya malah jadi inget gambaran orang yang self actualize [dari hierarki maslow] yang sangat serupa dengan apa yang dituliskan disini,,,

  32. Jumat, 24 Oktober 2008 12:49 pm

    @ervan abu:

    Rasanya artikel di atas tidak mengatakan kalau “kreativitas = kepribadian” (kalau ada kesalahpahaman, besar kemungkinannya itu adalah ‘lost-in-translation’ dari saya). Mike (si penulis artikelnya) sendiri menulis begini:

    Here are the 10 antithetical traits often present in creative people …

    Dari penelitian2nya pada orang2 kreatif, ada sejumlah sifat umum yang ia temukan. Tapi itu bukan berarti seorang individu yang kebetulan mempunyai sifat-sifat yang serupa kemudian otomatis bisa dikatakan orang kreatif. Rasanya paling mentok kesimpulan yang bisa diambil adalah “kreativitas bisa dipupuk oleh trait berikut…” atau “sifat-sifat ini dapat mendukung kreativitas seseorang”.

    Ya, saya percaya semua orang bisa kreatif, tapi itu tidak berarti jadi kreatif itu sama gampangnya/tingkat kesulitannya sama untuk setiap orang. Ada banyak faktor lingkungan, kepribadian, atau genetik yang bisa menghambat atau menyuburkan kreativitas. Tapi, walaupun potensi kreatif tiap orang bisa beda-beda, saya yakin ketekunan dan kerja keras bisa mengatasi itu.

    Dan tahap aktualisasi diri-nya Maslow? Entahlah, seingat saya tidak ada penelitian atau buku teks yang secara jelas mengaitkannya dengan kreativitas. Apakah untuk mengaktualisasikan diri anda butuh kreativitas?

  33. Dark permalink
    Jumat, 24 Oktober 2008 2:49 pm

    tpi,,,knpa ya,,
    pribadi ganda lbih identik dengan pembunuh atau psikopat???

  34. Rukia permalink
    Senin, 27 Oktober 2008 2:16 pm

    *Liat ke cermin ne… da mirip kayaknya*
    makasi atas pujiannya
    (maksudnya apa nih ?)

    Lam kenal yach…
    main ke blogq ya di kuchiki99.wordpress.com

  35. Juliet permalink
    Jumat, 7 November 2008 9:05 am

    Andai hny beberapa item aja yg dimiliki apa mreka jg bisa dikategorikan KREATIF?? atw 3/4 kreatif, atw mgkn 1/2 kreatif atw???
    Hehehe *sambil menduga2…tergolong yg mana y…?*

  36. V_psycho permalink
    Sabtu, 8 November 2008 2:04 pm

    jurnal ini bagus dan sangat membantu bagi orang lain untuk memahami orang-orang kreatif

  37. ngikngik permalink
    Jumat, 21 November 2008 7:07 pm

    wah.. saya udah kayak gitu gak ya?? hehe

    ada tes buat ngukurnya gak?

  38. Sabtu, 22 November 2008 6:54 pm

    huaaaaaaaaaaaaa..aku bangeth.!!!!!

    *sisiran*

    aku posting tentang sex sebagai sumber energi listrik ,banyak orang anggap itu gila..!!!
    ah,bodo amat..i like it’s….

  39. papi_pandi permalink
    Senin, 24 November 2008 11:47 am

    Biasanya orang yg kreatif itu selera humor nya tinggi …krn mereka ingin membuat hidup lebih hidup n bermakna…

  40. Senin, 1 Desember 2008 9:48 am

    wah artikel yang bagus..thanks

  41. Kamis, 4 Desember 2008 7:28 pm

    postingan bagus..
    saya mu nanya,
    apkah kreatif dapat dibentuk??
    atau sudah genetika???
    kreatif bisa dibentuk oleh lingkungan??

  42. Minggu, 18 Januari 2009 1:25 am

    tapi terkadang orang-orang kreatif dianggap aneh.

    nb: nasib diriku jadi salah satu pekerja kreatif

    eh iya ada tulisan yang memabhas ttg perbedaan kepribadian antara dunia maya n nyata gak?

  43. koko permalink
    Jumat, 13 Februari 2009 6:27 am

    thank u. mari jadi kreatif gila…ha3

  44. arif saifuddin permalink
    Selasa, 11 Agustus 2009 10:45 pm

    waduh tu gua bgt tu, pas bgt deh! aamiin

  45. Sabtu, 28 November 2009 6:35 am

    menarik sekali artikel ini. akan tetapi apakah kepribadian ganda ini memiliki dampak yang buruk kelak bagi penderita? terimakasih.

  46. yusy permalink
    Selasa, 16 Maret 2010 12:02 pm

    Jempol deh!!!!!!!!!

  47. CH.Umam permalink
    Jumat, 4 Juni 2010 10:14 am

    tlg dong kasih angket kreatifitas verbal,saya butuh itu yang berkaitan dengan metode pembelajaran inkuiri

  48. melyana permalink
    Kamis, 3 Februari 2011 12:07 pm

    jadi pengen jadi orang kreatif ky nya seru

  49. jee permalink
    Rabu, 4 Mei 2011 10:48 pm

    keren, seperti melihat diri sendiri hihihi

  50. indra permalink
    Sabtu, 24 Desember 2011 11:41 am

    aneh tapi unik

  51. mia permalink
    Minggu, 26 Februari 2012 5:08 pm

    Orang kreatif itu ga gila, mereka hanya perlu dihargai. Memang terkadang kita tdk mengerti mereka, tp berusaha mengerti dgn tdk bertanya langsung pd orangnya tp berusaha memahami dgn cara lain. Cara yg harus kau temukan sendiri.

    Orang kreatif itu, orang yg tau bagaimana caranya menikmati hidup.
    Bukan kepribadian ganda yg menyeramkan seperti yg dipikirkan orang awam.

    So…. Orang2 kretif…. Berkreasilah, tunjukan pesonamu tanpa batas tp hrs ada batasannya. Keep it!

  52. mia permalink
    Minggu, 26 Februari 2012 5:09 pm

    Orang kreatif itu ga gila, mereka hanya perlu dihargai. Memang terkadang kita tdk mengerti mereka, tp berusaha mengerti dgn tdk bertanya langsung pd orangnya tp berusaha memahami dgn cara lain. Cara yg harus kau temukan sendiri.

    Orang kreatif itu, orang yg tau bagaimana caranya menikmati hidup.
    Bukan kepribadian ganda yg menyeramkan seperti yg dipikirkan orang awam.

    So…. Orang2 kreatif…. Berkreasilah, tunjukan pesonamu tanpa batas tp hrs ada batasannya. Keep it!

  53. Rabu, 28 November 2012 10:58 am

    yaa,,, hampir sebAgian betul. says setuju :)

Trackbacks

  1. 10 'Kepribadian Ganda' Orang-Orang Kreatif | Blog Isteri Puas
  2. 10 'Kepribadian Ganda' Orang-Orang Kreatif | Blog Isteri Puas
  3. 10 'Kepribadian Ganda' Orang-Orang Kreatif | Blog Isteri Puas
  4. » 10 ‘Kepribadian Ganda’ Orang-Orang Kreatif imuut’s Blog
  5. 10 ‘Kepribadian Ganda’ Orang-Orang Kreatif « rachmat efendi's blog
  6. Sekelumit tentang “Kepribadian Ganda” « The Wonderfull Scream
  7. Belajar Kreatif | F137r13's Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 290 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: