Skip to content

Mengenali Diri Anda Dari Panjang Jari Tangan

Minggu, 27 Mei 2007

Diambil dari WikipediaPalmistri, atau ilmu membaca tangan, adalah salah satu ilmu semu (pseudoscience) yang masih cukup bertahan hingga abad modern ini. Asumsi dasarnya adalah adanya garis-garis tertentu di telapak tangan anda yang menggambarkan kepribadian anda dalam bidang-bidang tertentu. Sebagai contoh, garis yang dimulai dari bawah tengah telapak tangan dan kemudian berbelok ke sela antara jempol dan telunjuk (disebut life line) diyakini menggambarkan vitalitas, kekuatan, dan kesehatan si empunya tangan. Tidak hanya itu, palmistri juga mengasumsikan guratan-guratan itu dapat menandakan seperti apa masa depan anda. Garis yang disebutkan di atas tadi, misalnya, dipercaya dapat meramalkan perubahan-perubahan penting dalam hidup, seperti bencana atau kecelakaan.

Tentu pola pikir semacam ini tidak mendapat tempat dalam ilmu pengetahuan yang sesungguhnya. Namun, ilmu pengetahuan mengakui kalau dirinya tak sempurna; ia tetap terbuka pada pada perkembangan dan kemajuan baru selama telah melewati kaidah keilmuan yang benar. Termasuk soal palmistri ini: beberapa penelitian ilmiah telah menemukan bahwa memang ada hubungan antara tangan –jari tangan untuk lebih spesifiknya– dengan berbagai karakteristik pikiran dan kepribadian kita.

Dari Nilai Tes, Daya Tarik, Hingga Kecenderungan Homoseksual

Baru-baru ini, Yahoo!News (via LiveScience.com) mengutip temuan Mark Brosnan dari University of Bath, yang melihat hubungan antara perbedaan panjang jari telunjuk dan jari manis pada anak-anak sekolah dengan nilai SAT (Scholastic Assessment Test) mereka, sebuah tes kemampuan akademik yang umum digunakan di Inggris. Brosnan menemukan bahwa anak-anak yang memiliki jari manis yang lebih panjang dibandingkan jari telunjuk memiliki nilai matematika yang lebih tinggi dibandingkan dengan nilai bahasanya (menulis dan pemahaman bacaan). Sebaliknya, anak-anak dengan jari telunjuk yang lebih panjang pun nilai bahasanya lebih tinggi dibandingkan nilai matematikanya.

Ada lagi beberapa penelitian mengenai hal ini yang terkait dengan karakteristik laki-laki. LiveScience.com pada tahun 2005 melaporkan temuan University of Alberta mengenai perbedaan panjang jari manis versus telunjuk pada laki-laki yang terkait dengan agresivitas. Menurut Peter Hurd, penelitinya, semakin lebih panjang jari manis dibandingkan dengan telunjuk, semakin besar pula tingkat agresivitas yang dimiliki laki-laki yang menjadi subyek penelitian. Pada tahun yang sama, Hurd bersama rekannya Allison Bailey juga menemukan bahwa laki-laki yang perbedaan panjang jari telunjuk-manisnya kecil atau hampir tidak ada, lebih rentan terkena depresi. Tahun 2004, Roney dan Maestripieri meneliti mengenai perbedaan panjang jari ini pada laki-laki dan pengaruhnya pada interaksi sosial dengan perempuan. Hasilnya, laki-laki yang dinilai lebih menarik secara fisik dan dilihat lebih agresif melakukan PDKT (courtship behaviors) oleh perempuan ternyata cenderung memiliki perbedaan panjang jari telunjuk-manis yang lebih besar.

Terakhir, John T. Manning pada tahun 2002 menulis mengenai perbedaan ini dalam bukunya, Digit Ratio: A Pointer to Fertility and Human Health. Laki-laki yang perbedaan panjang jarinya besar cenderung lebih subur, lebih lama masa reproduktifnya, lebih agresif dan asertif, memiliki kemampuan musik dan olahraga yang lebih tinggi, namun juga lebih tinggi kecenderungannya memiliki orientasi homoseksual atau biseksual. Bagaimana dengan laki-laki yang perbedaan panjang jarinya kecil atau tidak ada? Jangan kuatir, anda hanya lebih rentan terkena penyakit jantung di masa muda. Hasil yang berlawanan ditemukan pada perempuan. Perempuan yang perbedaan panjang jarinya besar cenderung memiliki orientasi homoseksual atau biseksual serta lebih agresif dan asertif, sementara yang perbedaan panjang jarinya kecil atau tidak ada cenderung lebih subur, lebih lama masa reproduktifnya, namun berisiko lebih tinggi mengidap kanker payudara.

Sumber Biologis dan Signifikansinya

Kalau anda sekarang tidak bertanya-tanya mengenai apa hubungannya panjang jari tangan dengan semua ini, anda pasti sedang mencari-cari cara untuk memanjangkan atau memendekkan salah satu jari anda. Untuk itu, ada kabar buruk dan kabar baik buat anda. Kabar buruknya, perbedaan ini ditentukan ketika anda masih merupakan seonggok janin di trimester pertama kehidupan anda di dalam rahim, sehingga tidak ada satu halpun yang bisa anda lakukan untuk mengubahnya. Rupanya, hal ini terkait dengan paparan hormon-hormon seksual, yaitu androgen dan testosteron, pada janin. Hormon testosteron (yang dominan dimiliki laki-laki), ternyata, kemudian mempengaruhi perkembangan panjang jari manis, sementara hormon androgen (yang dominan dimiliki perempuan) mempengaruhi perkembangan panjang telunjuk.

Lalu apa kabar baiknya? Meskipun terdapat keterkaitan, namun secara statistik kaitan antara perbedaan panjang jari dengan hal-hal di atas tidak terlalu besar. Dari penelitian yang dilakukan Hurd (2005), misalnya, diketahui bahwa perbedaan panjang jari hanya menyumbang 5% terhadap agresivitas, sementara 95%-nya ditentukan faktor-faktor lain (di sisi lain juga harus dicatat, sumbangan 5% dari hal sesepele panjang jari tangan bisa dikatakan cukup lumayan juga). Selain itu, ternyata faktor ras kemungkinan juga mempengaruhi panjang jari tangan, sehingga penelitian-penelitian yang dilakukan di atas belum tentu menghasilkan temuan yang sama jika digunakan orang-orang Asia sebagai sampelnya. Karena itu, untuk saat ini sepertinya lebih baik jika anda belajar lebih tekun atau mengasah kemampuan komunikasi anda jika ingin sukses dalam ujian atau mencari pacar.

Sumber:

Entri Wikipedia Mengenai Palmistri

Entri Wikipedia Mengenai Digit Ratio

Yahoo! News – Finger Length Predicts SAT Performance

LiveScience.com – Finger Length Predicts SAT Performance

LiveScience.com – Finger Length Predicts Agression in Men

Bailey, A. A., & Hurd, P. L. (2005). Depression in men is associated with more feminine finger length ratios. Personality and Individual Differences (39), 829-836. (pdf)

Roney, J. R., & Maestripieri, D. (2004). Relative digit lengths predicts men’s behavior and attractiveness during social interactions with women. Human Nature (15)3, 271-282. (pdf)

Digit Ratio: A Pointer to Fertility and Human Health (review)

Kumpulan Tautan Penelitian Mengenai Tangan:

Publications on Dermatoglyphics and Hand Creases

31 Komentar leave one →
  1. Senin, 28 Mei 2007 8:57 am

    Jadi, panjang jari tangan itu indikator dari hormon aja?
    Bukan penentu nasib?

    Berhubung jari telunjukku lebih pendek… Kayaknya aku salah jurusan deh.

  2. Senin, 28 Mei 2007 11:12 am

    Ohh,, gitu,,

    kalo bisa diramal Ma mau diramal,,

    tapi tangan kiri Ma masih blom bisa supinasi,, masih patah!!😛

  3. Senin, 28 Mei 2007 11:45 am

    @dnial:
    Ya…sedikit banyak hormon itu juga ikut membentuk nasib kita kan, meski pilihan terakhir tetap ada di tangan kita sendiri😉 (pun not intended) Oh ya, biasanya jari telunjuk orang itu memang lebih pendek dari jari manisnya. Yang jadi indikator adalah seberapa jauh beda panjangnya.

    @rizma:
    Kalo ramalan panjang jari tangan, kan tinggal diliat sendiri😉

  4. Senin, 28 Mei 2007 11:54 am

    lha kalau jari tangannya sudah patah piye dong, ga punya libido? Waa aku bisa manjangin jari pake osteodistraksi… hihihihi lha manjangin satunya minta mak erot aja….

  5. Selasa, 29 Mei 2007 12:39 am

    masa sih *ngoment dulu baru baca….*?

  6. Selasa, 29 Mei 2007 3:08 pm

    sepertinya menarik, tp kebetulan saya agak skeptis dengan yg berbau hocus-pocus, meskipun ada approval dalam biology. hehe ga maksud apa2 lho. btw tau sesuatu tentang ilmu interogasi ga? sepertinya itu cocok buat PopSy hehe usul punya usul…

  7. Selasa, 29 Mei 2007 4:51 pm

    hehehe … menarik neh ….

    eh kok perasaan pernah baca … dimana ya ??? …. perasaanku aja paling …🙂

    jari manis ama telunjukku panjangnya sama … jagi apa neh artinya ?

  8. Rabu, 30 Mei 2007 11:13 pm

    @evy:
    Kan jari tangan itu akibatnya; penyebabnya ya hormon…hubungan kausalnya jangan kebalik lho, nanti orang2 pada ndaftar ke Bu Evy untuk memanjangkan jari tangan😀

    @arul:
    Silakan dibaca dulu🙂

    @gerry:
    Ini nggak ada hokus pokusnya kok, palmistri secara umum (garis tangan, nasib, dll) memang masih ‘ilmu sesat’😀 Cuma ternyata memang ada unsur fisik tangan yang bisa dijelaskan secara ilmiah…

    @jurig:
    Artinya? Hmm…anda (kalo laki2) lebih rentan terkena depresi, serangan jantung,…dan harus berusaha lebih keras untuk menggaet wanita (ini kalau belum punya pasangan)😀

  9. Sabtu, 9 Juni 2007 11:53 am

    Katanya kalau jari tangannya panjang, orang itu berbakat seni (main piano, menari). Secara logika memang benar ya…kan kalau penari jari tangannya panjang dan lentik, tariannya akan indah.

  10. Minggu, 10 Juni 2007 11:36 pm

    Tahukah Anda di kedua tangan di kesepuluh jari manusia, terukir dengan indah lafadz NYA…

  11. Rabu, 13 Juni 2007 6:51 pm

    iya nieh
    jari tengah lebih panjang dari jari telunjuk
    dan saya juga cukup suka matematik
    tp klo masalah cewek
    jauh panggang dr api
    ga cuocok blas.. 🙂

    makasih infonya, menarik

  12. Sabtu, 16 Juni 2007 9:21 am

    Katanya…n katanya…dari melihat jari tangan kita bisa tahu penyakit, kesuburan seorang wanita beserta hormon-hormonnya….Itu ada di pelatihan HPA…Salam kenal dan persahabatan

  13. Senin, 18 Juni 2007 12:46 pm

    Penelitian luar mang kreatif…:) coba di Indonesia dilakukan penelitian seperti itu..apa bener??

  14. safitri1404 permalink
    Senin, 18 Juni 2007 5:22 pm

    Kalo dari jari kaki, ada g ya?
    Hehe, soalnya pada pendek2 gitu..

  15. ande2_lumut permalink
    Sabtu, 23 Juni 2007 10:28 pm

    lah lo g punya jari piye?

  16. Aziz permalink
    Kamis, 16 Agustus 2007 10:58 pm

    Penelitian tentang Palmistri perlu dikaji kembali

  17. Aziz permalink
    Kamis, 16 Agustus 2007 11:05 pm

    belum ada signifikansi dan korelasi yang jelas dalam penentuan kepribadian seseorang apalagi menentukan masa depan seseorang. banyak faktor yang harus dihubungkan dan dicari dari berbagai sumber-sumber yang kompatable. memang berbagai kemungkinan bisa terjadi, bagaimana dengan yang cacat dan sebagainya. apakah faktor keturunan, hormon, lingkungan, hingga psikis seseorang bisa mempengaruhi kepribadian serta masa depan. Allah SWT tidak akan merubah suatu kaum hingga mereka sendiri yang memiliki usaha untuk merubahnya. Wallahu a’lam….

  18. gun permalink
    Minggu, 19 Agustus 2007 4:37 pm

    sory mas aku copy paste
    mohon dimaafkan

    dari guntur di magelang

  19. Senja permalink
    Rabu, 19 September 2007 11:05 am

    Wah..padahal cuma tangan..
    dari artikel ini jadi tau fungsi lain dari tangan yaitu, selain buat ngupil, maakan, nulis, tangan juga bisa buat liat pribadi qt…
    ck.ck.ck…

  20. heru adytha ndun permalink
    Senin, 1 Oktober 2007 2:06 pm

    panjangnya jari jempol menunjukkan bahwa orang itu memiliki kekuatan dalam melakukan aktivitas SMS antar temannya. dan juga sering melakukan kekuatan di WC (alias….C!???)
    sehingga pemerintah menghimbau kepada seluruh masyarakat agar memperhatikan jari jempolnya masing-masing agar tidak terserang penyakit yang paling ganas di muka bumi yaitu: virus babi kecap!!!!

  21. Geral permalink
    Rabu, 3 Oktober 2007 9:26 am

    kalo jari manisku d tangan kanan lebih panjang… tapi jari manisku di tangan kiri lebih pendek????? gmana ????
    jadi binun….

  22. Rabu, 12 Desember 2007 11:12 am

    wahaahhah,,,,gw c ga pcaya ma gtu”an,,,hehe

  23. sadako permalink
    Selasa, 18 Desember 2007 7:27 pm

    jari manisku lebih panjang daripada jari telunjukku..tapi nilai matematika n smua yang berhubungan ma hitung2an kok jelek ya???malah lebih bagus bahasaku tuch..(-o-;;)

  24. scandra permalink
    Senin, 14 Januari 2008 1:35 pm

    klo jari manis sebelh kiri lebih panjng dr pd yg kna ap artiny yw…

  25. lisa permalink
    Jumat, 18 Januari 2008 5:04 pm

    ya percaya g percaya. klo aku sih mendingan org yg g percaya, buat penelitian yg sama kayak yg di atas. soalnya buat membuktikan. jgn suudon.trus harus berpikir positif juga. jangan langsung ngejudge.ok

  26. Jumat, 1 Februari 2008 1:24 pm

    Thanks boys2c0174c3fc1c869fbeab71395dde5bd2

  27. ThE_TrOy permalink
    Selasa, 13 Mei 2008 2:52 pm

    lha,klebihan dari padanya jari tengah apaan nih?stauku sih klebihan dari padanya jari tengah waktu kita dah bersuami/beristri.
    wehehehehehe…………… YESS……….!!

  28. aqyu permalink
    Selasa, 20 Mei 2008 5:31 pm

    kayanya aku gak percaya deh! soal ramalan dari
    jari tangan. semua itu kan sudah ada takdirnya masing – masing. otree,hehehe. . .

  29. Senin, 29 Desember 2008 12:01 am

    menarik juga
    salam kenal yah mas.
    http://elhaidar.wordpress.com/

  30. adhiies permalink
    Senin, 16 Maret 2009 11:45 am

    gmn cara.a ???

  31. ayutt permalink
    Kamis, 14 Mei 2009 2:37 pm

    informasi ttg seminar/workshop ttg palmistri.
    saya sangat berminat. mohon segera dikirim ke email saya
    trimakasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: