Skip to content

Mikir-Mikir #0707

Minggu, 8 Juli 2007
tags:
by

Selamat datang di Mikir-Mikir, rubrik terbaru di POPsy! yang dirancang untuk ‘menghibur’ anda setelah penat membaca artikel-artikel yang panjang dan ‘berat’. Setiap bulan, Mikir-Mikir akan menampilkan sejumlah teka-teki (riddles) yang akan menguji kemampuan kognitif anda. Tidak banyak yang anda butuhkan untuk memecahkannya: hanya logika sederhana, kemampuan numerik dasar, dan kadang-kadang kreativitas yang sedikit liar. Sudah siap untuk mengasah otak anda?

Soal 1. Anda adalah sebuah koki masak istana di abad pertengahan yang sedang memasak sebuah menu kesukaan raja. Untuk menu ini, anda membutuhkan sebuah telur rebus yang dimasak selama 3 menit tepat, tidak kurang dan tidak lebih. Nah, celakanya, saat itu anda tidak dapat menemukan jam pasir yang mengukur durasi 3 menit. Yang ada di tangan anda sekarang hanyalah dua buah jam pasir yang masing-masing mengukur durasi 2 menit dan 5 menit. Nah, dengan alat ukur waktu yang seadanya itu, bagaimana anda dapat merebus telur yang sesuai seperti yang disukai raja?

Soal 2. Pak Abu mempunyai sebidang tanah kosong yang sebagiannya kemudian ia jadikan sawah. Berikut adalah tanah yang dimiliki Pak Abu jika dilihat dari atas, dengan daerah kehitaman yang menandakan areal sawah yang sedang digarap.

Diambil dari www.eduplace.com

Kesulitan datang ketika petugas pertanahan datang untuk menagih pajak pertanian sesuai dengan luas lahan yang digarap Pak Abu. Pak Abu yang hanya seorang petani tak berpendidikan bingung karena selama ini ia tak pernah mengukur-ukur luas tanah yang dialokasikan untuk dijadikan sawah. Petugas pertanahan juga kesulitan karena di data mereka hanya ada luas total tanah Pak Abu, yaitu 7000 meter persegi. Merekapun lalu minta bantuan kepada anda sekalian, para pembaca POPsy!. Berapakah luas lahan sawah Pak Abu?

Jawaban (dapat dilihat dengan memblok area kosong di bawah ini):

Soal 1. Pertama-tama, balikkan kedua jam pasir secara bersamaan. Ketika pasir pada jam yang mengukur durasi 2 menit telah seluruhnya jatuh ke bawah, maka pasir yang masih tersisa pada jam yang lain (yang semula mengukur durasi 5 menit) kini tinggal tersisa untuk 3 menit. Pada saat itu, masukkanlah telur yang ingin direbus ke dalam panci dan tunggu sampai pasir di jam tersebut telah turun seluruhnya.

Soal 2. Jika anda berusaha mencari jawabannya dengan menggunakan mistar untuk mengukur gambar di atas, maka anda mengambil pendekatan yang terlalu rumit. Jika logika anda berjalan dengan baik (ngomong-ngomong, soal ini menurut sumber aslinya ditujukan untuk anak kelas 1-2 SMP), maka hanya dengan sekali melirik anda akan tahu bahwa, tanpa perlu mengukur, luas tanah yang digarap Pak Abu adalah sepertiga dari luas totalnya.

(dari berbagai sumber)

Anda mengetahui teka-teki lain (terutama yang belum pasaran atau belum ada dalam situs-situs yang memuat hal-hal semacam itu) dan ingin membagikannya dengan para pembaca POPsy!? silakan kirimkan kepada redaksi melalui contact form ini, dan kiriman anda (berikut nama pengirim) akan dimuat dalam edisi MM berikutnya jika memenuhi syarat.

12 Komentar leave one →
  1. Senin, 9 Juli 2007 12:48 am

    Yang pertama bisa jawab. Yang ke-2 ngga bisa gara2 imagenya ngga keluar. Belakangan rasanya photobucket ngga bisa gw buka. –;

  2. Fabian permalink
    Senin, 9 Juli 2007 9:22 am

    Mungkin gak kalau jawaban untuk pertanyaan pertama, buang pasir pada jam yang dua menit. Buka jam pasir yang 5 menit, kemudian tuang ke yang dua menit. ketika yang dua menit penuh, sisa pasir yang ada adalah 3 menit tepat, gunakan sisa pasir yang ada pada jam 5 menit untuk menghitung waktu.

    NB: kelemahan dari kedua jawaban kita adalah mengenai ketepatan. Jika dikatakan 3 menit tepat darimana kita menjamin bahwa waktu reaksi kita adalah 0 detik tepat (untuk memasukkan telur dan melihat jam pasir) dan pada jawaban kedua, ketepatan ketika menuang pasir

    Kelewat njelimet ya gw? hehe

  3. keke permalink
    Senin, 9 Juli 2007 10:42 am

    yang pertama bisa tapi yang kedua kayanya nda ada gambarnya deee

  4. Senin, 9 Juli 2007 12:16 pm

    @may, keke:
    Wah, di photobucket gak keliatan gambarnya ya? Ok, gw coba pindahin ke uploadnya WP, mudah2an kali ini bisa🙂

    @Fabian:
    Setau gw sih, jam pasir biasanya nggak dibikin bener2 ngepas dengan kapasitas pasirnya (masih ada cukup banyak ruang kosong), jadi jam pasir yang diisi untuk 2 menit sebenarnya kapasitas maksimumnya bisa lebih dari pasir berdurasi 2 menit. Klo begitu, maka kita akan kesulitan untuk ngukur apakah pasir yg kita tuang udah bener2 berdurasi 2 menit (kecuali kita tandai atau bagaimana). But then again, this is just my common assumption.

    Frase ‘3 menit tepat’ itu improvisasi gw sebetulnya (nggak ada di sumber aslinya), ternyata itu malah berbalik menyerang gw ya? ^^; Thanks for the notice.🙂

  5. Senin, 9 Juli 2007 12:26 pm

    no 1 ga bisa jawab, no 2 juga g bisa.

    Apa udah waktunya gw balik ke bangku smp lagi ini…

  6. Senin, 9 Juli 2007 4:56 pm

    wuuuuuuuuuaduh…………., liuerrrrrrr euy???

  7. Faiz permalink
    Rabu, 11 Juli 2007 2:18 pm

    jawaban no.1 : start kedua jam secara bersamaan.. n ketika jam pasir yg untuk 2 menit abis.. taro jam 5 menit dlm posisi horizontal.. dapet jam buat 3 menit

    jawaban no.2 : pindahin aja potongan2 itu ke satu baris.. dapet deh sepertiga dari luas tanah pak abu😉

  8. Rabu, 11 Juli 2007 6:32 pm

    [he..he, iya! cK…cK…cK…!]

  9. wedulgembez permalink
    Selasa, 24 Juli 2007 4:24 pm

    mikir mikir kok dompet udah tongpes ya

  10. Rabu, 25 Juli 2007 3:04 pm

    seru juga, bisa jawab 2 2 nya sih…
    ada yang lain gak?

  11. Senin, 3 Desember 2007 1:28 pm

    awalx gw mikir rumit,,,bego nih…
    ternyta…,,jwbanya gtu,,,
    huuuffhh…

  12. Jumat, 1 Februari 2008 9:02 am

    Hello people19e2198a564c790e0a7301b09c3b8359

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: