Skip to content

Fakta atau Fiksi: Wanita Lebih Cerewet Daripada Pria

Senin, 16 Juli 2007
tags:
by

Diambil dari ohrm.cc.nih.govAnggapan bahwa wanita lebih cerewet daripada pria seolah mendapat pembenarannya ketika belakangan ini dibahas kembali oleh buku-buku psikologi populer yang mengkontraskan perbedaan gender, seperti ”Why Men Don’t Listen & Women Can’t Read Maps” oleh Allan & Barbara Pease atau ”The Female Brain” oleh Louann Brizendine. Allan & Barbara Pease mengklaim wanita berbicara sebanyak 6000-8000 kata per hari, sedangkan pria hanya menggunakan 2000-4000 kata (patut dicatat bahwa ini bukanlah penelitian asli mereka, namun buku tersebut sama sekali tidak mencantumkan sumber kutipannya).

Brizendine, yang mengutip buku lain dari Allan Pease, memberikan klaim yang lebih bombastis: Wanita menggunakan 20000 kata sehari, sementara pria hanya menggunakan 7000 kata! Sekilas angka-angka tersebut ‘masuk di akal’ ketika kita dengan mudah bisa mengingat beberapa kejadian di mana seorang wanita berbicara begitu banyak (dan begitu cepat) sehingga pria hanya bisa duduk diam dan berusaha tidak mendengarkan. Namun benarkah pendapat tersebut?

Klaim Tak Berdasar Ilmiah

Keberatan awal telah diungkapkan oleh Mark Liberman, Trustee Professor of Phonetics dari University of Pennsylvania, mengenai kebenaran ilmiah klaim tersebut. Setiap buku yang memuatnya hanya (1) mengutip tanpa menyebutkan sumbernya, atau (2) mengutip sumber lain yang melakukan pengutipan tanpa menyebutkan sumbernya. Dari studi pustaka yang ia lakukan, ternyata hampir tidak ada satupun penelitian yang bisa membenarkan anggapan populer ini.

”The findings? According to a 1993 review of the scientific literature by researchers Deborah James and Janice Drakich, ‘Most studies reported either that men talked more than women, either overall or in some circumstances, or that there was no difference between the genders in amount of talk.’ The research since that review, including counts from my own research, follows the same pattern.”

Begitu pula mengenai klaim bahwa wanita berbicara lebih cepat daripada pria. Dalam bukunya Brizendine menulis bahwa wanita berbicara lebih cepat -250 kata per menit-, daripada pria yang hanya 125 kata per menit. Ketika memeriksa penelitian yang menjadi sumber dari pernyataan tersebut, Liberman sama sekali tidak menemukan data kecepatan berbicara berdasarkan jenis kelamin. Ditambah lagi, penelitian yang ia lakukan terhadap ribuan percakapan telepon berbahasa Inggris dan Cina menemukan bahwa pria berbicara 2 persen lebih cepat daripada wanita pada kedua bahasa, hasil yang termasuk kecil dibandingkan faktor-faktor lainnya.

Dibantah Oleh Penelitian Lain

Bantahan terakhir atas klaim ini dilakukan oleh James Pennebaker dan rekan-rekannya dari University of Texas, Austin. Mereka meneliti 400 mahasiswa di AS dan Meksiko berumur 19-25 tahun, yang selama beberapa hari mengenakan sebuah alat perekam khusus. Setiap 12 menit sekali, alat tersebut aktif secara otomatis dan merekam semua suara selama 30 detik ke depan, menghasilkan sebuah data yang cukup merata dibandingkan penelitian-penelitian sebelumnya. Hasilnya, wanita berbicara sekitar 16215 kata setiap harinya, sementara pria sekitar 15669 kata. Secara statistik, perbedaan ini tidak signifikan. Data juga menunjukkan bahwa pria bisa lebih cerewet, terlihat dari dikuasainya peringkat 1-3 pembicara terbanyak oleh pria, dengan yang tertinggi mencapai 47000 kata per hari!

Marianne LaFrance, profesor dalam bidang psikologi serta kajian gender dan seksualitas perempuan di Yale University, mengamini temuan Pennebaker dkk. Menurutnya, kalaupun ada perbedaan yang ditemukan, biasanya hal itu dipengaruhi oleh konteks pembicaraan. Pria juga bisa cerewet jika ‘nyambung’ dengan topiknya, seperti olahraga, finansial, atau hobi. Mereka bahkan cenderung berbicara lebih banyak dalam konteks profesional, sementara wanita diketahui lebih banyak membicarakan hubungan-hubungan sosial. Bagaimana dengan bergosip? Ternyata pria dan wanita sama seringnya membicarakan gosip, tambah LaFrance.

Sumber:

Fact-Checking ”The Female Brain” – The Boston Globe

Scientist Quiets Myth of ‘Chatterbox’ Females – Yahoo! Health

The Last Word: Men Talk As Much As Woman – LiveScience

12 Komentar leave one →
  1. Senin, 16 Juli 2007 1:45 am

    Tanpa perlu mengutip dari buku, gw juga setuju kalo wanita lebih cerewet dari pria. Bukannya cerewet, tapi banyak bicara. ( apa bedanya dengan cerewet, yach).

    Hal ini bersifat alami. Kalo kita ngeliat kehidupan dijaman lampo, pria kerjanya mencari nafkah ( berburu ). Sedangkan wanita tinggal dirumah mengasuh anak.

    Kalo mengasuh anak, tentunya wanita lebih banyak membimbing, menyuruh, melarang, dan sebagainya dengan menggunakan bahasa. Sedangkan pria akan berburu binatang, yang tentunya lebih banyak menggunakan otot dan ketangkasan.

    Bukankah hingga sekarang, juga masih banyak. Wanita dirumah mengasuh anak, dan ayah ke kantor. Istri yang banyak cuap – cuap dengan anak. Banyak omong itu nggak selalu diasumsikan negatip , kok.
    BTW artikelnya berbobot n nambah pengetahuan. Selamat menulis.

  2. Selasa, 17 Juli 2007 12:14 am

    Ternyata bukan penelitian ilmiah ya?
    Padahal sudah (mulai) menjadi kepercayaan umum.

  3. Selasa, 24 Juli 2007 10:57 am

    emang, lagian gitu aja pake penelitian
    udah dari sononya kali

  4. Selasa, 24 Juli 2007 11:07 am

    @Redaksi Dewa Dewi:
    Tolong lain kali dibaca dulu keseluruhan artikelnya sebelum berkomentar😉

    @dnial:
    Yah, kita seringkali hanya ingin mendengarkan apa yang sesuai dengan kepercayaan kita (dan pura2 tuli/buta terhadap apa yang tidak sesuai dengan kepercayaan) ^^;

    @candra adi putra:
    Anda menganggap “wanita lebih cerewet daripada pria” ini fakta atau fiksi (karena komentar anda tidak begitu jelas menunjukkan posisi anda)? Kalau fakta, silakan baca lagi keseluruhan artikelnya baik2😉 Kalau fiksi, memang harus pake penelitian karena ternyata hasilnya bertentangan dengan anggapan umum yang beredar di masyarakat.

  5. wedulgembez permalink
    Selasa, 24 Juli 2007 4:22 pm

    fakta. boleh dibilang cewek 70% cerewet. Cowok 30 % cerewet

  6. ndie permalink
    Jumat, 27 Juli 2007 1:30 pm

    tapi ada juga lho laki-laki yang cerewet, mungkin hanya di saat tertentu mereka berbicara aga berlebihan seperti wanita…dan ga semua wanita itu cerewet…tapi mungkin memang lebih banyak wanita yang cerewet…

  7. Sabtu, 28 Juli 2007 12:21 am

    euh… cerewet menurut siapah yah?… kalau menurut kabayan sih cerewet ituh bukannyah banyaknyah bicara… tapinyah banyaknyah mengulang suatu kata atau kalimat… secara fakta wanita cerewet dan sangat berguna untuk mendidik anak yang perlu pengulangan yang sangat2 banyak supaya meresap… tapi kalo cerewetnya ditujukan ke laki2… jadi stress… blug…

  8. Senin, 3 Desember 2007 1:17 pm

    gw stju bgt…
    cew g prnah kalah ngmg ma cowok…
    sekalipun g gw pungkiri,,,cowok itu juga kadang buawel bgt n bisa jdi tukang rumpi jga,,..
    tpi t2p aja,,,cewek yg menang…
    wakakakaka…

  9. Rahma permalink
    Senin, 28 April 2008 7:29 pm

    kayaknya fiksi deh…soalnya pacar aku tuh lebih cerewet dari aku…bayangin tiap ketemu aja selalunya dia yang banyak ngomong..jadi ngga selalu wanita yang lebih cerewet..

  10. Rabu, 7 April 2010 10:47 pm

    KaLo MeNurut Q sich fakta..
    KareNa faktaNya Cewe kaN MeMpuNyai 2 MuLut.. He!🙂

Trackbacks

  1. Fakta atau Fiksi: Pria Memikirkan Seks Setiap Tujuh Detik « POPsy! - Jurnal Psikologi Populer
  2. NOraINi’s Blog » Blog Archive » Fakta atau Fiksi: Pria Memikirkan Seks Setiap Tujuh Detik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: