Skip to content

Pria Tampan DAN Kaya Kurang Disukai Wanita

Selasa, 24 Juli 2007

Diambil dari WikipediaApa yang menjadi kriteria terpenting bagi wanita dalam memilih pasangan untuk jangka panjang (baca: suami)? Akan ada banyak variasi jawaban untuk pertanyaan yang satu ini, namun rasanya hanya sedikit sekali yang akan menempatkan faktor tampang atau penghasilan sebagai yang nomor satu. Tapi, seandainya para wanita diperbolehkan untuk membayangkan suami impiannya, kedua faktor tersebut pastilah akan masuk bersama-sama dengan kriteria terpenting mereka. Bagaimanapun juga, siapa sih yang nggak mengangankan pasangan yang sempurna? Jawabannya adalah: kebanyakan wanita, menurut sebuah penelitian terbaru.

Para peneliti psikologi evolusioner berpendapat bahwa ketertarikan wanita, yang sekilas terlihat dangkal, terhadap wajah yang tampan dan dompet yang tebal sebenarnya memiliki akar evolusi yang mendalam. Pemilik wajah yang tampan diasosiasikan memiliki gen yang bagus dan kuat, sementara status ekonomi yang tinggi membuat anak (penerus gen orangtua) dapat dirawat sebaik mungkin. Namun, Majalah Psychology Today edisi Juli-Agustus 2007 melaporkan temuan Simon Chu yang dimuat dalam jurnal Personality and Individual Differences, bahwa wanita kurang menyukai pria yang memiliki kedua karakteristik tersebut.

Dalam penelitiannya, Chu memberikan beberapa foto pria yang telah dikategorikan (atraktif, rata-rata, tidak atraktif) kepada partisipan yang semuanya wanita. Foto-foto tersebut juga disertai keterangan pribadi yang menyiratkan status ekonomi mereka. Para partisipan kemudian diminta untuk menilai sejauh mana mereka tertarik untuk menjadikan pria-pria tersebut sebagai suami. Tadinya Chu berhipotesis bahwa pria yang dikategorikan atraktif dan berstatus ekonomi tinggi akan menjadi pilihan utama sebagian besar partisipan, namun hasilnya ternyata tidak persis begitu. Mereka ternyata lebih memilih pria atraktif dan berstatus ekonomi menengah saja sebagai pilihan utama.

Ada apa dengan pilihan itu? Menurut penelitian tersebut, wanita merasa ragu-ragu berpasangan dengan pria yang sempurna karena pria semacam itu juga banyak diinginkan oleh wanita lain, sehingga memperbesar kemungkinan pasangannya untuk selingkuh. Chu menambahkan, bukan berarti para pria yang termasuk golongan ini bakal kesulitan mencari pasangan selamanya. Hanya saja, usaha mereka untuk dapat meyakinkan (calon) pasangan bahwa mereka adalah orang yang setia harus lebih gigih dibanding pria lain.

Sumber:

Healthy, Wealthy, and Unwanted – Psychology Today, Juli-Agustus 2007

65 Komentar leave one →
  1. Selasa, 24 Juli 2007 7:28 am

    *ga meratiin tulisannya,, meratiin Brat Pitt-nya*😆

    jadi intinya cowo yang cakep dan kaya ga laku ya?? ya udah deh,, Ma ikhlas nampungnya,, buat Ma aja,,:mrgreen:

  2. Selasa, 24 Juli 2007 2:31 pm

    Ada apa dengan pilihan itu? Menurut penelitian tersebut, wanita merasa ragu-ragu berpasangan dengan pria yang sempurna karena pria semacam itu juga banyak diinginkan oleh wanita lain,

    Tenang aja, saya orangnya setia kok,,,😀 😀 😀

  3. wedulgembez permalink
    Selasa, 24 Juli 2007 4:17 pm

    makanya gak ada cewek yang suka ama gw

  4. Rabu, 25 Juli 2007 12:39 am

    Wah, kabar gembira bagi kaum pria yang gak kaya!

  5. Rabu, 25 Juli 2007 3:40 pm

    buat apa cowok macam itu….nanti bikin TB (Tekanan Batin ) seneng tuh cowok dong…jadi rebutan .

  6. wedulgembez permalink
    Kamis, 26 Juli 2007 8:17 am

    kalo gw cakep tapi gak kaya,….ada yang mau gak ya?. kok kayaknya di Indonesia banyak yang milih kayanya…kekekek

  7. Kamis, 26 Juli 2007 12:18 pm

    gw senada dgn hasil penelitiannya. pastinya seneng bgt klo dpt suami yg cakep + kaya tp khawatirnya ntar ga setia (krn pastinya byk wanita2 yg akan mengincarnya). Jd daripada ntar nyesel, mending cari yg sedang2 ajah.

  8. aa ucup permalink
    Kamis, 26 Juli 2007 12:49 pm

    sama dunk,,, gw juga walau merasa (merasa doank g masalah kan?) gw termasuk atraktif tapi g terlalu suka ma ce yang bisa nyaingin gw… hehehehe… man born with his dignity kalee yeee…

  9. safitri permalink
    Kamis, 26 Juli 2007 9:03 pm

    Pok pok pok *tepuk tangan* ini emang bener ^^. Aku juga milih yang ini. Bayangin aja punya suami ganteng, berbadan bagus, dompet tebel pula, sementara aku diliat dari mana aja tetep nilainya B (biasa2). Bisa2 waktu jalan bareng ma suami, ada yg bilang “pembokat gtau diri, pake nempel2 ma majikannya” huhuhu..kebanting2 udah..

  10. Kamis, 26 Juli 2007 11:23 pm

    @Rizma:
    Jadi Ma mau jadi Jennifer Anniston atau Angelina Jolie-nya nih?😉

    @purmana; wedulgembez; aa ucup:
    Hoi, yang menilai kalian tampan atau kaya itu cewek lain, bukan diri sendiri😀

    @rianatn81; mirna; safitri:
    Wah, rupanya banyak partisipannya di sini😛

  11. Jumat, 27 Juli 2007 12:03 pm

    Tapi bos,
    itu kan cuman foto, dan cuman angan2…
    Coba ditemuin langsung kayak acaranya Joe Millionaire itu, kayaknya bakalan ada efek termehek-mehek deh… (bahasa mana nih?).

    Ternyata yang kayak dan cakep itu dilanda isu ketidaksetiaan ya?
    Aku pilih kayanya aja deh, nggak usah cakep gpp kok…

  12. Jumat, 27 Juli 2007 12:04 pm

    tampan bagi saya relatif banget…
    co yg cakep banget menurut saya kadang blm cakep menurut orang lain hehhehehehe…
    kalau kaya jg relatif sih –> pinter aka kaya ilmu juga bsa… standar ekonomi tiap orang kan juga beda2 hehehhe. orang yg punya pekerjaan lebih kaya daripada yg jobless kan hehehhehe

    Tapi saya emang nyari tuh co yg cakep dan kaya menurut saya…😀

  13. ndie permalink
    Jumat, 27 Juli 2007 1:25 pm

    yang namanya menikah itukan sekali seumur hidup, jadi jangan liat calon suami dari tampang dan materinya saja, karena semua itu bisa berkurang bahkan hilang, menurut aku sih..pada dasarnya wanita takut pengkhianatan, jadi mereka cendrerung memilih yang biasa2 aja, tapi lebih ke hati nya yang baik….
    inti na mah…uang bisa dicari selama kita ada kemauan, dan wajah tampan itu relatif…tapi buat aku…yang sesuai sama hati kan ga selalu wajah tampan dan kaya bukan????????:)

  14. Minggu, 29 Juli 2007 8:54 pm

    hehe gw tambahin dikit deh..mungkin maksudnya, cow yg nanggung kayanya dan nanggung ganteng nya kurang disukai wanita?

    jadi cow yg ganteng banget dan kaya banget sebenarnya disukai wanita, atau kalo masih ga benar…itu mah masalah wanita, kelewat paranoid hehe and i guess it might be true.

  15. adjiee'Duren permalink
    Kamis, 2 Agustus 2007 4:35 am

    hmmmm… alamat kiamat neh bagi pria2 gantenk
    *gimana dunk nasip gw…!!!???*

  16. gentenk permalink
    Sabtu, 4 Agustus 2007 2:19 pm

    oooh jadi ini toh penyebab banyak cewek ogah sama gw ..
    aduh iya ya djie gimana nih nasib kita?? jadi binun

  17. adjiee'Duren permalink
    Senin, 6 Agustus 2007 12:57 pm

    Doooohh… kalo geto gw berenti deh jadi orang gantenk :))

    *aapa kata duniyaa….. orang gantenk dah kagak laku*
    tul gag tenk??!!

  18. gun permalink
    Minggu, 19 Agustus 2007 5:21 pm

    terima kasih artikel nya & moga tambah sukses selalu

  19. evergreen tree permalink
    Senin, 20 Agustus 2007 1:26 pm

    soalnya pada umumnya wanita lebih memilih pria yg TIDAK TAMPAN tapi KAYA RAYA.. Ya kan? Hayooo jujurr.. banyak loh pasangan ANEH kayak gitu. Contoh paling gampang tuh liat aja beberapa pemaen sepak bola/olahragawan lainnya.. tampangnya jelek, kayak monyet. Tapi pacar/istrinya cakep2. Soalnya kaya sih.. However money rules!! -__-

  20. Selasa, 28 Agustus 2007 12:01 am

    Kalau udah jelek terus nggak punya duit gimana yah? wekakak. Kaya gue ini, terus bau lagi wekakakak.

    Mungkin kalau cowok tampan, bisa belok suatu saat karena ketampanannya. Kalau cowok kaya, takutnya poligami atauterlalu berkuasa terhadap wanita.

    Nah kalau dua2nya? bisa serong kiri ke kanan. terus banyak dayang, permasuri, dan juga istri. Halah. Gubrak.

    Great Blog!🙂. Terus berkarya.

  21. Sabtu, 1 September 2007 5:15 pm

    Gue setuju banget tentang itu. That’s very true, ketampanan dan kekayaan gak menjadi faktor utama wanita memilih pria (buat jangka panjang). Tapi, gak menutup kemungkinan banyak juga wanita yang menginginkan pria sempurna semacam itu. Hanya wanita yang tertutup mata hatinya yang sanggup mencintai seorang pria dengan wajah dan hartanya. Wanita yang matanya terbuka bahkan jeli, akan memilih pria yang baik budi pekertinya, karena budi jauh lebih lama bertahan dalam diri seseorang ketimbang wajah dan harta. Jadi, intinya gue adalah salah satu wanita yang gak memilih cowok dari wajah dan harta.Wajah belum bisa melambangkan hati, dan harta belum tentu membahagiakan wanita.

  22. orangb4ru permalink
    Senin, 10 September 2007 10:39 am

    yakin deh.. thread kayak gini pasti rame. apalagi dibumbuin masalah penyakit kesetiaan (selingkuh), wah..wah.. pasti akan rame.

  23. putri permalink
    Senin, 29 Oktober 2007 10:43 am

    masuk akal…

  24. ziah permalink
    Rabu, 31 Oktober 2007 4:00 pm

    yang penting akhlaknya yg bagus + imtaqnya

  25. wastu permalink
    Sabtu, 19 Januari 2008 1:44 pm

    man???
    man was very complicated!!!
    bahkan cenderung membosankan, tapi apa mau dikata qt sbg wanita membutuhkannya, tapi pria semakin dikejar, semakin kabur…

  26. wastu permalink
    Sabtu, 19 Januari 2008 1:48 pm

    Man is a gift
    Live it…
    Enjoy it…
    Celebrate it…
    And fulfill it…

  27. Sabtu, 19 Januari 2008 6:32 pm

    Gue gak handsome..walau kadang gue ngerasa tampan kalo lg bercermin,ternyata cermin jg bs nipu..gue jg gak kaya,tp tetep aja gue jomblo..munajat cinta gue ga kesampaian,nah yg ngerasa cewe..godain gue donk

  28. t@ti permalink
    Minggu, 10 Februari 2008 6:59 pm

    cwo tajir n’ ganteng khan cm bikin skt ati,
    banyak tuh contohna, tmbh lg biasana gr2
    ngandelin 2 faktor tuh mereka player, iih..
    jauh2 dech..

  29. Tommy permalink
    Kamis, 21 Februari 2008 7:49 am

    Kalo gw si liat-liat penelitiannya di mana
    kalo di Amerika sono ya jelas ga bisa sembarangan di samaian ma kondisi di Indonesia
    Kl bisa si ada penelitian yang sama tp dengan sampel yang berbeda (ex. org Indonesia asli)
    naa baru bisa di komentarin.. ^_^

  30. Cheryn permalink
    Minggu, 9 Maret 2008 1:13 am

    Siapa bilang…..
    Ku suka kok cowok cakep,apalgi kayak…
    APALAGI KALO BADANNYA KEKAR!
    Uh..keren bgt^^

  31. Lena permalink
    Minggu, 9 Maret 2008 1:17 am

    Ia,udah kayak,ganteng,kekar pula…
    tnggl di slidik aja
    moga kecantol
    Stuju ama Cheryn!

  32. Jumat, 11 April 2008 9:09 am

    kayaknya terlalu munafik deh klo wanita jaman
    sekarang gak suka pria kaya dan cakep pula,tapi
    jujur saya percaya faktanya.. karna ini benar2
    terjadi sama kehidupan pribadi, saya lebih
    cenderung memilih pria bertampang biasa aja dan
    bermateri yang seadanya (sederhana) gak tau
    kenapa deeh.. mungkin karna saya berfikir klo
    pria kaya+tampan akan jadi incaran orang..
    apalagi saya termasuk tipe cewe cemburuan..
    duuh.. gimana atuuh?? minta cariin dong obat
    biar gak cemburuan. hehehehe ^_^

  33. Minggu, 11 Mei 2008 8:33 pm

    Co kaya emang di cari kale…

    mang nya mo makan Cinta Doank..

    Gak Kan …??

    HUHEU…

  34. Die permalink
    Jumat, 5 September 2008 12:39 am

    Masa Sih Bukanya wanita tuh……

  35. Gun permalink
    Sabtu, 13 September 2008 7:02 am

    Klo kaya, tampan, soleh, dan sangat setia gmn? masih sulit cari jodoh?

  36. aryan permalink
    Kamis, 18 September 2008 1:03 pm

    yup setuju dengan gun..
    kaya, tampan, baik, shaleh, setia, pengertian, perhatian.. etc..
    pasti lebih dijauhi wanita ya so pasti banyak bgt wanita yg mengincarnya..
    and kecendrungan utk selingkuh pasti sangat-sangat besar coz segala kesempurnaan ada padanya..
    kacian g dapat jodoh..
    we..he..ha..ha..he..he

  37. ibrizani permalink
    Jumat, 10 Oktober 2008 7:38 pm

    what ever lah, yang pasti cinta itu datang dan pergi mau jelek mau cakep mau kaya mau miskin intinya sama aja kaleeeeeeee… sekarang gmn kita menjalaninya aja….mau yang kaya + tampan oke… mau yang biasa+ ga kaya … sama aj bisa selingkuh juga kok…..intinya pengendalian diri…+iman gito lohhhhhhhh

  38. Anwar permalink
    Sabtu, 18 Oktober 2008 12:05 am

    gue tampan, gaul, manis, ganteng,,
    menurut gue cwe pertama kali nilai cwo dari segi fisiknya……
    dan suevey membuktikan di indonesia banyak yang suka cwo keren dan tampan……….

  39. iR1 permalink
    Selasa, 21 Oktober 2008 2:20 pm

    setuju…emang laki2 yg kayak skalipun jarang
    menyukai wanita matere!!

  40. Sabtu, 25 Oktober 2008 12:01 pm

    Sayangnya disini tidak diceritakan, wanita seperti apa sebagai partisipan dalam survei ini.. Saya pikir kalau wanita (maaf) biasa-biasa aja mungkin hanya merasa dirinya kurang sepadan walau sebenarnya mengidamkan pria tampan dan kaya, tapi kalau partisipannya wanita cantik dan kaya pula mungkin hasil survai akan lain pula..
    Btw, good post🙂

  41. Senin, 8 Desember 2008 3:36 pm

    susah yah jadi orang ganteng..,tpi yang nama_ya jodoh tuh harus di kejar.,namanya juga cwo.,semangat aja mo ditolak seribu kli juga jalan terus bro,kejar ampe dapat hati dy..,ok!!!

  42. marisa permalink
    Kamis, 1 Januari 2009 12:06 pm

    Yap,tul bgd th.kbnykn cowo gnteng n kaya mayoritas playboy smw.bwt apa dsktn trs n cm bs nkmtin gntng n kyany bkn cnta sjtiny

  43. auto permalink
    Minggu, 4 Januari 2009 12:08 pm

    1. imannya baik.
    2. cakep
    3. dari keluarga yang baik.
    4. kaya.

    Kalau kau memilih seseorang karena imannya, maka kau akan selamat dunia dan akhirat.

    Amin🙂

  44. uche permalink
    Rabu, 28 Januari 2009 4:01 am

    Wah penilitian ini ga bener, buktinya aku masih nyari cowok ganteng dan dompet tebal. hahhahah

  45. priasanepo permalink
    Senin, 2 Februari 2009 3:49 pm

    Lam kenal deh..

    priasanepo.blogspot.com >>

    Consultant and Investigator of Love

  46. ohend permalink
    Kamis, 26 Maret 2009 11:13 am

    Itu kan cma survey. Cba klau d hdpkan pd sbuah knyataan.

  47. cryptolovers permalink
    Selasa, 31 Maret 2009 11:35 am

    pantesan dari dulu Gw gak pernah punya pacar…!
    ternyata dari wajah ganteng Gw toh…!

  48. lita-liti permalink
    Selasa, 31 Maret 2009 11:40 am

    kalo Aqu cari cowoq yang :
    1. ganteng
    2. imut
    3. so pasti harus kaya
    4. pinter
    5. suka humor…

  49. kaldera Michelle permalink
    Rabu, 6 Mei 2009 8:09 pm

    setujuuuuuu emank pria tampan itu harus lebih gigih dalam meyakinkan pasangannya…terutama di jaman Edan seperti sekarang ini, mereka harus bisa meyakinkan bahwa dirinya adalah pria tampan dan kaya yang bukan GAY hehehe

  50. Alprianti permalink
    Kamis, 14 Mei 2009 9:13 am

    berarti smua cowok yang tampan + kaya di dunia ini sama donk,,..hanya mempermainkan perasaan wanita.iyakn???..

  51. taswi permalink
    Sabtu, 20 Juni 2009 4:06 pm

    that’s good idea……….

  52. Indah DPP permalink
    Kamis, 9 Juli 2009 4:48 pm

    Saya hanya tersenyum lebar setelah membaca artikel di atas, hmmm… ada benarnya memang, para pria cenderung agak ‘meninggi’ ketika mereka memiliki sesuatu yang diinginkan para wanita. Saya tidak sepenuhnya setuju dengan ungkapan “bukan berarti para pria yang termasuk golongan ini bakal kesulitan mencari pasangan selamanya”, lha wong kini wanita tdk hanya bersaing dengan wanita tapi juga dengan pria ^_^

  53. calvin chen permalink
    Kamis, 9 Juli 2009 10:12 pm

    hmmmmm…..
    hahahahaha . .
    ada” adjah dah . .

    lha . .
    mana gua tau soal yg bgini . .
    scra gua cowo sejati broo!
    hahahaha
    gua iseng doang nulis .
    kaga penting amad yaag ,
    kaga ngapa dah ,
    yg penting halal coy!

  54. kurni permalink
    Sabtu, 18 Juli 2009 11:07 am

    Mohon maaf sebelumnya jikalau pesan ini mengganggu.
    Saya pengen berbagi informasi nih buat kita semua, mudah2an bermanfaat.
    Barangkali ada dari rekan2 yg sedang butuh dana/income tambahan diluar gaji blnan.
    Program ini dijalnkan secara online(maya),tapi uang yg
    dihsilkn betul2 riil.Ada transaksi,ada produk,logis,
    masuk akal,en tidak ada satu pihak pun yg dirugikan
    dlm program ini.Program ini dijlankan secara LEGAL&HALAL (KET hrap bca di websitenya, di menu “Legal & Halal”)
    Websitenya http://www.bisnis5milyar.net/?id=fazi

  55. arjuna dijauhi wanita permalink
    Sabtu, 26 Desember 2009 10:27 am

    pantesan yg cakep pada jadi gay,,&pantesan cewe banyak yang di neraka.
    pada dasarnya cewe tu ingin kenyamanan,,tapi apa iya nyaman liat wajah jelek???

  56. lagi jomblo permalink
    Sabtu, 17 April 2010 12:24 am

    gua yang nolak orang tuanya.. dan dah 2kali dengan orang yang berbeda
    takutnya kalo ekonomi kita lebih daripada dia..
    keluarga gua menghina keluarga dia….
    dia juga terima hal itu…. ya sudah lah…
    cari cew yang tingkat ekonominya sesuai aja deh… biar gak bermasalah
    intinya nikah untuk ibadah,, bukan karena nafsu dan kepentok umur…

  57. chytox permalink
    Jumat, 4 Juni 2010 10:41 am

    jelaslah tak laku…

    mana mndang kekayaan pula orang……

  58. gatot permalink
    Sabtu, 28 Agustus 2010 11:56 pm

    nasib jd orang jelek,,,kayak aku ini..udah jelek ,pendek lagi,,n satu lagi item pula…
    ya tuhan kirimkan aku bidadari tuhan…

  59. handsome permalink
    Sabtu, 23 April 2011 1:11 pm

    pantesa ja gue ga laku2 dari dulu…
    ternyata dari wajah gue yang tampan, dompet gue yang tebel, dan body gue yang keren…
    lah mau gimana lagi..dah bawaan dari orok..
    girl gimana dong…masa mau jd jomblowan sejati..

  60. Selasa, 14 Juni 2011 12:04 am

    wahh benerr tuwww cowok yg punya penampilan lebih oke emang susah dapet pacar banyak yg g percaya kalo jomlo uhhh sialllLL mending punya muka pas2san tapi lariss hehehe…:) belum lagi kalo udah dapet pacar bawaan cew curiga melulu capek dehhhhh susah percaya emmm deritaaa guee tuw…wkwkwkw

  61. eri permalink
    Minggu, 20 November 2011 8:27 am

    kayanya ni penelitian ga di Indonesia. kalo di Indoneisa …apa mungkin ngaggur (baca:jomblo) pria tampan dan kaya. adanya malah ngabis ngabisin xixixi

Trackbacks

  1. Yang Sesungguhnya Diinginkan Cewek/Cowok « Pacaran Islami
  2. TTM atau Suami? Bagaimana Wanita Memilih Pria dari Wajahnya « POPsy! - Jurnal Psikologi Populer
  3. Yang diinginkan Cewek & Cowok dalam Perjalanan Mencari Jodoh | LuPhKimm PunYa ~! | Copywriting, Ghostwritten, Internet Marketing, Fotografi, Linux
  4. Yang Sesungguhnya Diinginkan Cewek/Cowok | M Shodiq Mustika ™

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: