Skip to content

Mikir-Mikir #0708

Selasa, 7 Agustus 2007
tags:
by

Selamat datang di Mikir-Mikir, rubrik yang dirancang untuk ‘menghibur’ anda setelah penat membaca artikel-artikel yang panjang dan ‘berat’. Setiap bulan, Mikir-Mikir akan menampilkan sejumlah teka-teki yang akan menguji kemampuan kognitif anda. Tidak banyak yang anda butuhkan untuk memecahkannya: hanya logika sederhana, kemampuan numerik dasar, dan kadang-kadang kreativitas yang sedikit liar. Sudah siap untuk mengasah otak anda?

Soal 1.Pak Abu hanya mempunyai tiga jenis kaus kaki, yaitu kaus kaki abu-abu, kaus kaki putih, dan kaus kaki hitam, yang disimpan tercampur-baur dalam sebuah laci. Jika ketiga jenis kaus kaki tersebut mempunyai rasio jumlah 5:4:2 (abu-abu:putih:hitam), berapa jumlah minimum kaus kaki yang harus diambil, tanpa dilihat terlebih dahulu, untuk memastikan Pak Abu akan mendapat sepasang kaus kaki yang berwarna sama?

Soal 2.Untuk mempercantik kolam barunya, Pak Abu berencana untuk mengisinya dengan bunga teratai. Namun karena suatu kesalahan, yang ia masukkan adalah empat bunga teratai varietas unggul yang mampu berkembangbiak dua kali lipatnya hanya dalam waktu duapuluhempat jam. Tak heran, pada hari keduapuluh, kolam itu begitu penuhnya oleh bunga teratai sehingga mereka tak mampu berkembangbiak lagi karena tidak adanya tempat. Nah, pertanyaannya: pada hari keberapa kolam itu seperempatnya terisi oleh bunga teratai?

Soal 3.Pak Abu ingin sendirian menghabiskan akhir pekan di villa-nya. Sebelum dapat mencapai villa, Pak Abu harus melewati sebuah jembatan gantung yang melintasi jurang yang sangat dalam. Celakanya, jembatan gantung tersebut ternyata putus! Pak Abu kebingungan; Ia tidak mungkin menuruni jurang yang curam itu, dan selain pakaian, perlengkapan lain yang ia bawa hanya seutas tali tambang dan sebuah senter. Lagipula, tidak ada orang lain di sekitar situ yang bisa dimintai pertolongan. Nah, bagaimana cara yang paling mudah untuk melintasi jurang tersebut hanya dengan apa yang dimiliki Pak Abu pada saat itu? (Untuk menyederhanakan masalah, kita anggap saja panjang tali tambang tidak terbatas dan baterai senter tidak dapat habis).

Jawaban (dapat dilihat dengan memblok area kosong di bawah ini):

Soal 1. Empat. Jika tiga kaus kaki pertama yang diambil kebetulan warnanya berbeda-beda semua, maka kaus kaki keempat yang diambil pasti memiliki warna yang sama dengan salah satu dari tiga kaus kaki yang sebelumnya diambil.

Soal 2.Jika pada hari keduapuluh kolam itu terisi penuh oleh bunga teratai, maka kolam itu terisi setengahnya pada hari kesembilanbelas, dan seperempatnya pada hari kedelapanbelas.

Soal 3.Karena panjang tali tambang tidak terbatas, isi saja jurang tersebut dengan tali tambang hingga penuh sampai ke atas dan cukup aman untuk dilintasi Pak Abu.

(dari berbagai sumber)

Anda mengetahui teka-teki lain (terutama yang belum pasaran atau belum ada dalam situs-situs yang memuat hal-hal semacam itu) dan ingin membagikannya dengan para pembaca POPsy!? silakan kirimkan kepada redaksi melalui contact form ini, dan kiriman anda (berikut nama pengirim) akan dimuat dalam edisi MM berikutnya jika memenuhi syarat.

4 Komentar leave one →
  1. Kamis, 9 Agustus 2007 3:50 pm

    Yang nomor tiga nggak bisa…😆

  2. suku permalink
    Kamis, 17 April 2008 12:04 pm

    HWAHAHAHA…seberat apakah tali yang dibawa pria itu?? hehe, jujur gw speechles baca jawabannya, out of ordinary!!!

  3. Kamis, 22 Januari 2009 1:38 pm

    wow keren….

    Tp aq koq gak ngerti ya yang no 2?

  4. Sabtu, 10 November 2012 3:37 pm

    no 2, 5 hri (?)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: