Skip to content

TTM atau Suami? Bagaimana Wanita Memilih Pria dari Wajahnya

Kamis, 25 Oktober 2007
tags: , ,
by

Diambil dari WikipediaOke, sekarang kita sudah tahu bahwa pria yang tampan sekaligus kaya rupanya kurang begitu disukai wanita. Ah, tapi apa sih makna ‘tampan’ itu? Seperti halnya kecantikan, ketampanan juga relatif kan? Rupanya tidak sesederhana itu. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa ada hal-hal universal yang dinilai wanita dari wajah seorang pria. Penilaian tersebut juga tidak hanya sebatas ‘ganteng’ atau ‘jelek’; ada daya tarik yang berbeda-beda, yang bisa menentukan apakah pria tersebut layak dijadikan pasangan sehidup-semati atau sekedar teman kencan semalam. Dan mungkin ada baiknya anda memperhatikan siklus menstruasi sebelum mencari atau menentukan pasangan.

Daya Tarik Pria Dilihat dari Wajahnya

Meskipun ada banyak faktor-faktor yang berperan dalam ketertarikan pada seseorang, pada umumnya faktor yang pertama kali dipertimbangkan adalah faktor fisik. Dan di antara sekian banyak karakteristik fisik, yang paling mudah kita lihat dan kenali dari orang adalah wajahnya. Lalu apa saja yang bisa dilihat wanita dari wajah seorang pria? Pada dasarnya, wajah pria bisa digolongkan ke dalam dua jenis, yaitu wajah maskulin dan wajah feminin. Wajah maskulin dicirikan oleh garis rahang yang tegas, hidung yang agak besar, dan mata yang lebih kecil. Intinya: wajah macho yang kerap anda lihat berseliweran di karpet merah Hollywood. Sementara itu, wajah feminin ditandai dengan raut wajah yang lebih bundar, bibir yang lebih penuh, dan mata yang lebih besar.

Diambil dari ScienceDaily

Wajah yang mana yang lebih menarik bagi anda?

Ternyata, wanita memiliki persepsi yang berbeda terhadap tiap jenis wajah. Dalam beberapa eksperimen, mereka menilai pria berwajah maskulin cenderung lebih kasar, lebih besar kemungkinannya untuk selingkuh, ayah yang buruk, serta berkepribadian kurang hangat. Pria berwajah feminin dinilai sebaliknya: mereka dianggap lebih berkomitmen terhadap hubungan, suami dan ayah yang baik, serta mendukung secara emosional. Karena alasan-alasan di atas itulah, pria berwajah maskulin dianggap lebih pas sebagai teman kencan belaka, sementara pria berwajah feminin dirasa lebih cocok bagi para wanita yang ingin menikah dan membina rumah tangga.

Tepatkah persepsi para wanita tersebut? Sebuah penelitian menunjukkan bahwa akurasinya cukup bagus. Hanya dari foto saja, para wanita yang menjadi partisipan lumayan baik dalam menilai apakah pria yang ada dalam foto tersebut menyukai anak-anak. Penilaian mereka terhadap maskulinitas wajah juga cukup akurat. Para pria yang wajahnya dinilai maskulin memang memiliki level testosteron yang lebih tinggi. Menariknya, hormon ini memang diketahui terkait dengan berbagai perilaku agresif yang umum ditemukan pada pria: perselingkuhan dan kekerasan dalam rumah tangga.

Aneka Persepsi Wanita Menurut Masanya

Jika peredaran bulan bisa mempengaruhi pasang-surut air laut, maka peredaran datang bulannya para wanita ternyata bisa mempengaruhi apa yang mereka anggap menarik dari seorang pria. Sebuah temuan menunjukkan bahwa wanita yang berada dalam masa subur cenderung menganggap pria berwajah maskulin lebih atraktif. Sebaliknya, wanita yang tidak mengalami masa subur menilai pria berwajah femininlah yang lebih menarik. Adanya perbedaan ini juga disebabkan oleh faktor hormonal: Wanita yang kesuburannya sedang tinggi secara tidak sadar lebih memilih pria yang dinilai testosteronnya juga tinggi demi ‘memperbaiki keturunan’, sementara mereka yang kadar kesuburannya rendah lebih memperhatikan keuntungan psikologis ketimbang reproduktif, sehingga pria berwajah feminin terlihat lebih menarik di mata mereka.

Tak hanya oleh masalah biologis, rupanya hubungan dengan ayah juga bisa membuat perbedaan dalam melihat daya tarik wajah pria. Sebuah penelitian lain melihat sebaik apa hubungan sekelompok wanita dengan ayahnya ketika mereka masih kecil. Kemudian para wanita ini diminta untuk menilai 15 foto pria dari sisi ketertarikan mereka. Masing-masing foto juga dibandingkan kemiripannya dengan foto ayah-ayah mereka. Hasilnya, para wanita yang memiliki hubungan baik dengan ayahnya juga akan menganggap menarik para pria yang berwajah mirip dengan wajah ayahnya sendiri.

Adanya temuan-temuan di atas bukan berarti faktor-faktor yang tak kasat mata seperti kepribadian dan chemistry menjadi tidak penting dalam daya tarik seseorang. Pepatah ‘jangan menilai buku dari sampulnya’ rasanya harus tetap dipegang, tapi setidaknya kini kita bisa tahu apa yang bisa dan tidak bisa kita nilai dari ‘sampul’ seseorang.

Sumber:

Fatherhood at First Sight: Women Can Spot Good Dads By Their Faces – LiveScience

How Women Pick Mates vs. Flings – LiveScience

Fertile Women Prefer Manly Men – LiveScience

Feminine guys better for long-term love: study – China Daily

Marriage-Minded Women Focus on Men’s Faces – Yahoo! Health

Study: Chick Magnets Today Look Like Cavemen – LiveScience

Women Prefer Men Who Look Like Dad – LiveScience

Macho Men are Seen as Bad Choice for Long-Term Love – ScienceDaily

Catatan: dalam bebeapa tautan di atas, terdapat banyak tautan terusan ke artikel-artikel lain yang berkaitan. Disarankan untuk menjelajahi semuanya untuk mendapat gambaran yang lebih kaya mengenai fenomena ini.

23 Komentar leave one →
  1. Kamis, 25 Oktober 2007 11:56 pm

    hmmm….
    gimana dengan kriteria cowok?
    wajah? atau bentuk tubuh?

  2. Kamis, 25 Oktober 2007 11:57 pm

    cowok saat memilih cewek maksudnya…

  3. Jumat, 26 Oktober 2007 5:38 am

    waduh… ribet bener yah? bahan bacaannya juga banyak😀
    apakah hasilnya bisa menjamin kalau pilihannya cocok? *he.. kiddin’*

    anyway, menurut saya sih “selera” itu kan relatif dan sangat individual sekali sifatnya. Jadi, mungkin masih banyak faktor-faktor lain yang menentukan seseorang dalam memilih pasangan.
    Nice posting n keep writing yaa…🙂

  4. Sabtu, 27 Oktober 2007 12:37 pm

    @dnial:
    Yang saya tahu, cowok cenderung menyukai cewek yang selisih ukuran lingkar pinggang dan pinggulnya besar , katanya lebih subur dan mudah melahirkan😆

    @pratanti:
    Tentu hasil di atas hanya menunjukkan kecenderungan. Nggak ada yang bisa memberi jaminan, namanya juga “kesan pertama”, kan selanjutnya terserah anda.😉 Ada banyak faktor lain yang lebih berarti dan subyektif dalam memilih pasangan, termasuk selera individual itu tadi.

  5. wiek permalink
    Kamis, 1 November 2007 4:12 pm

    Trus gimana masalah wanita memilih pria dari baunya?he5

  6. Jumat, 2 November 2007 11:25 am

    menurut sy blum tentu laki2 yg berwjh maskulim itu kasar atau tidak baik jk dijadikan pilihan untuk teman hidup, mkin memeang benar bahwa kemaskulinan laki2 indentik dengan kwkasaran,,kita lupa ada hati nurani dan control di setiap orang, termasuk laki2yang katanya itu memiliki hormon testoteron yang tinggi,,,,,jd kita tidak bisa memprediksi kpribadian laki2yang bertampang maskulin itu tdk dapatdijadikan kategori dlmpilihan kita tapi yyang benar,, jika kita ingin menyeleksi untuk teman hidup lebih baik kta melihatnya melalui masa lalu dan control akan dirinya, lingkungannya dll

  7. rindha permalink
    Selasa, 20 November 2007 8:46 am

    kalau masalah selingkuh, mau feminin atau maskulin itu jadi nggak penting. tapi chemistry, daya tarik, pesona dan kemauan itu yang memegang peranan.

  8. sita permalink
    Kamis, 14 Februari 2008 6:06 pm

    aq termasuk wanita yang memilih pria yang benar – benar bisa bertanggungjawab atas semua kepurusan yang dibuatnya, kalo wajahnya terkadang tidak mencerminkan sesuatu yang tergambar.

  9. lika permalink
    Selasa, 11 Maret 2008 6:37 pm

    masuk akal juga. tapi yah balik lagi ke individunya. ini kan hanya sebatas penelitian dan kemungkinan emank itu yang terjadi pada kita, khusunya cewek, tanpa kita sadari. so, balik lagi ke kita yang jelasnya “jangan melihat sesuatu hanya dari sampulnya” (^_^)

  10. Fiska Yusniar Afandi permalink
    Selasa, 18 Maret 2008 3:07 pm

    Setuju bgt dengan pendapat diatas, karena selama saya menjalin hubungan dengan berbagai macam pria saya telah merasakan perbedaan yang sangat besar sekali. dan jika saya di suruh memilih maka saya akan memilih pria yang bisa di bilang aga feminim. karena dengannya kita bisa merasakan kebahagiaan

  11. Rabu, 19 Maret 2008 4:25 pm

    pengalaman menunjukkan, pria dengan dahi lebar (not baldy yach…), muka sedikit bulat, hidung besar sedang memiliki kecenderungan untuk mudah selingkuh. BTW, muka rambo hati rinto juga banyak…so?

  12. echi permalink
    Rabu, 19 Maret 2008 8:33 pm

    kalau pribadi que ndiri cih que suka cwo dari baunya dulu…!!! kalau wnginya enak que psti tertarik,sdangkan klau baunya yebelin biar dia tampankh que teta gak cuka….,,wekekeke…

  13. Kamis, 27 Maret 2008 1:37 pm

    apakah penting jika seorang perempuan memandang cowok dari fisiknya saja?

  14. May permalink
    Jumat, 23 Mei 2008 8:33 pm

    Teorinya make sense… btw, usul, dibahas juga bagaimana pria menilai wanita…
    ntah kenapa gw merasa wanita lebih menomorduakan fisik dalam memilih pasangan dibanding pria…

  15. hasan permalink
    Selasa, 10 Juni 2008 12:41 pm

    ya setuju buat ai, semua bisa dilihat dimasa lalunya dan control diri serta lingkungannya
    ini lebih tepat buat menilai orang kalau menurut saya. tapi tetap saja penilaian psikologi adalah kebenaran yang ga benar.benar karena kita belum tahu ilmu yang lainnya….dan akan terus gitu..jadi buat para psikolog dan calon psikolog harus arif dalam menilai pasiennya.(tetap hormat)

  16. Senin, 18 Agustus 2008 12:59 am

    Maybe…
    But…cuma Tuhan yg tau,

  17. pram permalink
    Selasa, 19 Agustus 2008 8:18 pm

    ribet juga ce,,,tp thanks ya,,dari sini aq bisa dapet ilmu………

  18. Selasa, 30 September 2008 10:42 pm

    Pria dan Wanita

    http://www.pencinta-wanita.com

  19. Minggu, 16 November 2008 6:09 am

    that is right.. We always choose feminin face.. Than maskulin for our husband..

  20. lidyalyya permalink
    Selasa, 13 Januari 2009 7:36 pm

    iiiccchhh susah juga… tapi pcr ku wjahnya feminin tpi sifatnya udh dwsa kok,, en gak ada tanda2 kalo dia tu kasar…

  21. Rabu, 11 Februari 2009 2:42 pm

    salam,mo nawarain neh buat yg butuh minyak
    lintah yang berguna untuk memperbesar dan
    stamina pria, alami dari alam
    0274-8220943

  22. Rabu, 18 Februari 2009 8:32 am

    hmmm…kayanya kalo cowo kaya n cakep sukanya ngerendahin cewe deh
    berhubung dia cakep maka dia jadi mikir pasti banyak cewe yang suka jadi dia cenderung permainin cewe
    dan kalo cowo kaya tuh mikirnya dia bisa beli semuanya tak terkecuali beli cewe
    emang sih jaman sekarang banyak cewe yang pengen dapet cowo kaya walaupun ga cinta
    alias tuh cewe matre,,tapi kalo dipikir2 lagi,,,apakah uang bisa kasih kebahagiaan?\
    emang sih bisa beli apa aja,jaman sekrang segala sesuatu serba pake uang tapi ada beberapa yang ga bisa dibeli yaitu kebaagiaan,persahabatan dan keperawanan kan?

  23. Sabtu, 18 April 2009 7:48 pm

    KIRIMKAN DAFTAR WAJAH WANITA TERCANTIK KE EMAI KU

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: