Skip to content

Dari Redaksi: Kuliah Psikologi Keluarga, Jurnal-Jurnal Baru, dan Open Access

Minggu, 27 Juli 2008

Saya harus mengakui kalau keterbaruan fitur-fitur non-artikel yang ada di POPsy! kurang terlalu diperhatikan jika dibandingkan dengan artikel-artikelnya. Handout bahan kuliah, misalnya, hanya ada Pengantar Antropologi (memang baru satu itu saja yang bisa saya minta izinkan kepada dosennya untuk dimuat).

Karena itu, saya sangat berterimakasih kepada Ibu Farida Harahap, M.Si, seorang dosen dari Universitas Negeri Yogyakarta, atas kesediaannya berbagi hand-out Psikologi Keluarga untuk kita semua. Jadi apa sebenarnya yang dipelajari di situ? Silakan lihat sendiri di halaman Kuliah untuk mengetahuinya.

Selain handout kuliah baru, saya juga menambahkan cukup banyak tautan ke situs jurnal-jurnal gratisan. Sebagian dari penyedia jurnal-jurnal tersebut tergabung ke dalam Open Access Initiative, yaitu semacam gerakan komunitas internasional yang mendorong tersedianya akses tak terbatas pada jurnal-jurnal ilmiah.

Sebagai negara berkembang yang masih harus banyak belajar agar pencapaian ipteknya bisa sejajar dengan negara-negara maju, dunia pendidikan tinggi Indonesia mestinya sangat terbantu dengan gerakan itu. Tapi kok saya nggak mendengar gaungnya ya (setidaknya di kampus tempat saya kuliah dulu)?

Padahal kalau disosialisasikan lebih luas, saya yakin banyak mahasiswa, terutama dari universitas kecil yang tak punya cukup dana untuk berlangganan jurnal, yang akan terbantu dalam pengerjaan tugas dan skripsinya. Para dosenpun saya rasa juga akan terbantu dalam membuat bahan ajar atau merancang penelitian.

Oh well, setidaknya saya sudah berusaha untuk ikut menyebarluaskannya, meskipun itu hanya pada anda, pembaca POPsy!. Kalau anda yang masih duduk di bangku kuliah merasa terbantu, saya harap anda berkenan memberitahukan mengenai handout dan jurnal-jurnal itu kepada teman-teman anda, atau mungkin malah dosen anda.

10 Komentar leave one →
  1. Mas Kopdang permalink
    Senin, 28 Juli 2008 3:58 pm

    Keren..
    Saya suka dengan semangat dan usaha Anda!

  2. Selasa, 29 Juli 2008 11:19 am

    Mulia sekali. Salut. Salam.

  3. Jumat, 8 Agustus 2008 1:49 pm

    HELP ME…..! PLEASE………

  4. corien akwari permalink
    Kamis, 23 Oktober 2008 1:55 pm

    Hm…..wah saya corien mau dunk gabung dengan anda dalam mengumpulkan jurnal-jurnalnya…..commentnya LUAR BIASA….

  5. Kamis, 23 Oktober 2008 3:57 pm

    @corien:

    Mau bantu mengumpulkan? Hmmm, kalau anda nemu jurnal baru yang belum saya cantumkan, langsung sarankan saja alamat situsnya di halaman Buku Tamu. Atau kalau hanya dalam bentuk file, bisa dikirimkan ke alamat e-mail saya yang tercantum di halaman Redaksi. Terima kasih sudah mau membantu🙂

  6. Albana permalink
    Minggu, 21 Desember 2008 9:41 pm

    Salut kepada anda yang begitu gigih

  7. wiwin hadiyat permalink
    Kamis, 28 Mei 2009 6:40 pm

    saya dapat info ini dari dosen psikologi keluarga saya di UMG. terimaksih buat dosen dan penulis info ini tentang kemauannya berbagi ilmu.

  8. rabbani75 permalink
    Rabu, 6 Januari 2010 9:06 pm

    salam kenal terima kasi artikelnya

  9. salma wray permalink
    Selasa, 27 September 2011 11:23 am

    makasih bu, membantu sekali🙂

Trackbacks

  1. Siana5080860’s Weblog

Tinggalkan Balasan

