Skip to content

Orang Kidal Lebih Mampu Menahan Diri

Kamis, 6 November 2008
by

Anda kenal dengan seseorang yang kidal? Kalau menurut Lynn Wright dari University of Abertay Dundee, Inggris, orang itu kemungkinan perilakunya lebih terkendali, bahkan cenderung pencemas. Sementara itu, orang yang tangan kanannya dominan (apa ya istilahnya? kalau kiri ‘kidal’, berarti kanan…’kanal’?) terlihat lebih spontan.

Menurut Wright, hasil ini diduga karena orang kidal biasanya juga mempunyai otak kanan yang lebih dominan (seperti yang kita tahu, belahan otak kanan mengendalikan bagian tubuh sebelah kiri, dan sebaliknya), dan di bagian otak kanan inilah yang mengatur emosi-emosi negatif.

Apakah ini berarti kekidalan adalah suatu kelemahan? Tidak juga, kata Wright dan peneliti lainnya. Karena kekidalan sudah muncul sejak usia dini, biasanya orang-orang kidal secara tak sadar juga telah mengembangkan sifat dan perilaku yang bisa mengurangi kecemasan mereka, seperti lebih rapih dan teratur serta suka membuat daftar hal-hal. Ini, tambah Wright, bisa jadi suatu kelebihan tersendiri.

clipped from www.newscientist.com
When about to do something, left-handers tend to dither, says Lynn Wright, a behavioural psychologist at the University of Abertay Dundee, UK, who led the study. “Right-handers tend to jump in a bit.”
Compared to right-handers, lefties and women were likelier to agree with statements such as, “I worry about making mistakes” and “Criticism or scolding hurts me quite a bit”. All groups responded similarly to statements such as “I often act on the spur of the moment” and “I crave excitement and new sensations”, Wright’s team found.
The results could be due to wiring differences in the brains of left-handers and right-handers, she says. Research
suggests that handedness is a matter of degree (see “Edinburgh handedness inventory”). But in left-handers the right half of the brain is dominant, and it is this side that seems to control negative aspects of emotion. In right-handers the left brain dominates.
blog it
12 Komentar leave one →
  1. Greeny permalink
    Kamis, 6 November 2008 2:04 pm

    Klo msh kanak2 sdh nampak kidal terus kita latih agar terbiasa dgn tangan kanan & ternyata sukses, bgmn?? apakah terus jg mempengaruhi pada fungsi tugas otak kanan ny??

  2. Kamis, 6 November 2008 9:28 pm

    Yang dulu pernah saya dengar juga katanya orang kidar RATA-RATA berumur lebih panjang, walaupun hanya baru berupa data statistik saja dan belum ada alasan ilmiah yang mendukung hipotesis teori tersebut.

  3. Sabtu, 8 November 2008 4:30 am

    Paling tidak saya pny 2 teman dekat yang kidal, tapi sifatnya beda jauh.Kesamaannya hanya sama2 tidak terkejar kalo balap motor di jalanan…😛

    ~sama skali tidak terkendali ataupun pencemas…:mrgreen:

  4. Rabu, 12 November 2008 2:46 pm

    aku kidal !!! yeyyy, proud to be a left-handed

  5. Jumat, 14 November 2008 11:54 am

    wah setuju banget berhubung gw juga kidal… gw ngrasa banget manfaat dari orang kidal.. tapi gak enaknya klo makan bareng temen suka nyenggol2 gitu klo gak pas posisi duduknya

  6. Selasa, 2 Desember 2008 9:16 am

    gw kidal juga, tapi ga dari lahir. coz i think left-handers are cool🙂

  7. Jumat, 19 Desember 2008 10:28 am

    gue adalah contoh dari orang kidal. kalo sms suka pake tangan kiri, tapi kalo makan pake tangan kanan (ya iya lah .. kan manusia Timur yang sopan harus gitu)

  8. emettelautt permalink
    Rabu, 25 Februari 2009 3:24 pm

    7458 ,
    hydrocodone order, buy adipex online, buy ambien, ativan, purchase ephedra, order xanax, buy alprazolam,
    45% ,

  9. khafizahameliaputri permalink
    Sabtu, 30 Januari 2010 8:24 pm

    wahh hebta ya…

  10. Kamis, 22 Juli 2010 8:00 pm

    Setuju dgn pernyataan Lynn Wrigt…
    saat salah 1 bagian tubuh tidak difungsikan secara max, bagian tubuh akan beradaptasi untuk bertahan.
    jadi saat org kidal lebih mengaktifkan otak kanan nya, otak kanannya akan beradaptasi untuk menutupi kekurangannya.
    Bagaimana orang kidal???

  11. shanty abby permalink
    Jumat, 20 Mei 2011 5:19 pm

    please info terbaru all about “kidal” tq

  12. heru prasetyo permalink
    Sabtu, 12 November 2011 7:13 pm

    sama aja klo mnrutq… semua ciptaan Allah swt..^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: