Skip to content

Anjing yang Punya Rasa Keadilan

Rabu, 17 Desember 2008

Ketika diperlakukan tidak adil, hewan pun bisa protes. Dalam eksperimen yang dilakukan seorang peneliti dari University of Viena, Austria, anjing yang sudah dilatih untuk melakukan sebuah atraksi (misalnya, mengambil ranting yang dilempar) akan ‘ngambek’ ketika ia tidak diberi hadiah, padahal ia melihat anjing lain yang melakukan atraksi sama diberi hadiah.

Menariknya, hadiahnya sendiri tidak perlu sama-sama adil. Si anjing tidak ngambek ketika temannya diberi daging sementara ia mendapat roti; asalkan diberi sesuatu, ia sudah cukup senang dan merasa diperlakukan adil.

clipped from www.newsweek.com
No fair! What parent hasn’t heard that from a child who thinks another youngster got more of something? Well, it turns out dogs can react the same way. Ask them to do a trick and they’ll give it a try. For a reward, sausage say, they’ll happily keep at it. But if one dog gets no reward, and then sees another get sausage for doing the same trick, just try to get the first one to do it again. Indeed, he may even turn away and refuse to look at you.
“Animals react to inequity,” said Friederike Range of the University of Vienna, Austria, who led a team of researchers testing animals at the school’s Clever Dog Lab. “To avoid stress, we should try to avoid treating them differently.”
Similar responses have been seen in monkeys.
One thing that did surprise the researchers was that — unlike primates — the dogs didn’t seem to care whether the reward was sausage or bread.
And the dogs never rejected the food, something that primates had done when they thought the reward was unfair.
blog it
13 Komentar leave one →
  1. Snowie permalink
    Rabu, 17 Desember 2008 4:34 pm

    Apa sebenarnya hewan itu juga punya perasaan ya 0_o”\

    kucing saya, suka ngalah sama yang lebih muda kalo di kasi makan.

    Maksudnya, kalo ngasih makan di satu tempat, yang tua bersedia menuggu sambil ngeliatin sampai yang muda selesai makan. Secara yang muda rada egois, nggak mau makan bareng.

    gemana tuh?😛

  2. Rabu, 17 Desember 2008 6:08 pm

    di tv kemarin itu juga ada anjing yang bersosial, yang menyelematkan temannya tertabrak di amerika dan sempat di rekam di cctv jalan. (hebat juga tu anjing)

  3. Rabu, 17 Desember 2008 6:11 pm

    Anjing juga makhluk hidup

  4. Rabu, 17 Desember 2008 8:49 pm

    hoooo
    btw btw, ini bukannya karna anjing nganggepnya sebagai reward?
    karna dia udah kebiasaanya dikasih makanan waktu dilatih dan tiap dia berhasil melakukan atraksi, maka dia dikasih makan..
    *pernah bljr psikologi dulu*
    Eh, tapi iya bisa disebut ngambek juga ya….🙂

  5. Rabu, 17 Desember 2008 10:36 pm

    eitzzz… good lah..🙂
    lam knal.. hehee…😉

  6. Kamis, 18 Desember 2008 12:29 pm

    jadi kalau ada orang yang diberi imbalan berbeda dan nggak protes, dia sama saja dengan… ah, sudahlah😀

    *kesimpulan ngawur*

  7. Kamis, 18 Desember 2008 3:14 pm

    hehehe binatang juga punya hati dan perasaan

  8. Rian Xavier permalink
    Kamis, 18 Desember 2008 10:16 pm

    Yup. Gw di rumah banyak anjing, jadi taw gimana anjing itu. Memang anjing sendiri punya perasaan juga.

  9. Jumat, 19 Desember 2008 10:23 am

    gimana mikirnya yach …

    itu hewan gak punya nalar,

    tapi kok biza meraza yach ..

    rasa peduli anjing lebih

    besar dari manusia ..

  10. Jumat, 19 Desember 2008 3:48 pm

    Kalo tuh anjing sekedar dijanjiin hadiah bidadari yg slalu perawan misalnya kira-kira dia masih mau atraksi gak ya??
    *lospokus*

  11. Jumat, 19 Desember 2008 3:49 pm

    anjing mmg ada perasaannya…, soalnya gw juga ada pelihara anjing jadi tau dikit. trs anjing itu hewan yg setia. i like it

    salam kenal😀

  12. Senin, 15 Juni 2009 8:19 am

    kunjungi artikel anjing yang lainnya ya di blog ku

  13. Rini Risvina Elisabeth "abeth" permalink
    Sabtu, 18 Juli 2009 9:15 pm

    lalu apa ada aplikasinya dengan manusia????
    seorang kakak dan seorang adik (berdasarkan pengalaman saya, tetap akan mempertimbangkan reward yang mereka terima, baik itu 10ribu dengan 5ribu, menurut mereka itu tidak adil, karena apa yang mereka lakukan adalah satu hal yang sama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: