Skip to content

6 Cara Membuat Anak Suka Makan Sayur

Jumat, 19 Desember 2008

Buat anda yang punya anak atau baru beberapa belas tahun yang lalu masih anak-anak, anda pasti tahu betapa susahnya mereka (atau kita) mencoba mengunyah makanan hijau pahit yang tidak mengenakkan itu. Harian The New York Times memberikan 6 tips sederhana ini untuk anda:

  1. Ajak anak anda ikut terlibat dalam proses memasaknya, atau setidaknya melihat bagaimana anda mempersiapkan makanannya.
  2. Jangan memaksa mereka untuk memakannya atau mengiming-imingi hadiah. Silakan tawarkan sayuran, tapi usahakan tetap bersikap netral entah dia menerima atau menolaknya.
  3. Kalau tidak ingin anak anda makan sesuatu yang tidak sehat, jangan coba disembunyikan di tempat yang (menurut anda) tak terjangkau anak; Sterilkan rumah anda dari makanan itu.
  4. Pola makan orangtua bisa mempengaruhi anak mereka untuk menirunya, jadi berilah contoh yang baik dan hati-hatilah kalau anda sedang berdiet.
  5. Jangan sajikan sayuran yang itu-itu saja; berkreasilah dengan cara masak yang berbeda tanpa harus terpaku pada sisi kesehatannya.
  6. Jangan menyerah! Menurut seorang ahli gizi, dibutuhkan rata-rata 15 kali atau waktu berbulan-bulan untuk bisa membuat anak menerima suatu makanan.

Bagaimana dengan anda? Pernah punya pengalaman pribadi (entah anda ke anak atau orangtua ke anda) dan tips-tips lain dalam mengusahakan anak mau makan sayur-sayuran?

clipped from www.nytimes.com
Sending children out of the kitchen
studies suggest that involving children in meal preparation is an important first step in getting them to try new foods.
Pressuring them to take a bite
The better approach is to put the food on the table and encourage a child to try it. But don’t complain if she refuses, and don’t offer praise if she tastes it.
Keeping ‘good stuff’ out of reach
The lesson for parents? Don’t bring foods that you feel the need to restrict into the house.
Dieting in front of your children
parents who are trying to lose weight should be aware of how their dieting habits can influence a child’s perceptions about food and healthful eating
Serving boring vegetables
Nutritionists say parents shouldn’t be afraid to dress up the vegetables. Adding a little butter, ranch dressing, cheese sauce or brown sugar to a vegetable dish can significantly improve its kid appeal.
Giving up too soon
In young children, it may take 10 or more attempts over several months to introduce a food.
blog it
7 Komentar leave one →
  1. raisyadila permalink
    Jumat, 19 Desember 2008 5:29 pm

    Anak kedua saya termasuk agak sulit makan sayuran apalagi yang berwarna hijau.
    Semula saya pun berusaha membujuknya dengan iming2 hadiah, ternyata hal tersebut tidak berjalan baik. Kemudian saya coba dengan membuat variasi makanan dari sayuran, awalnya memang sulit, tapi dengan melihat ortu dan saudaranya menikmati makanan tersebut, dia pun mencobanya. Alhamdulillah… sekarang anak saya sudah mulai mau mengkonsumi sayuran. Dengan begitu saya harus lebih giat lagi mencari dan membuat variasi makanan dari sayur.

  2. Minggu, 21 Desember 2008 12:17 am

    Untung anak-anakku suka makan sayur. Kalau dulu aku bikin sup yang aku blender. Sekarang mereka (9th dan 2th) sudah bisa makan brokoli rebus yang disiram dgn keju cair.

  3. Senin, 22 Desember 2008 8:20 am

    hehe, alih-alih ditujukan buat anak/yang sudah punya anak, malah suitable buat saya nih.:mrgreen:

    asli vegetarian😆

  4. Senin, 22 Desember 2008 3:59 pm

    catshade, menarik😀
    bisa di praktekin ke anak ku .. eh belum lahir dink

  5. Kamis, 8 Januari 2009 6:40 pm

    saya ibu dari 2 anak (6 dan 3 thn..). Anak saya terutama yang besar susah sekali makannya, palagi makan sayur. Disiasati dengan apapun susah. Akhirnya saya berhenti mengusahakan dengan sengaja anak saya makan sayur, biarkan saja mereka makan makanan favorit mereka. Tapi belakangan kalau di rumah sedang ada saudara berkunjung dan rame2 kita makan sayur..anak2 ikut cicip…akhirnya tanpa saya bersusah payah menyuruh mereka makan sayur, anak2 saya minta sendiri dimasakin sayur bayem, kangkung dll. Jadi..mungkin ada masanya juga anak2 doyan dengan sayur..

  6. Mama Bani permalink
    Sabtu, 7 Februari 2009 7:29 pm

    saya punya pengalaman mensiasati anak saya
    yang tidak suka makan sayur. Salah satu caranya
    mencampurnya dalam telur (omelet), atau perkedel (
    (ayam,tahu,kentang,ikan). Cara ini sangat ber-
    hasil. Bahkan selain teman nasi, mereka juga
    suka menjadikannya cemilan. Saya menyebutnya
    cemilan sehat. Selamat mencoba!

Trackbacks

  1. Dari Redaksi: Tahun Baru, Blog Baru « POPsy! - Jurnal Psikologi Populer

Tinggalkan Balasan

