Skip to content

Membaca Pikiran dengan Menggunakan Komputer

Senin, 22 Desember 2008

Para ilmuwan dari ATR Computational Neuroscience Laboratories, Jepang, telah menemukan cara untuk ‘membaca’ pikiran orang dengan menggunakan fMRI (pemindai gelombang elektromagnetis otak) dan menampilkan ‘gambaran pikiran’ orang tersebut di layar monitor (cara selengkapnya bisa dilihat di klip di bawah).

Pertanda bahwa kini isi otak anda tidak privat lagi? Tidak juga kalau kita melihat bahwa cara kerja metode ini masih sangat terbatas. Pertama, otak orang tersebut sebelumnya harus dibandingkan dengan database gambar yang sudah dikenal komputer sebagai pembanding awal; jadi, kita tidak bisa langsung memindai pikiran orang, apalagi tanpa ketahuan. Tambahan lagi, metode itu sampai sekarang baru bisa menafsirkan ‘pikiran’ yang hitam-putih dan berasal dari citra sederhana (seperti simbol atau huruf).

clipped from www.pinktentacle.com

ATR mind reader --
The scientists were able to reconstruct various images viewed by a person by analyzing changes in their cerebral blood flow. Using a functional magnetic resonance imaging (fMRI) machine, the researchers first mapped the blood flow changes that occurred in the cerebral visual cortex as subjects viewed various images held in front of their eyes. Subjects were shown 400 random 10 x 10 pixel black-and-white images for a period of 12 seconds each. While the fMRI machine monitored the changes in brain activity, a computer crunched the data and learned to associate the various changes in brain activity with the different image designs.
Then, when the test subjects were shown a completely new set of images, such as the letters N-E-U-R-O-N, the system was able to reconstruct and display what the test subjects were viewing based solely on their brain activity.
For now, the system is only able to reproduce simple black-and-white images.
blog it
12 Komentar leave one →
  1. Senin, 22 Desember 2008 8:22 pm

    semakin maju aja teknologi nech… jgn2 beberapa tahun kedepan bisa melahirkan anak lewat komputer…he2.

    artikel yg bagus, sangat menyumbang ilmu pengetahuan.

    http://duniapsikologi.dagdigdug.com/

  2. Selasa, 23 Desember 2008 10:46 am

    minggu lalu saya baca artikel di internet, sudah ada alat untuk menampilkan mimpi.
    wueee..

    tapi belum tau, itu hoax atau bukan.

  3. Rabu, 24 Desember 2008 11:45 am

    Masih jauh dari membaca pikiran. Yang dilihat sebenarnya adalah membaca cara otak menafsirkan apa yang ia lihat.

    fMRI sering digunakan buat memetakan kinerja otak pada saat melakukan aktivitas tertentu tetapi ada beberapa kelemahannya. Michael Shermer pernah menulis kelemahan-kelemahan tersebut di majalah Scientific American Mind edisi November 2008.

    Lagipula, sistem syaraf lebih bersifat ‘jaringan’ (seperti internet) daripada modular dan dalam pemrosesan data-data fMRI, ada penekanan pada bagian-bagian yang perubahan aktivitasnya lebih tinggi sehingga kadang-kadang mengabaikan aktivitas-aktivitas di bagian lain yang tampak lemah padahal ternyata tidak kalah penting.

    Selain itu, yang diukur oleh fMRI sebenarnya adalah darah yang mengalir ke otak, bukan aktivitas sesungguhnya. Karena darah yang mengalir biasanya menandakan terjadinya aktivitas di neuron, maka bisa dianggap fMRI memetakan aktivitas otak walau tidak langsung.

    Yang jelas sih,
    kalau penelitian di atas di lanjutkan, terapan pertamanya mungkin membuat kacamata untuk orang buta kali yah? Atau membuat mata buatan.

  4. Kamis, 25 Desember 2008 6:33 am

    Kalau ada gen manusia yang berfungsi dapat membaca fikiran orang yang kebanyakan kini tidak aktif (tersembunyi), dan nanti dapat diaktifkan sepertinya lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan mengembangkan teknologi seperti ini………

  5. voanq-JOHN permalink
    Selasa, 30 Desember 2008 10:56 am

    teknologi indonesia dunk, jngan cuma sibuk dengan politik yang berpihak pada kapitalis aja….

  6. rezkia permalink
    Senin, 2 Februari 2009 11:31 am

    otak manusia adalah sungguh unik dan misteri.
    ia mampu diselongkari sekiranya kita mampu
    memahami diri sebaik mungkin.tiada apa yang
    mampu mengubahnya kecuali yang maha pencipta

  7. annisa permalink
    Senin, 16 Februari 2009 9:55 pm

    kalo boleh sich aku mau tau caranya baca pikirannya orang lewat komputer tu gimana.

  8. lala permalink
    Selasa, 17 Februari 2009 7:55 am

    makin canggih aja kemajuan jaman sekarang..jangan2 mulai ga ada yang bisa di privat laghie nie…

  9. nadia permalink
    Kamis, 9 April 2009 12:57 am

    tahu amat ni dunia udah makin heboh aja

  10. Jumat, 15 Mei 2009 5:20 pm

    Bagus juga, apa ini seperti ramalan primbon jawa ya?

  11. Rabu, 30 Maret 2011 9:52 pm

    Apa seperti rekaman otak gitu…

Trackbacks

  1. Dari Redaksi: Tahun Baru, Blog Baru « POPsy! - Jurnal Psikologi Populer

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: