Skip to content

Komunika: Jurnal Ilmu Sosial dan Komunikasi milik LIPI

Sabtu, 10 Januari 2009

Ada yang pernah mengetahui sepak terjang LIPI selama ini? Membaca hasil-hasil penelitian dari para ilmuwan di lembaga tersebut? Mungkin sama seperti saya, anda juga jarang, atau malah tidak pernah, mendengarnya sama sekali dari berbagai media massa yang anda langgani.

Bisa saja sih sebenarnya media sudah mencoba memuatnya, tapi entah karena jarang-jarang punya pencapaian khusus atau pemberitaannya terpencil di halaman dalam, anda akhirnya melupakannya. Karena itulah saya cukup terkejut dan terheran-heran ketika kemarin di Gramedia Mal Taman Anggrek mendapati ini di salah satu rak:

Majalah Ilmiah Komunikasi Dalam Pembangunan

Komunika: Majalah Ilmiah Komunikasi Dalam Pembangunan

‘Majalah’ (lebih tepat disebut jurnal, sebenarnya) ini cukup lawas (Vl. 10, No. 2, tahun 2007), dan cuma edisi itu satu-satunya yang ada di sana (dan rasanya tidak pernah saya jumpai di Gramedia lain) sehingga saya tanpa pikir panjang langsung membelinya meski harganya lumayan mahal (Rp. 45.000,00).

Apa saja isinya? Berikut beberapa di antaranya yang menurut saya cukup menarik dari sisi ilmu psikologi, dan mungkin akan saya bahas nanti di POPsy:

  • Minoritas di Tengah Mayoritas: Interaksi Sosial Katolik dan Islam di Kota Palembang
  • Tayangan Pornografi, Kekerasan, dan Mistik/Supranatural di Televisi Cenderung Memotivasi Perilaku Negatif
  • Problem Komunikasi antara Aparat Polri danPengunjuk Rasa dalam Pengendalian Unjuk Rasa yang Mengarah pada Kerusuhan Massa
  • Perbandingan Perspektif Disiplin dan Tradisi dalam Kajian Komunikasi Antarmanusia

Bagaimana? Penasaran untuk mengetahui isinya lebih lanjut? Silakan tinggalkan komentar di bawah mengenai judul mana yang anda inginkan saya untuk membahasnya lebih dulu.🙂

19 Komentar leave one →
  1. yusahrizal permalink
    Minggu, 11 Januari 2009 1:21 am

    Bayar 45 rebu koq cuma ketemu 4 topik yg dianggap menarik? buang2 duit aja tuh (situ buang2 duit dan LIPI juga buang2 duit bikin jurnal plus gaji “ilmuwan”nya)

    Bahas nomor 2 dan 3 deh, hihihihi (udah nyumpahin situ sama LIPI ketawa ketiwi lagi plus minta bahas)

  2. Minggu, 11 Januari 2009 1:46 am

    @yusahrizal:

    Soalnya masih banyak orang Indonesia seperti anda yang nggak mau ‘buang2 duit’ demi pengetahuan yang berguna, bahkan ketika pengetahuan itu tentang bangsanya sendiri. 8)

    No. 2 dan 3? Ok, pilihan ditampung dulu…

  3. Minggu, 11 Januari 2009 3:05 am

    Tayangan Pornografi, Kekerasan, dan Mistik/Supranatural di Televisi Cenderung Memotivasi Perilaku Negatif

    Alasan:
    Mencoba mencari koneksi dengan tulisan mengenai Pornografi, Kekerasan, dan Mistik/Supranatural di internet (blog) Cenderung Memotivasi Perilaku Negatif.🙂

    Terimakasih yaa atas dibukanya request untuk membahas ini. Alternatif baru membaca popsy, salah satu blog favorit langganan feeder saya.

  4. yusahrizal permalink
    Minggu, 11 Januari 2009 3:51 am

    Sori boss, 5 tahun diluar negeri tanpa pernah pulang bikin saya sulit mengeluarkan rupiah membeli buku berbahasa Indonesia. Paling cuma bisa mengunduh ebook berbahasa Indonesia sejenis Kho Ping Hoo. Itu juga gratisan…
    (Fakta nyata, orang Indonesia diluar negeri juga masih hobi yang gratisan. nggak mau kalah dari yang di negeri asal)

  5. Minggu, 11 Januari 2009 7:42 pm

    Kayaknya sering deh. Mas Catshade kalih kurang perhatian sama ilmuwan lokal.:mrgreen:

  6. Minggu, 11 Januari 2009 10:54 pm

    @bangaip:

    Iya juga ya… jangan2 ada hubungannya😯 *segera baca bagian itu*

    @yusahrizal:

    Dasar peminat gratisan… padahal untuk ukuran jurnal ilmiah, jurnal2 di Indo biasanya murah2 kayak kacang goreng. Jurnal serupa di luar negeri bisa sampe belasan dolar per edisinya.😐

    @gentole:

    Terakhir saya baca berita yang terkait dengan LIPI soal plagiat karya ilmiah untuk kenaikan pangkat.😛 Ilmuwannya kali yang kurang promosi hasil penelitiannya ke masyarakat awam (via media massa yang bukan ‘untuk kalangan terbatas’) macem saya. Atau medianya yang malas memberitakan karena tidak komersil?😕

  7. yusahrizal permalink
    Senin, 12 Januari 2009 1:08 am

    Lha? kayaknya kalo ada yg ditanya suka gratis atau bayar, 100 prosen bakal jawab koor GRATISSSSSSS!!!!!

    Saya tinggal di jepun. berminat baca jurnal psikologi bertulis huruf kanji, hiragana dan katana? Nggak perlu keluar duit, saya talangin. Gratis koq, khusus untuk anda.

    Oh, saya lupa. Saya bergelut dibidang elektrokeramik semikonduktor berbasis nanoteknologi dengan metode deposisi secara penguapan kimia. hubungi saya jika tertarik, akan saya kirim versi PDFnya ke email anda.

  8. Senin, 12 Januari 2009 6:38 am

    Memang harga aslinya berapa sih?? Dan kenapa kok cuma satu?? apa itu stok lama atau itu edisi spesial sehingga dijual lagi???

    **wah aturan nanyanya ke manajemen Gramedia ya??**:mrgreen:

  9. Senin, 12 Januari 2009 2:39 pm

    saya apa aja yang penting bermanfaat

  10. mita permalink
    Kamis, 15 Januari 2009 3:08 pm

    Saya mau tahu Problem komunikasi antara Aparat polri dan Pengunjuk Rasa dalam Pengendalian Unjuk Rasa yang mengarah pada kerusuhan massa

  11. Kamis, 15 Januari 2009 9:45 pm

    […] Kayaknya sering deh. Mas Catshade kalih kurang perhatian sama ilmuwan loka[..]

    lho yg punya blog ini mas tho..???

  12. Jumat, 16 Januari 2009 2:51 pm

    wedew.. Mahal betul harganya tuh.😕

  13. jihan permalink
    Sabtu, 14 Maret 2009 11:47 am

    perbandingan perspektif disiplin dan tradisi dalam kajian komunikasi antar manusia.
    tolong di bahas

  14. kaes permalink
    Kamis, 7 Mei 2009 3:16 pm

    bolehkah saya mengetahui lebih lengkap tentang tayangan pornografi, kekerasan dan mistik di televisi ….
    karena saya sedang mengajukan penelitian yang berkaitan dengan isu tersebut..
    terimakasih.

  15. Senin, 1 Februari 2010 3:48 pm

    Saya ingin judul yang ini yang dimunculkan lebih dahulu: Perbandingan Perspektif Disiplin dan Tradisi dalam Kajian Komunikasi Antarmanusia ….Terimakasih

  16. hilda permalink
    Sabtu, 27 Maret 2010 9:41 am

    saya membutuhkan jurnal tentang hubungan komunikasi interpersonal dengan kepercayaan diri pada siswa…. please bantu y………. secepatnya.. tolong d tampilin

  17. hudz permalink
    Senin, 20 September 2010 5:04 pm

    ada gak bahsan tentang komunikasi desain produk bos??

  18. tika permalink
    Kamis, 13 Oktober 2011 2:43 pm

    ada gak alamat redaksix? tolong infox, pengen langganan

  19. Selasa, 1 November 2011 2:09 pm

    pengen langganan juga loh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: